Saturday, December 24, 2011

MULTIPLE INTELLIGENCE


MULTIPLE INTELLIGENCE
Menurut Gardner, kecerdasan memiliki tujuh komponen yang disebut multiple intelligences (kecerdasan majemuk), ada juga beberapa ahli yang mengatakan ada delapan bahkan sembilan. Untuk menjadi benar** cerdas berarti mendapat nilai yang tinggi dalam sebagian besar dari ketujuh kecerdasan majemuk.

Tujuh komponen kecerdasan tersebut adalah:

1. Kecerdasan Linguistik-Verbal
mengacu pada kemampuan untuk menyusun pikiran dengan jelas dan mampu menggunakan kemampuan ini secara kompeten melalui kata** untuk mengungkapkan pikiran dalam berbicara, membaca dan menulis.

2. Kecerdasan Matematika-Logis
adalah kemampuan untuk menangani bilangan dan perhitungan, pola dan pemikiran logis dan ilmiah.

3. Kecerdasan Visual-Spasial
adalah kemampuan untuk melihat dengan tepat gambaran visual di sekitar mereka dan memperhatikan rincian kecil yang kebanyakan orang lain mungkin tidak memperhatikan.

4. Kecerdasan Irama-Musik
adalah kemampuan untuk menyimpan nada dalam benak seseorang, untuk mengingat irama itu dan secara emosional terpengaruh oleh musik.

5. Kecerdasan Kinestetik (cerdas tubuh)
kecerdasan ini memungkinkan seseorang membangun hubungan yang penting antara pikiran dan tubuh, dengan demikian memungkinkan tubuh untuk memanipulasi obyek dan menciptakan gerakan.

6. Kecerdasan Interpersonal
adalah kemampuan untuk berhubungan dengan orang** di sekitar. Kecerdasan ini adalah kemampuan untuk memahami dan memperkirakan perasaan, temperamen, suasana hati, maksud dan keinginan orang lain dan menanggapinya secara layak.

7. Kecerdasan Intrapersonal
adalah kecerdasan mengenali diri sendiri, yaitu kemampuan untuk memahami diri sendiri dan bertanggung jawab atas kehidupannya sendiri.

Ada pula yang menambahkan menjadi 8 atau 9 yaitu:

8. Kecerdasan Natural
adalah kemampuan untuk mengenal, memahami serta mengapresiasi flora, fauna dan lingkungan alam sebagai kebesaran ciptaan Tuhan serta mampu mengembangkan keingintahuan tentang dunia.

9. Kecerdasan Spiritual

4 comments:

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^