CARA DAN SENI MEWARNAI DENGAN BANTUAN PALET WARNA

Memilih warna yang tepat, bisa jadi sulit.

Tapi, coba bayangkan dunia dengan warna-warni indah dalam genggamanmu. Lalu hubungkan dengan kemampuanmu untuk menemukan kombo warna yang sempurna, untuk proyek apa pun. 

Apa Sih, Fungsi Katalog Warna Itu? Apa Bedanya Dengan Katalog Warna Untuk Bangunan?

Mari kita luruskan terlebih dahulu. Katalog warna ada beberapa jenis - dan tentu saja diciptakan untuk tujuan yang berbeda. 

1. Katalog Warna Cat Tembok

Katalog Warna seperti yang kita lihat di toko bangunan, fungsinya adalah pada saat mengecat ruangan, kita akan disuguhi beberapa pilihan cat plus panduan warnanya. 

Itu memang ditujukan untuk para ahli di bidang desain ruang atau interior - para arsitek dan kontraktor.


Nah, lihat. Contoh palet warna di atas - mungkin yang bisa "membaca" trend warnanya hanya yang berkecimpung di profesi tersebut. 


2. Katalog warna untuk kreativitas seni

Yaitu sebuah panduan interaktif yang khusus dibuat - untuk memperluas kreativitas  para pekerja seni. Katalog ini akan membantumu menemukan warna yang sempurna, terutama saat mewarnai karya seni.

Ya, para seniman suka dengan imajinasi  karya mereka. Dan ingat,  seniman itu ada yang beraliran naturalisme ada yang surealisme, dan ada yang sepertiku, seorang ilustrator dengan aliran doodle (jaman dulu vignet).

Seniman butuh lebih dari sekedar kalimat "Oh, permukaan lautan itu biru muda, dengan langit biru tua!"

Nggak bisa begitu!

Seniman suka ketika mereka bebas mengekspresikan diri dengan menciptakan lebih banyak warna, dan ini bisa berbeda persepsi pada tiap seniman!

Misalnya, seniman naturalisme akan melukis warna rambut orang Asia dengan warna hitam. Seniman lain bisa saja mewarnai rambut pada karya mereka dengan warna hijau - ungu dan lain sebagainya.

Aku sendiri, lebih suka jika menggambar rambut manusia dengan warna coklat - pirang atau tembaga. Saat ini aku banyak berkarya dengan bantuan Canva, tentu saja. 

Tapi ada loh katalog warna yang lebih rumit dan moderen. Salah satu penciptanya adalah Sarah Renae Clark. Ia menciptakan aneka palet warna yang bisa kita kreasikan plek ketiplek.

Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah. 

Contohnya; jika kita ingin mewarnai sebuah biota atau kehidupan di laut. Kita tinggal mengetikkan di kolom pencarian : Ocean's Life misalnya. Nanti akan muncul beberapa pilihan warna di laut. 




Cara Mengaplikasikan Warna 

Gambar Ikan oleh Kerby Rosanne - seorang doodler Philipina
Coloring Book World Within World


Kali ini kita coba untuk mewarnai  coloring book super keren milik seorang doodler terkenal asal Philipina yaitu Kerby Rosanne.
  • Temukan kombinasi warna berdasarkan kata kunci, lalu cocokkan dengan pensil atau spidol milikmu sendiri pada setiap palet.
  • Uji masing-masing warna dengan pensil atau spidol bahkan cat air yang kamu miliki.


  • Nah kalau sudah ketemu warna-warna yang diinginkan, kamu tinggal mewarnainya saja. 
  • Untuk mendapatkan hasil akhir  yang lebih blend (berbaur atau menyatu) kamu bisa mencoba beberapa palet - lalu sapu dengan brush marker. 



Sapukan brush marker beralkohol - atau bisa juga menggunakan kuas dan air
ini akan membuat warna-warna tersebut muncul 



Gunakan spidol uni posca, chalk marker 
atau white marker untuk menambahkan karakter pada lukisan




Selamat mencoba!

37 komentar

  1. Wah rumit kalau dilihat tapi mewarnai itu bisa jadi self healing terapi, hehe buat orang enggak bisa seni kayak aku pastinya malah asal mewarnai. Ini mah bagus banget hasilnya, terima kasih informasinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kalau stressful dan sedang di jalan, cobain deh mewarnai, the time is flying away hhahahha

      Hapus
  2. Wowww keren bangett...ini cocok buat anakku yang besar karena sukaa menggambar mewarnai.

    Aku share ke anakku ya mba Tanti makasih🙏

    BalasHapus
  3. baru di gambar pertama aku sudah terpesonaaaa... lalu lanjut gambar-gambar selanjutnya. cantiknyaaaaaa...aku jelas gak bisa bikin kayak gitu mak Neng.. Keren bangeeeet pokoknya. Bagi seniman, warna-warna memang bisa dilihat berbeda dibandingkan kami yang orang awam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eaalaah mbake itubukan gambar aku loh ya, aku hanya mewarnai saja

      Hapus
  4. palet warna ini adalah hal paling aku suka untuk mix n match desain ataupun pakaian atau seragaman, karena bisa jadi patokan baku yang mempercantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fashionista wajib tahu ya, cewek mamba - kue - bumi apa peri

      Hapus
  5. Bagus banget hasilnya mbak. Molly jadi inget dulu pas kecil pernah ikut lomba mewarnai. Jadi ingin juga mewarnai lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun Moly suka? Sini alamatnya aku kirim buku mewarnai ala Tanti

      Hapus
  6. Awalnya cuma tahu warna yang utama aja, setelah lihat katalog baru nyadar bahwa ternyata banyak banget gradasi warna yah mbaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. pusiiing kalo liat gradasi warna, dan baru terkagum kagum sebagai ciptaanNYA - karena Sang Maha mencipta gradasi miliaran triliunan entah apa lagi

      Hapus
  7. Aku juga kalau lihat pallet warna tembok juga bingung saking banyak pilihannya hehe. Btw mewarna juga bisa jadi healing orang dewasa lho. Emang suka2 sih aplikasi warnanya, pokoknya lupa waktu kalo pegang coloring book.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mbak, jadi palet warna membantu banget ya

      Hapus
  8. Wah bagus-bagus kombinasi warnanya. Suka banget dengan paket warna untuk laut. Salam kak Tanti @dewipuspa

    BalasHapus
  9. Mbak Tanti master doodle idolaku, tahu nggak mbak, setiap mbak berbagi ilmu terkait seni mewarnai seperti ini, selalu aku bagikan ke anakku yang suka bermain alat lukis dan warna. Karena, ini tuh ilmu yang berhargaaa banget buat dia.

    Aku cuma share-share aja dan beliin alat, yang praktek anakku :D
    Soal brush marker itu, ternyata buat menyapu warna-warna yang diblend. Baru tahu :)))

    BalasHapus
  10. Memilih warna yang tepat memang mempengaruhi hasilnya banget, apakah sesuai atau tidak.. Memang harus memiliki pemahaman banget nih tentang peletakan warna yang pas dalam objek yang digambarnya..

    BalasHapus
  11. Anakku belakangan ini jg suka gambar mbaaa

    Tapi doi blm bisa coloring dgn optimal.
    Kayaknya daku kudu rekomen blog ini ke anakku dah

    BalasHapus
  12. Apapun kalau dah di tangan Mba Tanti jadi nyeni..bikin yang lihat happy.
    Seperti ini...mewarnai aja kerennyaaaa. Hebat dirimu! Multi talenta...
    Aku pernah lihatnya katalog warna cat..kalau beli cat tembok gitu
    Eh ada juga ternyata katalog warna lainnya bahkan ada beberapa jenis - dan tentu saja diciptakan untuk tujuan yang berbeda. Wahhh..makasih infonya, kubagi ke si sulung yang hobi nyeni begini.

    BalasHapus
  13. Wuah keren banget, ternyata bisa ya nyoba2 memadupadankan warna2 dulu sebelum nanti warnanya dipakai buat melukis/ mewarnai. Aku gak terlalu bakat di gambar tapi anakku suka, nanti aku coba kasi tips ini ke dia supaya gambarnya bisa lbh bagus lagi warnanya :D
    TFS

    BalasHapus
  14. Pertama kali aku tahu anakku suka doodle, auto ingat Mba Tanti yang suka gambar doodle dan mewarnainya. Aku bilang kalo ibu punya teman yang pinter bikin doodle segala jenis gambar.
    Katalog warna cat itu di rumah kami ada banyak, maklum suami urusannya dengan orang yang ingin bangun atau renovasi rumah, pasti minta lihat pilihan warna. Kalo katalog warna untuk menggambar ternyata juga macamnya banyak ya, aku baru tahu. Anakku dulu suka beli sendiri ke toko alat tulis, jadi aku nggak paham namanya apa aja. Sekarang nganggur tuh karena lagi sibuk magang dan ngerjain gambar di PC

    BalasHapus
  15. Tanteee, ternyata memilih kombinasi warna tu ngga sesederhana itu, yaa... Arin tu kalau lagi bikin desain di canva, kadang suka konsultasi sama suami, bagusnya warna apa.. Hihi...

    Oiya, di rumah ada tuh katalog cat tembok. Tebel banget. Alhamdulillah, jadi bisa ikut mengira-ngira, ini rumah bagusnya dicat warna apa, hihi... :D

    BalasHapus
  16. Tapi ya aku pun kalau bikin desain juga selalu lihat panduan warna katalog loh, nanti tinggal cocokin aja deh perpaduannya. Kebayang kalau yang sering gambar gini pasti inspirasi warnanya juga banyak banget ya mak. Ternyata katalog warna cat tembok pun bisa menjadi inspirasi ya.

    BalasHapus
  17. Kalau doodle berlaku berapa maksimal warna gak sih? Kalau flyer kan maksimal 3 warna, supaya pesan sampai.

    Trus ada psikologi warnakah? Sebaiknya kalau kita sedih pilih warna hangat?

    BalasHapus
  18. Keren sekali gambar-gambarnya, seperti hidup. Aku malah belum sa sekali. Mam

    BalasHapus
  19. Kalau lihat karya kayak gini langsung takjub banget. Aku giliran megang pewarna bisanya mewarnai bendera merah putih hahaha. Kata anakku uminya bisanya cuma yang default aja

    BalasHapus
  20. Ternyata seniman yang bebas melakukan segalanya dengan karya seninya tetap memiliki aliran dan "aturan" yaa, kak Tanti?
    Aku melihat meski mewarnai dengan imaji masing-masing, tapi tetap sedap dipandang seolah ada "penggaris" yang memberikan rules do and dont's dalam berkarya.

    BalasHapus
  21. keren bangeeett hasilnya. cuma kalau masih pemula lihat banyak palet gini yg ada mumet ya. hahah.. so far masih suka sama 24 warna sih. kadang 36 aja nyerah >.<

    BalasHapus
  22. Masyaa Allah cantik banget Kak. Aku suka banget lihat perpaduan warnanya. Cantik semua. Bisa gitu ya kalau habis mewarnai trus dibrush. Efek dibaurkan jadi makin cantik gitu.

    BalasHapus
  23. hasilnya bagus sekali mak neng, duh ini mewarnai gini harus punya jiwa seni dan rasa banget, kalau kayak saya mewarnai saja suka ga bagus hasilnya hehe.

    BalasHapus
  24. Waktu kecil suka menggambar dan mewarnai. Sekarang malah jarang banget bikin gambar2..semoga pas tau kombinasi warna ini jadi semangat ngelukis atw ngegambar lg..

    (Deny Oey)

    BalasHapus
  25. Ya Allah, dengan pencampuran warna bergini warna yang didapat lebih unik dan lebih hidup ya kalau diaplikasikan ke gambar, ikannya itu lhoo jadi nampak nyataa

    BalasHapus
  26. Keindahan pelet warna ini paduan dari warna primer, sekunder dan tersier kah, kak Tanti?
    Rasanya cantik sekali memiliki katalog warna.

    BalasHapus
  27. Ya ampun cakep-cakepnya.
    Bisa khusyuk sekian jam ini buat aktivitas mewarnai.
    Cara lain buat ngatasi writer blocks. Biar segera hancur itu dinding-dinding kemalasan menulis 😁

    BalasHapus
  28. wah ternyata buat mewarnai juga ada panduan pilihan warna ya, mbak biar hasilnya oke. saya pikir sesuka-suka yang mewarnai aja. saya pribadi nggak terlalu suka mewarnai soalnya nggak tahan mendengar gesekan pensil warna ke kertas

    BalasHapus
  29. Cakep banget kak gambarnya...Tapi kebayang deh tuh mewarnai dengan detail yang gak sederhana.. tapi kalo udah lihat hasilnya puas banget ya pastinya...

    BalasHapus
  30. masya Allah, perpaduan warnanya cantiiiik!
    aku tuh kalau mewarnai zaman sekolah ku kasih ke ibuku, hahah
    eh sekarang anakku ikutan kelas melukis dengan cat air, jadinya aku belajar melukis deh

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)