CARA MUDAH KELOLA GAJI PADA SAAT THR TIBA


THR yang dinantikan selama setahun, akhirnya cair juga! 

Pasti di antara kita sudah membayangkan untuk apa saja uang tersebut, bahkan ada beberapa teman yang sudah "berbelanja" duluan dengan cara memesan barang yang mereka inginkan, dan ketika THR cair, baru akan mereka bayarkan!

Walau tidak salah, karena toh itu uang hasil keringat yaaa... dan ini tuh di luar uang gaji, jadi tentu saja kamu boleh sesekali menikmati hasilnya. Tapi, pernahkah terpikir jika uang THR itu masih ada dan utuh setelah lebaran usai?

Bagaimana mengelola THR sehingga terkesan tidak menghambur-hamburkannya? Dari berbagai sumber, ternyata ada loh,  pembahasan dan  tips seputar mengelola THR dengan bijaksana. Baca sampai habis yaaa!

TIPS DAN TRIK MENGELOLA T H R

1. Dahulukan kewajiban


  • Bayar Zakat fitrah memang jumlahnya tak seberapa, sehingga orang terkesan menggampangkannya, dan ketika lebaran tiba, uangnya habis tak bersisa!

    Tips :  sisihkan THR sekitar 10 - 20 persen untuk zakat fitrah dan sedekah.

  • Penting! Bayar secepatnya para asisten di rumah, atau karyawan jika memiliki bisnis sampingan. Ingat, mereka lah ujung tombak yang membantumu selama ini.
  • Jika ada dananya, sebaiknya selesaikan utang sesegera mungkin, baru sisanya boleh ditabung atau untuk membeli barang yang kamu sukai.

2. Catat Seluruh Pengeluaran

Nah, gunakan pencatatan agar nantinya kamu bisa nilai sendiri apakah sudah berhemat atau masih boros sekaligus mengetahui kebutuhan mana yang masih belum dapat terpenuhi agar pendapatan berikutnya cukup membiayai kebutuhan selanjutnya.


Jika mudik,  catatan akan lebih detail agar kelak kamu bisa melakukan budgeting untuk keperluan Ramadan dan Lebaran, ditambah pengeluaran tak wajib namun selalu dibeli seperti kue, baju dan hampers.



3. Menabung dana darurat

Tak hanya untuk kebutuhan konsumtif, THR juga bisa dialokasikan untuk keperluan preventif, seperti dana darurat.

Dana ini bisa kamu pakai untuk kondisi tak terduga, seperti kehilangan pekerjaan, reparasi mobil, gadget rusak, gigi patah, dan lain sebagainya.

Besar dana darurat sendiri dianjurkan sebesar 6-12 bulan pengeluaran. THR dapat mempercepat proses kamu mengumpulkan dana ini.

4. Menambahkan dana pendidikan

Kalau anak masih bersekolah, manfaatkan THR untuk menabung dana pendidikan mereka.

Tak hanya untuk perguruan tinggi saja, kamu bisa menabung dan berinvestasi untuk jenjang lainnya dari TK, SD, SMP hingga SMA.

5. Investasi

Selain menabung, kamu juga bisa berinvestasi agar semakin dekat dengan tujuan finansialmu, misalkan pensiun dini di umur 55 tahun.



Oya pilihlah investasi yang relatif aman, tidak sekedar ikut-ikutan robot trading ya, karena itu sama saja dengan berjudi!

6. Miliki asuransi

Asuransi tak bisa dipungkiri menjadi salah satu andalan yang bisa menjagamu dan keluarga dari risiko keuangan tak terduga, akibat masalah kesehatan, kecelakaan di jalan, atau bahkan meninggal dunia.

Apalagi jaman now, semakin terasa perlu dan mendesak untuk kita memiliki Asuransi Kesehatan! Ini tak terbantahkan, dan terasa manfaatnya terutama setelah kita semua mengalami pandemi kemaren, bukan?

Asuransi jiwa yang lengkap salah satunya adalah dengan 
menggunakan FWD LooP, asuransi dengan manfaat meninggal, kecelakaan, penyakit kritis, rawat inap hingga investasi.

Preminya mulai dari Rp250 ribu/bulan. 100% premi kamu akan dikelola sejak tahun pertama untuk perkembangan dana investasi yang optimal. Cari tahu lebih lanjut di https://www.fwd.co.id/products/investments/loop/.

Eh, ada promo Lebaran, nih!

Kepedulian FWD Insurance pada sekitar juga ternyata nyata loh, bestie. 

KODE PROMO : FWDLEBARAN

Pake ini ya bestie untuk dapatin diskon khusus Lebaran! Mayan kan, potongannya bisa untuk jajan cheesestick atau boba.

Berkah melimpah di hari kemenangan ini diwujudkan dengan cara memberikan diskon hingga 50% dari periode 25 - 30 April 2022 untuk setiap pembelian atau pun kepesertaan premi tahun pertama untuk produk :

  • Asuransi Bebas Handal, 
  • FWD Cancer Protection, 
  • Bebas Rencana, 
  • & Bebas Aksi.

Dengan perencanaan keuangan, maka banyaknya kebutuhan Ramadan dan Lebaran ini bisa diatur skala prioritasnya dan kamu jadi tenang dan nyaman untuk memenuhi berbagai kebutuhan. 

Selamat mencoba tips ini ya!

Tidak ada komentar

Posting Komentar

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)