Tuesday, August 27, 2013

CONTOH PIDATO PERPISAHAN - Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia

Kumpulan Contoh Pidato Tentang Perpisahan

Perpisahan adalah momen dimana semua emosi bercampur padu. Senang sekaligus sedih.
 

Acara perpisahan tak lepas dari pidato. Nah, di sini ada beberapa pidato yang dikutip dari berbagai sumber. Berikut contohnya.

Monday, August 26, 2013

Tata Cara Penulisan Dialog

Sebagai penulis pemula, kesulitan apa yang biasa timbul selain bertaburan kalimat tidak efektif ?

Yup! Cara penggunaan tanda baca dan huruf kapital yang benar dalam penulisan cerita, terutama dialog!


Sama-sama belajar yuuuk!
Dasar penggunaan tanda baca dalam dialog
  • Dialog selalu dibuka dan diakhiri dengan tanda petik (” … “). 
  • Based on tujuan : Tanda baca apa yang harus kalian pakai di akhir dialog, yang tergantung pada tujuan dialog tersebut. Jika dialog tersebut sifatnya pertanyaan, tentunya kalian harus pake tanda tanya (?). Kalau dialog tersebut deklaratif / pernyataan (menyampaikan fakta atau opini), akhiri dengan tanda koma (,) atau tanda titik (.), tergantung pada lanjutan dialog tersebut.
  • Nah, maksudnya apa tuh “tergantung pada lanjutan dialog”? Jadi biasanya, setelah atau sebelum dialog ada frase pelengkap seperti “kata Katy”, ”tukas Mira”, “pekik Henry”, “Mira berkata”, dll. Frase pelengkap ini disebut dialog tag. Nah, dialog tag ini akan mempengaruhi tanda baca yang digunakan untuk mengawali atau mengakhiri dialog deklaratifmu.
Dialog tag dalam kalimat berita/pernyataan
Perhatikan contoh di bawah ini. Sebelumnya, keep in mind kalo kita lagi ngomongin dialog yang sifatnya pernyataan.

(a) “Kemarin Dian nggak pulang,” kata Katy.
(b) Katy berkata, “Kemarin Dian nggak pulang.”

Frase sejenis kata Katy dan Katy berkata inilah yang namanya dialog tag, frase yang mengikuti dialog, yang berfungsi untuk menginformasikan identitas si pengucap dialog pada pembaca. Dialog tag biasanya ditandai dengan kata-kata seperti “ujar”, “kata”, “pekik”, “tukas”, “sambung”, dll.

Nah, kalo dialog tag ini letaknya di akhir dialog, akhiri dialogmu dengan tanda koma seperti di contoh (a). Sementara kalo dialog tag-nya ada di awal kalimat, gunakan tanda koma setelah dialog tag, dan akhiri dialog dengan tanda titik, seperti di contoh (b). Selain itu, ingat bahwa tanda baca yang mengakhiri dialog harus diletakkan sebelum tanda petik penutup.

Kadang ada beberapa frase yang disalahartikan sebagai dialog tag. Coba deh bandingin dialog (a) dan (b) dengan dialog (c) dan (d).
(c) “Kemarin Dian nggak pulang.” Katy menatap ibunya.
(d) Katy menatap ibunya. “Kemarin Dian nggak pulang.”

Kalimat sejenis “Katy menatap ibunya” di (c) dan (d) ini BUKAN dialog tag. Kalimat tersebut cuma kalimat yang dipakai untuk mendeskripsikan aktivitas Dian yang lain sambil mengatakan dialog tsb.

Kalau kalimat yang mengikuti dialog BUKAN dialog tag, akhiri dialogmu dengan tanda titik seperti di contoh (c). Kalau kalimat tersebut ada di awal (sebelum dialog, seperti di contoh (d)), gunakan tanda titik untuk mengakhiri kalimat tersebut, baru berlanjut ke dialog.
Dialog tag di antara dua dialog
Nah, sekarang perhatiin deh kalimat ini.
(e) “Kemarin Dian nggak pulang,” kata Katy. “Kamu tau dia ke mana?”
Ada saatnya, dialog tag diletakkan di antara dua dialog yang masih diucapkan oleh orang yang sama. Kalo kasusnya begini, akhiri dialogue tag-mu dengan tanda titik, baru setelah itu tuliskan dialog keduamu, seperti di dialog (e). Jangan lupa, dialog kedua tetap diawali dengan huruf besar.

Beda ceritanya kalo kedua dialog itu sebenernya nyambung, tapi terpisah sama dialog tag. Biasanya ini menandakan bahwa ada jeda/pemotongan dalam pengucapan kalimat tersebut. Contohnya kaya dialog (f) di bawah ini.

(f) “Tapi,” kata Dian, “kamu yakin dia mau?”
Nah, kalo gini kasusnya, gunakan tanda koma setelah dialogue tag, dan gunakan huruf kecil untuk mengawali dialog kedua. Hal ini dikarenakan dialog kedua sebenarnya masih merupakan bagian / masih satu kalimat dengan dialog pertama.
 Kalimat berjeda
Ada juga kasus lain, di mana kedua kalimat ini terputus oleh tindakan / action, tanpa dialogue tag.
(g) “Tapi,”–ia meletakkan cangkirnya–”kamu yakin dia mau?”
(h) “Tapi,”–Andi meletakkan cangkirnya–”kamu yakin dia mau?”

Di dialog kaya gini, perbedaannya hanya terletak hanya pada cara penulisan kalimat tindakan yang menyela (re: kalimat aksi) tsb. Kalimat aksi harus diletakkan di antara dua tanda pisah en dash (), tanpa menggunakan spasi. Dalam kasus kaya gini, kalimat aksi juga selalu diawali dengan huruf kecil, seperti di contoh (g), kecuali jika kalimat tersebut diawali dengan nama, seperti di contoh (h).
Kalimat terputus
Sekarang gimana kalo kalimatnya terputus? Coba simak dialog-dialog berikut:
(i) “Aku rasa dia nggak a—”
(j) “Aku . . . tidak tau lagi.”
(k) “Aku lelah . . . .”
(l) “Aku lelah . . . ,” keluh Tom.

Ketika dialog terpotong oleh kegiatan atau dialog karakter lain, gunakan tanda pisah em dash (—) seperti di contoh (i). Sementara, jika ada jeda dalam sebuah dialog seperti di contoh (j), atau pengucapan dialog tsb diulur seperti contoh (k) dan (l), gunakan tanda ellipsis (. . .). Jika tanda ellipsis muncul di akhir kalimat, tambahkan 1 tanda titik untuk mengakhiri kalimat (contoh (k)) atau tambahkan tanda koma jika dialog tersebut diikuti dialogue tag (contoh (l)). Biasanya ada 1 spasi di antara tiap tanda titik.
Kutipan dalam dialog
Ada juga situasi yang mengharuskan kita mengutip kalimat orang lain dalam dialog, seperti di contoh (k) dan (l).
(k) “Tadi aku ketemu dia di jalan, dia cuma bilang, ‘Hai, Mita!’ dan langsung pergi.”
(l) “Seperti kata ayahku, ‘Hidup itu sederhana.’ ”

Saat mengutip perkataan orang lain dalam sebuah dialog, gunakan tanda petik tunggal (‘…’) sebelum dan sesudah kutipan tsb, seperti pada kalimat ‘Hai, Mita!’ dan ‘Hidup itu sederhana.’ dalam (k) dan (l). Jika  tanda petik tunggal (‘) dan tanda petik dua (“) letaknya berdampingan, tambahkan spasi di antara kedua tanda baca tsb.
Dialog panjang
Kadang ada dialog dari karakter yang sama, yang terlalu panjang untuk dijejalkan dalam 1 paragraf. Misalnya seperti contoh (k).

(k) “Kejadiannya dimulai waktu Aaron dan Tina ketemu di pasar malam. Awalnya, si Aaron dikenalin ke Tina sama Andrew, temen baiknya. Kalo diliat dari pertemuan pertama mereka itu, nggak akan nyangka kalo ujungnya mereka bakal jadian. Tian cuek-cuek gitu, Aaron juga. Mereka juga nggak saling nanyain nomor telepon masing-masing.

“Tapi ternyata dua tahun kemudian mereka kerja di kantor yang sama dan akhirnya jadian.”
Dalam kasus seperti ini, dialog ini bisa dibagi menjadi 2 (atau lebih) paragraf yang berbeda. Yang perlu diperhatikan adalah, JANGAN akhiri paragraf dialogmu dengan tanda petik penutup sebelum dialog tersebut selesai, seperti di contoh (k).
Kata sapaan dalam dialog
Nah, yang terakhir yaitu penggunaan huruf besar untuk kata sapaan, seperti di contoh (l).
(l) “Jangan pergi, Bu!” Toni memohon pada ibunya.
(m) “Saya hanya ingin membantu Anda.”

Setiap kata sapaan yang ditujukan secara langsung pada lawan bicara si pengucap dialog harus diawali dengan huruf besar, seperti kata “Bu” di (l). Selain itu, sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata “Anda” juga harus selalu diawali dengan huruf besar, seperti di (m).

Nah, sekian dulu ya panduan nulis dialog-nya. Semoga berguna buat kalian yang hobi nulis, biar nulisnya makin lancar dan meringankan beban para editor. Kalo ada yang menurut kalian perlu dikoreksi, komen aja, tar direvisi. Yah, Mimin kan juga manusia. :p

Ditunggu ya komennya. Sampai jumpa di post berikutnya!




Pesan sponsor ini diambil habis-habisan dari blog VOLPEN.COM :)

Sunday, August 25, 2013

7 DEADLY SIN OF WRITING


In a thought-provoking, writing tips based Thriller Fest panel provided by WD managing editor Zachary Petit, four popular authors shared what they believe to be the deadly sins of the writing craft. Here are seven of their offerings. Have you committed any of them?
1. Laziness
(David Hewson, author of the Nic Costa series)
Intellectual laziness is something all writers are prone to: as in writing the same type of book, and doing it annually. “I think you really have to fight against laziness and constantly keep challenging yourself.” Like great art, books aren’t ever finished—they’re abandoned. (In other words, don’t just finish writing a first draft and call it a day.)
2. Trying to be a good student
(Lisa Gardner, author of The Killing Hour)
Gardner said it’s a thrill to rope a lot of cool forensic facts in the research process. But the danger is in going home and regurgitating all of them in your novel—“When really thrillers are all about entertaining. …” Keep that story moving forward.
3. Marching down the outline
(John Sandford, author of Buried Prey)
This occurs when you sit down to write and follow your outline exactly. Sandford said some people use an outline like a frame, and merely embroider within it. Outlining is fine, but sticking too closely to it can stifle your story. “If you do outline, you have to be aware of the problems that that kind of thing can cause.”
4. Denying jealousy 
(M.J. Rose, author of The Hypnotist)
“I try to not allow myself to be jealous of other writers and the books they’ve written,” Rose said—but in fact, she believes it’s a good thing to let some of that jealousy seep through. So don’t bottle it up. “I think it’s really healthy to let yourself have the full range of emotions.”
5. Focusing too heavily on the business
(Sandford)
One of Sandford’s friends obsesses over the business end of writing—his friend writes a book, and then gets lost in all of the trappings of business and promotion … “to the exclusion of actually writing novels.”
6. Not reading books 
(Rose)
Reading is essential for writers. Rose cited a study that said that 23 percent of people in the United States want to be writers. If all of them read 10 books a year, Rose said, “We’d all be doing a lot better.”
7. Imitation
(Hewson)
There is a difference between imitating a book, and being influenced by a book. Hewson added that it’s valuable to figure out why you think certain things work in the books you read, and why others don’t.
sumbr :http://www.writersdigest.com/online-editor/the-7-deadly-sins-of-writing

22 CARA MENGOPTIMALKAN OTAK KANAN

(sumber gambar : 123rf.com)


Otak kita adalah sebuah superkomputer seberat 1,5 kg. Sebagai pusat kontrol yang mengendalikan hidup anda, otaklah yang menentukan bagaimana cara anda berpikir danberinteraksi dengan orang lain. Otak anda jauh lebih rumit dari komputer apapun dengan 100 juta milyar sel otak yang saling berhubungan satu sama lain. Mengoptimalkan fungsi otak adalah suatu keharusan jika anda ingin mengeluarkan potensi dirianda semaksimal mungkin. Dan sementara anda berolahraga atau melakukan yoga untuk menjaga kondisi tubuh, seringkali latihan mental menjadi terlupakan. Berapapun umur anda, latihan mental memiliki efek positif dan global pada otak anda. Dan inilah 22 cara untuk melakukannya :



1. Berlari untuk Sel Otak
Para peneliti mengatakan bahwa orang yang melakukan banyak latihan fisik mungkin memiliki otak yang lebih baik. Peneliti di Salk Institute menemukan bahwa tikus yang suka berlari pada roda latihan mengalami pertumbuhan sel-sel baru dua kali lebih banyak pada otak daerah memori dan belajar. Para peneliti belum yakin dengan penyebabnya tetapi ada kemungkinan bahwa hal ini dikarenakan oleh latihan fisik yang tidak dipaksakan. Yang artinya, dengan menemukan cara untuk menikmati olahraga daripada terpaksa melakukannya dapat membuatanda menjadi lebih pintar juga. Jadi lakukanlah olahraga yang anda gemari, lari pagi dengan musik atau fitness dengan teman-teman anda untuk lebih menyegarkan otak anda.

2. Mencoba Hal Baru
Pakar neurobiology dari Duke University, professor Lawrence C. Katz, Ph.D mengatakan bahwa menemukan cara baru dalam berpikir dan mencoba berbagai hal baru dapat meningkatkan fungsi dari daerah otak yang kurang aktif. Pada intinya cobalah lakukan apa saja yang dapat membuat anda keluar dari kebiasaan cara berpikir anda selama ini, misalnya mencoba berbagai masakan baru, pergi ke kantor melalui jalan lain, mengunjungi tempat-tempat baru atau mencoba membuat suatu karya seni.

3. Bertanya
Biasakan diri anda untuk selalu ingin tahu! Tanyakan kepada diri anda sendiri dan orang lain di sekitar anda tentang berbagai hal. Biasakan untuk bertanya “kenapa?” setidaknya 10 kali sehari. Otak anda menjadi terlatih dan kesempatan serta solusi akan muncul dalam kehidupananda.

4. Tertawa
Peneliti mengatakan bahwa tertawa baik untuk kesehatan. Tanpa peneliti harus memberitahu, seumur hidup kita sudah merasakan khasiat tertawa yang dapat mengurangi stress dantekanan mental. Jadi tertawalah sebelum tertawa itu dilarang!

5. Menjadi Pecinta Ikan
Omega-3 yang banyak terkandung dalam ikan telah lama diketahui baik untuk jantung. Tapi penelitian terakhir mengungkapkan bahwa omega-3 juga baik untuk otak karena mereka membantu sistem sirkulasi yang memompa oksigen ke kepala anda dan meningkatkan fungsi membran yang mengelilingi sel otak. Orang yang banyak mengkonsumsi ikan atau omega-3 bisa memiliki keadaan mental dan kecerdasan yang lebih baik dan lebih tahan terhadap depresi. Menyantap hidangan ikan seperti salmon, sarden, mackerel, dan tuna setidaknya 3 kali dalam seminggu adalah awal yang baik.

6. Menggali Ingatan
Lihatlah kembali album foto lama atau buku tahunan sekolah anda. Otak anda adalah sebuah mesin ingatan, jadi biarkanlah ia bekerja supaya tidak berkarat.

7. Kurangi Lemak
Lemak dapat mengurangi aliran darah yang mengandung oksigen ke otak anda danmenghambat metabolisme dari glukosa yag merupakan “makanan” untuk otak. Anda masih boleh mendapatkan 30% dari kebutuhan kalori perhari anda dalam bentuk lemak dan jauhi makanan ringan yang banyak mengandung lemak.

8. Bermain Teka-teki
Menyelesaikan teka-teki di waktu luang adalah cara yang baik untuk melatih otak anda danmenjaga kondisinya. Tidak masalah apakah itu teka-teki silang, jigsaw atau permainan logika. Tetapi lakukanlah dengan menyadari bahwa teka-teki tersebut hanyalah sebuah permainan untuk kesenangan.

9. Efek Mozart
Frances Rauscher seorang psikolog di University of Wisconsin menemukan bahwa mendengarkan Mozart dapat meningkatkan kemampuan matematik dan ruang seseorang. Tetapi perlu diperingati bahwa tidak semua orang mengalami efek Mozart ini. Dan beberapa ahli juga mengatakan bahwa hal ini terjadi karena musik dapat membuat orang yangmendengarnya merasa nyaman dan rileks dan rangsangan yang serupa juga dapat menghasilkan efek yang sama. Bahkan ada satu penelitian yang menemukan bahwa dengan mendengarkan cerita maka otak kita juga akan semakin berkembang.

10. Meningkatkan Keterampilan
Beberapa rangsangan mental yang diulang-ulang sebenarnya baik untuk otak anda selamaanda terus meningkatkan keahlian dan pengetahuan dasar anda. Kegiatan sehari-hari seperti berkebun, menjahit, membaca, mengisi teka-teki silang dapat berguna untuk kesehatan otakanda asalkan anda mendorong diri anda untuk terus melakukannya pada tingkat yangberbeda. Misalnya menjahit dengan pola yang lebih sulit, melukis dengan tehnik yang lebih sulit, atau mengerjakan teka-teki silang yang lebih besar dan sulit.

11. Jauhi Alkohol
Penelitian pada tikus menemukan bahwa alcohol tidak hanya merusak otak tetapi juga mencegahnya untuk pulih kembali. Penelitian terhadap 3500 pria di Jepang menemukan bahwa mereka yang minum secara teratur (kira-kira sekali sehari) akan memiliki fungsi kognitifyang lebih baik ketika mereka bertambah tua jika dibandingkan dengan mereka yang tidak minum sama sekali. Tetapi bagaimanapun juga jika anda minum melebihi batas normal maka kemampuan memori dan reaksi anda akan semakin menurun.

12. Bermain
Luangkan waktu anda untuk bermain. Tidak masalah apakah itu permainan kartu, video game, monopoli atau bahkan tarik tambang.Bermain sangat bagus untuk jiwa dan otak anda. Dengan bermain maka otak anda akan diberikan kesempatan untuk berpikir secara strategis.

13. Hal Yang Dilakukan Sebelum Tidur
Melihat atau membaca hal-hal penting (hanya jika informasi tersebut tidak akan mengganggu tidur anda) sebelum anda tidur dapat membantu meningkatkan ingatan anda terhadap hal-hal tersebut sebesar 20-30%. Sebaliknya jika anda tidak bisa tidur karena sesuatu hal yangmengusik pikiran anda, anda bisa “mengeluarkannya” dari pikiran anda dengan menulis semuanya diatas sehelai kertas. Jadi selalu siapkan pulpen dan kertas di samping tempat tiduranda.

14. Konsentrasi
Konsentrasi dapat meningkatkan kemampuan otak. Tentu saja anda tahu mengenai hal ini, tapi yang mungkin anda tidak sadari adalah hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasianda. Misalnya anda ingin menelepon seseorang sejak pagi tadi, jika hal ini tidak andalakukan maka akan mengganggu konsentrasi anda untuk beraktifitas seharian, bahkan ketikaanda tidak menyadarinya. Biasakan untuk berhenti sejenak dan bertanya “Apa yang sedang ada di pikiran saya saat ini?”. Ingat-ingat dan selesaikan hal tersebut. Untuk contoh di atas, segera telepon orang tersebut atau masukkan ke agenda esok hari, sehingga anda dapat berpikir dengan jernih dan rileks.

15. Hanya untuk Pasangan Suami Istri
Bagi anda yang sudah menikah, berdasarkan penelitian Winnifred B. Cutler, PhD dankoleganya di University of Pennsylvania , bercinta adalah salah satu kunci untuk menjaga kesehatan otak. Keintiman dan ikatan emosional yang terjadi pada saat bercinta dapat melepaskan perasaan negatif seperti kemarahan dan kekecewaan dari pikiran. Sedangkan untuk para istri, tingkat estrogennya akan meningkat dan tingkat estrogen yang meningkat juga meningkatkan aktivitas otak secara keseluruhan dan meningkatkan memori.

16. Bermain dan Bekerja
Tanpa kepuasan pribadi, maka anda tidak bisa mengerjakan sesuatu dengan maksimal Ketika diri seseorang berkembang melalui belajar dan kreativitas, ia lebih bersemangat dan akan memberikan 127% kemampuannya untuk pekerjaan. Ingat-ingatlah apa yang anda sukai ketika anda masih kecil dan terapkan hal tersebut ke dalam pekerjaan anda. Ini adalah kunci menuju kejeniusan, bakat dan talenta anda. Da Vinci, Edison dan Picasso semuanya suka bermain dan mereka suka bereksplorasi.

17. Siklus Kesadaran
Kesadaran anda terus mengalami siklus naik turun dalam kehidupan sehari-hari. Lama siklus yang terjadi sekitar 90 menit dengan 30 menitnya adalah durasi ketika kesadaran anda dalam kondisi yang lemah. Pelajari dan ketahui siklus anda sehingga anda bisa fokus pada tugas-tugas yang membutuhkan konsentrasi penuh ketika kesadaran anda sedang dalam keadaan siklus yang baik dan bukan yang lemah.

18. Belajar
Sebenarnya kita sedang mengembangkan potensi otak kita ketika kita menggunakannya untuk mempelajari hal-hal baru. Pelajari topik baru dari bidang pekerjaan anda atau hobi anda. Jika saat ini tidak ada topik yang membuat anda tertarik, cobalah mempelajari sebuah kata baru tiap harinya. Biasakan pikiran anda untuk terus belajar.

19. Menulis Untuk Dibaca
Menulis adalah salah satu stimulan yang baik untuk otak anda karena menulis dapat mengembangkan kapasitas otak anda. Cobalah memulainya dengan menulis cerita masa kanak-kanak anda atau mulai membuat blog sendiri atau apa saja selama anda menulisnya dengan tujuan untuk dibaca oleh orang lain.

20. Aroma Terapi
Aroma terapi dapat membantu anda untuk menjaga konsentrasi sekaligus menenangkan pikiran. Gunakan di tempat kerja untuk meningkatkan performa anda tetapi sebelumnya pastikan dahulu tidak ada yang alergi terhadapnya.

21. Meningkatkan Kekuatan Otak
Kopi dan minuman lainnya yang mengandung kafein dapat membantu mahasiswa meraih nilai tinggi pada saat ujian. Tetapi kafein sebenarnya menghambat aliran darah pada otak dan memiliki efek negatif lainnya. Oleh karena itu gantilah kopi dengan ginkgo biloba atau teh gotu kola. Ginkgo biloba telah dibuktikan dapat meningkatkan konsentrasi dan aliran darah ke otak dan

22. Membangun Sebuah Komunitas
Berkenalanlah dengan orang banyak di berbagai tempat untuk menemukan kesempatan baru dan solusi untuk masalah anda. Kelilingi diri anda dengan orang-orang dari berbagai bidang yang mendorong anda untuk terus maju sehingga kreatifitas anda akan terus berkembang.

Sumber : 

APA YANG DIMAKSUD PLOTTING?

PLOTTING


Sumber gambar : 123rf.com

1. Plot adalah alur atau struktur dari sebuah rangkaian cerita yang tersusun secara berkesinambungan

2. Plot sangat penting untuk menjaga agar cerita kalian tetap pada tempatnya

3. Ada 3 macam plot, yaitu plot flash-back, plot flash-forward dan plot campuran

3a. Plot flash-back (alur balik) digunakan untuk menampilkan kisah pada masa yang lalu
3b. Lalu pada plot flash-forward (alur maju) digunakan untuk menampilkan kisah saat ini hingga beberapa waktu yang akan datang
3c. Ada juga yang menggunakan plot campuran dimana menceritakan masa lalu tokoh dan kisahnya saat ini

4. Secara sederhana, plot dibagi menjadi 3 bagian: awal, tengah dan akhir cerita

5. Secara lebih rinci, plot dibagi menjadi 5 bagian: Pengenalan, Konflik, Klimaks, Post-Konflik dan Penyelesaian Konflik (Ending)

5a. Pada pengenalan, tokoh-tokoh dalam novel diperkenalkan, terutama peran tokoh utama harus ditonjolkan

5b. Bagian pengenalan ini penting sebagai pengantar pembaca agar memahami konflik yang akan terjadi

5c. Misalnya menjelaskan tentang siapa Rama, bagaimana kehidupannya serta apa goal yang ingin dicapainya 

6. Konflik ~> Pada bagian ini dikisahkan kendala-kendala yang menghalangi tokoh dalam mencapai tujuannya.

6a. Biasanya, pada bagian ini mulai dihadirkan tokoh antagonis

6b. Oh ya, ada 3 macam konflik yaitu konflik antar-tokoh, konflik internal dan konflik impersonal

7. Klimaks ~> Inilah bagian terpenting dari sebuah cerita yang menentukan seberapa berhasilnya karyamu!

7a. Karena pada klimaks inilah puncak permasalahan dijabarkan
7b. Pada klimaks, kita membangun partisipasi pembaca, untuk mampu berimajinasi bahkan berkeinginan untuk menjadi sang tokoh utama
7c. Oleh karena itu pada penjabaran klimaks, pengembangan karakter, setting serta suasana sangat dibutuhkan 

8. Post-Konflik (Antiklimaks) ~> Merupakan suatu tahapan dimana puncak masalah (klimaks) mulai menemukan jalan keluar

9. Penyelesaian Masalah (Ending) ~> Bagian yang manjabarkan akhir dari konflik dan klimaks yang terjadi

10.Bagaimana cara membuat plot? Mudah. Kamu bisa menggunakan mindmap (peta pikiran)


 (sumber : http://readingwritingsociety.blogspot.com)

Sunday, August 18, 2013

MENGIRIM NASKAH CERPEN BY E-MAIL?

Majalah Aneka Yess

Cerpen maksimal 7 hlm folio spasi ganda
Sertakan pernyataan cerpen orisinil dan belum pernah dipublikasikan
Kirim ke alamat: Jl Salemba Tengah No 58 Jakarta Pusat 10440 atau email: aneka@indosat.net.id

Majalah Kawanku

Cerpen dengan jumlah karakter 9100 termasuk spasi
Ketik spasi double
Kirim ke alamat email: kawanku-mag@gramedia-majalah.com, cerpenkawanku@gmail.com
Cantumkan identitas lengkap, alamat, dan nomor rekening

Majalah Gadis

    Tulisan untuk rubrik Obrolan, Kuis, Cinta dengan panjang 3-4 halaman folio spasi ganda
    Tulisan untuk rubrik Percikan (cerpen mini) dengan panjang 2 halaman folio spasi ganda
    Tulisan untuk rubrik cerpen dengan panjang 6-7 halaman folio spasi ganda
    Kirim ke alamat Redaksi Majalah Gadis: Jl HR Rasuna Said Blok B Kav 32-33 Jakarta 12910, email: info@gadis-online.com
    Tulis identitas lengkap dan nomor rekening
    Cantumkan nama rubrik di kiri atas amplop

Majalah Hai

Cerpen maksimal 7 hlm folio spasi ganda
 Kirim ke alamat: Gedung Gramedia Majalah Unit I Lt.1, Jl Panjang No 8A, Kebon Jeruk, Jakarta 11530
 Alamat email: hai_magazine@gramedia-majalah.com

Majalah Annida

Cerpen dalam rubrik Kias dan Epik panjang 6-10 halaman folio
Kirim via surat:  *tuliskan nama rubrik di pojok kiri amplop, lampirkan biodata dan kartu identitas, kirim ke Jl Mede No 42 Utan Kayu, Jakarta Timur 13120
Kirim via email: *sertakan biodata lengkap, kirim ke annida@ummigroup.co.id

Majalah Teen

    Kirim cerpen maksimal 6 halaman
    Kirim ke alamat Jalan Prof Dr Satrio Kav. 3-4 Karet Kuningan, Jakarta 12940
    Atau alamat email ke: tabloid.teen@gmail.com

Tabloid Gaul

    Maksimal 10 halaman / 10.000 karakter
    Spasi 1,5
    Jln. Kedoya Duri raya No.36 Kebon Jeruk Jakarta 11520
    Telp 021-58359109

Sumber : Maharaniyusuf.blogspot.com

MENGIRIM NASKAH KE MEDIA DANHONORARIUM PENULIS

Sumber tulisan ini diambil dari beberapa blog yang ternyata saling tumpang tindih, sehingga saya tidak tahu sumber yang asli. Tapi saya mencopy-paste dari : 1. ras-eko.blogspot.com
         2. maharani-yusuf.blogspot.com


1. Republika sekretariat@republika.co.id, aliredov@yahoo.com Tidak ada pemberitahuan dari redaksi terkait pemuatan cerpen. Sudah lama tidak memuat puisi. Honor cerpen Rp. 400.000,- (potong pajak), tetapi—pengalaman beberapa rekan penulis, harus sabar menagih ke redaksi beberapa kali agar segera cair.

2. Kompas opini@kompas.co.id, opini@kompas.com Ada konfirmasi pemuatan cerpen/puisi dari redaksi via email. Honor cerpen Rp. 1.100.000,- (tanpa potong pajak), honor puisi Rp. 500.000,- (tanpa potong pajak–referensi Esha Tegar Putra), seminggu setelah pemuatan, honor sudah ditransfer ke rekening penulis.

3. Koran Tempo ktminggu@tempo.co.id Biasanya Nirwan Dewanto—penjaga gawang rubrik Cerpen Koran Tempo, meng-sms penulis terkait pemuatan cepen/puisi jika penulis mencantumkan nomer hp di email pengiriman. Honor cerpen tergantung panjang pendek cerita, biasanya Rp. 700.000,- honor puisi Rp. 600.000,- (pernah Rp. 250.000,- s/d Rp. 700.000, referensi Esha Tegar Putra), ditransfer seminggu setelah pemuatan.

4. Jawa Pos sastra@jawapos.co.id Jawa Pos menerima karya-karya pembaca berupa cerpen dan puisi atau sajak. Cerpen bertema bebas dengan gaya penceritaan bebas pula. Panjang cerpen adalah sekitar 10 ribu karakter. Honor cerpen Rp. 900.000,- (potong pajak), honor puisi Rp. 500.000,- (referensi Isbedy Stiawan Zs), ditransfer seminggu setelah cerpen/puisi dimuat.

5. Suara Merdeka swarasastra@gmail.com Kirimkan cerpen, puisi, esai sastra, biodata, dan foto close up Anda. Cerpen maksimal 9.000 karakter termasuk spasi. Honor cerpen Rp. 350.000,- (potong pajak), honor puisi Rp. 190.000,- (tanpa potong pajak), hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, jangan lupa tanggal pemuatan cerpen. Bisa diambil langsung ke kantor redaksi atau kantor perwakilan redaksi di kota Anda—jika ada.

6. Suara Pembaruan koransp@suarapembaruan.com Honor cerpen Rp. 400.000,- (potong pajak), hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

7. Suara Karya redaksi@suarakarya-online.com, amiherman@yahoo.com Honor cerpen Rp. 150.000,- (tanpa potong pajak), hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

8. Jurnal Nasional tamba@jurnas.com, witalestari@jurnas.com Honor cerpen Rp. 400.000,- (potong pajak), hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

9. Seputar Indonesia redaksi@seputar-indonesia.com, donatus@seputar-indonesia.com Tidak setiap hari Minggu memuat cerpen. Honor cerpen Rp. 400.000,- (potong pajak), honor puisi Rp. 190.000,- (tanpa potong pajak), hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

10. Pikiran Rakyat khazanah@pikiran-rakyat.com, ahda05@yahoo.com Cerpen tayang per dua mingguan. Honor cerpen Rp. 350.000,- (tanpa potong pajak), hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

11. Tribun Jabar cerpen@tribunjabar.co.id, hermawan_aksan@yahoo.com Selain ada cerpen berbahasa Indonesia setiap Minggu, juga ada cerpen bahasa Sunda setiap hari Kamis bersambung Jumat. Honor cerpen Rp. 200.000,- (tanpa potong pajak), hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

12. Kedaulatan Rakyat redaksi@kr.co.id, jayadikastari@yahoo.com Honor cerpen Rp. 400.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

13. Joglo Semar (Yogyakarta) harianjoglosemar@gmail.com Honor cerpen Rp. 150.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

14. Minggu Pagi (Yogyakarta) we_rock_we_rock@yahoo.co.id Terbit seminggu sekali setiap Jumat. Honor cerpen Rp. 150.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

15. Surabaya Post redaksi@surabayapost.info, surabaya_news@yahoo.com, zahira@yahoo.com Honor cerpen Rp. 150.000,- (potong pajak) hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

16. Radar Surabaya radarsurabaya@yahoo.com, diptareza@yahoo.co.id Honor cerpen Rp. 200.000,- (potong pajak) hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

17. Lampung Post lampostminggu@yahoo.com Honor cerpen Rp. 200.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, bisa diambil langsung ke kantor redaksi atau minta tolong teman yang ada di Lampung untuk mengambilkan ke kantor redaksi.

18. Berita Pagi (Palembang) huberitapagi@yahoo.com Honor cerpen Rp. 100.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, jangan lupa tanggal pemuatan cerpen, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

19. Sumatera Ekspres (Palembang) citrabudaya_sumeks@yahoo.com Honor cerpen Rp. 100.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, jangan lupa tanggal pemuatan cerpen, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

20. Padang Ekspres yusrizal_kw@yahoo.com, cerpen_puisi@yahoo.com Honor cerpen Rp. 100.000,- s/d Rp. 125.000,- honor puisi Rp. 75.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, jangan lupa tanggal pemuatan cerpen, bisa diambil langsung, atau minta tolong teman mengambilkan honor ke kantor redaksi.

21. Haluan (Padang) nasrulazwar@yahoo.com Honor cerpen Rp. 150.000,- honor puisi Rp. 100.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, jangan lupa tanggal pemuatan cerpen, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

22. Singgalang (Padang) hariansinggalang@yahoo.co.id, a2rizal@yahoo.co.id Honor cerpen Rp. 50.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

23. Riau Pos budaya_ripos@yahoo.com, habeka33@yahoo.com Honor cerpen Rp. 150.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

24. Sumut Pos redaksi@hariansumutpos.com Honor cerpen Rp. 100.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

25. Jurnal Medan nasibts@yahoo.com Honor cerpen Rp. 100.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

26. Analisa (Medan) rajabatak@yahoo.com Honor cerpen Rp. 100.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

27. Sinar Harapan redaksi@sinarharapan.co.id, blackpoems@yahoo.com Honor cerpen Rp. 100.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

28. Jurnal Cerpen Indonesia jurnalcerpen@yahoo.com, jurnalcerita@yahoo.com Honor cerpen Rp. 250.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

29. Majalah Horison horisoncerpen@gmail.com, horisonpuisi@gmail.com Honor cerpen Rp. 350.000,- honor puisi tergantung berapa jumlah puisi yang dimuat, biasanya dikirimi majalahnya sebagai bukti terbit. Hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi, dan kadang honor dikirim via wesel jika tidak ada nomer rekening.

30. Majalah Esquire cerpen@esquire.co.id Honor cerpen Rp. 1.000.000,- (potong pajak), hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

31. Majalah Sabili elkasabili@yahoo.co.id Honor cerpen Rp. 200.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

32. Majalah Suara Muhammadiyah redaksism@gmail.com Honor cerpen Rp. 150.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

33. Majalah Ummi kru_ummi@yahoo.com Tema cerpen seputar keluarga dan rumah tangga. Honor cerpen Rp. 250.000,- ditransfer paling telat satu bulan setelah pemuatan.

34. Majalah Kartini redaksi_kartini@yahoo.com Honor cerpen Rp. 400.000,- Sebulan setelah pemuatan honor ditransfer ke rekening penulis.

35. Majalah Alia majalah_alia@yahoo.com Honor cerpen Rp. 300.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

36. Majalah Femina kontak@femina-online.com, kontak@femina.co.id Honor cerpen Rp. 850.000,- dan cair seminggu setelah dimuat.

37. Majalah Sekar sekar@gramedia-majalah.com, majalahsekar@gmail.com Honor cerpen Rp. 400.000,- dibayar sebulan setelah majalah terbit.

38. Majalah Story story_magazine@yahoo.com Tema cerpen khas ala remaja/teenlit. Konfirmasi pemuatan cerpen via telepon dari redaksi Story. Antrian pemuatan panjang, bisa 6 bulan sampai setahun. Honor cerpen Rp. 250.000,- maksimal sebulan setelah pemuatan honor sudah ditransfer ke rekening penulis.

39. Majalah Gadis redaksi.gadis@feminagroup.com Tema cerpen khas ala remaja/teenlit. Honor untuk Percikan (cerpen mini tiga halaman) Rp. 500.000,- Honor untuk Cerpen Rp. 850.000,- ditransfer seminggu setelah majalah terbit.

40. Majalah Annida-online majalah_annida@yahoo.com Ada konfirmasi pemuatan cerpen via email redaksi Annida-online. Honor cerpen Rp. 50.000,- honor epik (cerita kepahlawanan) Rp. 100.00,- maksimal sebulan setelah pemuatan honor sudah ditransfer.

41. Majalah Bobo bobonet@gramedia-majalah.com Honor cerpen Rp. 250.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

42. Kompas khusus Cerpen Anak opini@kompas.co.id, opini@kompas.com Pada subjek email ditulis CERPEN ANAK: JUDUL CERPEN. Honor cerpen Rp. 300.000,- Resensi buku anak honor Rp. 250.000,- Honor cair tiga hari setelah pemuatan.

43. Tabloid Nova nova@gramedia-majalah.com Honor cerpen Rp. 400.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

Saturday, August 10, 2013

HOSPITALITY & MANAJEMEN BERTAMU Bagian 2


Masih dalam big theme of the year : silaturahmi ^_^

Banyak orang yang masih belum menerapkan manajemen hospitality,  sebagian besar tentu dengan alasan tidak tahu, dan sebagian besar karena memang tidak mau tahu. Kita bahas sedikit ya..

Definisi 'hospitality' secara umum
1. kindness in welcoming guests or strangers.
2. The act or practice of one who is hospitable; reception and entertainment of strangers or guests without reward, or with kind and generous liberality. 
(http://artikata.com/arti-90598-hospitality.html)
 
Yaitu keramah-tamahan saat menerima tamu atau berhadapan dengan orang asing di rumah, tanpa menuntut imbalan atau pamrih. 
 
Bagaimana adab dan tata cara bertamu di dalam Islam?

Di dalam QS Ad-Dzariyat ayat 24 sampai 27  menjelaskan tentang pentingnya masalah penghormatan kepada tamu.

هَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ ضَيْفِ إِبْرَ‌اهِيمَ الْمُكْرَ‌مِينَ
 
إِذْ دَخَلُوا عَلَيْهِ فَقَالُوا سَلَامًا  قَالَ سَلَامٌ قَوْمٌ مُّنكَرُ‌ونَ
 
فَرَ‌اغَ إِلَىٰ أَهْلِهِ فَجَاءَ بِعِجْلٍ سَمِينٍ
 
فَقَرَّ‌بَهُ إِلَيْهِمْ قَالَ أَلَا تَأْكُلُونَ

 sumber : www.radiodaqu.com
"Sudahkah sampai kepadamu (Muhammad) cerita tentang tamu Ibrahim (yaitu malaikat-malaikat) yang dimuliakan?

(Ingatlah) ketika mereka masuk ke tempatnya lalu mengucapkan: "Salaamun". Ibrahim menjawab: "Salaamun (kamu) adalah orang-orang yang tidak dikenal".

Maka dia pergi dengan diam-diam menemui keluarganya, kemudian dibawanya daging anak sapi gemuk.

Lalu dihidangkannya kepada mereka. Ibrahim lalu berkata: "Silahkan anda makan"

Ayat-ayat ini menjelaskan tentang adab bertamu lewat beberapa poin berikut:
 
1. Tamu itu mulia. "Dhoif...mukramin"
 
2. Tamu ketika masuk harus mengucapkan salam.  "Qaluu Salaaman"
 
3. Wajib menjawab salamnya. "QaalaSalaamun"
 
4. Tuan rumah harus menyiapkan hidangan tanpa sepengetahuan tamunya. "Faraagha"
 
5. Hidangan hendaknya disiapkan di dalam rumah. "Ilaa Ahlihi"
 
6. Menjamu sesegera mungkin.  "Fa Jaa'a...huruf Fa' menjelaskan tentang kecepatan waktu dan segera."
 
7. Hidangkan makanan yang terbaik. "Bi ‘Ijlin Samiin"
 
8. Jangan bawa tamu ke dekat jamuan makanan, tapi bawalah jamuan makanan ke dekat tamu.  "Fa Qarrabahu Ilaihim".
 
9. Jangan bertanya kepada tamu, "Sudah makan atau belum?" ‘Faraagha Ilaa Ahlihi Fajaa'a"  (Nabi Ibrahim pergi dengan diam-diam menemui keluarganya)
 
10. Layanilah sendiri tamu yang ada. "Fa Jaa'a"  (Nabi Ibrahim sendiri yang menyuguhkan makanan)
 
11. Hendaknya makanan bisa dijangkau oleh tamu.  "Fa Qarrabahu Ilaihim"
 
12. Hendaknya tamu menerima makanan sehingga tuan rumah tidak kepikiran. "Alaa Ta'kulun"
 
13. Pertama, hidangkan makanan kemudian baru berbincang-bincang. "Fa Jaa'a Bi ‘Ijlin Samiin" setelah itu bertanya..."Fa Maa Khatbukum Ayyuha al-Mursalun" (QS. Ad-Dzariyat:31)
 
14. Bila tamu memiliki berita menyenangkan dan menyedihkan, pertama sampaikan kabar yang menyenangkan kemudian baru kabar yang menyedihkan. "Bassyarnaa... mengabarkan tentang anak kemudian mengabarkan tentang azab yang diturunkan kepada para pendosa."
(IRIB Indonesia / Emi Nur Hayati)
 
1. http://indonesian.irib.ir/islamologi1/-/asset_publisher/iHM3/content/14-poin-tata-cara-bertamu-dan-menjamu-tamu-dalam-al-quran
2. Hujjatul Islam Mohsen Qaraati, Daqayeqi Ba Quran, Markaze farhanggi Darshaye az Quran, cetakan ke 15, 1390.



 sumber: theofhyan.blogspot,com

Samakah adab bertamu ini secara umum?
 

1. Beritahu Lebih Dahulu
Di kota besar seperti Jakarta, di mana banyak penghuni rumah sibuk bekerja, sebaiknya beritahu dulu lewat telepon bila ingin bertamu. Bagi orang yang dikunjungi, ini jadi semacam pemberitahuan, dan dia akan merasa dihargai bila ditanya lebih dulu. Bisa saja pada waktu Anda datang, dia ada acara lain atau tidak mau diganggu tamu. Bagi Anda, akan mendapat kepastian, apakah si penghuni ada di rumah dan siap Anda kunjungi.

2. Tepat Waktu
Bila Anda berjanji datang jam sekian, usahakan tepat waktu. Ini akan memberi kesan yang baik kepada tuan rumah. Dan memudahkan tuan rumah mengatur waktu. Bisa saja ia punya kegiatan yang amat sangat padat, sehingga ketika menyetujui Anda datang pada waktu tertentu, hanya itu waktu yang ia punya untuk Anda.

3. Masuk Bila Sudah Dipersilakan
Bila ternyata rumah yang Anda datangi pagarnya dalam keadaan terkunci, cari bel pintu, dan tekan sekali dua kali, jangan berkali-kali. Bersabarlah sampai ada yang datang membukakan pintu. Kalaupun pintu rumah tak terkunci, jangan sembarangan masuk, ketuklah atau bunyikan bel, dan masuk bila sudah dipersilakan.

4. Ucapkan Salam
Bila bertemu penghuni rumah, ucapkan salam. Sebagai penghormatan kepada pemilik rumah, sekaligus tanda Anda sudah datang. Begitu juga ketika Anda hendak pamit, ucapkan pula salam.

5. Ingat Waktu
Sedekat apa pun Anda dengan penghuni rumah, namanya bertamu harus ingat waktu. Lain soal, bila Anda berniat menginap dan sudah disetujui penghuni rumah. Tapi bila hanya kunjungan biasa, jangan merasa terlalu santai dan berlama-lama. Katakan langsung tujuan Anda datang. Ada tuan rumah yang amat sangat ramah, sehingga kelihatannya senang dengan kunjungan Anda, tapi sebenarnya ia punya kesibukan yang harus dikerjakan. Jelilah melihat situasi.

6. Jangan Pegang Barang
Selama bertamu, jangan memegang barang-barang yang ada di rumah tamu, seperti hiasan, album foto atau majalah, sebelum mendapat izin dari pemilik rumah. Ada tuan rumah yang tak suka barang-barangnya dipegang. Namun, ada juga yang senang pamer. Cara paling jitu, ya bertanya. Atau pancing dengan pujian tentang barangnya. Bila reaksinya ramah, tak masalah. Tapi bila sikapnya enggan, jangan memaksa. Apalagi ini kunjungan pertama dan hubungan Anda dengan tuan rumah tidak dekat.

7. Jaga Sikap dan Omongan
Bersikaplah sopan selama bertamu, terutama bila Anda baru berkenalan. Misalnya, Anda baru pindah ke suatu kompleks dan bertamu ke rumah tetangga untuk berkenalan. Cari topik umum yang aman dibicarakan, sambil memperkenalkan keluarga atau penghuni rumah Anda. Jaga omongan Anda, misalnya, jangan sekali-kali mengritik interior rumahnya, seberantakan apa pun itu.

8. Situasi Rumah
Ada kalanya, situasi rumah yang Anda datangi sedang tak enak. Misalnya, terjadi pertengkaran antara penghuni rumah. Meski pertengkaran sudah usai, tetap akan tercipta suasana tidak enak. Bila ini terjadi, sebaiknya Anda segera pamit. Begitu juga bila ada salah satu anggota keluarga yang sedang sakit dan memerlukan perhatian dari tuan rumah, sebaiknya segera mohon diri.

9. Tamu Lain
Bila ternyata di rumah yang Anda kunjungi ada tamu lain yang datang sebelum Anda, perkenalkan diri Anda kepada tamu tersebut. Dan lihat situasi, apakah kunjungan Anda bisa lama atau tidak. Dan apakah yang hendak Anda bicarakan dengan tuan rumah bisa dikemukakan di depan tamu itu, atau sebaiknya ditunda.

(Sumber : http://forum.kompas.com/teras/5366-etika-saat-bertamu-apakah-anda-sudah-tahu.html)
 

HOSPITALITY & MANAJEMEN BERTAMU Bagian 1



Maksud hati ingin beramah tamah dalam rangka silaturahim dan demi kemanusiaan, apa daya sang tuan rumah sedang dalam kondisi 'mengkonfrontasi', Well, maka terciptalah tulisan ini :) 

Lebaran kali ini memang sangat berwarna. Aku bersyukur bisa terlibat di dalamnya dengan full intens and feeling blessed. Tak seperti lebaran-lebaran sebelumnya, tahun ini kuawali dengan rasa syukur yang luar biasa. Rejeki mengalir tanpa dapat dibendung. 

Ibundaku tercinta, eyang Tatie Moelyono, suami dan anak-anak sehat walafiat. Bukan hanya itu, alam semesta mendukung dengan cuaca yang sangat bersahabat, sehingga aku dapat merasakan PUASA sepenuhnya dari hari pertama! Sungguh indah ^^

Back to laptop #Tukul Arwana
 
Dengan kapasitas memiliki 4 orang anak dengan 3 diantaranya usia elementary dan toddler,  tak dapat kusangkal kadang aku was-was jika bertamu. Tak selamanya anak-anak dalam kondisi good mood. Adakalanya mereka juga lelah dan sakit namun tak dapat mengungkapkannya. 

Seperti kali ini. Aku bertamu ke rumah mertua dan menginap karena kebetulan adik-adik iparku yang biasa menginap, berbarengan mudik. Rumah sangat sepi, tinggal nenek Hj Husnah dan supir serta anakku yang pertama - yang memang tinggal di situ.




Tentu saja anak-anak mencari kesibukan sendiri. Ada yang mengambil sepeda dan ada yang naik mobil kayuh kecil. Tak kusangka, si kakak yang memang terbiasa sendiri dan sedang asyik di depan komputer main game, marah-marah. Aku yang temperamental, terpicu emosinya saat itu juga.

Aku mengomel panjang kali lebar sama dengan luas tujuh turunan delapan belokan sembilan tanjakan. Ayahnya juga ikut marah. Hasilnya? Bisa diduga.
Aku dan si kakak banting pintu masuk kamar masing-masing. What a blast!

Di kamar, aku ambil hape, bebe dan notebook. Corat-coret. BBM teman ga penting ^_^ sambil cemberut. Rasanya sejuk seperti mandi air es di Atlantik *eh.. saat sahabatku, Bunda Wie membalas omelan-omelanku dengan emoticon big smile, dan memberi solusi cerdas dan tepat sasaran. Haa...

1. Ambil kupiii.. (pengalihan perhatian sejenak)
2. Shalat dhuha (air wudhu jadi adem -- also pengalihan perhatian sejenak)
3. Pasang headset setel lagu kesukaan (relaksasi)
4. Makan buah kalo ada (antioksidan biar awet muda dan ga marah-marah lagi)
5. Baca surat pendek -- baca sajak -- dan entah apalagi ^_^

Efektifkah ? Tentu saja!
Membaca solusinya dan menjalankan step ke-2 membuatku tersenyum. Senyum malu dan senyum "Aha!" I have a great idea today.. 

Dari sharing di facebook, 
beberapa teman yang juga memiliki beberapa anak kecil, aktif dan rata-rata boys  juga bercerita pengalaman mereka saat berkunjung ke rumah kerabat.

Dari perbincangan seru dan menarik itu, akhirnya aku bisa mengambil beberapa kesimpulan:

1. Self training; biasakan anak sejak di rumah untuk tidak 'celamitan'. Ambil kue secukupnya, tidak 'memangku' toples.
2. Jika anak aktif,  bawakan mainan- bahkan makanan- yang dia sukai.
3. Efektifkan sedikit 'tatapan maut' jika si empunya rumah memiliki banyak kristal, beling, pecah-belah *bertamu ke toko kelontong?
4. Sebagai tuan rumah kita harus maklum (elus-elus dada) dan sebagai tamu kita harus tahu diri..
5. Jangan lama-lama bertamunya ! (^_^) 

  Yah, pokoknya dapat ilmu baru deh, hari itu. Oya jangan lupa, sebelum bertamu, pastikan 'jenis' tuan rumah yang akan dikunjungi. Ada tulisan "AWAS! Anti anak kecil!" atau tidak.

Last but not least, maafin aye kalo ade sale-sale kate yee...
Met lebaran dan liburan di hari Fitri ini ^_^

Saturday, August 3, 2013

C M I I W yaa, imho ^_^ (part 2)

J
JAT = Just A Thought
JAPRI = Jalur Pribadi
JFU = Just For You
JIC = Just In Case
JK = Just Kidding (or Joke)
JMHO = Just My Humble Opinion
JMO = Just My Opinion

K  L
KWIM? = Know What I Mean?

L8R = Later
LBAY = Laughing Back At You
LD = Later Dude
LDR = Long=Distance Relationship
LLTA = Lots and Lots of Thunderous Applause
LMAO = Lauging My Ass Off
LOL = Laughing Out Loud or Lots Of Luck
LOLBAY = Laughing Out Loud Back At You
LTM = Laugh To Myself
LTNS = Long Time No See

M
M/F? = Male or Female?
MEGO = My Eyes Glazed Over
MHOTY = My Hat’s Off To You
MINK = Multiple Income No Kids
MMHA2U = My Most Humble Apologies to you
MOOS or MOTOS = Member Of The Opposite Sex
MOSS or MOTSS = Member Of The Same Sex
MOTD = Message Of The Day
MOTO = Member Of The Opposant
MUD = Multi=User Dungeon (or Dimension)

N
NBIF = No Basis In Fact
NBIR = No Basis In Reality
NW = No Way
NP = No Problem
NRN = No Reply Necessary

O
OIC = Oh, I see
OLL = On=Line Love
OMG = Oh My God
OOT = Out Of Topic
OOTB = Out Of The Box
OPM = Other People’s Money
OTF = On The Floor
OTOH = On The Other Hand
OTOOH = On The Other, Other Hand
OTP = On The Phone
OTTH = On The Third Hand
OTTOMH = Off The Top Of My Head
OTW = On the Way

P
PANS = Pretty Awesome New Stuff
PC = Politically Correct or Personal Computer
PDA = Public Display of Affection
PDQ = Pretty Darn Quick
PEBCAK = Problem Exists Between Chair And Keyboard
PGB = Pengertiannya Gitu Bang
PI or PIC = Politically Incorrect
PITA = Pain In The Ass
PMFJI = Pardon Me For Jumping In
PMJI = Pardon My Jumping In
POTS = Plain Old Telephone Service (or Pretty Old Tired Stuff)
POV = Point Of View
PPL = Peed Pants Laughing or People

R
RL = Real Life
ROAR = laughing as loud as a lion
ROFL = Rolling On Floor Laughing
RP = Romantic Partner
RPG = Role Playing Games
RSN = Real Soon Now
RTM = Read The Manual or Message
RW = Real World
RYO = Roll Your Own

S
SINK = Single Income No Kids
SITD = Still In The Dark
SO = Significant Other
SOL = Smiling Out Loud
SOMY? = Sick Of Me Yet?
SOS = Someone On Shoulder
STD = Sick To Death
STS = Sorry To Say

T
TAF = That’s All Folks
TAFN = That’s All For Now
TANSTAAFL = There Ain’t No Such Thing As A Free Lunch
TBH = To Be Honest
TCN = Take Care Now
TFH = Thread From Hell
TFI = The Fact Is
TFM = Thanks From Me
TFMT = Thanks From Me Too
TFS = Thank For Sharing
TGIF = Thank God It’s Friday
TGTBT = Too Good To Be True
TFRM = Thanks For Remind Me
THX = Thanks
TIA = Thanks In Advance
TIC = Tongue In Cheek
TIG = This Is Great
TIIC = The Idiots In Charge
TLA = Three=Letter Acronym
TPTB = The Powers That Be
TTFN = Ta Ta For Now
TTYL = Talk To You Later
TQ or TX or TXS or THX = Thanks (or Thank You)
TYSM = Thank You So Much
TYVM = Thank You Very Much

 U V W
UAPITA or YAPITA = You’re A Pain In The Ass
USTM or YSTM = You Should Thanks Me

VWP = Very Well Put

W4W = Word for Word
WAGS = What A Great Story
WAI = What An Inspiration!
WB = Welcome Back
WDALYIC? = Who Died And Left You In Charge?
WFM = Works For Me
WIBNI = Wouldn’t It Be Nice If
WP = Well Put
WT? = What/Who The?
WTH? = What The Hell?
WTG = Way To Go
WTGP? = Want To Go Private?
WTS = With That Said
WU? = What’s Up?
WUF? = Where are you From?
WYSIWYG = What You See Is What You Get

 X Y Z
XOXO = kisses and hugs
XX = kisses

YAAG = You Are A Genius
YABR = You Are Being Replaced
YGBSM = You’ve Gotta Be Shittin’ Me
YMMV = Your Mileage May Vary
YRR = You ‘R’ Right
YVMW = You’re Very Much Welcome

C M I I W yaa.. IMHO ^_^ (part 1)




Sebagai seorang yang aktif di dunia maya (weeiits, beraat ciin..), maka tak komplit jika tak mengenal beberapa istilahnya, ya gak..Kasian deh,lagi chat atau komen lalu 'freezing' dengan istilah teman-teman lainnya. Mau nanya tapi lagi seru, ga nanya tapi ga ngerti maksude.. akhirnya balasnya dengan emoticon ^_^ atau  ^0^ hihi..

Nah, berikut beberapa istilah yang lazim digunakan dan artinya. Jadi, update ur vocab yaa!


A
ADN = Any Day Now
AFAIK = As Far As I Know
AFK = Away From Keyboard
AKA = Also Known As
ASAP = As Soon As Possible
ATM = According To Me
ATTN = Attention

B
BAK = Back At the Keyboard
BBIAB = Be Back In A Bit
BBL = Be Back Later
BBS = Be Back Soon
BFN = Bye For Now
BIF = Basis In Fact
BION = Believe It Or Not
BL = Belly Laughing
BRB = Be Right Back
BTA = But Then Again
BTT = Back To Topic
BTW = By The Way

C
CMIIW = Correct Me If I’m Wrong
CU = see you
CUA = Common User Access
CUL = see you Later
CWYL = Chat With Ya Later
CYO = See You Online

D
DBA = Doing Business As
DIKU? = Do I Know You?
DITYID? = Did I Tell You I’m Distressed?
DIY = Do It Yourself
DTRT = Do The Right Thing

E
EMFBI = Excuse Me For Butting In
EOM = End Of Message
EOS = End Of Show
EOT = End Of Thread

F
FTF = Face To Face
FAQ = Frequently Asked Question(s)
FISH = First In, Still Here
FOMCL = Falling Off My Chair Laughing
FUD = Fear, Uncertainty & Doubt
FWIW = For What It’s Worth
FYA = For Your Amusement
FYEO = For Your Eyes Only
FYI = For Your Information

G
GA = Go Ahead
GAL = Get A Life
GIGO = Garbage In, Garbage Out
GIWIST = Gee, I Wish I’d Said That
GMTA = Great Minds Think Alike
GOL = Giggling Out Loud
GRD = Grinning, Running & Ducking
GTG = Got to Go
GWS = Get Well Soon
GTRM = Going To Read Mail

H
HHOK = Ha Ha, Only Kidding
HHOS = Ha Ha, Only Serious
HNG = Horny Net Geek
HTD = Have To Disagree
HTH = Hope This Helps
HTHBE = Hope This Has Been Enlightening

I
IAC = In Any Case
IAG = I’m A Genius
IAE = In Any Event
IANAL = I Am Not A Lawyer
IC = I see
ICAM = I Couldn’t Agree More
ID = I Disagree
IHA = I Hate Acronyms
IIRC = If I Remember Correctly
ILY or ILU = I Love You
IMAO = In My Arrogant Opinion
IMCO = In My Considered Opinion
IMHO = In My Humble Opinion
IMNSHO = In My Not So Humble Opinion
IMO = In My Opinion
IOW = In Other Words


Oya, artikel ini mendapat masukan dari : 
http://kilaubiru.wordpress.com/2011/10/19/btw-apa-sih-artinya-cmiiw-fyi-imho/2/
dan 
http://amirulikhsan.net/apa-sih-artinya-cmiiw-imho-afk-lol-brb.html