ULANG TAHUN VIRTUAL, KELUARGA JEMPOLAN TUAI SUKSES KALA PANDEMI



Ting!

"Lagi ngapain mbak?"

"Ngelamun," kataku. 

Emoticon tertawa. "Emang kenapa?"

Aku menghela napas. Mengetik panjang lebar. "Yaaa... gue kan kemaren ikutan event ultah BCC, ilmunya buanyaaak banget. Kita jalan-jalan ke Amrik sama Kang Idfi, lihat Washington DC, Museum, Satue of Liberty dan banyaaak lagi."

"Terus pas siang, pembicaranya ada Kang Maman, ada Shafiq Pontoh, ada mbak Ifa H. Misbach, ada Kania Safitri," 

"Nah, bagus dong, ga kekurangan materi?"

"Nggak sih, udah gitu banyak hadiahnya pula. Gue menang doorprize loh! Hadiahnya dari Bloggerpreneur, berupa 5 buah masker dari Henna Hijab."

"Alhamdulillaaah. Seneng dong? Ya udah sono gih tulis,"

"Lah ya itu, pas mau nulis di blog, gue ga tau mau nulis apaan, jadinya. I'm overloaded, semuaaa... pengen tak tulis rasanya. Mana udah minder duluan sama milenials, blognya bagus baguuus!"

"Lha niatnya kan gak buat menang. Niatnya bikin konten yang menginspirasi. Jadi dapat pahala."

Plak!

"Kalah menang itu, seizin Allah,"

Astaghfirullah... aku mengirim emoticon love. Banyak. Terimakasih, sahabat.

"Before you break the rules, you have to learn and understand it first".

Blogger, Bersahabat dan Berkerabat

Blogger di Indonesia -konon, the one and only yang punya banyak sekali komunitas. 

Keuntungannya, tentu saja banyak sekali. Selain passion menulis kita terasah, ku punya banyak teman!

Kebayang ngga sih, kita ini usianya menanjak terus, loh. Semua satu per satu menghilang. Mulai dari keluarga dekat, hingga kerabat dan sahabat.

Belakangan, persahabatan yang dimulai dari dunia blogging ini, menjadikan aku seolah sebagai bagian dari Keluarga Jempolan mereka. Aku jadi adik, kakak, tante, budhe, emak bahkan ada yang memanggilku Oma! 

Aku tergabung di beberapa komunitas blogger, dan salah satunya adalah Bloggercrony Community.

Bloggercrony adalah komunitas blogger Indonesia, multiplatform, yang berdiri 24 Februari 2015 berbasis di Jakarta.

Komunitas blogger ini terkenal dengan program-programnya yang unik, kusebut 2 aja ya karena itu yang paling berbeda. Yang pertama adalah Blogger Care, dan kedua Bloggerpreneur.

Sebagai BCC Squad, 
aku merasa banyak dibantu oleh BCC, terutama saat kehilangan permata hati. Saat itu, semua yang menyapa saja, rasanya lebiiih dari sekedar teman biasa. Mereka semua kuanggap sebagai bagian dari hidupku, sebagai keluarga besarku.

The Event, pagi-pagi udah malu duluan

Dapat undangan ke sebuah perhelatan itu rasanya luar biasa. As a blogger  tentu saja aku merasa beruntung. Aku sering sekali menghadiri banyak gala dinner, menghadiri event dengan pemateri yang kelasnya mulai dari menteri hingga petinggi.

Dan, bagian terbaiknya adalah, aku gak lagi merasa sendiri. 

Begitu juga kali ini. Diundang sebagai bagian dari peserta acara BCC ultah ke 6 tahun! Wooow... udah kebayang betapa hebohnya nanti, dan yang penting : silaturahmi dengan teman-teman yang selama pandemi tak bersua lagi!

Dan... saking semangatnya, pagi pagi sekali pukul 08.00 aku sudah duduk manis menunggu dibukakan pintu! Ha haaaa tentu saja bukan pintu beneran tapi pintu Doraemon lewat Zoom meeting.

Dan waktu kubaca di grup, ketahuan dong, ada yang kepagian datang! Duh... aku ingin tenggelam ke dalam busa sabun di bath tub hihi... bleb.. bleb.. bleb..

Untunglah, tak lama kemudian, ruang meeting virtual BloggerDay 2021 dibuka, para pengunjung ambil tempat masing-masing, dengan dress code bernuansa orange - putih dan hijau tosca! 

Sejak mula, aku terhibur banget dengan rangkaian acara pembukaan oleh kak Gita Siwi yang manis dan renyah, dan bertualang bersama kang Idfi Pancani ke USA!

Tak kusangka, akhirnya aku bisa mengamati dari dekat Amrik! Terimakasiiih kang Idfi dan BCC!


Senjakala content creator


Obrolan di siang itu terasa menarik.  
Dengan dipandu oleh kak Helen Simarmata - tampil dua pembicara yang namanya bukan kaleng-kaleng, Kang Maman dan Shafiq Pontoh!

Siapa tak kenal Kang Maman?
Sosok yang humble ini adalah legenda di dunia buku dan pertelevisian. Kang Maman dikenal sebagai penulis buku (banyaaak sekali bukunya, dan aku punya beberapa) serta NoTulen di acara Indonesia Lawak Klub, salah satu acara yang ikut digagasnya

Kata demi kata Kang Maman yang bernas, tak bisa dituliskan semua, bisa-bisa tak cukup satu artikel, namun semakin memperkuat opiniku tentang kunci kesuksesan, terutama sebagai content creator.
  • Kang Maman menegaskan, untuk sukses di era digital kita mesti kuasai 4 hal: komunikasi, kreativitas, kolaborasi dan pemikiran kritis (critical thinking)
Seperti dilansir dari State of Digital Publishing, content creator, dalam bahasa Indonesia disebut juga pencipta konten, merujuk pada seseorang yang bertanggung jawab atas kontribusi informasi pada berbagai jenis media, khususnya media digital. 

Mereka menargetkan sekelompok pengguna atau user lewat penyampaian konten yang dibuat.

Sementara Hubspot menempatkan content creator sebagai pihak yang memproduksi material bersifat menghibur maupun edukatif untuk menarik minat audiens. 

Media para kreator ini berkreasi bisa berupa blog, gambar, infografis, video, audio, hingga update media sosial.

Kang Maman mengakui, 
menjalani profesi content creator itu gampang-gampang susah. Boleh dibilang, pekerjaan ini bukan untuk semua orang. 

Apa yang di-posting di media sosial bukan sekadar memajang kutipan bijak dengan ilustrasi foto bagus saja. 

Kita bertanggung-jawab dan harus memahami apa saja yang harus dilakukan seorang pembuat konten.

Kang Maman juga berpesan,  jangan jadi orang yang merangkul semuanya,
jadilah spesialis. Jangan serakah semua diambil, tapi sedikit sedikit
Buktikan bahwa kamu konsisten, dan jadilah spesial dan pakar!


Lalu, kenapa konten begitu penting?

Shafiq Pontoh adalah salah satu pemateri yang juga kutunggu untuk bicara.
Sebagai anak muda, kiprahnya di dunia sosial media menuai sukses luar biasa.

Shafiq Pontoh adalah lulusan ilmu fisika dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang menginisiasi gerakan sosial Indonesia berkebun dan Ayah Asi.

Ia mengawali karier di dunia komunikasi sebagai copywriter pada tahun 2002, dan pernah berkarir pada beberapa Agensi Iklan Multinasional seperti Avicom, JWT, Merah Putih, Colmanhandoko, dan Ogilvy & Mather Jakarta.

Shafiq adalah orang di balik kesuksesan beberapa iklan seperti Bebelac, Sunsilk, Lux, Taro, Indo Premier Securitas, Gudang Garam, hingga Coca-Cola.

Internet ada berkat katalog konten yang luar biasa masif. Tanpa milyaran konten di dalamnya, internet tidak akan hadir dan bermanfaat.

Beberapa tahun belakangan konten tak lagi sekadar berfungsi mengisi media sosial, web, atau blog semata. 

Konten telah menjadi poin penting dalam bisnis untuk memasarkan produk barang atau jasa dengan biaya rendah dan berefek jangka panjang.
Shafig menegaskan, konten yang viral bukan sekadar keberuntungan. Namun, bagaimana sang kreator mampu menyusun strategi pembuatan konten secara tepat.

Saat ini, membuat konten bisa dilakukan di mana saja, salah satunya di rumah. Bahkan, bermodalkan smartphone dan paket data saja, kamu sudah bisa menciptakan sebuah konten. Tinggal bagaimana konsisten berkarya untuk menghasilkan konten!

Namun, meski profesi ini terlihat menggiurkan, tetap semuanya butuh proses. Tidak ada kesuksesan yang diraih dalam semalam atau berkat satu konten viral saja. 

Termasuk bagaimana kita melakukan kurasi pada konten orang lain. Saat hendak repost, tambahkan komentar atau perspektif pribadi soal materi tersebut. Jadi, konten boleh mirip, tetapi kepribadian sang kreator yang membuat penyampaian sebuah konten bisa berbeda.

Pembelajaran Jarak Jauh, Membuat Ortu Mengeluh?




Webinar yang terakhir diisi oleh Ifa H Misbach dan Kania Safitri.

Yes, bicara tentang tantangan selama masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) seolah tak ada habisnya.
  • Banyak orang tua yang mengeluhkan tingkah anak-anaknya di masa pembelajaran jarak jauh. 
  • Keluhan akan guru yang mengajarnya "tak sampai atau tak mengena",
  • Keluhan akan boros kuota yang tentunya berdampak pada pengeluaran keuangan keluarga - walau udah disokong Pemerintah
  • Kesulitan membagi waktu untuk mendampingi anak belajar 
Ifa dan Kania menekankan akan pentingnya kerjasama yang baik!

Bertabur Hadiah!

Di acara HUT nya, 
selain berbagi ilmu bermanfaat dan mengajak semua peserta jalan-jalan. Bloggercrony juga bagi-bagi hadiah. Sepertinya semua hadiah ini tak ada habisnya!

Berbagai hadiah ini berasal dari para bloggerpreneur yang mendukung terselenggaranya acara BloggerDay 2021. 
Bloggerpreneur tersebut diantaranya : 
 @duorajistore, @katalensaku.photoworks, @aykoprojects, @anesacooking, @geraiaksesoris2, @ebigsoo_fashion_, @kitatama.id, @makarame, @resepdapurayah, @dapursesukahati,@hennahijab_collection, @asiboostertea, @sreenhandmade, dan @photo_coffe_
Acara BloggerDay 2021 berakhir sudah, dan aku bersyukur menjadi salah satu Keluarga Jempolan aka BCC Squad.



Selamat ulang tahun ke 6 dan terima kasih banyak Bloggercrony!

23 comments

  1. Beneeer aku bingung mau nulis apa tentang BloggerDay 2021. Bukan enggak nyimak tapi justru catatanku berlembar-lembar. Gimana mau ditulis dalam satu blog post. heheh

    ReplyDelete
  2. keren banget ya eventnya... Serasa pesta beneran.. Apalagi banyak hadiah juga untuk peserta..Semua dapet.. Tapi semoga tahun depan udah bisa selebrasi offline lagi ya...

    ReplyDelete
  3. Masya Allah ... Bang Shafiq itu di balik Indonesia Berkebun dan Ayah ASI? Saya salut sama kedua komunitas itu ... Indonesia Berkebun kan bak beranak-pinak. Di Makassar ada Makassar Berkebun juga.

    ReplyDelete
  4. BCC ultah ke 6 tahun, dan perayaan virtual-nya bikin super duper hepii, ya ampuun, kece bangett! BRAVO BCC! Setuju ama Mak Neng, Dapat undangan ke sebuah perhelatan itu rasanya luar biasa. As a blogger tentu saja kita merasa beruntung. Alhamdulillah, senanggg ya bisa gabung d berbagai komunitas bloger Indonesiaaa

    ReplyDelete
  5. Agak sedih nih nggak bisa IKUT keseruan acaranya Bloggercrony. Apalagi pematerinya juga bagus-bagus. Makasih sudah berbagi mba :)

    ReplyDelete
  6. Seru bangaeeet ya MakTaaan, bertabur Narsum kece dan tentu aja bertabur hadiah menarik pula, lengkap deh. Apalagi jadi bisa ngumpul dengan teman-teman Blogger lainnya, mantaap. Btw selamat usia 6 ya BCC, makin sukseeees.

    ReplyDelete
  7. Aku ketinggalan acara ini, baca undangan emailnya pas setelah acara. Jadi aja, nggak ikutan. Tapi, salut sama blogger crony yang terus konsisten untuk memberdayakan blogger-blogger dengan aktivitas komunitasnya. Sehat selalu ya, Oma

    ReplyDelete
  8. seru sekali ya mba acara ulangtahun blogger crony, selebrasinya dimulai dari jalan-jalan ke negeri paman sam, trus lanjut dengan berbagai info yang cukup menarik untuk diikuti

    ReplyDelete
  9. Duh sayang nggak tahu infonya aku acara ini jadi nggak daftar..seru banget ya Makneng, beneran bertabur bintang dan ilmu...mahal sekali inii...

    ReplyDelete
  10. huhuhu selalu seruuu dan berisi deh event ultahnya BCC tapi udah 2 tahun belakangan rasanya aku cuma ikutan dr jauh aja makneng, mengamati time line teman dan medsosnya BCC. selalu lg hectic sm kerjaan biasanya. Sukses selalu buat BCC

    ReplyDelete
  11. Ya ampun ulang tahun virtual yang berfaedah ini ya, Mbak. Selain bertabur ilmu juga bertabur hadiah. Selamat ulang tahun Blogger Crony. Semoga makin sukses.

    ReplyDelete
  12. Selamaaatt kak Tantiii...
    Uuh, senang sekaliii... Dapat ilmu, dapat sahabat dan dapat hadiah karena memenangkan lomba.
    MashaAllah~

    Semoga tulisannya kak Tanti menang.
    Aamiin~

    Selamat ulang tahun Blogger Crony.
    Sukses untuk keluarga Jempolan.

    ReplyDelete
  13. Seru banget dengan adanya virtual acara ulang tahun bcc seperti ini sangat membantu banget dan tentunya meriah aku ikutan

    ReplyDelete
  14. Wah seru sekali ya bisa ikutan secara virtual nih ulang tahun BCC , semoga BCC makin hebat. Aamiin

    ReplyDelete
  15. Niat ikutan daftar tapi blas lupaa....selaamat 6 thn ya BCC. Makin sukses . Ulang tahun bagi-bagi hadiah ...keren nih

    ReplyDelete
  16. ahh keren banget ultah BCC ini
    sayangnya aq g keangkut, huhuhu
    pasti seru ya mbak acaranya
    banyak inspirasi dan kejutan ya

    ReplyDelete
  17. Seru banget ulang tahun virtualnya, sayang tak bisa ikutan krn aktivitas lain huhu
    Hehe Mak tanti semoga menang.
    Seru ya nambah networking dan dapat materi bergizi, terutama kalau ngobrolin soal masalah keluarga dan sekolah anak2, bonus hadiah pula :D

    ReplyDelete
  18. Seru banget acaranya, sayang ga bisa ikutan, pas bedrest kemarin itu. Jadi ga ikut kegiatan apapun. Padahal seru banget ya mak.

    ReplyDelete
  19. Seru sekali ini acaranyaaaaa.. sayang banget kemarin aku telat daftarnyaaaa.. huhu. Semoga bisa ikutan yang tahun depan ah. Aamiin..

    ReplyDelete
  20. Terwakilkan ilmunya dapt d blog ini.. senengnya ya mba ktemuan banyak temen blogger dpt tambahan ilmu juga..

    Aku gak bisa ikutan jemput anak mondok..pdhl penasaran juga mau your virtual k amerika

    ReplyDelete
  21. Semoga menang ya Mbak
    Soalnya kalau nulis dari hati tuh bakaln nyess
    Apalagi ga semua bisa berada di BloggerDay ini

    ReplyDelete
  22. Setuju banget sama Kang Maman mba, sekarang ini content creator emang lagi ngehits ngehitsnya ya Mba. jadi emang harus lomba lomba untuk menciptakan konten yang bisa ngehits juga. Webinar yang berdaging banget ya Mba

    ReplyDelete
  23. Seru sekali ya mba.. sayang aku kemarin gak bisa ikut. Udah daftar tapi retina ada keperluan mendesak mendadak. Huh.. baca ini aja seru sekali pasti acara kemarin..

    ReplyDelete

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)