BAGAIMANA CARA DESINFEKSI UDARA DALAM RUANG?


Kalo dulu pas jam-jamnya anak senja pada bangun persiapan mo pada ngopi aka ke cafe, nah kali ini karena masih PPKM, mending isi waktu dengan....

Apa? Yes, ikutan dan denger ilmu dengan Webinar Signify: karena kok temanya menarique, bosque.

Perlindungan Gelombang Lanjutan:
Desinfeksi Udara dalam Ruang dengan UV-C untuk Mengurangi Risiko Transmisi Virus & Bakteri melalui Udara

Konon, salah satu teknologi yang disebut-sebut bisa membunuh virus corona di sekitar kita adalah lampu UVC germicidal. 

Manfaat sinar UVC atau ultraviolet C dapat menghancurkan bakteri dan virus mikroskopik tanpa merusak kulit dan mata manusia. UVC yang mengandung sinar ultraviolet yang dapat menghancurkan mikroorganisme.

Dikutip dari BBC, sinar matahari mengandung tiga jenis UV. 
  • Pertama ada UVA, yang membentuk sebagian besar radiasi ultraviolet yang mencapai permukaan bumi. UVA mampu menembus jauh ke dalam kulit dan dianggap bertanggung jawab atas 80 persen penuaan kulit, dari keriput hingga bintik-bintik penuaan.

  • Selanjutnya ada UVB, yang dapat merusak DNA di kulit, menyebabkan kulit terbakar dan akhirnya kanker kulit. Keduanya cukup dikenal, dan dapat diblokir oleh krim matahari yang paling baik.

  • Sementara UVC dinilai sangat baik dalam menghancurkan bahan genetik partikel virus. Para ilmuwan menemukan bahwa mereka dapat memanfaatkan UVC untuk membunuh mikroorganisme.

Baca juga :

Shifting Paradigm di Era New Normal

Aku beruntung karena tinggal di sebuah rumah yang berada persis di tepi danau. Ya walau itu ternyata hanya "danau" yang mungil dan terjadi secara tidak sengaja karena sawah yang tak lagi dipelihara.

Karena berada di tepi sawah (yang sekarang danau itu) maka sirkulasi udara cukup baik dan sinar matahari melimpah ruah.


Walau jarang berada di luar ruangan akhir akhir ini saking puanasnya,

tapi minimal pagi hari adalah kesempatan bagus untuk membuka semua pintu dan jendela (sambil sesekali menghalau kucing liar yang selalu kelaparan dan pingin masuk!)


Gaes, tahu tidak sih, 
resiko penularan tertinggi itu adalah jika kita berada dalam ruang tertutup - ditambah jika ada air conditioner- di dalamnya? Konon bahkan bisa mencapai 100  kali lipat penyebarannya dibanding dengan di udara terbuka!

Itu sebabnya, penting sekali bagiku menulis hasil webinar bersama Signify kemaren karena ada narasumber seperti pak Dicky dan dosen Deddy el Rashid yang menerangkan tentang proteksi terhadap covid yang saat ini bermutasi gen!

Hadir dalam webinar Signify ini antara lain;
  1. Bapak Dedy Bagus Pramono, Country Leader and President Director at Signify Indonesia
  2. Bapak  Dicky Budiman, Epidemiolog dari Griffith University Australia
  3. Ibu Lea Kartika Indra, Head of Integrated and Marketing Communication Signify Indonesia
  4. Bapak Deddy el Rashid, Praktisi Pengelola Bangunan, Sekjen BOMA dan BOG ASHRAE Indonesia

PENGGUNAAN SINAR UVC DAN INOVASI SIGNIFY

Sejak penemuan pada tahun 1878, UVC yang diproduksi secara artifisial telah menjadi metode pokok sterilisasi - yang digunakan di rumah sakit, pesawat terbang, kantor, dan pabrik setiap hari

Gelombang yang terkandung dalam sinar tersebut disebut bisa menonaktifkan mikroorganisme dengan cara menghancurkan asam nukleat dan mengganggu DNA mereka, sehingga mikroorganisme tidak bisa melakukan fungsi vitalnya.

UVC bisa digunakan untuk membunuh virus yang ada di lingkungan sekitar kita.

Dengan tuntutan keadaan, Signify yang merupakan pemimpin dunia di bidang pencahayaan, terus berinovasi memberikan kontribusi untuk menciptakan udara lebih bersih melalui Teknologi Ultraviolet-C dengan luminer dan perlengkapan baru untuk penggunaan profesional di Indonesia.


Radiasi UV-C tidak terlihat oleh mata manusia dengan panjang gelombang antara 200 - 280 nanometer (nm) sehingga pada panjang gelombang tertentu 253.7 nm dapat digunakan untuk desinfeksi atau pemurnian karena memecah DNA mikroorganisme dan membuatnya tidak berbahaya serta tidak lagi dapat bereproduksi. 

Pemanfaatan teknologi UV-C dapat menjadi solusi disinfeksi udara, permukaan, benda dan air yang tentunya efektif dalam meningkatkan protokol kesehatan di dalam ruangan

Penting juga pemahaman masyarakat terkait kewaspadaan dalam memilih dan menggunakan produk UV-C lainnya. Alih-alih untuk kesehatan malah jadi berbahaya nantinya. Sebab sinar UV-C yang terpapar langsung akan menyebabkan iritasi kulit, cedera mata, kanker dll. 

Penggunaan teknologi UV-C harus dilakukan secara bijaksana agar tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Signify Produksi UV-C Lindungi dari COVID-19

Untuk yang belum pernah tahu bentuk dari Signify UV-C ini, di awal dulu Philips  mengeluarkan UV-C Disinfection Desk Lamp yang dapat digunakan untuk mendesinfektan permukaan di dalam ruangan. 

Penggunaannya saat mensterilkan ruangan dilakukan saat ruangan kosong dan tidak ada orang. 

Keunggulannya produk tipe ini memiliki fitur setting time, berapa lama produk ini beroperasi dan dilengkapi fitur otomatis pendeteksi gerak, sehingga akan mati sendiri jika terdeteksi adanya gerakan di dalam ruangan tersebut. Aman untuk makhluk hidup ketika kita gunakan dengan benar dan sesuai aturan. 

Produk tekhnologi UV-C untuk rumah tangga selain Philips Disinfection UV-C Desk Lamp, ada juga Philips UV-C Disinfection Box & Chamber.

Inovasi terkini dari Signify adalah pencahayaan desinfeksi UV-C dengan luminer dan perlengkapan baru untuk penggunaan profesional di Indonesia. Salah satunya adalah Teknologi UV-C Upper Air yang aman dan dapat digunakan terus-menerus walaupun ada orang beraktifitas di dalam ruangan tersebut. 

Produk ini membantu memberikan perlindungan tambahan dari bahayanya transmisi virus dan bakteri penyebab penyakit dengan menjaga kualitas udara di dalam ruangan tertutup. 

Namun demikian, tetap saja tidak bisa menjamin 100 persen penggunaan alat ini bisa mencegah terjadinya penularan Covid-19 pada seseorang. Karena kan kita tahu, bahwa penyebaran justru terjadi saat bertemu OTG.

Tidak ada yang bisa membuat risiko terkena Covid-19 jadi 0, tapi menggunakan UVC bisa membunuh virus di udara dan perabotan.

Siapa pun harus tetap berhati-hati dalam menggunakan UVC ini. Sebab cahaya yang dihasilkan memiliki dampak baik bagi manusia maupun perabotan yang ada di ruangan yang dipasang UVC.

UVC sangat berbahaya jika cahayanya terkena mata, kulit, atau bagian tubuh manusia. Dampaknya bisa menimbulkan kanker.

Mengenal Beberapa Produk Signify UV-C


Batten desinfeksi UV-C

Batten UV-C TMS160 cocok untuk berbagai aplikasi. Dirancang untuk desinfeksi permukaan yang terkena radiasi.


Desinfeksi UV-C lapisan udara atas pemasangan di plafon

Desinfeksi UV-C Philips lapisan udara atas pemasangan di plafon dirancang untuk dipasang di plafon palsu untuk desinfeksi udara dalam berbagai aplikasi.


Desinfeksi UV-C lapisan udara atas pemasangan di dinding

Desinfeksi UV-C Philips lapisan udara atas pemasangan di dinding dirancang untuk dipasang di dinding untuk desinfeksi udara dalam berbagai aplikasi.


Bilik desinfeksi UV-C

Bilik desinfeksi UV-C Philips (tersedia dalam tiga varian) digunakan untuk mendesinfeksi barang seperti ponsel, perangkat genggam, dan benda sehari-hari lainnya dengan menghancurkan kemampuan bakteri untuk berkembang biak dan menyebarkan penyakit.


Luminer linier desinfeksi UV-C dengan sensor

Luminer linier desinfeksi UV-C Philips dengan sensor memberikan pancaran UV-C universal dengan distribusi homogen.

 
Troli desinfeksi UV-C

Troli desinfeksi UV-C Philips dirancang untuk mendesinfeksi permukaan profesional dalam jangkauan area persegi seluas 20 m2 atau area melingkar 36 m2, tergantung jenis troli yang dipilih.

Kapan saat yang tepat dan berapa lama?

Penggunaan UVC paling tepat adalah ketika ruangan tersebut sedang kosong atau tidak ada manusia yang berkegiatan di dalamnya. Misalnya saat malam hari atau pagi sebelum jam kerja, bisa juga saat jam istirahat siang.

Penggunaan sinar UVC setidaknya harus selama 15-30 menit agar mendapatkan hasil yang maksimal, yakni terbunuhnya mikroorganisme.

Karena apabila sekadar terkena cahayanya, disebutkan Muti tidak dapat efektif membunuh virus. Sementara pada barang-barang perabot, sinar UVC ini perlahan bisa merusak warna dan struktur perabot.

Bahan-bahan furnitur lab dan rumah sakit biasanya dibuat dari bahan durable yang tahan UVC, karena sinar ini lama-kelamaan bisa merusak warna dan struktur barang-barang yang terbuat dari plastik dan kayu.

Lalu, jika ingin membeli dan menggunakan germicidal UVC ini, tidak disarankan untuk membeli UVC ini di platform jual beli online, karena marak barang tiruan yang tidak bisa dijamin kualitas dan keamanannya. 

Pastikan UVC-nya memang germicidal. Harus cek bahwa UVC yang digunakan memang untuk membunuh mikroorganisme.

Memastikan sertifikasi dan spesifikasi UVC sebelum dibeli juga hal penting yang tidak boleh dilewatkan


Sebelum digunakan, kita juga disarankan untuk mengecek secara berkala apakah lampu dalam alat tersebut masih berfungsi dengan baik.

Harus dicek juga secara berkala apakah lampunya masih berfungsi membunuh mikroorganisme.

Terakhir, kita juga harus menyesuaikan banyaknya lampu UVC dengan besar ruangan yang akan menjadi lokasi penggunaan, karena harus sesuai.

3 Hal Utama Cegah COVID-19 Menurut Epidemiolog



Epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman menegaskan bahwa tiga hal utama yakni vaksinasi , testing, dan tracing menjadi kunci utama penanganan COVID-19 selain penerapan protokol kesehatan (Prokes).

"Strategi yang ada saat ini harus berkesinambungan yakni utamanya percepatan vaksinasi, dan memaksimalkan testing dan tracing pada PPKM Level 4 maupun tahapan selanjutnya agar Indonesia bisa menghadapi pandemi dengan baik," ujar Dicky Budiman 

Menurutnya, perubahan nama dari PPKM Darurat menjadi PPKM Level 4 meski agak terlambat namun tetap penting untuk dilakukan.

"Ini bukan hal baru. Kebijakan yang berbasis pada science dan sistem kesehatan yang ada. Jadi istilah Level 4 ini sudah lama. Meski memang agak terlambat tapi setidaknya membuat cost efektif," kata Dicky.

Dicky menilik pembatasan di tengah masyarakat yang selama ini membuat gesekan antara aparat dan pedagang kecil bukanlah hal yang utama.

Menurut pak Dicky, strategi utamanya adalah vaksinasi, testing dan tracing. 1/1000 orang itu minimal dan harus meningkatkan sesuai eskalasi peningkatan kasus COVID-19. Ini yang harus dipahami, tracing minimal 80% dari kasus kontak.

Hal ini merupakan strategi utama dalam wujud merespon pandemi ini agar lebih terkendali. Level di PPKM ini rujukan indikatornya adalah positif rate, tingkat BOR rumah sakit, dan tingkat kematian.

Nah, sudah cukup jelas belum yaaa
Yang jelas setelah mengosongkan gelas kopi ke-2 - sedikitnya aku cukup paham mengenai  Perlindungan Gelombang Lanjutan dan Desinfeksi Udara dalam Ruang dengan UV-C untuk Mengurangi Risiko Transmisi Virus & Bakteri melalui Udara!

Share dan komen ya kalau kalian rasa bermanfaat, makasiiiih

43 comments

  1. Produk Signify UV-C banyak pilihannya dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, gak kepikiran nih punya produk ini buat di rumah, bisa menjaga udara dalam rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagipula UVC juga bisa menghancurkan bahan genetik partikel virus serta bisa dimanfaatkan untuk membunuh mikroorganisme.

      Delete
  2. Wah, baru tau nih aku, ada UV-C dari Signify yang bermanfaat untuk mengurangi risiki transmisi virus dan bakteri melalui udara. Makanya ya, kelamaan di ruangan ber-AC itu ga baik. Sirkulasi udara di rumah maupun di mana saja mesti diperhatikan. Oooh, jadi sebelum digunakan, produk ini kudu kita cek dulu sertifikasi dan lampunya, apakah masih berfungsi bisa membunuh mikroorganisme atau ga, begitu ya mbak Tanti? Tertarik juga kepengen punya :D

    ReplyDelete
  3. Kemungkinan penularan virus di dalam ruangan, terlebih yang ber-AC memang lebih besar ya, Tante. Makanya kebanyakan yang terpapar covid adalah mereka yang (terpaksa) masih WFO.

    Penting nih agar perkantoran-perkantoran memiliki alat desinfeksi ruangan yang bisa membunuh virus di udara seperti ini, agar karyawan pun tetap merasa tenang meski harus ngantor di masa pandemi.

    ReplyDelete
  4. Udah ditemukan dan dimanfaatkan sejak 1878, tapi aku malah baru tau sekarang ada UVC.. Di masa pandemi begini, manfaar desinfeksi begini terasa banget ya. Tapi harga alat desinfeksi gini masih mahal ya?

    ReplyDelete
  5. Wah, menarik banget ini Mbaaa. Kapan2 mau ceki-ceki produknya ahhh.
    Yang jelas, Peran sinar UV-C untuk mendesinfeksi udara dapat digunakan sebagai alternatif solusi desinfeksi udara yang efektif.
    Dan yang paling penting kita dapat menjaga kualitas udara dengan baik sebagai bagian upaya melindungi diri kapanpun tidak di masa pandemi saja.

    ReplyDelete
  6. Wah saya baru tau UVC bisa untuk desinfeksi udara. Salah satu ikhtiar tambahan untuk tetap sehat dan terhindar dari Covid-19.

    ReplyDelete
  7. Baru tahu tentang sinar UVC yang bisa dimanfaatkan untuk desinfeksi. Model alatnya juga banyak bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

    ReplyDelete
  8. Kantorku bisa kali ya dipasang sinar UVC, tapiiii maslahanya kapan baru bisa dipasang. Secara, kalau orangnya udah pada pergi, tak ada yang bertanggug jawab dengan ruang kerjanya, lagi.

    ReplyDelete
  9. Nah kayaknya sinar UVC ini penting deh buat kantor-kantor yang masih menerapkan WFO agar para karyawan bisa bekerja dengan tenang dengan meminimalisasi penyebaran virus meski di ruangan ber AC

    ReplyDelete
  10. baru tahu ada teknologi sebagus ini, karena uvc bisa meminimalisir penyebaran virus, jadi harus banget di ketahui orang banyak agar terlindungi dari penyebaran virus maupun bakteri dan mikro organisme lain

    ReplyDelete
  11. Bermanfaat sekali UV-C ini dalam memberikan perlindungan Gelombang Lanjutan dan Desinfeksi Udara dalam Ruang sehingga dapat mengurangi Risiko Transmisi Virus & Bakteri melalui Udara yang kita hirup

    ReplyDelete
  12. Inovasi profuk yang sangat cepat dan tepat s esuai dengan kondisi saat ini. Produk dengan teknologi yang kuar biasa.

    ReplyDelete
  13. nah ini, jaman sekarang pas pandeminya ga kelar-kelar malah ada mutasi-mutasi virus baru harus selalu ekstra hati-hati dan meningkatkan kebersihan ya, cepet juga yaa inovasi teknologinya nih pake sinar UVC buat desinfeksi udara, biar clear dari virus2 corona dan meminimalisir penularan

    ReplyDelete
  14. Lampu UV-C dari Philip termasuk andalan saya. Secara berkala ruangan di rumah saya desinfeksi. Ikhtiar lah pokoknya supaya tetap sehat ya, Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang termasuk penting banget ya desinfeksi kayak gini.. biar rumah kita jadi makin bersih dan kualitas udaranya juga bagus.. bebas dari virus yang merugikan.

      Delete
  15. Yupz, penting juga membeli UVC ini yang asli dan tersertifikasi. Apalagi masa pandemi di mana demand sangat meningkat, kemungkina besar memang banyak tiruannya.

    ReplyDelete
  16. Iya, aku juga sepakat sama pak dicky itu, strategi vaksinasi di desa dan perkotaan adalah udah benar banget, karena dengan banyaknya yang divaksinasi, bisa menekan kematian, karena jika terinfeksi hanya akan mengalami gejala ringan. Begitu juga jika ada yang terinfeksi, tracing ini akan bisa mencegah penularan yang luas. Jadi yang sakit harus jujur, begitu juga yang kontak erat. Btw disinfeksi udara ini menarik juga ya, tapi kayaknya gak bakalan bisa dilakukan oleh semua orang.

    ReplyDelete
  17. Aku baru tau ada UVC jadi pengen beli juga buat dirumah, apalagi buat ddimasa pandemi gini buat udara jadil makin bersih dan tergindar dari virus.

    ReplyDelete
  18. Bagus bgt ni alatnya kak bwt kantor2 yg msh wajibin karyawannya utk WFO. Kalo dipikir2 iya knp kita gak manfaatin sinar matahari bwt bunuh virus coronanya ya.

    ReplyDelete
  19. Belakangan lagi kepikiran buat beli humidifier gitu buat kamar, soalnya ruangan lembab ga kena matahari langsung. Kayaknya bisa pake teknologi UVC ini nih lebih mantap.

    ReplyDelete
  20. Pembahasan yang menarik. Baru tau kalau ada UVC. Dan ternyata yang kuta mengira kalau selama inu berdiam diri dirumah aja akan aman. Ternyata malah menjadi sarangny

    ReplyDelete
  21. Aku baru tau tentang UVC dari sini. Kebetulan juga kamarku lembab karena ventilasinya kurang, mungkin perlu menggunakan sinar UVC untuk mengatasi hal tersebut.
    Terima kasih informasinya

    ReplyDelete
  22. Dengan menggunakan teknologi UVC ini semoga bisa lebih terjamin keamanan udara di rumah, ya. Meskipun harus hati-hati karena bisa merusak kulit atau mata pada manusia dan merusak perabotan di rumah juga kalau terlalu lama.

    ReplyDelete
  23. Wah keren banget ini. Aq kayak nya perlu apalagi buat kamar anak2. Atau y ruang bermain anak yang banyak mainan. Harganya berapa ya jadi penasaran

    ReplyDelete
  24. saat pandemi seperti ini kita harus lebih hati hati dalam menjaga kebersihan rumah ya mbak
    perlu banget disifektan udara seperti ini ya mbak
    aku juga lagi nabung buat beli nih

    ReplyDelete
  25. Makanya ada yang bilang corona itu penyakit untuk orang kaya. Yang dimaksud orang kaya itu adalah karyawan kantoran. Padahal memang virus itu mudah menyebar di ruangan tertutup dan berAC, makanya karyawan kantoran banyak yang sakit dari pada penjual di pasar tradisional, petani dan pekerjaan lainnya yang lebih banyak berada di ruang terbuka.

    Bagus udah ada teknologi UCV sekarang.

    ReplyDelete
  26. aku baru tahu ada produk UVC, sekarang mau ngehirup udara aja was-was, ada virusnya atau ga ya? dan sepertinya produk ini cocok untuk yang kantoran ya, biar bisa WFO lagi.

    ReplyDelete
  27. Produk produk yang sangat dibutuhkan di masa masa sekarang. Jadi baca berulang ulang, kira kira produk mana yang pas banget ya dengan kondisi rumahku.

    ReplyDelete
  28. Canggih amat ya alat desinfeksinya untuk seluruh ruangan jadi kalau ruangan yang sering digunakan ramai-ramai bisa nih dipasang alat seperti ini biar lebih sehat

    ReplyDelete
  29. produk UV-C nya banyak pilihan ya mbak, jadi ini digunakan pas kondisi ruangan kosong ya. Waktunya juga lumayan cepat, aku kira berjam-jam lho, ternyata butuh sekian menit saja, nggak sampai 30 menit

    ReplyDelete
  30. kalau barang-barang akan dipapar dengan UVC tidak durable, piye? Cukup ditutupi kainkah?

    ReplyDelete
  31. Aku yang suka mainan skincare ini, merasa terjitak karena baru ngeh manfaat UVC dan produk2nya.. Untung baca ini, jadi ngerti manfaat UVC apa ajah

    ReplyDelete
  32. ini penemuan lama yang hits lagi ya mak sebab sangat dirasakan manfaatnya. zaman pandemi kayak gini, dimana kita butuh banget kenyamanan desinfeksi udara palagi di dala ruangan yah, bisa pakai alat ini juga.

    ReplyDelete
  33. Duh keren nih inovasi Signify ini. Jadi kepengen deh punya lampu begini. Untuk disinfeksi ruangan abis semua orang rumah kena Covid. Aku masih sebatas disinfeksi ruangan dengan disinfektan aja. Cari infonya ah. Pengen tahu harganya juga.

    ReplyDelete
  34. semangat nih pokoknya makin ke sini makin waspada jaga kesehatan ya teman-teman, vaksin bagi yang belum.

    ReplyDelete
  35. Informasi ini snagat penting untuk disosialisasikan kepada masyarakat luas, karena dengan mendapatkan ilmu ini diharapkan masyarakat akan lebih baik dalam menjaga kesehatannya, keluarga dan lingkungannya.

    ReplyDelete
  36. Kayaknya perlu pakai UV-C ini di rumah biar makin tenang. Abisan semenjak angka covid melonjak, jadi suka prano sendiri. Rasanya kayak diteror, apalagi banyak orang terdekat yang udah kena.

    ReplyDelete
  37. Salfok dengan kalimat rumah di dekat danau mungil. Wah kak Tanti aku jadi tahu alasan kak Tanti rajin menulis dan pandai menggambar hehehe, biasanya lihat danau atau sungai bisa menimbulkan inspirasi:) Membaca artikel kak Tanti, aku baru tahu ada UV-C. Menarik nih produk Signify UV-C ini, penting terutama pada masa pandemi ini.

    ReplyDelete
  38. Oh, jadi ini tuh cara pakainya harus dalam kondisi ruangan kosong gitu ya? Kemarin-kemarin saya baca artikel sejenis tapi kurang ngeh, bayangan saya dalam kondisi digunakan bisa juga alat ini diaktifkan. Ruangan seperti kantor dan masjid yang jarang dibuka-buka pasti butuh banget alat seperti ini. Apalagi di musin pandemi begini kan,desinfeksi udara penting untuk memastikan kualitas udara dalam ruangan.

    ReplyDelete
  39. Produk yg canggih nih. Kayaknya alat disinfeksi UVC ini perlu digunakan nih, terutama pada ruangan yg sering dipakai banyak orang ya. Bermanfaat banget infonya

    ReplyDelete
  40. Waah, ada alat kayak gini, ya. Hari gini memang penting banget disinfeksi, terutama ruangan yang kita pake sehari-hari. Biar terhindar dari virus. Makasih infonya, ya, Mbak Tanti.

    ReplyDelete
  41. Alat kesehatan yang berguna banget saat pandemi gini, terlebih kita jadinya jg lebih sering menghabiskan waktu di rumah ya mba. Jadi investasi kesehatan kalau bisa punya rangkaian produk desinfeksi udara ini. Thank you udah share ya mba

    ReplyDelete

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)