Review Aplikasi IDN App, Platform Baca Berita dan Hiburan Terlengkap


    Di tengah gempuran berita yang gampang sekali menyebar saat ini, terasa pentingnya memiliki aplikasi IDN App. Aplikasi ini merupakan platform baca berita dan hiburan terlengkap, namun dapat memfilter atau menyaring berita hoaks atau fake news.

    Temans, pernah dengar berita hoaks namun viral di tahun 2021, tentang babi ngepet?

    Menarik, karena berita ini,  disebarkan oleh seorang berinisial AI. Beliau adalah tokoh masyarakat menyebarkan rumor adanya babi ngepet di Bedahan, Sawangan, Depok. Rumor dan rekayasa isu babi ngepet ini ternyata ia lakukan saat ada warga yang mengeluh kehilangan uang. 

    Maka, ia pun mengarang cerita untuk menenangkan masyarakat. Sayangnya, cerita yang ia buat itu, ia rekayasa sedemikian rupa. Ia memaksakan 
 membeli babi ngepet seharga Rp 900 ribu di toko online, lalu menangkap babi dalam keadaan telanjang, dan menyebar berita bahwa ukuran babinya mengecil. 

    Rekayasa ini akhirnya terbongkar dan AI terancam kurungan 10 tahun penjara.

Berita Hoaks vs Berita Berkualitas



    Dari cerita di atas, saya pun semakin berhati-hati saat mencari berita. Banyak sekali broadcast message yang juga saya terima, terutama di grup-grup WA keluarga. Sayangnya, berita ini biasanya disebarkan oleh para "sesepuh" yaitu orangtua, seperti pakdhe, budhe bahkan nenek!

    Satu dua kali saya tak bereaksi, namun ketika beredar berita bahwa setiap rumah harus "menciptakan hujan" dengan mekanisme mikro sederhana :

  • Setiap rumah harus menaruh seember air berisi garam dengan asumsi 10 liter air dalam satu ember.

    Maka jika ada ribuan meter kubik air yang terkumpul dari ratusan ribu rumah, maka kita bisa menciptakan hujan dengan mekanisme sesederhana itu!

Saat itulah saya dengan cepat mencari kebenaran berita tersebut lalu memberitahu bahwa berita tersebut tidak benar, a.k.a hoax!

Syukurlah, dengan adanya aplikasi IDN App saja, aplikasi baca berita berkualitas, dengan 40+ topik yang bisa kita pilih, saya jadi punya referensi tentang aneka sumber tulisan!

IDN App, Aplikasi Baca Berita Masa Kini



    IDN App merupakan aplikasi baca berita “The Voice of Millennials and Gen Z”, tentu saja beritanya merupakan berita kekinian dengan bahasa penulisan mudah dicerna tetapi tetap sopan.
 IDN App, merupakan aplikasi dari IDN Media, sebuah perusahaan media berbasis teknologi dan platform konten yang didirikan pada 8 Juni 2014 di Surabaya oleh Winston Utomo dan William Utomo. 
    IDN Media ini, bisa diakses juga dari website tetapi akhir-akhir ini aplikasi menjadi prioritas dari IDN Media. Pertimbangannya, karena semakin banyak generasi Millenilial dan Gen Z pengguna ponsel pintar yang mudah mengakses berbagai sumber berita.

    Kelebihan mendownload aplikasi IDN App, selain beritanya mudah diakses dan cepat, IDN App yang diluncurkan pada tanggal 18 Juni 2020 ini sangat memerhatikan tiga hal berikut:
  • Fokus pada kecepatan, karena hal-hal yang benar-benar penting harus dijalankan dengan sangat cepat.
  • Budaya terobsesi pada pelanggan. Saat ini IDN Media sudah menjangkau lebih dari 50 juta pembaca setia mereka. Memantain jutaan pelanggan merupakan langkah agar IDN App lebih banyak lagi menjangkau pelanggan dan berkelanjutan.
  • Bekerja keras. Sebagai media favorit Gen Millenial dan Z, ada 8 nilai yang menjadi panduan media ini, yaitu kesetaraan gender, persatuan dalam berbagai ras dan etnis, persatuan dalam agama yang berbeda, persatuan dalam pandangan dunia yang berbeda, anti pelecehan seksual, anti bullying, anti stereotyping, dan redefinisi kecantikan.

Dengan kondisi kita saat ini, yang digempur berita hoax terus menerus, tak salah jika kita membaca aplikasi berita terkini di IDN App.

40+ Topik Aplikasi Berita Terlengkap


Langkah-langkah untuk mengunduh aplikasi IDN App adalah sebagai berikut :


1 – Pada Play Store, cari “IDN App – Baca Berita Terlengkap” lalu unduh di ponsel pintar kalian.

2 – Ikuti langkah-langkah untuk membuat akun. Bisa memakai email atau melalui Facebook, buat nama akunmu.

3 – Pilih topik-topik yang paling kamu sukai dan kumpulkan dalam Topik Pilihanmu.

Dengan  14 kategori dan 42 topik yang bisa kamu pilih, yaitu:

  1. Hype: Entertainment, Humor, Fun Fact, Viral, Throwback
  2. News: Indonesia, World
  3. Life: Women, Inspiration, Relationship, Family, Education, Career, DIY
  4. Food: Recipe, Dining Guide, Diet
  5. Travel: Destination, Tips, Journal
  6. Business: Economy, Finance
  7. Tech: Trend, Gadget, Games
  8. Health: Fitness, Sex, Medical
  9. Sport: Soccer, Arena
  10. Men: Attitude, Style, Grooming, Ladies
  11. Automotive: Motorbike, Car
  12. Science: Experiment, Discovery
  13. Opinion: Politic, Social
  14. Fiction: Story, Poetry

4 – Buat akunmu

5 – Untuk mendapatkan IDN App, aplikasi berita hari ini, ponsel kalian akan menampilkan slide promo-promo IDN App, di layar paling atas.

6 – Kemudian berikutnya ada kolom Terpopuler Untukmu, yang merupakan berita terpopuler untuk topik favorit yang sudah kalian pilih. Jadi kalian bisa memfilter, berita-berita yang rame dan kamu banget saja.

Fitur Jurnalisme Warga di IDN App 

Pada saat membuka aplikasi, kalian juga bisa membaca  slide di header ponsel dengan tagline:
  • Dapatkan Rp50ribu
  • Tulis & Terbitkan
  • 2 Artikel Kategori Science
  • Di IDN Times
atau
  • Dapatkan Rp100ribu
  • Tulis & Terbitkan
  • 4 Artikel Kategori KPop/ KDrama
  • Di IDN Times
Ini adalah fitur yang disiapkan oleh aplikasi IDN App untuk kamu 
bisa menuliskan artikel dengan syarat dan ketentuan sesuai IDN Times.

Kamu tinggal mengikuti Panduan Menulis yang ada di link Profil Saya.

Penjelasannya lengkap, mulai dari Draft, Artikel Revisi, Artikel Terbit, Artikel Dimoderasi, dan Artikel Ditolak.

Bahkan berbagai Tips agar Artikelmu Cepat Terbit hingga Tips Memilih Gambar bisa kalian simak sebelum mulai menulis.

Bila artikel berhasil submit dan terbit, kalian akan mendapatkan poin-poin yang bisa dikumpulkan kemudian dicairkan menjadi uang tunai.

Jurnalisme Warga


    Alasan IDN Times memberi kesempatan pada pembaca IDN App untuk submit artikel karena semangat jurnalisme warga. Seperti kita ketahui jurnalisme warga (citizen journalisme) adalah kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan oleh masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis serta penyampaian informasi dan berita.

    Tentu saja menuliskan artikel berita akan berbeda dengan menuliskan artikel curhat atau diary seperti yang kalian tulis di blog.
'
Ada metoda penulisan di IDN Times yang terdiri dari artikel Listicle dan Narasi.

    Metoda penulisan Listicle, kalian bisa memilih dari 12 kategori di atas. Tuliskan dengan singkat dan padat. Metode penulisan Listicle ditulis menurut poin-poin/list sesuai pokok permasalahan sehingga memudahkan dimengerti pembaca.

    Sedangkan artikel Narasi hanya digunakan untuk penulisan Fiksi dan Opini.

    Panjang artikel hanya 300-600 kata dan jangan lupa tetap menggunakan metode 5W + 1 H, ya. Usahakan agar artikel yang kamu tulis bukan dari hasil copy paste.

Tips Menulis Artikel Berita Berkualitas

Pada jurnalisme, berlaku prinsip "Piramida Terbalik" yaitu yang berarti; gaya penulisan berita dibagi menjadi tiga bagian. Informasi tersebut disusun dalam urutan menurun dengan informasi paling penting di bagian atas dan informasi paling tidak relevan di bagian bawah.

1 – Paragraf pertama artikel berita menjawab pertanyaan 5 W + 1 H, yaitu Who (Siapa)? What (Apa)? When (Kapan)? Where (Dimana)? Why (Mengapa)? dan How (Bagaimana)?

Ini memberi pembaca fakta paling penting tentang cerita dan juga menyertakan informasi apa pun yang harus dimiliki pembaca untuk memahami cerita.

Berita utama harus merangkum keseluruhan cerita yang akan disampaikan tersebut, kurang lebih dalam 50-60 kata saja.

2 – Inti cerita. Bagian ini memuat informasi tambahan dan pendukung, serta wawancara dan kutipan dari orang-orang yang relevan. Isi cerita harus sepenuhnya menjelaskan informasi yang disajikan di bagian depan.

3 – Penutup terdiri dari detail yang kurang penting bagi pembaca. Ini juga berarti pembaca yang hanya memindai awal cerita akan mendapatkan semua informasi yang mereka butuhkan tanpa harus membaca keseluruhan artikel.

Setelah selesai menuliskan artikelnya, jangan lupa baca lagi berulang-ulang untuk melakukan self editing, dan jangan sampai ada tipo (salah ketik).
Hal-hal kecil seringkali terlupakan tetapi justru bisa memengaruhi sebuah artikel bisa diterima oleh editor atau tidak.

Fitur-fitur lain di IDN App

Fitur Tanya Jawab

Di aplikasi IDN App, terdapat beberapa fitur-fitur keren antara lain fitur Tanya-Jawab. Fitur ini menciptakan kedekatan antar sesama pembaca IDN App, seolah mendapatkan teman ngobrol virtual.

Kalian boleh tanya apa saja sesuai kategori yang ada, submit. Kemudian tinggal menunggu jawaban. Atau sebaliknya, kalian bisa menjawab dan kepoin berbagai pertanyaan yang ada di feed Tanya Jawab

Fitur Rekomendasi

Fitur ini berisi rekomendasi atau berita pilihan dari meja redaksi untuk topik favoritmu. Hebat ya, aplikasi ini canggih banget, seolah bisa membaca pikiran kita, apa yang dibutuhkan masing-masing pembaca.

Fitur-fitur Berita Lainnya

Fitur-fitur lainnya yang kalian tinggal klik adalah: Untukmu, Terbaru, Topik, Populer, Unik.

Semua adalah pilihan-pilihan berita yang ada di aplikasi.

Menarik, bukan? Yuk, cuuussss..  download aplikasi IDN App ini.

*Sumber:
https://www.idntimes.com/

17 komentar

  1. IDN media tempatku cari referensi buat menulis artikel, memang berkualitas dan menarik berita yang diangkat. Eh ternyata juga menyediakan cerita, banyak fitur lainnya juga di aplikasi IDN yang menarik dan memudahkan kita, ya. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Hoaks yang di-share oleh sesepuh memang bikin ..... grrrrr ya Mbak Tanti, penting banget untuk menyeleksinya. Yang tentang babi ngepet itu ... ya ampun, tersebar seantero Indonesia daaan ternyata hoaks :(

    BalasHapus
  3. Dennise Sihombing29 Mei 2022 15.43

    Ai keren banget nih IDN App, lengkap banget ya fiturnya. Cari berita apa saja ada. Jadi penasaran mau nulis nih. Sistem feenya coin ya mom?

    BalasHapus
  4. Ulalaaa kece bgt IDN app iniii
    Para citizen journalist juga diberikan ruang utk berkontribusi.
    Keren bgt ini mah.
    Cuss!

    BalasHapus
  5. aplikasi IDN ini keren ya mbak, soalnya bisa memfilter berita fakta dan hoax. aq jadi pengen nulis di aplikasi IDN juga nih

    BalasHapus
  6. Menarik banget ya aplikasi IDN ini, banyak fitur menarik, dan tema-tema bahasannya juga sangat beragam, wajib cobain nih aplikasinya :)

    BalasHapus
  7. Aplikasi dengan fitur lengkap nih, tinggal bagaimana kita memilah dan menyikapi sebuah berita dimana harus di sertai sumber yang terpercaya seperti IDN ini.

    BalasHapus
  8. Bener banget nih, di era globalisasi seperti sekarang ini, kadang sulit membedakan mana berita hoaks mana berita valid. Harus pintar memilih sumber berita. 
    Beruntung sekarang ada aplikasi IDN App yang super lengkap, enak dibaca dan anti hoaks! Yuk buruan donlot....

    BalasHapus
  9. Dennise Sihombing30 Mei 2022 08.30

    Cakep nih mom Tanti fitur yang ada di aplikasi IDN App lengkap banget sudah seperti news paper, komplit loh mau cari informasi apa juga ada terpenting anti hoax

    BalasHapus
  10. punya akun di IDN untuk menulis, memang aplikasi dari IDN memfasilitasi menulis lebih baik.

    BalasHapus
  11. Gak habis pikir tuh orang bikin geger sampe beli babi beneran dan akhirnya di penjara, kapoook. Wkwk saking gemesnya. Sekarang emang kudu waspada menanggapi berita. Semoga IDN Media tetap konsisten menyediakan berita yang informatif penuh solusi.

    BalasHapus
  12. Aplikasi yang menurut saya paket lengkap IDN ini. Apalagi ada fitur IDN Live-nya yang bisa banget buat kita belajar jadi streamer yang baik sekaligus berpenghasilan miliaran

    BalasHapus
  13. Branding "IDN App Anti Berita HOAX" kayaknya udah dapat, soalnya pernah denger teman ngobrol soal kanal berita, disebutnya IDN buat standar media anti hoax.

    Fitur Jurnalisme Warga nya bisa jadi peluang rejeki bagi para penulis yang ingin memanfaatkannya untuk menambah penghasilan. Walau nominalnya jauh banget 50K buat 2 tulisan, dibanding kalau blogger dapat job CP aja bisa 10 kali lipatnya. Trus kalau sudah submit dan terbit dapat poin2 yang mesti dikumpulkan dulu baru bisa cair, itu beda lagi kah dengan nominal 50K dan 100K itu?

    BalasHapus
  14. wah ini yang saya cari: pedoman nulis di IDN Times
    khususnya, tips2 untuk lolos editor dan bisa dipublish
    menulis mah gampang, lolos editor itu yang butuh kejelian
    karena pastinya hanya tulisan yang bermutu yang publish di IDN Times

    BalasHapus
  15. Cepet banget kesebarnya ya mbak waktu itu soal babi ngepet ini. Kasihan amat hancur namanya gara2 ada yg asal menyebarkan berita bohong.
    MAkanya perlu banget aplikasi baca yang menyajikan berita terpercaya kaya IDN App biar gak dipenuhi berita hoax

    BalasHapus
  16. Kategorinya banyak juga ini.
    Tentunya bikin semangat buat hasilkan konten positif sesuai kategori pilihan.

    BalasHapus
  17. Banyak ya fitur dari aplikasi IDN ini. Gak hanya buat baca-baca berita, informasi, dan hiburan aja. Malah sekarang bisa nambah cuan ke kita, kalo kita bisa memanfaatkannya. Kepengen deh bisa pake itu. Heheheh kudu belajar dulu nih. Aku gaptek. :D

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)