3 Pilar Utama FORTUNE Indonesia Summit 2022



Perhelatan akbar FORTUNE Indonesia Summit 2022 resmi dibuka di Jakarta. FORTUNE Indonesia Summit merupakan platform yang melibatkan multi-stakeholder serta business person paling berpengaruh di Indonesia. 
    Ajang perhelatan akbar ini, diadakan selama 2 hari, yaitu pada 18-19 Mei 2022 pukul 09.00-18.00 WIB di The Westin, Jakarta.

Tiga Tema Besar FORTUNE Indonesia Summit 2022



    Tahun ini, yang menjadi tiga tema besar yaitu impact, growth, dan sustainability itu sebabnya,  FORTUNE Indonesia Summit diisi dengan talk show yang mengulas berbagai topik menarik seputar ekosistem bisnis Indonesia.

    Kehadiran pembicara-pembicara yang juga merupakan tokoh terkemuka di dunia bisnis Indonesia, dengan beberapa nama yang juga merupakan penerima penghargaan FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year dan 40 Under 40 menjadi sesi yang dinanti. 


Apa saja sesi yang ada dalam rangkaian acara FORTUNE Indonesia ini? Baca ulasan menarik artikel kali ini, ya!

1. Pentingnya multi-stakeholder platform di tengah tantangan

    
FORTUNE Indonesia Summit 2022 dibuka dengan kata sambutan dari Menteri Perdagangan Republik Indonesia Muhammad Lutfi.  Beliau menekankan tiga hal yaitu :

  1. Beliau mengapresiasi penyelenggaraan FORTUNE Indonesia Summit 2022 yang mengangkat tema impact, growth, dan sustainability.
  2. Pentingnya kehadiran multi-stakeholder platform di Indonesia di tengah tantangan dan kompleksitas perdagangan saat ini.

    Artinya, akan ada kolaborasi dari  perusahaan multinasional, organisasi masyarakat sipil bahkan pemerintah. Multi stakeholder ini sangat penting untuk melaksanakan pembangunan berkelanjutan. Platform tersebut berfungsi mensinergikan seluruh potensi Indonesia ke depannya. 

3. Beliau meyakini FORTUNE Indonesia dapat menjadi platform informasi yang akurat dan kredibel bagi dunia bisnis Indonesia. 

    Pada akhir sambutan, Muhammad Lutfi juga menyampaikan ucapan selamat kepada para peraih penghargaan FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year dan peraih 40 Under 40.


2. Pelayanan customer-centric kunci kesuksesan bisnis pariwisata




    Sesi bertajuk 'Indonesia: Epicenter of Commodity and Tourism' menghadirkan CEO Tiket.com George Hendrata.  
Dipandu oleh COO IDN Media William Utomo sebagai moderator, George membagikan insight-nya mengenai perkembangan industri pariwisata di Indonesia yang memiliki banyak keunggulan dengan potensi pasar yang luar biasa.

Berawal sebagai platform pembelian tiket, Tiket.com kini bertransformasi menjadi one-stop customer-center app yang mendukung kebutuhan para pelanggannya yang beragam. 

    Pada sesi tersebut, George membagikan rahasia perkembangan Tiket.com di industri bisnis perjalanan yaitu customer-centric core value. Selain itu, Tiket.com terus berupaya untuk going ahead of trend, menelurkan banyak inovasi yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh pelanggan.

    George memberikan pandangannya mengenai pelajaran terpenting yang diambil selama pandemi berlangsung. 

1. Fokus pada poin-poin seperti problem solving 
2. Meningkatkan customer service saat pandemi
3. Bersikap optimistik 
4. Beradaptasi terhadap ketidakpastian serta 
5. Keberanian mengambil kesempatan di masa krisis

3. Kesuksesan buah dari resiliensi dan kerja keras

    Sesi lain dalam FORTUNE Indonesia Summit 2022 menghadirkan CEO Adaro Energy Garibaldi Thohir dalam talkshow bertemakan 'Growing Beyond Core Business'. 

    Garibaldi Thohir merangkum proses jatuh bangun perjalanan entrepreneurship-nya sejak masih muda sebagai calo tanah hingga 50 tahun berkarya dan berhasil menyentuh market cap sebesar Rp100.472.690 dalam sesi yang berlangsung selama satu jam.

    Untuk mencapai kesuksesan saat ini, diperlukan daya juang yang tinggi, kerja keras, personal value, dan nama baik. Ketika dihadapkan dengan berbagai tantangan, beliau memiliki pedoman yang selalu dia pegang.

"Selesaikan satu-satu. Ulet, kerja keras, nggak pernah nipu," ujarnya.

    Beliau berpesan kepada generasi muda bahwa seluruh jenis bisnis termasuk new economy sama-sama harus memiliki bottom line, story line, nama baik dan kredibilitas. Keempat elemen itu yang membuat bisnis dapat terus bertahan dan berkembang.

4. Anticipation dan agility sebagai dua karakter kepemimpinan

    Sesi 'Triple Crown of Growth: Leadership, GCG, Fit Strategy' dihadiri President Director L’Oreal Indonesia Umesh Phadke dan CEO Erajaya Swasembada Budiarto Halim. Kedua pembicara inspiratif ini sukses membangun kedua perusahaan yang dipimpinnya menjadi market leader di industri masing-masing.

    Dalam sesi yang dipandu Head of Business Development IDN Media Sylvia Alexandra Sudradjat, Umesh dan Budi sepakat bahwa anticipation dan agility merupakan karakter yang penting dimiliki seorang pemimpin dalam membangun bisnisnya. 

    Antisipasi memberikan kesempatan bagi pemimpin untuk menjadi visioner dan membuat solusi untuk mengatasi tantangan yang ada, termasuk saat pandemi melanda Indonesia. 

    Agility menjadikan mereka berpikiran terbuka melihat peluang di tengah krisis agar dapat menghadirkan produk dan keputusan yang inovatif.

    Rangkaian acara FORTUNE Indonesia Summit 2022 hari pertama ditutup dengan networking night. Pada hari kedua tanggal 19 Mei 2022, FORTUNE Indonesia Summit 2022 akan kembali menghadirkan sesi-sesi talkshow yang tidak kalah inspiratif. 

    Tak lupa akan ada Awarding Session FORTUNE Indonesia Business Person of the Year dan 40 Under 40 yang akan menutup acara FORTUNE Indonesia Summit 2022.

Info lebih lanjut mengenai jadwal acara FORTUNE Indonesia Summit 2022 dapat dilihat melalui :

  • website  https://fortunesummit.fortuneidn.com/ 
  • Instagram resmi @fortune.idn

24 komentar

  1. Wah luar boasa materi yang diangkat apalagi di dunia bisnis sekarang harus ekstra berstrategi, terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. ini yang dihadiri sama Raffi Ahmad ya mba? wah aku taunya di postingan insta story milik Raffi Nagita, keren banget sih ini acaranya

    BalasHapus
  3. Berani ambil kesempatan di masa krisis jadi kunci keberhasilan nih menurut aku

    BalasHapus
  4. Kereeen acaranyaa bukan kaleng kaleng ndagingg semuaa. Berbisnis di era sekarang harus mengikuti perkembangan jaman, kreatif inovatif jujur supaya berkembang pesat

    BalasHapus
  5. Waw acara fortune ini besar dan bergengsi ya bun. Sampai diadain dua hari trus ngundang mentri perdagangannya juga. Pasti banyak banget ilmunya tentang bisnis juga di acara itu dari para ahlinya langsung. Bergiziii

    BalasHapus
  6. bagus banget ini acaranya fortune Indonesia summit 2022, menghadirkan banyak pembicara keren. Tentunya banyak banget insight yang diperoleh peserta yang menghadiri ya mbak.

    BalasHapus
  7. wew, keren banget kalau bisa hadir di acara Fortune Indonesia Summit 2022. Dapat oleh-oleh insight dari pemaparan para CEO.
    Senang deh lihat terobosan Tiket.com terlebih lagi di masa pandemi benar memang customer service memegang peranan penting. Industri pariwisata termasuk yang kena hempasan parah selama pandemi.

    BalasHapus
  8. Dapat insight baru soal bisnis dari acara ini. Ternyata ada karakter Antisipasi dan Agility yang diperlukan seorang pemimpin. Bagi pebisnis pemula, bisa mulai menumbuhkan dua karakter ini, nih, untuk membangun bisnisnya.

    BalasHapus
  9. Acara kaya gini pasti ditunggu-tunggu apalagi buat pebisnis pemula. Jatuh bangunnya mereka jadi catatan dan buat semangat untuk bangkit. Sukses itu harus kerja keras, bukan sesuatu yang instant ya

    BalasHapus
  10. Mantab pisan acara fortune Indonesia summit 2022, dengan pembicara keren2, dihadiri stakeholder2 yang kompeten di bidangnya.
    Apalagi perjalanan tiket.com dan sharing2 CEO yang lainnya menambah wawasan kita untuk berbisnis yang terus berkembang dan bertumbuh

    BalasHapus
  11. Buat para pebisnis penting banget nih menyimak fortune Indonesia supaya ada masukan dalam mengembangkan bisnisnya. Betul banget mbak kalau mau sukses ya harus punya daya juang yang tinggi untuk mencapai kesuksesan

    BalasHapus
  12. Acara FORTUNE Indonesia Summit ini emang inspiratif ya mbak
    Pas banget buat ditonton para pelaku bisnis, agar semakin semangat setelah belajar dengan ahlinya

    BalasHapus
  13. Selamat dan sukses untuk perhelatan acara besar dari Awarding Session FORTUNE Indonesia Business Person of the Year dan 40 Under 40, FORTUNE Indonesia Summit 2022.
    Dengan adanya acara perhelatan besar mengenai dunia bisnis, maka anak muda zaman sekarang gak ragu untuk memulai dan belajar sukses menekuni dunia bisnis di Indonesia.

    BalasHapus
  14. Selalu termotivasi dari orang-orang sukses, ulet, kerja keras kerjakan satu-satu jangan nipu, kalau mau sukses harus mempunyai daya juang yang tinggi

    BalasHapus
  15. Multi stakeholder yang tergabung dalam platform FORTUNE Indonesia Summit adalah angit segar bagi ekosistem bisnis di Indonesia. Terima kasih atas sharingnya ya:)

    BalasHapus
  16. Motivasinya nyetrum banget ya untuk mengikuti jejak suksesnya, duh harus rajin dan berjuang ya kalau mau sukses, dan jangan pernah ragu untuk memulai sesuatu yang baru dalam bisnis

    BalasHapus
  17. luar biasa ini sih, materinya pasti ga kalah kerennya yaa. malah jd pengen lihat rekamannya ini sih aku. btw kalimat Garibaldi Thohir ini simple tapi ngena banget buat yg masih merintis usaha.

    BalasHapus
  18. Beradaptasi terhadap ketidakpastian serta berani mengambil keputusan. Sikap yang perlu dimiliki seorang wirausahawan. Seru ya event Fortune Indonesia Summit ini, kita pun jadi ikut mendengarkan cerita-cerita yang memotivasi dari para pebisnis handal Indonesia secara langsung..

    BalasHapus
  19. Keren banget ini acaranya, jadi dapat insight baru di dunia bisnis. Salut aku sama CEO tiket.com, badai pandemi nggak bikin semangatnya surut, yang ada malah berusaha keras untuk menghadapi tantangan bisnis ke depannya. Nggak heran sih aku bisa sampai endorse artis-artis sultan hihi.

    BalasHapus
  20. Acara yang pastinya banyak ditunggu-tunggu oleh para pebisnis. Ajang seperti ini sangat bagus untuk para pebisnis muda. Selain mendapatkan banyak wawasan dari para pebisnis yang sudah memiliki nama, juga dapat dijadikan tempat untuk memperbanyak klien.

    BalasHapus
  21. dua hari acara FORTUNE Indonesia Summit ini bikin kita jadi tambah wawasan, aku pun curi ilmu dari mereka yang masuk dalam 40 under 40 buat contoh kesuksesan mereka.

    BalasHapus
  22. Wah ini acaranya yang dihadiri Raffi Ahmad itu ya sama ada beberapa awardee 40 under 40. Keren banget sih bisa bikin konsep acara yang bermanfaat

    BalasHapus
  23. Setuju sekali dengan 3 poin di atas.
    Dan Covid-19 ini betul-betul membuktikan daya resiliensi bangsa ini sehingga pantaslah mendapatkan award

    BalasHapus
  24. Aku perlu mencatat nih, apa yang dilakukan George Hendranata ini ngasih insight memperoleh profit saat pandemi tetep mungkin dengan tetap mengedepankan kerja keras

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)