Tuesday, April 14, 2015

APA SIH, BEDA ANTARA DOODLE ART DAN VIGNETTE?

A vignette, in graphic design, is a unique form for a frame to an image, either illustration or photograph. Rather than the image's edges being rectilinear, it is overlaid with decorative artwork featuring a unique outline. This is similar to the use of the word in photography, where the edges of an image that has been vignetted are non-linear or sometimes softened with a mask - often a dark room process of introducing a screen. An oval Vignette is probably the most common example.

Originally a vignette was a design of vine-leaves and tendrils ('vignette'=small vine). The term was also used for a small embellishment without border, in what otherwise would have been a blank space, such as that found on a title-page, a headpiece or tailpiece.



    Tau gak kalian apa itu Doodle Art?


            Oke, buat yang sudah faham, semoga postingan ini bisa menambah referensi buat kalian. Dan buat yang belum faham, Doodle merupakan seni abstract yang cukup digandrungi akhir – akhir ini. Doodle atau “Mencoret” jika diartikan secara harfiah ini memang bisa menjadi pekerjaan ampuh pengusir bosan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang. Pekerjaan semacam ini disebut Doodling.

            Sifatnya yang abstract menjadikan Doodle kadang memiliki arti jelas, namun kadang juga gak begitu jelas bahkan tanpa arti. Hal ini karena Doodle sendiri dibuat berdasarkan imajinasi, ekspresi dan perasaan sang pelukis saat itu.

            Tapi Doodle ternyata masih memiliki ciri khas. Yaitu volume gambar yang mayoritas penuh dan karakternya yang unik juga berbeda dengan jenis – jenis gambar pada umumnya. 

Ada yang mengidentifikasikannya mirip monster, ada pula yang hanya asal – asalan mengikuti penat. Walaupun misal saat kalian bosen dikelas atau di rumah atau dimanapun, lalu kalian main corat coret gambar gak jelas, itu sebenarnya sudah termasuk dalam Doodle Art.


            Untuk caranya sendiri cukup mudah. Bahkan kalian tidak perlu repot menyiapkan kanvas atau lainnya sebagai media dan alat yang digunakan. Kalian cukup bermodalkan kertas gambar/ loose leaf/ apapun itu yang sekiranya bisa kalian gunakan buat media dan sebuah drawing pen/ pulpen tinta biasa, juga pensil (untuk pemula yang masih belum berani langsung menggunakan drawing pen/ bulpen tinta).

            Setelah media dan alat sudah kalian siapkan, mulailah merenung. Tapi bukan merenung mikirin yang aneh – aneh loh ya, melainkan memikirkan Doodle seperti apa dan/atau melambangkan emosi yang bagaimana yang akan kalian buat.

            Selanjutnya mulailah menggambar tema yang kalian angkat. Bisa berupa tulisan atau gambar. Buatlah sekiranya cukup besar. Dan langkah terakhir adalah menambah, mengurangi, mengedit dan memperunik tulisan/gambar tadi dengan berbagai karakter khas Doodle Art.

            Tenang, buat para pemula biasanya bingung musti menggambar karakter apa dan seperti apa. Yang musti dilakukan adalah surfing sejenak melihat hasil Doodle Art yang sudah jadi. Biasanya ide akan muncul dari sana. Eitts… tapi jangan mengcopas. Selain hal itu tanpa ijin alias illegal, membuat Doodle dari imajinasi sendiri akan sangat membantu mengasah kreatifitas dan kelihaian saat Doodling.

            Itu tadi langkah – langkah untuk memulai Doodling. Tapi tidak selamanya kalian musti memenuhi langkah – langkah di atas saat ingin membuat Doodle Art. Ingat, Doodle itu sifatnya bebas dan tergantung kenyamanan sang pelukis. Waktu demi waktu, sejalan kalian terus mecoba dan berkreasi membuat Doodle Art, pasti kalian akan menemukan cara kalian sendiri untuk Doodling. Karena seperti yang sudah dipaparkan di awal, Doodle itu abstract. Tidak ada acuan pasti bagaimana untuk menciptakan sebuah Doodle Art.

            Beda orang, beda pikiran, beda imajinasi, beda ekspresi, beda pula Doodle Art yang dihasilkan. Tapi justru ini yang membuat Doodle begitu unik, menarik dan beragam. So, tunggu apa lagi, Start Doodling right now guys! (Lig)
Buat orang yang hobi menggambar terutama graffity.art pasti sudah mengenal istilah doodle art sebelumnya.


Sumber Gambar Daud Manuwu
Doodle jika diartikan secara harfiah ke bahasa indonesia berarti "mencoret". Mencoret merupakan hal paling gampang dan mudah di lakukan, dengan media untuk menulis, seperti kertas, pulpen dan pencil, kita dapat menghasilkan sebuah coretan. Kegiatan "mencoret" seperti ini juga sering disebut dengan doodling.
Doodle Art sendiri adalah suatu gaya menggambar dengan cara mencoret, terlihat abstract, ada yang tidak bermakna juga ada yang bermakna, terkadang karya yang dihasilkan tidak memiliki bentuk yang benar namun terlihat unik dan menarik.

Sumber gambar doodle dari google
Sebuah karya doodle biasanya melukiskan perasaan si pembuatnya, bisa terlihat dari goresan-goresan yang dihasilkan, kadang keluar tanpa disadari oleh pikiran kita. Doodle art kadang mampu menenangkan hati si pembuatnya. Semakin di buat dengan sepenuh jiwa dan perasaan, karya yang dihasilkan semakin menarik, unik dan bermakna dalam, dan itu membuat karya doodle tidak sekedar jadi hobi corat-coret, tapi juga mempunyai kedalaman makna dan gaya.
Doodle Art juga memiliki sejarahnya. Tahu kan coret-coretan yang terdapat di gua-gua jama dulu? itu salah satu gaya doodle art tertua, bahkan sebelum orang mengenal tulisan, dimana doodling dijadikan alat untuk menceritakan sebuah kisah turun temurun.
Sekarang Doodle art semakin berkembang, bentuknya yang abstract dan memiliki keunikkan tersendiri membuat pelakonnya semakin bertambah dari hari ke hari. Bahkan tanpa disadari kita sering menghasilkan karya doodle, contohnya saat kamu merasa bosan pelajaran dikelas, pastinya sering mencoret-coret di kertas tulis kan?? coretan tersebut adalah doodle art.
Doodle art adalah sarana berkarya dan berkreatifitas yang murah lagi meriah. Tidak perlu kertas khusus seperti kanvas, di bungkus rokok sekalipun bisa dilakukan. Semua kembali ke pelakon doodle art itu sendiri dalam memilih peralatan dan gaya doodling yang nyaman bagi dirinya.

Kini gaya doodle art ini banyak di pakai sebagai salah satu elemen dalam desain grafis, kamu bisa melihat baliho-baliho iklan handphone, TV, dsb tidak jarang menggunakan elemen-elemen doodle. Dengan menggunakan unsur doodle art, pesan yang disampaikan dalam karya lebih terkesan bersahabat, santai, dan manusiawi.

Berminat untuk mendalami doodle art? Take a pen and start doodling.. :D

4 comments:

  1. baru tau dgn istilah VIGNETTE trnyata sperti itu to,
    wah anda pandai juga ya, mau donk saya diajarin (:

    ReplyDelete
  2. itu doodle pertama mirip banget sama doodle yang gue bikin dua tahun lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Daud, makasih komentarnya

      Iya itu dari google search, aku cantumkan yaaa sumbernya

      Delete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^