Sunday, June 1, 2014

MAK JLEB!

ADA YANG TAU, MAK JLEB! ITU APA?

Lately, tu kata mak jleb sering banget digunakan, ya.. apalagi di sosmed kek facebook atawa twitter. Galau dengar kabar ceweknya selingkuh ama cowok lain, ee.. trus tau-tau liat ceweknya jalan sama CEWEK lain, bunyinya mak jleb. Makanan tahu yang tinggal satu di piring dan diincer karena masih ada sisa cabe rawit nyempil diambil orang, juga bunyinya mak jleb

Terus, malam Minggu kemaren, si doi di kelas 9 IPA 2 -yang udah tiga tahun ini ditaksir abes sampe coba berbagai gaya menarik perhatiannya- tau tau tersenyum manis banget ke arahmu sambil lewat, juga bunyinya mak jleb. Ya bodo amat, sih behind the scene-nya tu cowok sengaja tepe tepe cuman karena dia cuman numpang lewat nanya tugas dari Pak Bowo -guru matematik yang kumisnya baplang itu- halaman berapa.

Baiklaah.. ini curcol pribadi waktu jaman dinosaurus masih berkeliaran di bumi #abaikan (x_x)

Ekspresi "Mak jleb!" sempurna
Mak jleb itu asal mula katanya dari 'mak' sama 'jleb!'. Mak itu sepotong kata yang berasal dari kata seru, menyatakan kaget, senang atau bahkan sedih luar biasa. Di beberapa daerah ada yang menggunakan mak ini dengan cara :

"Aiih.. maaak! Cantek kale bini aku ini.." biasanya dilagukan dengan logat Melayu kental, atau logat Batak sekalian.

"Maaak! Gimana ini caranyaaa!" ini umum, ada di semua daerah, tapi yang masih menjadi misteri buatku, kenapa Emaknya melulu yang dipanggil yak, sesekali Bapaknya kek, atau mungkin pakde, bulik, julak, engkong atau nenek moyangnya sekalian? Ini hanya tawaran loh, elo mau ikutin boleh, engga juga gue bodo amat *mata tak berkedip sambil ngunyah tahu goreng sisa yang tadi.

Nah, kalo 'jleb!' itu sepotong bunyi akibat kita menutup sesuatu benda yang besar dan berat. Bisa aja sih, bunyinya "Bhegh!" atau "Bum!" tapi saat disandangkan dengan si Mak tadi, kayaknya kok ga pantas, ya. Coba deh, katakan "Mak bum!" atau "Mak bhegh!" tuh kan, ga cucok banget!

Hasil survey kecil yang gue lakukan meliputi sepuluh persen dari 200 orang adalah 20 dan tiga puluh wanita diantara 100 orang berarti yang pria berjumlah 70 orang.

Umm.. btw, saat cerita ini ditulis, gue sedang merasakan euforia makjleb yang luar biasa. Gini.. gini.. eh gitu juga boleh, sih.. sekali lagi option-nya gue berikan ke elo, kalo lo bosen sama gini, gitu juga boleee...

Nah, mertua gue yang ..psst.. seorang guru ngaji kondang se Kelurahan Kampung Bambu, bertitah mo mampir sore ini sepulang majelis taklim. Nah, sebagai mantu yang cantik, baik, pintar dan tidak sombong #halaaah.. gue bebenah rumah duooong. 

Sejak kemaren, gue dah beresin cucian, sikatin kamar mandi, benahin setrikaan. Maksud gue kan hari ini tinggal masak gitu, lah *jiahahaa.. actually gue kagak bisa masak, neng, tapi gue kan kudu  jaim seumur idup ama beliau. Lo kalo jaim ama orang-orang, pulang kondangan udah bisa buka topeng. Tapi, ama mertua booow...

Tapi.. alamakjaan! Tu anak-anak empaaat.. Gustiii nyuwun ngapuroo.. semalam mereka habis hura-hura cingcing pulang dari kolam renang siang trus .. trus.. undang temen-temennya di rumaaah! Ada bungkus snack, baju bertebaran, dan segala macam kertas dan spidol beruaantakan (ini efek lebay dari kata berantakan) akibat mereka kerajinan main sekolah-sekolahan. Naaa.. ini misteri baru juga, udah sekolah segitu lamanya kok ya masih main sekolah-sekolahan sih? Kalo gue waktu masih imut dulu, mana mauuu.....

Oke, singkat cerita mereka gue suruh pergi semua dibawa laki aye ke ****mart supaya gue bisa bebenah. Udah mo finish, telepon bunyi. Uwooo.. dari emak blogger yang ga kalah cerewetnya, mak Icha. Bla bla bla.. 

"Ya wes, mak. Gue bebenah dulu, yak. Biasaaa..emak mertua mo kaming, neh, bete sih, mana anak-anak menggila ikutan sibuk berantakin. Ni gue mo ke warteg aja dah, beli lauk. Biasaaa.. biar disangka mantu rajin en pinter masak. Soalnya mertua gue suka ga mau masakan resto. Katanya sayur asem ama ikan bumbu Bali gue paling manteb se RT."

Dari telepon seberang : "^$&*^(*#^("

"Hahaha.. yoiii.. pencitraan itu pentiing! Uhuuy.. duh, gue sakit perut maaak, udahan yaa.. mo laporan ama negara dulu! Byee.." Terus gue kentut deh sekencang-kencangnya. Duuuttt! Legaaa...

Dengan tersenyum puas, gue lemparin sapu ama kemoceng, berbalik... dan... oh may Goood! Itu emak mertua gue udah duduk manis banget di kursi right behind me! Dengan lutut lemes, gue menyapa beliau.. 

"Eh.. ummi, assalamualaikuum...  ga jadi kondangannya?"
Dengan kalem beliau menjawab, "Waaalaikum salaam... nggak jadi, tadi Ustazah Sofiah ga jadi dateng. Ummi keluar dulu, dah.. biar baunya ilang, yee.."

Beliau berjalan keluar, dan melongokkan kepalanya di pintu,"Kalo ntar ke warteg, Ummi pesenin semur jengkol sekalian, ya Tanti.."

Tau rasanya hati, perasaan dan isi kepalaku? Yak. Bener sodara-sodara.. gue tereak manggil Emak gue, dan berasa ketimpuk beras sekarung.. bunyinya gini :
MAK JLEB!

Jadi, udah merasakan 'makjleb!' hari ini?

25 comments:

  1. qiqiqiqi....aduh ibu mertuanya baik hati sekali... minta ijin keluar buat ngilangin aroma tak sedap...

    bukan langsung keluarin peluru 1000 kali gitu..hahahha...

    kacau, pagi2 udah ngakak ditahan, karena baca dari komputer yang posisinya pas di samping anak2 tidur,..... heheheh

    asli.. ini mah.. Mak Jleb banget! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihiiiii..... lebih ngikiik mbayangin uni senyam senyum di samping anak2 yang lagi pada bobooookk

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Gak kebayang gimana rona wajahnya ya mak, merah ato pink? Bnr2 mak jleb kalo gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mak jleeeb buangeeet mak Rosalia ^^ ayuk dong share mak jlebmu ke akyuuuu

      Delete
  4. hahaha , , , ,

    Mak Jleb itu . . . .
    Ada baunya ya??????????
    ^_^

    ReplyDelete
  5. Alamakkkkkk.....untung Ibu mertua wajahnya gak berubah biru keabu-abuan kr terkontaminasi sama si "K"....wkwkwkwk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mak Irowati, keknya langsung diam2 telpon ambulance di luar hihihiiiiii

      Delete
  6. Hihihiih...gokil iih si emak satu ini....:) Untuk aje gak marah tu ibu mertua ye....wakkwkkkww...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakaaaa... *tetep kuping panas menahan malu actually

      Delete
  7. Adduuh ya ampun Maaaaaaak .. lain kali kalo teleponan di dalam kamar tidur atau tempat yang privat gitu biar gak terulang kemakjlebannya
    *Eh maap ya, saya ngakak tadi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahahaa.. I will I will.... sumpe lo ga bakalan keulang deeeeh

      Delete
  8. huahahaaaaa.....mak jleeeb aromanyaaaa...busyeeet deeeh mak...ini judulnya rejeki ummi hihihi...

    ReplyDelete
  9. Gak papa-pa Mak, kentutnya ketangkep basah sama mertua./.gimana rasanya kalau kentut ketangkep sama CALON mertua atau atau calon suami. misalnya..? Lebih ber jleb-jleb lagi kayaknya...hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. eeeh... ini pertamakalinya aku kentut depan beliau lhoooo :P
      kalo calon jangan2 langsung blacklist yaaa

      Delete
  10. kepoo, aku juga sering sih mendengarkan kata-kata Mak Jlebb....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. rasa mak jleb ternyata nano-nano yaa

      Delete
  11. Hahaha. . .
    Mak jlebnya sampai ubun2 ya, Mba.

    Mak Jleb plus Mak Dut! Legaa. .. :D

    ReplyDelete
  12. mertuanya baca postingan ini gak ya xixixi

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^