Thursday, August 3, 2017

Urban Sisterhood JD. ID



Ruangan  Wyl's Kitchen Hotel Veranda tampak imut dengan banner merah dan karakter kuda siang ini. 




Sumber : Tati Suherman
Datang sebagai perwakilan dari Komunitas Emak Blogger, kali ini kami semua menghadiri launching JD.id yang tadinya sudah meraup sukses besar di negeri Tirai Bambu.

Perusahaan e-dagang yang terafiliasi dengan JD.com, toko online terbesar di Asia hari ini mengetengahkan kategori-kategori yang erat dengan keseharian kaum perempuan urban dalam balutan tema “Urban Sisterhood”—sebuah konsep berbagi dan bertukar informasi mengenai hal-hal penting seputar kehidupan perempuan urban yang perannya kian menjadi signifikan terutama dalam hal pengambilan keputusan, dan agen perubahan ke arah yang lebih baik. 

Terdapat lima kategori di JD.ID yang dihadirkan khususnya untuk konsumen perempuan, yaitu Ibu, bayi dan mainan; Fashion; Home living; Household dan Virtual voucher.




Sejarah JD.ID
source : China money network
Richard Liu memiliki lebih dari 15 tahun pengalaman di industri ritel dan e-commerce dan ia memutuskan untuk mendirikan JD.com

JD.com adalah perusahaan online terbesar di China yang melakukan penjualan yang langsung dikirimkan dari gudang sendiri (direct sales), dan telah menjadi Chairman dan CEO sejak perusahaan didirikan.

Pada bulan Juni 1998, Liu memulai bisnis di Beijing, terutama yang bergerak dibidang distribusi produk magneto-optik. Pada Januari 2004, Liu meluncurkan situs ritel online pertamanya. 


Richard Liu mendirikan perusahaan yang akhirnya menjadi JD.com, memimpin pertumbuhan dan perkembangan perusahaan sejak saat itu. Liu meraih gelar sarjana sosiologi dari Renmin University of China di Beijing dan gelar EMBA dari China Europe International Business School.

Di Indonesia, JD.com bermitra dengan Provident Capital mendirikan JD.ID. Provident Capital adalah perusahaan investasi terbesar di Asia Tenggara dengan kapitalisasi pasar sebesar lebih dari 3 miliar USD yang tersebar di berbagai industri seperti: Telekomunikasi, Tambang, Sawit,Perkebunan, Energi (Biofuel) dan e-Commerce. 

JD.ID FOKUS MELAYANI KONSUMEN PEREMPUAN DI INDONESIA

JD.ID di Indonesia fokus pada 5 kategori, yaitu:

  • Fashion, sport and lifestyle
  • Ibu - bayi dan mainan anak
  • home living
  • household
  • virtual voucher
Kelima kategori ini diharapkan dapat membantu para perempuan menjalani gaya hidup urban masa kini yang menuntut segalanya untuk dapat tersedia secara praktis dan cepat. 

4 pilar basis berdagang di JD.ID
  • inspire
  • involve
  • engagement
  • empowering
Sepanjang 2017, kelima kategori yang lekat dengan gaya hidup kaum perempuan urban ini telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan baik secara jumlah katalog produk maupun volume penjualan. Hal ini merupakan indikasi bahwa perempuan semakin melek teknologi dan memanfaatkan online shopping sebagai cara cerdas memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Berdasarkan data internal konsumenJD.ID yang diamati sepanjang 2017, dari sisi jender, hari Jumat adalah hari favorit pelanggan wanita untuk berbelanja aneka kebutuhan di JD.ID mulai dari kebutuhan rumah tangga, hingga aksesoris pelengkap lainnya, dan biasanya waktu sekitar jam 12 hingga jam 1 siang adalah momen yang dimanfaatkan pelanggan wanita untuk melakukan transaksi di JD.ID, dengan nilai rata-rata belanja di keranjang belanja sebesar Rp 2,1 juta per bulan Juli 2017 lalu, atau rata-rata sekitar Rp 2.4 juta sepanjang tahun 2017 ini saja.
“Di JD.ID selama ini perbandingan pelanggan pria dan wanita hampir selalu 2 berbanding 1, sementara di saat yang sama kami melihat gejala peningkatan pelanggan perempuan seiring dengan bertambah dan bertumbuhnya kelima kategori yang kami punya. 
Ini sesuai dengan tren dunia yang makin mengakui dan mencatat peranan perempuan terutama di kawasan urban menjadi fakta yang tak terbantahkan.  
Bagi kami di JD.ID, ini lah momentum yang baik untuk memberikan pelayanan dan fokus pada kebutuhan kaum perempuan yang memiliki banyak peranannya ini. JD.ID kami harap bisa menjadi new online shopping destination bagi perempuan urban, karena semua kebutuhan bisa didapatkan di sini.” 
Teddy Arifianto, Head of Corporate Communication & Public Affairs JD.ID.

Sekilas JD.ID

JD.ID mengemban misi untuk memberikan pengalaman e-dagang terbaik bagi seluruh konsumen di Indonesia. Perusahaan bertujuan untuk menyediakan layanan dan akses yang cepat, nyaman dan andal ke berbagai pilihan dan ragam produk yang asli dengan harga yang sangat kompetitif. 


Dengan memanfaatkan kepemilikan infrastruktur logistik dan jaringan kemitraan di seluruh wilayah Indonesia, JD.ID memberikan layanan pengantaran yang cepat dan dapat diandalkan ke seluruh wilayah di Indonesia. 

Dengan segala keunggulan kompetitifnya, JD.ID bertujuan menjadi perusahaan e-dagang yang paling populer dan dipercaya dengan terus meningkatkan layanan dan penyediaan pilihan produk berserta ragam pilihan kepada seluruh pelanggan di Indonesia.
Beberapa poin plus berbelanja di JD.id

  • Free shipping
Free shipping adalah magnet yang kuat buat para shopper ketika memutuskan untuk berbelanja. Apalagi yang berada di daerah! Ongkos kirim ke daerah biasanya hampir sama bahkan lebih mahal dari harga barang yang dibeli. 

Walau JD.id bukan satu-satunya ecommerce yang membebaskan ongkos kirim kepada pembelinya, tetep aja pilihan JD.id sebagai pemain baru di Indonesia adalah pilihan bijak.

  • Customer Service
Bisa dibilang CS adalah ujung tombak perusahaan untuk memberikan solusi dan jawaban ketika customer mempunyai masalah.  

CS JD.id  cukup responsif dengan pertanyaan-pertanyaan saya di twitter ataupun facebook. Dalam 24 Jam direspon dengan baik.

  • Aplikasi
Dengan adanya aplikasi untuk smartphone, ini memudahkan pelanggan untuk berbelanja. Tidak perlu ribet harus buka web browser yang kadang size webnya suka gak matching dengan ukuran layar smartphone.

Sumber : Tati Suherman

3 comments:

  1. Jd ngrasa istimewa mjd seorang perempuan krn JD.ID lbh memperhatikan cucst wanita. & ewwoow nya free shipping...

    ReplyDelete
  2. Perasaan JD.ID baru aja rame eh kok udah gede pasarnya, ternyata emang udah gede dari China tho. Jadi pengen beli di JD.ID pasti barangnya bagus2 ya Mak Tanti.

    ReplyDelete
  3. di samping ada free shipping, CS yang responsif sangat bagus. Jadi pengen nyoba belanja di JD.ID, nih.

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^

Jika ada pertanyaan pribadi silakan email amelia_tanti@yahoo.com