CARA IKUT BAZAAR VIRTUAL FINEXPO 2021 DAN DAPAT PENCERAHAN DARI MERRY RIANA

Dari infrastruktur hingga edukasi, banyak roda yang perlu bergerak bersama untuk menjalankan misi memberdayakan semua orang untuk berkembang dan memberi nilai tambah bagi perekonomian bangsa.

Indonesia memperingati Bulan Inklusi keuangan (BIK)  sejak Oktober 2016. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan pemerintah terus berupaya meningkatkan inklusi keuangan di Tanah Air.

Buat orang yang awam sepertiku, 
yang "dunia ekonomi"nya terbatas pada ada atau tidaknya uang belanja, istilah inklusi keuangan ini pengaplikasiannya ke dunia nyata pastinya blur. Sumir. 

Nah, untuk mudahnya, ini dia beberapa contoh inklusi keuangan dalam keseharian:
  • Menabung di bank, tarik tunai di ATM
  • Transaksi perbankan secara online melalui internet banking, mobile banking
  • Layanan untuk pinjaman online
  • Investasi saham, beli asuransi kesehatan hingga asuransi mobil secara online dan lain sebagainya
Secara literasi sendiri, inklusi keuangan itu adalah :

sebuah kondisi dimana setiap anggota masyarakat mempunyai akses terhadap berbagai layanan keuangan formal yang berkualitas, tepat waktu, lancar, dan aman dengan biaya terjangkau sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing. 

Di Indonesia, kelompok masyarakat yang diprioritaskan untuk mendapat akses keuangan antara lain masyarakat berpenghasilan rendah (dalam hal ini MBR atau keluarga prasejahtera), pelaku UMKM, pekerja migran, wanita, disabilitas, anak terlantar, lansia, penduduk daerah tertinggal, serta pelajar dan pemuda.

LITERASI KEUANGAN DIGITAL


Yup. Memahami literasi keuangan itu penting.

Sering kan, dengar kasus penipuan keuangan?

Sering tidak ditawari bisnis MLM yang ujungnya adalah money game?

Sering dengar investasi berbuntut larinya si leader or "pengepul" investor?

Utangan dengan perantara online? 

Dan yang sekarang marak, arisan WhatsApp Group yang tidak dibayarkan?


Itu sebabnya, 
walau sepertinya edukasi seputar keuangan untuk masyarakat tenggelam oleh berita artes dan seleb tiktok, namun Pemerintah bertekad terus menerus mengadakan edukasi, dan bahkan mengadakan Bulan Inklusi Keuangan. 

Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan.

Bulan Inklusi Keuangan (BIK) Indonesia dan Gelar FinExpo 2021



Terpaksa yo luuur.... Bulan Inklusi Keuangan (BIK) tahun ini, FinExpo 2021 harus dilaksanakan secara virtual. 

Well, mau tak mau kita masih beradaptasi terhadap dinamika perekonomian di masa pandemi. Dan sesuai dengan kalimat pak Jokowi, bahwa target inklusi keuangan meningkat 90% pada tahun 2024, maka FIN Expo 2021 tetap digelar virtual.

Pameran produk atau jasa keuangan dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2021 ini berbentuk seperti bazaar tapi bentuknya virtual. Jadi pengunjung masuk dengan cara registrasi dulu, lalu memilih menu atau option yang ingin dikunjungi.

Cara masuk ke dalam FIN EXPO BIK 2021

  1. Mula-mula kita akses ke dalam melalui link ini : https://www.finexpo-bik2021.id/

  2. Di pojok kanan atas ada tulisan LOGIN/REGISTER, kita daftar dulu di situ, jangan lupa cantumkan email untuk aktivasi.


Kalau sudah masuk, login dulu seperti ini :



Dalam pameran ini kita bisa mengunjungi booth-booth dari berbagai partisipan.

Ada banyak partisipan, dengan main subject :
  • kementerian dan lembaga perbankan
  • asuransi
  • pembiayaan
  • keuangan syariah
  • pegadaian
  • pasar modal
  • dana pensiun
  • fintech / p2pl
  • e commerce

Ada edukasi apa saja dalam FIN EXPO BIK 2021?

Di FinExpo 2021 yang berlangsung dari 18 Oktober sampai 2 November 2021 ini, secara gamblang akan ada :
  • Masing-masing booth menyediakan doorprize berhadiah jutaan rupiah setiap harinya!
  • Penjualan produk/layanan jasa keuangan berinsentif (pemberian discountcashbackpoint, bonus atau reward

  • Fasilitasi pemberian kredit/pembiayaan bagi masyarakat serta pelaku usaha kecil dan mikro antara lain melalui kegiatan business matching.

  • Kegiatan akuisisi pembukaan rekening, polis, dan lainnya

  • Kegiatan edukasi keuangan antara lain melalui webinar.

  • Kegiatan pameran virtual.

  • Kampanye dan publikasi program literasi dan inklusi keuangan serta perlindungan konsumen secara masif.

Nah karena bertepatan dengan 
memperingati Hari Asuransi dengan tema “Literasi Asuransi Untuk Negeri, Kenali – Pahami – Miliki”, maka aku memilih tema asuransi.



Kenapa Milih Tema Asuransi, mbak Neng?


Peran asuransi setelah pandemi melanda, tidak main-main!

Selama ini, mindset sebagian besar masyarakat adalah benci banget dikejar-kejar oleh marketing asuransi kan?

Hayo, ngaku!

Tapi apa yang terjadi ketika pandemi? BPJS dikejar-kejar, asuransi kesehatan dicari-cari! Apa yang terjadi ketika masuk Rumah Sakit dan tidak punya asuransi? Hmmh..... gak terbayang :(

Ketika Ummi mertua masuk RS akibat terkena virus Covid-19, beliau sudah tidak dicover oleh asuransi, sehingga beliau masuk sebagai pasien umum. Untunglah, karena anak-anaknya banyak, beliau aman bisa mengurus segala sesuatunya. Tentu saja dengan biaya yang cukup menguras kantong!

Apa jadinya dengan yang tidak siap dengan itu semua?

Kenapa pilih booth Asurasi Prudential?

Alasan pertama.
Jujurly, saya termasuk salah satu yang mantengin mbak cantik ini, dlaam literasi keuangan. Merry Riana, dipilih untuk juga menjadi ambassador di PT Prudential, tentu saja bukan tanpa alasan. Pengalamannya itu loh..... istilahnya udah makan asam garam, dan sukses!

Alasan kedua, 
PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) pertama kali didirikan pada tahun 1995, dan merupakan bagian dari Prudential plc, yaitu sebuah grup perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris. 

Sebagai bagian dari Grup yang telah berpengalaman lebih dari 168 tahun di dunia industri asuransi jiwa, Prudential Indonesia memiliki komitmen yang lebih, untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.


Nah dalam video yang diunggah di booth Asuransi Prudential, 
Merry Riana memberikan beberapa pemahaman tentang asuransi. Secara global, produk asuransi itu ada 4 jenis, dan tergantung lamanya pembayaran. Apa aja produk asuransinya?

1. Unit Link
Masa pembayaran preminya seumur hidup, dan bisa dialokasikan ke dalam investasi. Nilai tunainya bisa digunakan untuk bayar preminya  lagi.

2. Endowment
Ini masa pembayarannya bisa dipilih, mulai dari 5 - 10 - 15 tahun, dan ini biasanya digunakan untuk menabung dana pendidikan, karena berjangka waktu pendek

3. Whole Life
Pembayarannya juga berjalan untuk seumur hidup. Biasanya nasabah memilih produk ini untuk proteksi keluarga

4. Term
Ini adalah asuransi yang pembayarannya berjangka, disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. 

Merry Riana juga membagikan beberapa tips saat ingin memulai asuransi kesehatan, yaitu:

  • Persiapkan dahulu anggarannya.
  • Jangan lupa pahami kebutuhan maupun fasilitas yang diinginkan
  • Menentukan premi yang dibayar.
  • Memahami masa pertanggungan yang ada.
  • Mempelajari jenis penyakit apa saja yang akan ditanggung


Untuk lebih jelasnya, ada di video berikut:





Tercerahkan? Banget.

Setelah mengetahui jenis asuransi dan tips tersebut, aku jadi semangat untuk memilih produk asuransi Prudential yang ditawarkan. 

Eh, langsung beli nih ceritanya? Iyalaaah....  mumpung lagi banyak promo menarik hanya selama pameran virtual BIK 2021 ini.

Gimana, kamu udah tercerahkan juga belum?

48 comments

  1. Wah bagus ini FIN Expo apalagi literasi keungan memang penting mengingat sekarang perlunya tabungan masa depan dan biaya hidup semakin mahal. Banyak juga kegiatan yang bisa dipelajari dari sini, mantep banget ini.

    ReplyDelete
    Replies

    1. Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan.

      Delete
  2. Beruntung digelar virtual..jadi aku bisa ikutan kak..heheh bisa ketemu virtual juga sama kaka tanti.. Acaranya menarik dan beneran kita bisa lihat banyak jasa keuangan yang mencerahkan termasuk Prudential ya kak

    ReplyDelete
    Replies

    1. Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan.

      Delete
  3. inklusi keuangan sehari-hari sudah dilakukan ya mba, tapi memang harus dibarengi dengan literasi keuangan biar gak spending aja tapi juga saving

    ReplyDelete
    Replies

    1. Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan.

      Delete
  4. Tadi udah akses websitenya sebentar. Suka euy sama tampilannya, nyaman banget. Kebayang gimana serunya kalau udah eksplor menu-menu di sana. Dari rumah aja, bermodal akses internet, bisa dapat banyak ilmu bermanfaat terkait finansial.

    ReplyDelete
    Replies

    1. Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan.

      Delete
  5. Bagus juga tipsnya dari Mba Merry Riana ya Mba. Emang bener banget perlu bikin financial planing biar lebih tertata keuangannya. Asuransi kesehatan itu penting banget buat jaga-jaga di masa depan. Selain BPJS perlu juga sepertinya asuransi lain

    ReplyDelete
    Replies

    1. Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan.

      Delete
  6. senangnya meski virtual bisa jalan-jalan di Financial Expo Bulan Inklusi Keuangan. Beneran literasi keuangan di Indonesia masih kurang , bahkan pandemi langsung bikin banyak orang kolaps karena tak ada persiapan sebelumnya. Ga ada dana darurat, ga punya asuransi kesehatan, ga ada asuransi jiwa. Harusnya ini momen yang tepat yang menyadarkan kita bahwa kita ga akan tahu apa yang akan terjadi di depan sana

    ReplyDelete
    Replies

    1. Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan.

      Delete
  7. Acara Virtual FINEXPO 2021 ini menarik sekali dan tentu banyak manfaatnya. Belajar mengelola keuangan, memiliki asurasi dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan dan sebagainya malah ada Merry Riana segala yach seruuuu bangeeed, mak Tantiiii :D Semua lapisan masyarakat kudu melek keuangan termasuk yang digital. Kita harus mampu beradaptasi untuk maju ke depan yang cerah dan bahagia aamiin.

    ReplyDelete
    Replies

    1. Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan.

      Delete

  8. Mbaaa, aku tuh bolak-balik dengar/baca istilah inklusi keuangan. Dan baru kali ini mudeng dgn artinya : sebuah kondisi dimana setiap anggota masyarakat mempunyai akses terhadap berbagai layanan keuangan formal yang berkualitas, tepat waktu, lancar, dan aman dengan biaya terjangkau sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing.

    Keren sekali FINEXPO ini. Bisa memberikan wawasan utk semua orang, ya. Apalagi dilakukan secara online. Modal kuota doang.... ga perlu cuss ke Jakarta :D

    ReplyDelete
    Replies

    1. Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan.

      Delete
  9. Saya juga termasuk yang suka mantengin Merry Riana, Mbak. Banyak pengetahuan literasi keuangan yang bisa dipraktikkan untuk keuangan keluarga

    ReplyDelete
    Replies

    1. Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan.

      Delete
  10. Senang banget tak perlu keluar rumah tapi sudah bisa ikutan kegiatan sekaligus nambah ilmu. Berpeluang juga dapat duitjutaan. Ada kemudahan juga buat buka rekening ya :)

    ReplyDelete
    Replies

    1. Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan.

      Delete
  11. Zaman dulu tuh MLM ramai banget. Nyari deh downline banyak. Belum lihat hasilnya udah kulit, hahaha. Bagian bawah emang cape banget. Makanya sekarang kudu belajar soal keuangan biar gak tergiur sama hal kaya gini. Btw, mau lihat juga FinExpo 2021 ini. Tinggal beberapa hari lagi ya

    ReplyDelete
    Replies

    1. Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan.

      Delete
  12. Hahaha... saya nih yang biasanya langsung kabur kalau disapa sama agen asuransi, setelah kemarin mampir ke virtual boothnya prudential jadi tercerahkan. memang harus mau mengenali dulu untuk bisa paham dan akhirnya memiliki polis asuransi

    ReplyDelete
    Replies

    1. Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan.

      Delete
  13. Di masa pandemi ikutan bazaar masih bisa Alhamdulillah banget ya mbak ada FinExpo yang digelar secara virtual. Jadi kita bisa cari iomu & edukasi mengenai keuangan juga

    ReplyDelete
    Replies

    1. Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan.

      Delete
  14. Iya Makneng, jaman sekarang gencar banget seputar literasi keuangan dan edukasi yang terus menerus disebarkan karena penting banget diketahui oleh masyarakat. Semoga adanya event virtual bisa jalan-jalan di Financial Expo Bulan Inklusi Keuangan makin melek kita semuaa seputar pengelolaan keuangan.

    ReplyDelete
    Replies

    1. Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan.

      Delete
  15. perlu banget ini pencerahan soal keuangan apalagi udah mau akhir tahun, supaya tahun depan bisa lebih baik lagi mengatur keuangannya

    ReplyDelete
    Replies

    1. Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan.

      Delete
  16. Iya banget mba literatur keuangan emang perlu yah marak bener yang kena tipu itu yang kalangan ga punya sedih sih kalau dpt berita begini modus MLM gitu

    ReplyDelete
    Replies

    1. Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan.

      Delete
  17. Wah baru tahu mertuanya pernah sakit Covid mbak? Semoga sekarang sudah pulih sehat kembali ya.
    Iya asuransi penting ya tapi emang kudu memilih asuransi yang tepat ya mbak. Kepengennya ketemu agen yang tepat dan bisa menjelaskan dengan baik manfaat asuransi ini jd bisa memutuskan utk kemudian beli ya.

    ReplyDelete
    Replies

    1. Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan.

      Delete
  18. Aku juga mengunjungi booth nya Prudential secara virtual, videonya Merry Riana singkat padat tapi lumayan jelas dan mengena...

    ReplyDelete
    Replies

    1. Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan.

      Delete
  19. aku juga sudah mengunjungi Virtual Booth Prudential Indonesia di Financial Expo ini mbak
    makin tercerahkan soal asuransi

    ReplyDelete
    Replies

    1. Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan.

      Delete
  20. Perlu banget nih ikutan FinExpo kayak gini, apalagi gak pake ribet. Mbak Merry Riana emang oke punya kalau nyampein sesuatu ^^

    ReplyDelete
    Replies

    1. Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan.

      Delete
  21. kok seru ikutan finexpo bisa liat2 sapa tau ada yang cocok sama keuangan kita. paling ga jadi tahu literasi keuangan kesehatan dompet sendiri ya mak jadi bisa tercerahkan
    biar saling melindungi sesama anggota keluarga lainnya

    ReplyDelete
    Replies

    1. Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan.

      Delete
  22. Mau ikutan mba, pasti seru nih dann pengalaman baru dengan mengunjungi virtual booth begini
    banyak ilmu yang bisa diambil juga nih tentant keuangan.

    ReplyDelete
    Replies

    1. Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan.

      Delete
  23. aku baru tahu nih mbak ada yang namanya bulan inklusi keuangan. acaranya keren nih apalagi buat yang masih belum jago soal ngatur finansialnya kayak aku.

    ReplyDelete
    Replies

    1. Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan.

      Delete
  24. Baru ngeh arti inklusi keuangan setelah baca artikel ini hahaha. Maafkeun. Event kayak gini mengedukasi banget ya mak Tanti. Apalagi buat emak2 kayak aku nih

    ReplyDelete
    Replies

    1. Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan.

      Delete

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)