FIRAUN ITU MASIH HIDUP




Surat Al-Qaşaş 28 :8 - سورة القصص

And the family of Pharaoh picked him up [out of the river] so that he would become to them an enemy and a [cause of] grief. Indeed, Pharaoh and Haman and their soldiers were deliberate sinners.

Maka dia dipungut oleh keluarga Fir‘aun agar (kelak) dia menjadi musuh dan kesedihan bagi mereka. Sungguh, Fir‘aun dan Haman bersama bala tentaranya adalah orang-orang yang bersalah.



DI DUNIA MASIH ADA FIRAUN?

Firaun sering digambarkan menggunakan Kerudung Nemes dan sebuah kilt (rok pendek) dengan banyak hiasan. Lihat saja gambar di atas itu. Tapi benarkah demikian?

Fir'aun (Arab: فرعون Firʻawn; bahasa Ibrani: פַּרְעֹה, paroh; bahasa Inggris: Pharaoh) adalah gelar yang dalam diskusi dunia modern digunakan untuk seluruh penguasa Mesir kuno dari semua periode.

Nah, clear yaaa ...

Firaun itu adalah sebuah gelar. Dahulu, gelar ini mulai digunakan untuk penguasa or pemimpin keagamaan dan politik kesatuan Mesir kuno, selama Kerajaan Baru, secara spesifik pertengahan dinasti ke 18. 

Konyolnya, para Firaun ini, juga mengaku sebagai Tuhan! 

Hmmm.... jadi inget ya, actually banyak loh, manusia di jaman now yang juga mengaku sebagai "tuhan kecil" - dengan kekuasaan - jabatan dan uang yang mereka miliki.

Jadi bukan karena mereka adalah seorang firaun beneran, atau mereka adalah nabi beneran. BUKAN. Juga bukan seorang raja atau sultan. Mereka "hanya" manusia biasa yang kebetulan ketitipan amanah berupa kelebihan harta - pangkat - jabatan - kedudukan dan kekuasaan.

Jadi, yang kumaksud dengan judul di atas, Firaun Itu Masih Hidup, ya karena memang hingga akhir jaman pun, para "firaun" ini akan tetap ada.

Evolusi Firaun


Firaun jaman now ternyata ada, hidup, berevolusi, dan model kekuasaan Firaun ini bisa dengan mudah kita temui di.. sosmed! Yap, ia berevolusi dengan bungkus barunya, sehingga hidup di mana saja. 

Untunglah, saat ini Tangan Tuhan bekerja. Mereka yang hobi korupsi asal tak ketahuan, mereka yang semena-mena, mengkhianati dan memperkosa hak-hak orang lain, anehnya saat ini sudah mulai ditunjukkan. Dan ajaib, karena apa yang mereka lakukan - lalu kelihatan kok seolah "ketololan"  yang seperti musatahil untuk dilakukan!

APA PANDANGAN ISLAM TENTANG FIRAUN?

Allah ta'ala berfirman:

إِنَّ فِرْعَوْنَ وَهَامَانَ وَجُنُودَهُمَا كَانُوا خَاطِئِينَ

"Sesungguhnya Fir'aun, Haman dan bala tentaranya, mereka itu adalah orang-orang yang bersalah."

(Al Qashash [28] : 8 )

Sebenarnya Allah sudah menegaskan kalau Fir'aun saat itu, beserta jajaran kabinet bersatunya bersalah di hadapan hukum Allah ta'ala!

Tapi, unfortunately, sama seperti para penguasa di negara mana pun saat ini, mereka ya ngotot aja. Bahwa mereka benar. Ada loh yang berfoya-foya sewa hotel termewah di Swiss, bawa ART seratus - sementara rakyatnya sebagian miskin papa. 

Ada yang menyimpan uang 900 milyar di dalam sebuah basement - lalu menembak mati ajudannya, dengan alasan entah apa.

Ada lagi "calon firaun" yang main hakim sendiri, gara-gara laporan seorang perempuan (bukan istrinya padahal), dan dia sendiri masih bau kencur - lalu menghajar seorang anak yang juga notabene masih di bawah umur.

Masih kurang? Ada seorang firaun - beserta istrinya - yang membully seorang anak gara-gara main lato-lato! Ada! 

Ada lagi, yang "hampir jadi firaun" di Lampung, gak tanggung-tanggung, 5 orang pria dan 1 orang wanita! OMG. Ini aku ingat gara-gara ada postingan seorang teman Blogger Lampung, yang juga seorang Penulis Lampung

Mbak Naqiyyah Syam ini, sering banget mengangkat banyak kisah seputar Lampung, tapi bukan tentang "para firaun cere" ini loh yaaa..

at the end,

Firaun di dunia ini masih ada, kawan.

Apa lagi coba firman Allah tentang hal itu? 

Satu kesalahan besar para fir'aun itu adalah : karena dia telah melampaui batas dirinya sebagai makhluk:

اذْهَبْ إِلَى فِرْعَوْنَ إِنَّهُ طَغَى

"Pergilah kamu (Musa) kepada Fir'aun, karena sesungguhnya dia itu telah melampaui batas," (An Nazi'at: 17)

dimana dia (Firaun) mengatakan:

أَنَا رَبُّكُمُ الْأَعْلَى

"Akulah tuhan kalian tertinggi". (An Nazi'at: 24)

juga ucapannya:

مَا عَلِمْتُ لَكُم مِّنْ إِلَهٍ غَيْرِي

"Aku tidak mengetahui ada tuhan bagi kalian selain aku." (Al Qashash [28] : 38)

Bahkan dengan angkuh mengatakan kepada Nabi Musa 'alaihissalam:

لَئِنِ اتَّخَذْتَ إِلَهًا غَيْرِي لَأَجْعَلَنَّكَ مِنَ الْمَسْجُونِينَ

"Andai kamu menjadikan tuhan selain aku, sungguh aku benar-benar akan memenjarakan kamu". (Asy Syu'ara [26] : 29)

Jadi, sekarang percaya kan, bahwa firaun  itu masih hidup?

*Eh, tapi itu di negara tetangga loh yaaa... di Indonesia ga ada! Suerrrr.....

1 komentar

  1. Kisah yang paling melegenda dan masih sering didengar sekarang memang tentang Firaun, cerita tentang raja yang satu ini memang tidak pernah pudar seiring perkembangan zaman. Apalagi tentang kesombongannya dan menganggap dirinya sebagai Tuhan, terima kasih informasinya!

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)