5 CARA MEMILIH ASURANSI KESEHATAN YANG TEPAT


Teman, apa kabar? 

Saat ini, semakin terasa ya kalau sehat itu adalah mahal dan milik kita yang  diberikan Tuhan yang sangaaat bernilai!

Aku sih setuju kalo jaman now,  memiliki asuransi jiwa dan asuransi kesehatan sama pentingnya dengan memiliki tempat tinggal! Eh tapiiii gimana sih tipsnya agar mendapatkan produk asuransi dengan manfaat paling lengkap? 

Mengingat risiko gangguan kesehatan dan kematian yang sulit untuk diprediksi, sebaiknya yuk mulai sekarang kita proteksi diri dan keluarga dengan asuransi yang memberikan manfaat terlengkap - dengan harga premi yang sesuai dengan pertanggungan yang diberikan!


Yap, supaya kamu aku dan kita semua (terutama yang baca) tak salah langkah, berikut ini 5 tips memilih asuransi kesehatan yang paling tepat buatmu.

1. Ketahui kebutuhan dan kemampuanmu



Tiap orang punya kebutuhan yang berbeda-beda, begitu pun untuk urusan proteksi kesehatan. Pahami betul apa yang kamu butuhkan sebelum memilih asuransi yang kamu mau.
  • Apa kamu perlu cakupan perlindungan untuk rawat inap? 
  • Apakah rawat jalan saja sudah cukup? 
  • Apa jenis penyakit yang paling mungkin menimpamu? 
Apa perlu membeli manfaat tambahan untuk penyakit-penyakit kritis seperti FWD Critical First Protection product

Daftar pertanyaan-pertanyaan di atas ini, sebaiknya perlu kamu jawab sebelum memilih asuransi kesehatan. Dengan begitu, kamu bisa merasakan manfaat optimal dari uang yang kamu keluarkan.

Pasalnya, ada premi asuransi yang perlu kamu bayar secara rutin. Jadi penting juga buatmu menyesuaikan besaran premi sesuai dengan kemampuan keuangan. Semakin mahal premi, tentu semakin luas juga cakupan perlindungan yang diberikan pihak asuransi. Tapi pertanyaannya, apakah kamu butuh? Perlindungan kesehatan itu penting, tapi jangan sampai ini membebani keuanganmu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari yang lebih esensial.


2. Pilih perusahaan asuransi yang terpercaya



Cara memilih asuransi kesehatan yang satu ini sering kali luput dari perhatian kita. Padahal akibatnya bisa fatal lho kalau diabaikan.
Pilihlah perusahaan asuransi yang terpercaya dan memiliki rekam jejak baik.

Ini penting untuk memastikan bahwa uang kesehatanmu dikelola oleh pihak yang tepat dan bertanggung jawab. Pastinya kita tidak mau kalau uang asuransi dibawa kabur oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dong? Bukannya mendapat pertolongan ketika sakit, yang ada malah dobel apesnya karena duit hilang.

Oleh karena itu, pastikan kamu memilih perusahaan asuransi yang memiliki reputasi dan rekam jejak baik. Pastikan perusahaannya sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan sudah beroperasi paling tidak dua tahun.


3. Bandingkan manfaat dan besar premi



Periksa kebutuhan dan kemampuan, sudah. Seleksi perusahaan asuransi yang terpercaya juga sudah. Sekarang saatnya mengerucutkan pilihan kepada produk asuransi kesehatan yang masuk bujet. Cek manfaat asuransi yang kamu dapatkan dengan besar premi yang perlu kamu bayar.

Beberapa manfaat yang perlu kamu perhatikan di antaranya cakupan perlindungan, nilai plafon atau uang pertanggungan, jaringan rumah sakit, batas biaya per perawatan jika ada, dan lain sebagainya.

Tanyakan pada diri sendiri, apakah semua manfaat tersebut worth it alias setimpal dengan besar premi yang kamu bayar? Apakah sudah bisa memenuhi kebutuhanmu tanpa membebani keuangan? Kalau sudah mantap dengan jawabannya, maka kamu sudah selangkah lebih dekat dengan produk asuransi kesehatan yang paling ideal.


4. Cari yang proses klaimnya mudah



Proses klaim merupakan proses pembayaran oleh pihak asuransi untuk tagihan biaya perawatan medis yang kamu dapatkan. Ada beberapa metode pembayaran klaim yang diberikan pihak asuransi, yang paling umum adalah reimbursement dan cashless.

Sistem reimbursement 
merupakan sistem pembayaran di mana pihak asuransi akan membayar tagihan rumah sakit setelah kamu mengajukan klaim disertai bukti-bukti pendukung, seperti struk pembayaran dan pembelian obat. Jadi kamu harus membayar biaya perawatan dari kocekmu sendiri dulu, setelah itu pihak asuransi baru menggantinya.

Sistem cashless 
merupakan sistem pembayaran langsung oleh pihak asuransi kepada pihak rumah sakit untuk setiap transaksi pengobatan. Dengan sistem cashless, kamu hanya perlu menggesek kartu asuransimu setiap kali berobat ke rumah sakit. Jadi kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sendiri dulu di awal.

Sistem cashless jelas lebih mudah dan menguntungkan buat kita, Jadi selama masih masuk bujet, sebisa mungkin pilihlah asuransi kesehatan yang menyediakan sistem klaim ini.

5. Pilih yang cara belinya mudah dan praktis



Di zaman yang serba mudah, beli asuransi kesehatan pun seharusnya tak perlu ribet dan membingungkan. Kamu bisa pilih asuransi yang menyediakan sistem pembelian online melalui website FWD, tanpa perlu tatap muka dengan pihak asuransi atau agen sekalipun. 

Kalau bisa beli asuransi secara online, kamu sudah menghemat energi, waktu, dan biaya dibandingkan harus melakukan semuanya dengan pergi ke kantor asuransi atau agen. Yang pekerja kantoran juga tak perlu curi-curi waktu untuk ke luar kantor. Cukup manfaatkan koneksi internet kantor dan asuransi kesehatanmu sudah di tangan.

Nah, kalau sudah tahu cara membeli asuransi kesehatan yang tepat, kini saatnya kamu menentukan pilihan. Asuransi Bebas Handal dari FWD Insurance patut kamu lirik nih.


Mau beli asuransi Bebas Handal juga gampang banget. Semua prosesnya bisa kamu lakukan secara online, tanpa keluar rumah. Cukup kunjungi situs resminya dan ikuti instruksi pembelian di laman tersebut.
  1. Pertama, asuransi berbasis syariah ini preminya super murah tapi tak murahan. Dengan premi mulai dari Rp 75.000 per bulan, kamu bisa dapat plafon pertanggungan sampai Rp 100 juta per tahun. 

  2. Cakupan manfaatnya juga lengkap, mulai dari biaya kamar, biaya kunjungan dokter, biaya obat-obatan, biaya pemeriksaan laboratorium, biaya tindakan bedah, dan lain-lain.

  3. Tak hanya itu, asuransi ini juga menawarkan sistem klaim cashless alias dengan kartu. Jadi tak perlu khawatir harus memakai dana pribadi dulu ketika sakit, karena FWD akan langsung membayar tagihan pengobatanmu ke rumah sakit saat itu juga. Praktis, kan?

Sebagai informasi, FWD Insurance merupakan perusahaan asuransi jiwa patungan dan bagian dari FWD Group. FWD sendiri memiliki jaringan usaha di sejumlah negara Asia, di antaranya Hong Kong & Macau, Thailand, Indonesia, Filipina, Singapura, Vietnam, Jepang, dan Malaysia.

Lini bisnis asuransi dari grup investasi Pacific Century Group ini sudah berdiri sejak 2013 di Asia lho. Di Indonesia, FWD Insurance sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, jadi reputasinya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Oya, saat ini FWD memiliki program FWD Unstoppable Lucky Draw programme

Memperingati Ulang Tahun FWD Insurance pada tahun 2022, dapatkan penawaran spesial untuk setiap pembelian Produk Asuransi dari tanggal 10 Juni-31 Desember 2022. 

Kamu akan mendapatkan nomor undian #FWDUnstoppable Lucky Draw dan berkesempatan memenangkan mobil baru serta hadiah menarik lainnya yang bernilai jutaan rupiah sebagai berikut:

  • 1 All New Honda HR-V
  • 3 Vespa LX
  • 6 iPhone 13
  • 6 iPad Air
  • 10 eVoucher Traveloka senilai @Rp3 Juta
  • 30 GoPay senilai @Rp1 Juta.

Nah, jadi ini saat yang tepat buat kamu, karena selain menabung, kamu berkesempatan untuk memenangkan buanyaaaak hadiah undian!

Bagaimana, sudah siap memilih asuransi kesehatan yang paling pas buatmu? Jangan lupa tips dan cara yang sudah dibahas di atas ya.

Good luck


Tidak ada komentar

Posting Komentar

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)