Saturday, December 24, 2011

Cara Mengoptimalkan Kecerdasan Majemuk




    Sekarang marak beredar di kalangan masyarakat istilah multiple intelligence. Bertolak belakang dengan pandangan masyarakat jaman dulu, bahwa kecerdasan itu menurun dari genetik, para ahli sepakat bahwa kecerdasan dapat dipelajari oleh anak dari lingkungan. DR.Howard Garner menegaskan hal itu yaitu bahwa kecerdasan dipelajari anak dari pengalaman dan lingkungannya.

     Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk mendorong kecerdasan majemuk, antara lain dengan :

POLA BEKERJA SAMBIL BELAJAR

Ciptakan proyek bekerja satu hari dalam keluarga. Biarkan anak memilih pekerjaan yang dia inginkan. Saat melakukan suatu pekerjaan, berikan arahan dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan.  

Jika ia melakukan kesalahan, berikan spektrum yang luas dengan menceritakan pengalaman saat kita bekerja (semua orang pasti pernah melakukan kesalahan saat bekerja, bukan?)

Sediakan lingkungan yang kaya dengan pengalaman indera : misalnya saat memasak, perkenalkan pada halus/kasarnya sayur, beras, minyak goreng, tajamnya pisau, licinnya sabun cuci piring, panasnya api kompor (khusus untuk yang satu ini, jangan diperbolehkan memegangnya lho..)dst.


Berikan rangsangan dengan memujinya. "wow.. kakak pintar ya, bisa memotong sayur dengan tepat" alih-alih memarahinya "bukan begitu caranya, kamu siiihhh....masak gitu aja ngga  bisa..."


POLA MEMBACA, MENULIS & MENGGAMBAR SAMBIL BELAJAR

Sediakan saat khusus setiap hari untuk membaca, menulis atau menggambar bersama, karena saat inilah dia berkreasi sesuai dengan minatnya.

Berikan lelucon atau cerita aneh saat membacakan cerita atau saat mengomentari tulisan atau gambar anda sendiri (INGAT!!! Bukan hasil kreasi anak yang dikomentari). Hal ini akan merangsang otaknya saat berkreasi. 

POLA MENYANYI, MENARI, MENDENGARKAN MUSIK

Sediakan CD/DVD untuk anak, dan berikan ruang khusus untuk dia mengaplikasikan bakatnya. Kalau ada cermin, berikan kesempatan untuk melihat dirinya saat beraksi.

Berikan pujian saat ia melakukannya, walaupun terdengar "fals"...


POLA 'BERMIMPI' SAMBIL BERKREASI

Berikan anak anda peralatan permainan yang dapat merangsang bakatnya untuk bercerita, seperti lego, blok kayu yang dapat dibuat rumah, rumah-rumahan boneka lengkap dengan peralatannya. 

Berikan pertanyaan saat mereka melakukannya, seperti, "Oh, disini lapangan untuk mendarat pesawatnya ya, kak?" atau, "Nanti, bonekanya tidur dimana, ya? "

Berikan minat saat anak akan berkumpul dan bermain dengan teman sebaya-nya, dan jelaskan perbedaan kelamin. Tidak usah merangsang mereka untuk melakukan sesuatu dengan "imbalan", tapi minta tolonglah seperti meminta tolong pada rekan yang usianya sebaya dengan kita. 

Selalu ucapkan 3 mantera ajaib berikut : Maaf - Tolong - Terimakasih

Selamat mencoba !!! 




No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^