7 TIPS BICARA PADA ANAK SOAL MENSTRUASI



    Aku beruntung, karena memiliki orangtua seperti Ibuku yang sangat suportif dan dekat hubungannya. Untuk yang berhubungan dengan pengetahuan, seperti menstruasi, pubertas, gebetan bahkan bahaya hubungan seksual semasa remaja juga dibicarakan bersama Ibu!
    Berangkat dari pengalaman ini, aku pun merasa perlu memiliki bonding dengan anak perempuan semata wayang, Aniqa yang akrab disapa Ica. Kami berdiskusi apa saja, pokoknya antara aku, putriku dan eyangnya itu udah seperti sahabat karib!


    Ternyata, di Indonesia bahkan seluruh dunia kali ya, banyak anak perempuan tidak memiliki pemahaman yang tepat bahwa menstruasi adalah proses biologis yang normal.

    Mereka justru baru mengenalnya pada saat menarke alias saat pertama kali mengalami menstruasi. Tak cuma itu, beberapa anak perempuan cenderung menarik diri saat menstruasi.

"Banyak anak yang masih malu, tertekan, dan cemas apabila siswa lain tahu ia sedang menstruasi. Nah, kalau ditahan tidak mengganti pembalut selama di sekolah bisa membuat infeksi,"

    Bahaya yang bisa terjadi bila jarang mengganti pembalut serta tidak membersihkan bagian vagina dan sekitarnya dari darah adalah infeksi saluran kencing, infeksi saluran reproduksi, dan iritasi kulit.

    Tak cuma tekanan sosial, fasilitas sanitasi di sekolah yang tidak memadai kerap membuat siswi enggan mengganti pembalut. Misalnya toilet yang tidak bersih. Lalu gelap atau remang-remang. Tidak tersedia air bersih. Itu bisa membuat siswi mengurungkan niatnya mengganti pembalut!

Aku jadi ingat,

pertama kali mengalami menarke, terasa tidak setegang seperti yang diceritakan teman-teman. Mungkin karena hubunganku dengan Ibu sangat dekat. Kami biasa mendiskusikan tentang apa saja bersama.

Tapi tetap saja, buatku paling nyaman tuh kalau kita berdiskusi dengan tidak dengan ortu malahan, tapi sama temen-temen.





1. Selalu Ingat bahwa Ibu Sangat Diharapkan
    
    Yes, sejatinya kalau kita jadi ibu, idealnya adalah anak mendapat pengetahuan mengenai menstruasi sebelum mengalami menarke (menstruasi untuk pertama kalinya).


2. Yang Dibicarakan, BUKAN hal TABU

    Buat anak perempuan, menstruasi, atau haid, adalah kondisi normal karena organ reproduksinya suatu saat akan terbentuk seperti itu.

Jadi, berbicara tentang menstruasi adalah hal biasa, seperti membicarakan mengapa ia bertumbuh besar.


3. Lakukan Berulang Kali, bukan SKS (Sistem Kebut Semalam)

    Menurut pengalamanku selama ini, aku sering banget kok ngobrol dengan anakku Ica, dan kadang juga menjelaskan ke adik bungsu laki-lakinya.

Hal ini kulakukan ketika ia bertanya, "Ma, Ica belum sholat juga tuh, kok ngga dimarahin?"

4. Bersikap Positif

    Isu tentang pubertas adalah menarik buat semua anak jelang remaja, so kita sebagai ortu jangan sampai ketinggalan berita. Tanggapi cerita mereka dengan santai.

5. Sering Bertanya untuk Mengetahui Pemahaman Anak Soal Mentsruasi

    Kadang aku juga merasa perlu bertanya, seperti apa ia membutuhkan sesuatu, apakah ia sakit perut dan lain lain, menjaga jangan sampai Ica bad mood. Di saat tertentu, saat haid datang tentu saja ia uring-uringan tanpa sebab, atau malah jadi galak banget. Nah, di saat itu aku merasa perlu banget hadir.

6. Jelaskan dengan Konkret

    Satu ketika, kami bicara panjang lebar mengenai beberapa bentuk pembalut, dan membahas tentang menstrual cup. Menurutku dan menurut Ica juga, saat ini ia belum perlu memakainya. 

    Menurutku juga, karena aku sendiri juga tidak pernah menggunakan, kami memilih jalan tengah; membeli aneka produk hingga didapat yang nyaman untuk ia kenakan.




bagaimana cara membuang pembalut dan membersihkan darah setelah haid, dan itu selalu kutekankan pada Ica. Alhamdulillah ia menjadi anak yang super bersih dan rapi untuk hal ini.


Untuk menstrual pad,
Ica menggunakan yang terbuat dari katun dan jika bepergian menggunakan sekali pakai. Nah, kujelaskan juga pentingnya membawa aneka perlengkapan seperti : kantung plastik hitam, hand wash, dan panty liner serta menstrual pad cadangan.

7. Jelaskan Juga pada Anak Laki-laki Meskipun Tak Sedetil ke Anak Perempuan

    Seperti di poin 3 tadi, aku sering terpaksa menjelaskan pada anak laki-lakiku situasi dan kondisi anak perempuan yang harus mengalami menstruasi (ada 3 soalnya, sementara saudara perempuan mereka hanya satu, ya Ica itu doang)

    Ini penting untuk memberikan kesempatan pada anak laki-laki untuk lebih memahami perbedaan kodratnya dengan saudari perempuannya. Bahkan dengan begitu, bisa tumbuh rasa perhatian dan ingin melindungi saudarinya jadi lebih baik lagi.

Manajemen Kebersihan Menstruasi



Kadar keasaman (pH) punya dampak terhadap terbentuknya ekosistem vagina yang sehat. Mempertahankan pH vagina sesuai dengan yang semestinya sangat penting demi menjaga kesehatan organ kewanitaan.

Perubahan pH vagina dapat merusak keseimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat. Jika bakteri baik berkurang tentu saja bakteri jahat akan merajalela, begitupun sebaliknya. Ada beberapa fakta tentang pH vagina yang perlu diketahui para wanita.

Untunglah saat ini ada Betadine Feminine Hygiene. Ada beberapa produk yang bisa digunakan seperti:

  • Betadine Feminine Hygiene Wash Foam
    Didesain dengan formula lebih lembut, untuk sehari-hari

  • Betadine Wash Natural Daun Sirih: Bisa digunakan setiap hari di rumah.

  • Betadine Feminine Wipes: Tissue yang bisa digunakan saat berada di luar rumah apalagi dengan kondisi air di toilet umum yang tidak bisa dijamin kebersihannya.

    Jika ingin melakukan pembelian produk di atas bisa melalui marketplace official store Betadine juga selain di online shop.


  • Betadine Feminine Wash Foam Moisturizing Calendula dibuat secara eksklusif untuk wanita dengan jenis kulit kering yang memberikan kelembaban optimal pada area kewanitaan serta menjaga keseimbangan pH dan bakteri baik.
  • Betadine Feminine Wash Foam Fresh & Active Lemon Verbena dibuat eksklusif untuk memberikan kesegaran yang lebih lama di area kewanitaan serta menjaga keseimbangan pH dan bakteri baik.
  • Betadine Feminine Wash Foam Gentle Protection Immortelle dibuat secara eksklusif untuk memelihara kebersihan area kewanitaan sehari-hari yang menjaga dan membantu pertumbuhan bakteri baik serta memberikan perlindungan alami terhadap rasa tidak nyaman. Formula yang lembut dapat digunakan sehari-hari selama masa menstruasi


Tidak ada komentar

Posting Komentar

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)