Featured Post

BERAPA HONOR ILUSTRATOR DAN BAGAIMANA SKEMA KERJANYA?

1. Bukan Ilustrator Pro Sebagai ilustrator yang "tercebur" secara tiba-tiba, saya sering -eh, sombong!- maksudnya  beberapa...

MENGENAL NIRMANA, SI TANGLE INDONESIA

 


Berkenalan dengan dunia ilustrasi, 
tentunya tidak akan lengkap tanpa tahu apa itu nirmana.

Wait.. what?

Nirmana dari negeri dongeng? Itu NIR-MA-LA, gaes!

Singkatnya aja, nirmana itu adalah menempatkan garis, bentuk, warna dan tekstur yang berulang, sehingga menjadi satu kesatuan yang tampak indah. 

Nah itu kesimpulan dari aku, soalnya kalau based on dosen senirupa pastinya gak kayak gitu ha ha ha... *dikeplak para dosen

Jadi aku nemu kata nirmana ini pada saat sedang mendalami zentangle (baca : zen-tangel) ketika gabut ga nemu inspirasi saat nge-doodle.

Beneran deh,
kalau kamu setiap hari menggambar, pastinya satu ketika otakmu buntu. Terserang gabut sesaat. Tapi si otak masih ingin meluapkan rasa ingin menggambar yang menggebu-gebu.

Nah .. membuat nirmana tidak sesusah kalau kita bermain imajinasi. Karena kata “nirmana” itu saja asalnya dari “nir” yang berarti tanpa atau tidak, dan “mana” yang berarti bentuk, arti, atau makna. 

So... nirmana adalah sesuatu yang awalnya tidak memiliki bentuk atau makna. 

Lah tapi kok bisa yaaa akhirnya diolah menjadi karya rupa yang indah? Apalagi kalo liat karya para anak DKV... iiih minder!

Tenaaaaang... dengan beberapa teknik sederhana ini, kamu juga bisa! Kuy liat dan ikutan. Siapin pensil ama kertas kelen, yaaaa!

1. Nirmana dengan kotak kubus sederhana




2. Nirmana dengan garis lengkung sederhana 

3. Nirmana dengan lingkaran sederhana 



4. Nirmana dengan garis dan lengkung sederhana 

5. Nirmana membuat jalinan ketupat


Nah itu beberapa contoh zentangle atau nirmana yang bisa kita buat.

Lalu, kalau udah jadi art yang bisa "dijual" itu yang kayak apa?

Ini aku kasih contoh beberapa zentangle milik para seniman.

Yang hitam putih paling atas itu milik 
alteredscrapbook. 

Yang berwarna paling atas itu milik Eni Oken, yang tiga berwarna bawahnya itu milik Shelly Beauch.

Enjoy!








30 comments

  1. Owalah, ternyata kayak gini bikinnya. Harus telaten ya mbak gambarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tapi ga usah mikir gitu pas bikinnya - hanya garis dan kotak atau kasih shading

      Delete
  2. Dari coret2 tidak bermakna jadi cantik banget gini, ya. Pingin deh, bisa bikinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaah itu ikutin aja kotak kotaknya gampang kan yaaa

      Delete
  3. Cantik banget, kalo ga dikasih tau saya pikir punya Neng Tanti
    Tapi panduan nirmana di atasnya buatan Mbak Tanti ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku udah bikin sendiri ambu, malah buat youtube juga tentang NIRMANA

      nanti deh aku mnasukkan foto fotonya ya

      Delete
  4. OMIGOOODD, jadinya kece amaaaatt Mak
    Ya ampuuun, beneran ya, art itu bisa mengubah sesuatu yg tadinya biasa aja jadi cetharrr

    ReplyDelete
  5. Cantik banget jadinya, saya liat di atas tuh langsung nyerah rasanya, tapi pas liat polanya, sebenarnya nggak separah yang kita bayangkan ya, hanya saja udah keder duluan liatnya, :D

    Memang bebikinan gini benar-benar melatih kesabaran banget deh.
    Karena yang kita lakukan adalah pola berulang ya :)

    ReplyDelete
  6. Wih, keren-keren hasil kreasinya dan aku baru tau kalo itu namanya nirmana. Mantap euy!

    ReplyDelete
  7. MashaAllah cantik-cantiknya. Saya jadi pengen belajar nih Mbak Tanti. Nyoba bikin sendiri dari langkah-langkah awal seperti di atas. Kira-kira butuh apa aja sebagai pemula?

    ReplyDelete
  8. Saya pikir yg atas itu Mba Tanti yg buat. Hihihi. Awalnya simpel ya, tapi kalo dikerjain fokus eh ternyata bisa jadi karya yg indah.

    ReplyDelete
  9. Dulu temanku yang arsitek kayanya dapat mata kuliah ini. Keren banget motifnya, bisa dicetak di kain atau wallpaper ya

    ReplyDelete
  10. Ihhhh cakep cakepppp. Ouw yang begini ini tuh namanya nirmana. Iya ih awalnya aku juga kepikirannya malah nirmala hihihi

    Selalu terpukau deh sama yang mendalami dunia gambar. Semangat berkarya terus teteh

    ReplyDelete
  11. oh ini namanya nirmana ya mbak...aku baru tahu namanya, meski selama ini sa sering melihatnya, hehe

    ReplyDelete
  12. Aku tadi bacanya juga Nirmala Mbak, bukan Nirmana ya ampun 😅 setelah dicermati lagi baru ngeuh kalo Nirmana. Btw hal-hal mendasar kayak garis gitu penting banget dalam dunia menggambar ya. Aku ga bisa menggambar sih tapi suka liat hasil gambar yang bagus-bagus kayak di artikel ini. Daaaan aku baru tau yang namanya Nirmana.

    ReplyDelete
  13. Mak...tadinya kupikir mak Tanti nulisnya typo. Mau nulis Nirmala gt. Hahahaha. ternyata bener nirmana. Mirip kayak ngebatik ya.Hasilnya cakep pula, yg bkin itu tangannya, tangan dewa.

    ReplyDelete
  14. Whuaaa sejak gambar pertama aku kaya di buat terkagum-kagum gitu, awalnya sederhAna jadi rumit ya dan keren endingnya

    ReplyDelete
  15. namanya cakep banget Mak Tanti, Nirmana, iya sekilas kayak nama peri cantik Nirmala hehe btw anakku juga kagi suka mainan gambar perspektif. kayaknya suka kalau aku tunjukin gambarnya mak Tanti, aku bookmark ah. tengkyu ya aunty cantik

    ReplyDelete
  16. Bagus banget, Mbak. Dari garis-garis aja bisa jadi art yang cantik. Pertama kali dengar kata nirmana dari salah satu komik di webtoon yang menceritakan tentang kesibukan anak-anak FSRD bikin nirmana untuk TA. Tapi nggak ada bayangan itu kaya apa. Ternyata salah satu bentuknya tuh seperti ini ya. Daebak!

    ReplyDelete
  17. Kereeen pisaaan mbaa.. aku akan tunjukkan ini ke Obi anakku yang suka gambar juga biar makin jago kayak dirimu

    ReplyDelete
  18. Jaman SMP-SMU aku rajin banget loh mbak gambar gitu dan aku baru tau istilahnya. Kadang suka iseng-iseng pas nunggu jam pelajaran tambahan atau les suka bikin gambar-gambar gitu. Sayang banget ih perintilan jaman sekolah sudah dibuangin.

    ReplyDelete
  19. wah ternyata cara bikinnya dari pola sederhana dulu ya mak. hasil akhirnya cantik banget, kayak hidup tiga dimensi gitu. sukaa banget liatnya. aku kasi tau ke anaku yg lagi belajar gambar ya. makasi mak :*

    ReplyDelete
  20. Makneng ini comment aku yg kedua sih yg td masuk gak yaa?
    Kok td ga jelas kesubmit ato enggaknya hehehe...
    Btw aku dulu suka bikin garis2 dan motif semacam nirmana ini saat lg pingin orat oret, kadang bukan krn ngerti tp karena klo gambar objek kayaknya kok gak sesuai (baca jelek)...
    Jd bikin garis n pola2 yg kemudian membentuk gambar yg indah dan bisa dinikmati

    ReplyDelete
  21. Ya ampun, cuma dari garis-garis gitu aja bisa cakep banget yak. Emang kalau udah "tangn seni" uth beda. Kalau buat orang awam mungkin perlu usaha lebih nih. Secara bikin garis aja aku seringnya mletat-mletot, kekeke. Tapi aku sering coba-coba juga sih, meskipun cuma tak lihat sendiri. Lumayan juga buat stres release.

    ReplyDelete
  22. Baru tau istilah Nirmana ini :D ternyata awal mula bikin karya garis-garis gitu dari sebuah garis sederhana ya. Astagaa :D jadi pengin coba bikin nih bareng anak, bakal seru!

    ReplyDelete
  23. Dapat pengetahuan baru nih saya pas mampir di sini. Nirmana, kupikir tadi salah ketik mba hehehe. Ternyata bener Nirmana ya. Indah & estetik ya. Untuk orang bermata silindris kaya aku yang gak bisa bikin garis lurus sepertinya tetap bisa praktikkan si Nirmana ini ya

    ReplyDelete
  24. Mak neng gw selalu amazed sama karya lo, kece banget. Bikin buku makneng, sukses yaaa

    ReplyDelete
  25. Baru tahu istilah nirmana, sebelumnya hanya ngeh sama nirmala kwkw
    Keren banget. Butuh knsentrasi dan ketelatenan ini. Tapi hasil akhir sepadan. Ketje pisan!

    ReplyDelete
  26. Wow cakep cakep ya coretannya, kalau saya beneran corat-coret mba Tanti. Mgkn ada bakat juga ya kl udh urusan art begini, karena aku sampai skrg gambar tokoh kartun, ga bisa proporsional kepala tangan dan badannya. hehehehe.

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat (^_^)

Btw, jika ada link hidup dengan berat hati saya hapus \(*_*)/