PANDUAN SINGKAT BAGAIMANA MEMERIKSA DAN MEMILIH MOBIL BEKAS


Hai man teman, pernah beli mobil bekas? Bahagia atau.. lebih banyak kecewa? Nah kali ini, aku akan sharing tentang panduan singkat bagaimana memeriksa dan memilih mobil bekas.
Tentu saja saat berniat membeli mobil bekas, ada baiknya kamu mengetahui bagaimana cara mengecek kondisi mobil tersebut, karena ada beberapa poin sangat penting. Mobil bekas kondisinya tak mungkin sama seperti mobil baru, jadi kamu harus sedikit lebih teliti agar mendapatkan mobil dengan kualitas yang baik.

Pengalaman Membeli Mobil Bekas


Hal ini pernah kualami waktu pertama kali membeli mobil bekasku, ketika itu masih kuliah. Mobil yang kubeli adalah sebuah Volkswagen Beetle atau VW kodok klasik, sebuah mobil yang ikonik.

Disebut ikonik karena mobil VW kodok ini kan banyak sekali butuh penggantian spare part dan banyak sekali aksesoris yang tadinya kupikir tidak penting. Lebih mengagetkan, adalah cara membawa mobil VW kodok juga ada aturannya sendiri loh, karena jika tidak, akan banyak sekali trouble, karena tuanya mesin dan sikon mobil yang kurang mendukung.

Seandainya sajaaa kutahu bahwa sebelum membeli mobil bekas ada banyak panduan, dan seandainya sajaaa dulu sudah ada situs yang bisa membantuku seperti situs Caroline.id, sebuah situs jual beli mobil bekas bergaransi yang mempertemukan antara pembeli dan penjual mobil secara daring (online)! Ah, banyaklah kelebihan situs ini, nanti kubahas ya, tapi yuk kita cek dulu yuk, apa saja sih panduan singkat bagaimana memeriksa dan membeli mobil bekas itu? Let’s check this out!

Ini dia rangkuman panduan cara mengecek mobil bekas


Sebelum Membeli, Pastikan Ada di Range Budget!

Banyak loh teman-teman yang suka beli tanpa mikir, uangnya di kantong cukup apa engga. Yah, karena kan saat kita bertemu dengan barang yang kita suka, apalagi kalau limited edition ya… jiwa raga memberontak. Gak dibeli? Pasti sampe rumah mata mengawang-awang, menyesali kenapa ngga dipaksain aja beli!

Begitu juga saat membeli mobil. Kadang mata nih, belanja sana sini, cek iklan dan showroom A, B dan C, dan malahan pas di showroom terakhir kejebak dengan janji-janji manis penjual hehehehe…

So, pertama kali, niatkan hati untuk belanja hanya di range budget, ya bestiiiie!

Pastikan Ada Kelengkapan Dokumen Mobil

Banyak mobil bekas yang dijual murah lantaran telat pajak. Yang jadi pertanyaan, apakah kita siap untuk membayar pajak sekaligus dendanya nanti? Bagaimana jika ada denda pajak dan juga biaya perbaikan yang muncul? Tentu saja ini makin membuat pengeluaran akan menjadi semakin besar.
Dijelaskan, perhitungan denda pajak kendaraan bermotor adalah Denda PKB = Biaya PKB x 25% x n/12. Huruf “n” menunjukkan jumlah bulan keterlambatan. Kamu bisa menghitung denda berdasarkan bulan keterlambatan itu.

Dokumen yang harus kamu periksa ketika membeli mobil bekas, antara lain:

  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Untuk BPKB lama, bukunya berwarna biru dan berisi 22 halaman. Sementara BPKB baru, bukunya berwarna coklat dengan jumlah halaman lebih tipis, yaitu 10 halaman.
  • Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) harus dalam kondisi asli. Cara mudah membedakan STNK palsu atau asli yaitu dengan melihat tulisan di STNK. STNK asli tidak akan luntur jika terkena air, lalu terdapat hologram logo korps Polri dan tulisan STNK, serta pita atau benang pengaman yang dibuat seperti rajutan di bagian sisinya.

  • Lembar pajak untuk mengetahui kapan pajak mobil tersebut jatuh tempo. Pastikan mobil yang akan kamu beli pajaknya belum kadaluarsa. Karena kalau sudah kadaluarsa, sudah pasti kamu kena denda ketika perpanjang pajak atau balik nama.
  • Faktur atau bukti pembelian yang diberikan kepada dealer saat mereka menerima unit dari pabrik. Faktur pembelian mobil berisikan keterangan nomor mesin, rangka, harga penjualan dealer, dan nama pembeli pertama.

Wajib! Cek Mesin Mobil Bekas!

Cek mesin mobil bekas, adalah hal pertama yang sangat penting, usahakan kamu membawa seorang montir atau seorang teman yang cukup lihai dan bisa diandalkan ketika pengecekan mesin mobil.

Caranya, kamu bisa membuka bagian kap mesin kemudian periksa sekeliling ruang mesinnya. Pastikan tidak ada tanda-tanda ruang mesin pernah dicat, sehingga ini artinya mobil belum pernah turun mesin. Selanjutnya apa? Nah baca di sini yaaa…

  • Cek rembesan oli atau bensin dan mur serta baut
Pastikan tidak ada kebocoran oli atau bahan bakar, yaitu tidak ada kebocoran pada mesin maupun selang-selang. Perhatikan apakah ada rembesan oli dan cairan lainnya, dan pastikan juga tidak ada baut dan mur yang ujungnya cacat.

Periksa warna oli mesin, karena biasanya ciri-ciri mobil bekas banjir yaitu oli telah tercampur dengan air. Jika warna oli coklat keputihan, itu artinya terjadi indikasi air banjir pernah masuk ke dalam mesin.
  • Getaran mesin
Perhatikan getaran mesinnya, jika dalam kondisi menyala dan ada getaran yang tidak wajar dan tidak seirama, maka bisa menjadi pertanda mobil sedang tidak dalam kondisi baik. Getaran tersendat menandakan mesin mengalami engine mounting atau harus ditera ulang.
  • Starter mobil
Pembelian mobil bekas biasanya dibarengi dengan test drive, yaitu mencoba menstarter lalu membawa mobil memutar. Hal ini penting karena ketika distarter dalam keadaan dingin, mobil yang sehat akan langsung menyala tanpa tersendat-sendat.

Namun jika ternyata mobil tersebut tersendat ketika diperiksa, coba cek kembali aki, dan apakah ada kotoran yang menyumbat.

Perhatikan indikator dan speedometer

Pastikan semua lampu indikator mati saat mesin beroperasi, dan perhatikan jarum di speedometernya. Jika ada yang menyala, maka bisa saja itu menjadi pertanda bahwa ada yang bermasalah.

Suara mesin

Mesin yang masih bagus cenderung bersuara halus dan konstan tanpa adanya hentakan gas saat menyalakan komponen kelistrikan seperti audio dan AC. Kamu bisa dengarkan apakah ada suara yang tidak wajar keluar dari mesin.

Suara mesin mobil juga bisa mengidentifikasikan apakah mobil bekas terendam banjir. Mobil yang belum diperbaiki usai terkena banjir biasanya lebih kasar dan keras.

Pastikan apakah tidak ada suara gesekan plat besi hingga suara ketukan dari dalam mesin saat digas.

Knalpot dan gas buang

Kamu bisa beralih pada bagian knalpotnya dan gas buangnya. Biasanya, mobil yang bermasalah bisa diketahui saat ada gas yang tidak wajar, ikut keluar dari knalpot.

Tetesan air pada knalpot adalah hal yang wajar saja, kecuali tetesan airnya dalam jumlah besar, maka itu artinya ada masalah pada mesin mobil.

Hindari membeli mobil bekas yang dalam kondisi knalpotnya rusak, seperti penyok atau retakan. Sebab, ini menjadi tanda adanya kerusakan yang parah. Kecuali, memang kamu berkenan untuk memperbaikinya.

Cek Interior dan Aksesorisnya

Masuk ke dalam mobil, dan periksa :
  • Kursi dan kain/kulit pelapisnya apakah ada yang aus, robek, terkena noda, atau kerusakan lain. Pastikan kursi mobil bisa disetel dan berfungsi dengan baik.
  • Hidupkan AC untuk melihat apakah masih bisa berfungsi. Ujilah suhunya dengan mengaktifkan kendali suhu. Ubah setelan kipas ke tinggi dan rendah untuk mengetahui apakah kipas bisa berfungsi dengan baik.
  • Kapan kali terakhir freon diisi. Karena kamu harus tahu apakah harus mengisi ulang freon dalam waktu dekat.

  • Periksa odometer untuk mencari tahu jarak tempuh mobil. Rata-rata, seorang pengemudi yang normal akan mengendarai mobil sejauh 16.000-24.000 km dalam satu tahun. Usia mobil tidak hanya dilihat berdasarkan waktu, tetapi juga dari jarak tempuh yang telah dijalani.
  • Jika mobil mempunyai komputer bawaan, perhatikan peringatannya ketika Anda menghidupkan mobil atau memutar kontak, atau saat menekan tombol Start.

  • Pastikan lampu indikator, lampu sein dan layar (kamera depan belakang) berfungsi dengan baik.

Test Drive

Ujilah mobil dengan mengendarainya sebelum kamu mengambil keputusan. Mungkin ini merupakan salah satu cara terbaik agar kamu bisa mengetahui kondisi kendaraan. Oleh karena itu, lakukan segala upaya untuk mengendarai mobil sebelum mengambil keputusan akhir.

Mintalah penjual untuk ikut mengendarai mobil agar kamu bisa menanyakan hal-hal tentang kendaraan sambil berkendara. Ini juga untuk memberi perasaan nyaman kepadanya!

Pastikan Membeli Mobil di Situs Terpercaya



Nama yang satu ini sudah dari awal kusebut yaaa gaes, situs terpercaya ini adalah Caroline.id. Situs jual beli mobil yang mempertemukan antara pembeli dan penjual mobil secara daring (online).
Caroline.id merupakan perusahaan jual beli mobil bekas dan baru yang dinaungi oleh Autopedia. Caroline adalah platform jual beli mobil bekas dan baru yang menawarkan beragam pilihan mobil sesuai dengan keinginan dan kebutuhan customer.
Demi kenyamanan customer, Caroline menawarkan mobil berkualitas yang mencakup garansi mesin & transmisi selama 1 tahun, garansi 5 hari uang kembali, unit lulus inspeksi di 150 titik, bebas dari terendam banjir dan kecelakaan besar.
Dengan mengakses website tersebut, para konsumen akan mendapatkan informasi yang lengkap terkait unit, mencakup informasi harga, fitur, dan laporan kondisi mobil hasil inspeksi 150 titik.

Kemudahan proses tentunya juga disajikan melalui layanan test drive gratis, pengantaran unit gratis dan kemudahan pengajuan pembiayaan dengan leasing company rekanan Caroline.
Caroline.id merupakan perusahaan jual beli mobil yang memberikan kesempatan kepada penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi sesuai dengan budget yang diinginkan.
Kamu dapat menemukan berbagai macam variasi mobil dengan kualitas yang terjamin setiap harinya di Caroline.id. Untuk mendukung pengalaman jual beli, situs Caroline.id didesain sedemikian rupa dengan maintenance secara berjangka.Caroline.id juga memudahkan konsumennya dalam mengakses berbagai jaringan yang dimiliki, seperti meningkatkan experience pelanggan melalui website resmi www.caroline.id.

Dengan mengakses website tersebut, para konsumen akan mendapatkan informasi yang lengkap terkait unit, mencakup informasi harga, fitur, dan laporan kondisi mobil hasil inspeksi 150 titik.

34 komentar

  1. Pas banget baca ini nih. Kebetulan lagi bingung mau beli mobil baru atau bekas. AKu sih pengennya yg bekas aja, krn milih fungsinya. Tp takut juga kalau2 banyak yg ini itu. Ternyata gini ya cara meriksanya. Cuss ah kepo ke caroline juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran siiih pake mobil second tapi yang tahunnya maks 5 tahun ya, lebih worth it secara nilai lebih rendah tapi value samaa

      Hapus
  2. Iyaa beli mobil bekas harus di tempat yang terpercaya ya Makneng, atau ajak teman yang paham mesin kendaraan biar ngga zonk. Lebih aman ya beli di caroline.id ini yaa

    BalasHapus
  3. Wah kalo udah soal mobil bekas suami saya jagoannya mba, btw, emang lg nyari juga nih mobil bekas buat tuker tambah. Bisa deh aku liat-liat dulu di caroline.id

    BalasHapus
  4. Wahhh terima kasih infonya mbaak, jadi paham sekarang...biasanya kalo di Rumah yg paling jago urusan milih mobil bekas suamiku nih, aku manut2 bae 😆😆

    BalasHapus
  5. Kalau beli mobil bekas memang wajib cek mesin, namanya bekas pakai kan gak tau kondisi sebelumnya gimana 😁

    BalasHapus
  6. benar banget harus cek ya kalau beli mobil bekas, temanku ada ketipu deh walau beli ama teman, tapi dianya gak jujur sedih deh

    BalasHapus
  7. Dulu orangtuaku pernah beli mobil bekas dan melakukan pengecekan seperti yang disebutkan mbak Tanti ini. Alhamdulillah kami dapat mobil bekas yang sangat layak dan sesuai dengan harganya. Intinya sih jangan terburu-buru ketika membeli mobil bekas, harus benar-benar dicek secara seksama. Jangan tergiur dengan harga juga.

    BalasHapus
  8. Era sekarang sudah banyak orang yg lebih memilih utk membeli mobil bekas. Selain harga yg jadi tolak ukur biasanya
    Tp tetap harus teliti dan diperhatikan fitur, kelengkapan dokumen dan kondisi mobil yg akan dibeli juga. Menarik sih portal web jual beli mobil bekas ini bisa jadi refrensi utk mencari kendaraan yg dibutuhkan

    BalasHapus
  9. Ada yang memilih beli mobil bekas karena budget terbatas. Saya juga belinya mobil bekas Mbak. Karena kalau mau beli yang baru tapi spesifikasi mobil yang diinginkan, butuh uang lebih banyak pastinya. Sementara mau ngredit juga eman-eman he he.

    BalasHapus
  10. Pengen kasih tau Ibu di Surabaya kalau ada situs Caroline.id.
    Karena mobil peninggalan Bapak rahimahullah ini inginnya dijual, kak Tanti. Biaya perawatan dan penggunaannya uda semakin bertolak belakang. Huhuh..

    BalasHapus
  11. Aku selama ini selalu beli mobil bekas, lo. Asal tau cara milihnya, insyaallah ga kecewa. Apa lagi sekarang dibantu caroline.id

    BalasHapus
  12. nama situsnya cakep amat: Caroline. Tentunya dengan adanya mereka sebagai perantara, bisa menambah rasa aman saat membeli mobil bekas ya. Kelengkapan surat2nya jg perlu diperhatikan nih... yg kayak saya, yg buta sama sekali soal mesin mobil dan dokumen apa aja pastinya tertolong bgt

    BalasHapus
  13. Wah, urusan beli mobil bekas ini biasanya suamiku jadi andalan. Iya mesin dan segala surat2 kudu dicek dan ricek satu per satu. Nah, sekarang caroline.id bisa jadi andalan selanjutnya deh. Penjual dan pembeli dipertemukan secara online sehingga transaksi berhasil, sama2 enak. Nah, paling nggak tuh 5 tahun deh mobil bekas usianya jangan terlalu tua kalau budget sesuai ya hihihi.

    BalasHapus
  14. Karena saya gak paham otomotif, pasti yang dilihat penampilannya dulu. Nanti bagian ngecek yang lebih detil diserahkan ke suami. Pilih belina juga ditempat yang bisa dipercaya. Enak juga zaman sekarang, bisa lewat dunia digital, salah satunya lewat caroline.id

    BalasHapus
  15. Jujur udah lama banget pengen beli mobil bekas tapi takut zonk dan nggak sesuai harapan. Perlu banget tips kayak yang dishare Mak Tanti di sini. Tapi tetep harus bawa bapak-bapak yang udah biasa sama per-otomotif-an as second opinion giver wkwkwk

    BalasHapus
  16. Lengkap banget ini panduannya. Buat akoh ini mah. Banyak second yg masi cakep2 ya mba. Ada yg kasusnya karena bosan pengin ganti 😄 nah itu penting deh cek pajaknya..
    Noted bener. Aku intip2 ah webnya

    BalasHapus
  17. Matching banget itu mobil sama kebaya ya warnanya, aku malah salfok. Kalau mobil bekas itu memang harus lebih hati-hati lagi memeriksanya. Selain kilometer tuh biasanya nanya dulu yang punya tinggalnya dimana, bisa ketahuan apakah daerah banjir. Tapi kalau beli dari Caroline ID sih sudah pasti lolos dari verifikasi mereka ya mak, dalam artian kita gak perlu repot ngecek sedetail itu lagi.

    BalasHapus
  18. Catet tipsnya. Sekarang tuh banyak yang beli mobil bekas daripada baru. Yang penting cek ini itu biar semua aman. Perlengkapan suratnya jangan lupa. Ntar berkasus, kan gak lucu ya

    BalasHapus
  19. Beli mobil bekas ini susah susah gampang ya mak..banyak hal yang harus diperiksa teritama kondisi mesinnya. Kalau asal beli, udah pasti menyesal setelahnya karena kurang cek detail mesinnya

    BalasHapus
  20. Lengkap banget nih, semua panduan ini sangat membantu kami uang punya budget pas pasan nih hehe

    BalasHapus
  21. Hebat banget nih bisa beli mobil klasik yang unik bentuknya kaya VW kodok. Memang perlu pengetahuan tingkat dewa biar tidak beli zonk .

    BalasHapus
  22. wew unik banget pilihanmu Mbaaa, VW kodok! tapi emang PR di perawatan yah.
    suamiku nih yang insya Allah mau beli mobil second. Coba ku kasih tips di atas supaya dapat mobil yang berkualitas.

    BalasHapus
  23. Harus teliti dan hati-hati banget ya Mak kalau mau beli mobil bekas. Kalo gak ngerti mesin mobil ya bawalah teman dekat/saudara yang ahli di bidang itu.
    Caroline id bisa jadi pilihan situs buat beli mobil bekas ya :)

    BalasHapus
  24. Baca nama caroline, aku langsung ingat cs virtual si kartu seluler merah. Tapi kurasa-rasa bukan caroline deh...lalu browsing dulu demi menuntaskan rasa penasaran. Haha, emang bukan sih. Btw, asik ih foto VW-nya dengan makneng pakai kebaya. Jadi sama2 vintage gitu.

    Beli mobkas memang plus minus ya, harus bener2 ngerti supaya ga zonk. Caroline bisa jadi pemandu buat yang sama sekali buta buat beli mobkas.

    BalasHapus
  25. Auto share ke adik karena lagi butuh beli mobil tapi budget-nya sanggup yang bekas. Mobilitas tinggi memang butuh mobil agar tetap bisa porduktif.

    BalasHapus
  26. Membeli mobil bekas emang harus lebih teliti ya mbak
    Biar nggak mengecewakan
    Ini tips yang membantu bagi calon pembeli mobil bekas

    BalasHapus
  27. Kalau beli bekas, wajib banget cek segala perlengkapan dan kondisi kendaraannya. Saya waktu beli motor seken, tiap cek kendaraan selalu ajak teman yang kerja di bengkel. Ngalahin bayar waktu yang dipakai tenan itu, demi kendaraan yang layak pakai. Tahun ini ada rencana beli mobil, pastinya dengan cara yang sama juga.

    BalasHapus
  28. Mertuaku juga suka banget sama barang-barag klasik, kak Tanti.
    Suka VW.. tapi kemarin dapetnya Combi. Jadi bisa semua keluarga masuukk.. cocok banget dipake pas lebaran.

    Merawatnya memang cenderung menghabiskan lebih banyak pengeluaran.
    Tapi beneran kalo kondisi awalnya masih bagus, jadi tinggal dimodif sesuai karakter pemiliknya.

    BalasHapus
  29. Informasi bermanfaat sekali mba buatku dan suami yang kurang ngerti mobil dan berencana mau beli mobil second aja. Memang perlu detail agar sama-sama enak ya mba..

    BalasHapus
  30. Beli mobil bekas emang susah susah gampang ya Mak Tanti. Alhamdulilah kalau dapat yang bagus. Kalau dapat yg dikit dikit perbaikan gak jadi untung, malah buntung

    BalasHapus
  31. Beli mobil bekas memang mesti teliti ya Makneng jangan sampai tergiur penampilan mobil yang mulus ternyata mesinnya zonk bikin kecewa banget mending beli di tempat terpercaya ya

    BalasHapus
  32. noted banget makneng, memang sih harga affordable banget ya buat yang sedang butuh-butuhnya mobil, tapi ketelitian harus tetap diutamakan, makanya kdang milih-milihnya lama dan membutuhkan waktu, gabisa terburu-buru

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)