Thursday, September 22, 2016

NESTLE FACTORY VISIT, 150 YEARS CERELAC


Merayakan #150TahunCerelac dengan berkunjung ke pabrik Nestle? Waaah.. seru dong ya! Nah, ini ceritaku hari ini...

Matahari baru mengintip malu-malu, terhalang mega yang sedang menggantung pongah. Kali ini, sang mega mengenakan baju abu-abu tua kebesarannya. Jubahnya terlihat berar, menahan miliaran titik air yang berebut ingin segera keluar membasahi bumi.

Wew, bergegas, aku memasuki area Plaza Semanggi, menghindar dari anak -anak mega yang mencercah ke sudut-sudut bajuku. 

Alhamdulillah, 
tak perlu menanti lama, seorang tukang ojek tua yang sedang menanti penumpang, terlihat di sisi kiri dinding. Kupinta ia mempercepat laju motor, karena mak ketua yang (kucingnya) keturunan Korea itu sudah memanggil di android Oppo kesayangan. 





Benar saja, 
Di halte sudah menanti bus yang dipesan oleh pihak Nestle berwarna merah. Di bus, teman-teman komunitas blogger sudah duduk manis. 

Thank God, di bus executive ini tersedia aneka fasilitas, terutama kopi Dolce Gusto Nestle! Kapsul yang kupilih, cafe latte, sanggup menjadi pemicu adrenalin pagiku. Senyum kembali merekah, sesudah Mira Miut, member KEb yang nyaris telat kami jemput di depan RS Medistra.

Yes, bus langsung melaju ke highway Karawang Timur. Di bus yang nyaman, aku sempatkan diri men-doodle.. saking nyamannya tuh bus!  



Oh ya, tujuan kali ini emang ke Pabrik Nestlé Indonesia di Karawang. Pabrik ini adalah 1 dari 4 pabrik besar milik Nestle. Yang lainnya terletak di Cikupa, Kejayan Sidoarjo dan Panjang, Lampung. 

Ada apa sih, sampe perlu ada emak blogger berkunjung? Nah, rupanya hari ini Cerelac berulangtahun ke 150! Pasti seru, kan, udah setua itu *ups*.. 

Sekilas Sejarah Nestle

Nestlé Indonesia adalah anak perusahaan Nestlé S.A., yang berpusat di Vevey, Swiss, dan telah beroperasi selama hampir 150 tahun. Ini logo-logo Nestle yang berevolusi sesuai jaman. Tuh lihat, dulu sarang burung (nestle) itu isinya 3 ekor anak burung, kan? Sekarang tinggal 2, menyesuaikan dengan jumlah maksimal anak.

Duluuu sekali, pendiri Nestle ini adalah seorang pria bernama Henri Nestlé (lahir dengan nama Heinrich Nestle di Frankfurt am Main, Jerman, 10 Agustus 1814 – meninggal di Vaud, Swiss, 7 Juli 1890 pada umur 75 tahun) 

Ia adalah pelopor manisan Swiss dan pendiri Nestlé, terbesar di dunia perusahaan makanan dan minuman, serta salah satu pencipta utama susu kental manis. Kalo kalian masih inget yang namanya Susu Cap Nona jaman baheula, ya ituuu! 

 Nestlé ini mulai beroperasi di Indonesia tahun 1971 dan saat ini, Nestlé Indonesia mempekerjakan lebih dari 3.300 karyawan dan mengoperasikan 4 pabrik yaitu :

  • Pabrik Kejayan di Jawa Timur untuk mengolah produk susu seperti DANCOW dan BEAR BRAND,
  • Pabrik Panjang di Lampung untuk mengolah kopi instan NESCAFÉ,
  • Pabrik Cikupa di Banten untuk memproduksi produk kembang gula FOX'S, POLO dan CRUNCH, serta
  • Pabrik Karawang di Jawa Barat untuk memproduksi DANCOW, MILO dan CERELAC.





Moto Nestlé "Good Food, Good Life" menggambarkan komitmen Nestlé untuk senantiasa memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan produk-produk yang memenuhi kebutuhan dasar manusia, yaitu makanan dan minuman yang berkualitas, bergizi, aman untuk dikonsumsi, serta lezat rasanya.

Alhamdulillah,  kali ini saya diundang untuk ikut serta berkunjung ke Pabrik Karawang. Jadi punya kesempatan melihat pabrik yang katanya super canggih dengan higienitas yang tak diragukan lagi.

Setibanya di pabrik, kami  disambut hangat, dan diberi tag visitor dan diterima di ruang serbaguna yang luas. Namun di pintu masuk, sudah ada informasi terpapar detail. Namanya 12 life saving rules. Nestle memang  terkenal dengan safety procedures deh.. lah kok lo tau, Neng? Hayooo....






Kami diajak berkeliling melihat Galeri Nestlé yang mulai beroperasi sejak 2015 ini.  Melalui jalan yang berkelok ke lantai 2, terasa seperti masuk kapsul ruang angkasa. Hahaha.. 

Pas masuk, ternyata Galeri ini seperti museum, penuh dengan informasi yang dikemas sangat menarik dan interaktif. Banyak games yang bisa dimainkan dengan teknologi seperti melaui perangkat tablet, maupun permainan sepak bola virtual.

Selain banyaknya informasi tentang produk-produk Nestlé, yang paling menarik bagi saya justru sejarahnya. Saya baru tahu bahwa Nestlé itu sudah ada sejak 1866 yang berarti kini sudah berusia 150 tahun. Wah, udah lama sekali ya berdirinya!

Menyusuri Galeri Nestlé dari awal hingga akhir ini, butuh waktu kurang lebih dua jam. Di setiap area, rasanya mata betah deh memandang display arena. Di setiap gate, kita akan disambut oleh suara lucu menyapa. Ada beberapa informasi dan permainan interaktif, dan di bawah, melalui jendela kaca raksasa, kita bisa melihat langsung proses produksi dan gudang pabrik. 

Mengajak anak untuk berkunjung ke Galeri Nestlé bisa dilakukan, loh.. Alternative tempat pabrik yang menjadi wisata, bisa jadi pilihan yang seru, apalagi kalo bisa mengajak teman-teman sekelas untuk bermain ke sana!

 Berkunjung ke tempat ini tidak dipungut biaya alias gratis, tinggal hubungin aja Marketing Corporation Nestle, pengunjung tinggal menyiapkan transportasi sendiri untuk ke Karawang. Caranya juga mudah, tinggal masuk ke tol menuju Karawang, keluar pintu tol Karawang Timur, dan menuju ke arah kanan sepanjang 1,5  km. 

Setelah puas keliling, foto, maem dan sholat, kita main games. Pertama, Chef Vania Wibisono ngasih tips trik dan resep, lalu kita dibagi per-regu. Satu regu 3 orang, tapi berhubung aku blogger sisa °---° jadi ditaro di akhir.

Seru dan deg-degan, padahal cuma bikin bubur batita, bahannya juga cuman wortel, apel dan Cerelac ekonomis rasa buah. Modalnya blender, panci ama pisau.. hihihi... 

Yang menang, grup Mamah Ketje yang emang kece kece, huh! #sirik #iri #mintatraktir #eeeh 

Definitely, aku merasa ini adalah pengalaman menarik dan menyenangkan. Dunia nutrisi si kecil ini ternyata was a great experience!

21 comments:

  1. Replies
    1. Iyaaaa Kang Alee,
      Biar ngga utang tulisannya ... sampe rumah baru diedit ^-^

      Delete
  2. Asyiknya bisa jalan-jalan ke factory Nestle. Saya yakin 50% persen asupan dalam diri saya ini adalah produk Nestle. Hahaha

    ReplyDelete
  3. Kunjungan nya mmg gratis tru spulang nya di kasih produk nestle ngak ??? yaaa minimal sekardu2 gitu hua hua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah yaaa, langsung buka warung hehehee

      Delete
  4. Ada suara sapi lucu, kapan kapan boleh juga mengajak anak-anak kesana. Pasti seru.

    ReplyDelete
  5. Ada suara sapi lucu, kapan kapan boleh juga mengajak anak-anak kesana. Pasti seru.

    ReplyDelete
  6. Seruuu bangettt makkk jadi pengen kesana lagi ��

    ReplyDelete
  7. Siapa sihh mak Ketjeh yg menang, Penasarann mo minta ajarin masakkk... 😊😀😁... aku msh berharap foto Babam disana mak.. hahaha curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin, cobain lagi deh, pasti kali ini tembus

      Delete
  8. hu ... hu ... hu ... saya pengen ikuuuutt.. Sayang buka wiken. Hiks

    ReplyDelete
  9. wah ternyata nestle sudah berdiri sejak lama ya, pantes produk turunannya banyak bangeett hehe

    btw pulang dr pabrik dapet oleh2 nggak mbak? hehehe

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^