Tuesday, May 29, 2018

DENGAN CRANBERRY, BEBAS ANYANG-ANYANGAN DAN INFEKSI SALURAN KEMIH!

Mobil yang kutumpangi tengah melaju tenang membelah lalu lintas ibukota, ketika lama kelamaan perut bagian bawah terasa memberontak ingin keluar.
"Pah, cari pom bensin!" seruku panik.
Yang dipanggil "Pah", which is suami, mengangguk. Ia mengecek waze. Jalur yang terlihat merah terlihat tidak ada hingga 5 - 10 kilometer ke depan, dan .. ah, itu dia, terlihat tanda SPBU di depan kami. 

Aku bergegas masuk ke toilet, dan mengembuskan napas. Toiletnya lumayan bersih juga, jadi urusan pembuangan ini berjalan aman terkendali *penting.

Keluar dari toilet, rasanya legaaa...

Aku memang sering mengidap anyang-anyangan atau istilah "keren"-nya overaktif bladder, yaitu buang air kecil sedikit-sedikit tapi sering. Anyang-anyangan ini malah sudah sejak masih SMA kurasakan, tapi kupikir ini hal yang biasa. Apalagi, timbulnya kalau lagi stres karena ujian, atau banyak order gambar teknik, sehingga aku sering mengonsumsi minuman yang mengandung diuretik, seperti teh dan kopi. 
"Neng, kopinya udah habis, neng!"
Dulu sih, aku bertanya-tanya sama Ibu, sama Mbah Putri. Tapi, namanya juga mbah-mbah, yang disarankan itu pengobatan tradisional yang aneh-aneh. Disuruh iket jempol kaki, lah.. pegang batu kecil kuat-kuat lah... sampai mendengarkan gemericik hujan! Dijalanin? Iya, tapi gak sembuh juga! 

So, rasanya masih ada banyak pertanyaan yang belum terjawab, hingga satu siang di bulan Ramadhan yang penuh berkah, aku diundang ke acara Blogger Gathering bersama Blogger Perempuan, yang membahas tentang anyang-anyangan! 

BLOGGER GATHERING BERSAMA URICRAN DAN BLOGGER PEREMPUAN
Blogger Gathering Uricran  ini diadakan di Hotel Harris Kelapa Gading, kawasan Mal Kelapa Gading 5, Sabtu, 26 Mei 2018 lalu. Dari rumah, untunglah ada shuttle bus yang berangkat dari Summarecon Gading Serpong, langsung menuju ke Kelapa Gading. 

Di acara, nara sumber kami adalah dr. Boy Abidin, SPOG, seorang dokter kandungan paling beken dan keren. Beliau juga terkenal dengan acara dr. OZ dan aktif berbagi artikel kesehatan di beberapa acara dan di kanal Youtube-nya.

Nah, dari penjelasan dr. Boy ini, ada beberapa fakta tentang anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih yang wajib kita ketahui. 

ANYANG-ANYANGAN ADALAH GEJALA AWAL INFEKSI SALURAN KEMIH
Kalimat pertama di atas ini, adalah jawaban sesudah pertanyaan "Apa sih, anyang-anyangan?" 

Mak jleb!
GAMBAR ORGAN PENYUSUN REPRODUKSI WANITA
"Menurut dr. Boy, anyang anyangan ini adalah rasa nyeri tumpul di bagian perut bagian bawah , buang air kecil terus menerus tetapi sedikit dan sakit."
Dalam medis, anyang-anyangan erat kaitannya dengan gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK), yaitu sebuah kondisi dimana organ yang termasuk ke dalam sistem kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, mengalami infeksi. 

Sebenernya, ISK ini dapat terjadi pada siapa saja. Akan tetapi, karena tubuh wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek - sekitar 2,5 cm - 4 cm, sementara pria sekitar 15 - 20 cm, maka wanita lebih rentan mengalami infeksi saluran kemih.

BEBERAPA PENYEBAB TERJADINYA INFEKSI SALURAN KEMIH
  • Kurang minum air putih
  • Suka menunda buang air kecil
  • Terkena bakteri yang ada di toilet atau kamar mandi umum
  • Air pembasuh tidak bersih
  • Pakaian dalam yang lembab atau kotor
  • Membasuh area organ intim dengan cara yang salah, dari belakang ke depan (dari anus ke Miss V)
  • Honeymoon cystitis (aktivitas seksual - biasanya pada pengantin baru atau yang aktif secara seksual)
  • Diabetes mellitus
  • Menopause
  • Ibu hamil
ISK DAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI 
"Sebagian besar kasus ISK disebabkan oleh bakteri Escherichia coli atau E.coli yang umumnya hidup di dalam saluran cerna," 
"Lah, kan E.coli di usus, Dok? Kok bisa jadi pencetus infeksi saluran kemih, ya?"
Dr. Boy -yang cool ini- bilang, "Diperkirakan bakteri ini masuk ke dalam saluran uretra seseorang ketika kurang baik dalam melakukan pembersihan setelah buang air besar maupun kecil." 

Lanjutnya lagi, "Misalnya saat kertas toilet yang dia gunakan untuk membersihkan anus turut menyentuh organ kelaminnya, maka bakteri dapat masuk ke saluran kemih."

Nah, buat kaum Hawa, perlu diinget juga, area Miss V dan anus kita jauh lebih dekat dibanding kaum Adam, sehingga berpotensi bahaya terkena bakteri jika salah cara membersihkannya. 

Menurut dr. Boy, wanita itu wajib mengerti cara membasuh organ intimnya, yaitu dengan membasuh dari depan ke arah belakang (anus) - dan bukan sebaliknya - sehingga kotoran tidak terikut ke area Miss V.

FAKTA TENTANG WANITA DAN ANYANG-ANYANGAN
  • Mengejutkan, karena 5 dari 10 wanita pernah mengalami anyang-anyangan yang disebabkan 80% oleh bakteri E.Coli.
  • 25 persen dari wanita (atau pria) yang terkena ISK akan mengalami ISK berulang
  • Jika anyang-anyangan, kita disarankan harus banyak-banyak minum air putih. Hal ini memang bisa membantu tapi tidak dijamin akan menyelesaikan masalah karena air putih saja tidak mampu mencegah anyang-anyangan akan datang lagi.
  • Anyang-anyangan lebih sering terjadi pada ibu hamil, karena frekuensi ibu hamil untuk buang air kecil lebih sering ( diatas 8 kali per-hari)
  • Untuk mengobati anyang-anyangan alias mencegah infeksi saluran kemih kita memerlukan buah cranberry yang kaya akan Proantocyanidin (PAC) yang mampu mencegah penempelan bakteri E.coli pada dinding saluran kemih. 
Kalau saja dulu saat anyang-anyangan aku tidak mengikuti saran Mbah dengan mengikat jempol kaki, atawa mendengar gemericik air hujan tapi sudah tahu konsumsi @uricran.id secara rutin setiap hari, duh... pasti gejala ISK yang kuderita ini tidak berulang! 


INFEKSI SALURAN KEMIH, GEJALA DAN BAHAYANYA
Anyang-anyangan terjadi akibat koloni bakteri E-coli masuk secara hematogen (melalui aliran darah) dan ascending (menjalar ke atas) ke arah organ reproduksi. Proses penyebarannya bisa dari tidak mencuci tangan dengan bersih sebelum dan sesudah buang air kecil, juga mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri ini.

Infeksi saluran kemih ini, bisa cepat terjadi jika seseorang malas buang air kecil (menahan pipis) sehingga urine tertampung di rongga ginjal dalam tempo lama. 

Urine yang tidak segera dibuang ini akan menumpuk, sehingga menjadi media berkembang biak bakteri dan jika tidak segera ditangani, akan menjadi infeksi saluran kemih.

Jika tidak segera ditangani, infeksi saluran kemih dapat naik ke atas- ke kandung kemih- sehingga penderita akan mengalami panas dingin, demam, mual, muntah dan nyeri pinggang. Dengan kata lain, terjadi gangguan pada ginjal! So, jangan sepelekan anyang-anyangan, yaaa!

APA YANG TERJADI JIKA IBU HAMIL MENGALAMI INFEKSI SALURAN KEMIH?
Pada kondisi ibu hamil, dimana buang air kecilnya dua kali lipat dari biasa, tentu saja akan sangat mengganggu sekali. 
Dengan adanya perubahan hormonal, ditambah adanya bayi di dalam rahim, akan menekan dan meningkatkan aliran darah menuju area panggul dan ginjal. 
Akibatnya, tubuh berupaya mengeluarkan limbah dari ibu hamil dan bayinya.

Kandung kemih dapat menyimpan sekitar setengah liter urine selama tidak hamil. Namun pada trimester pertama, rahim mengembang dan mulai bergerak ke arah kandung kemih, dan menekannya. Kandung kemih yang menyempit tidak dapat menahan lebih banyak urine dan mencoba mengosongkannya sesegera mungkin (sumber : orami.co.id)

Karena untuk ibu hamil anyang-anyangan dianggap hal yang biasa, akibatnya mereka jarang aware. Padahal seharusnya diperiksakan ke bidan atau dokter sehingga ketahuan, anyang-anyangan ini akibat kandung kemih tertekan oleh cairan di rahim, atau memang karena terkena bakteri E. Coli atau positif ISK. 
Menurut dr. Boy Abidin, SpOG, ISK pada ibu hamil bisa membuat tubuh mengalami peradangan, yang bisa berdampak serius pada kehamilan dan janin, yaitu bayi lahir prematur. Infeksi saluran kencing juga dapat menyebabkan infeksi ginjal (pielonefritis), demam, muntah, dan sakit punggung parah.
KABAR GEMBIRA, KARENA ADA URICRAN SAAT ANYANG-ANYANGAN!
Seperti sudah dijelaskan oleh dr Boy, 
pertolongan pertama saat infeksi saluran kemih adalah dengan mengompres perut bagian bawah dengan botol kompres air panas, untuk mengurangi nyeri. 

Sedangkan, penelitian menunjukkan, mengkonsumsi jus buah cranberry dapat mengurangi bahkan mencegah ISK datang kembali.
Tanaman buah cranberry 
sumber : http://leczniczeziola.blox.pl
Tanaman cranberry (Vaccinium macrocarpon atau Vaccinium microcarpum) dikenal juga dengan nama lain mossberry di Kanada, dan fenberry di Inggris. Tanaman ini adalah tanaman perdu yang tumbuh diatas permukaan tanah, mengandung 80% lebih air dan 10% karbohidrat dengan PH 1.8-23, dan memiliki bahan aktif Proanthocyanidin (sumber : worldhealthfoods.com).

Cara Kerja Cranberry
Kandungan nutrisi dalam cranberries
healthline.com
Cranberry dikenal ampuh mengusir bakteri jahat, karena mengandung senyawa flavanoid berjenis pro-anthocyanidins (PAC) yakni jenis tannin yang terkondensasi, dimana bahan aktifnya dapat menghambat perlekatan bakteri E.coli di sel epitel saluran kemih dan membuangnya bersama urine.

Sayangnya, buah cranberry segar sangat sulit didapatkan secara bebas di Indonesia, karena tanaman perdu ini hanya hidup di kondisi tanah tertentu. Jikapun ada, tentu saja harganya masih sangat mahal. Untuk di Asia, cranberry yang beredar hanya yang dikeringkan, dan harganya mencapai IDR 95K per-kilogram! 

Syukurlah, sekarang ada Prive Uri-cran yang berisi ekstrak buah Cranberry. Prive Uri-cran ini tersedia dalam dua jenis, yaitu bentuk sediaan kapsul, satu box berisi 30 kapsul, dengan satu kapsul berisi 250 mg ekstrak buah Cranberry. Kita cukup mengkonsumsi 1 - 2 kapsul sehari.

Ada juga bentuk sediaan powder sachet, yang bisa diminum dengan air dingin dan rasanya segar! Satu box berisi 15 sachet, per-sachet berisi 375 mg ekstrak buah Cranberry, Vitamin C, dan Probiotic. 

Kita memerlukan konsumsi 2 gelas @150 ml jus cranberry setiap hari selama kurang lebih 10 untuk mendapatkan hasil maksimal dan mencegah anyang-anyangan datang kembali.

Cranberry bisa didapat dengan mudah di banyak apotik seperti Kimia Farma, Guardian, Century dan apotik lainnya.

Alhamdulillah, 
hari ini aku dapat banyaaaak sekali ilmu penting. Usai acara bincang-bincang bersama dr Boy yang bertabur hadiah, maka acara ditutup dengan tausiyah oleh Ustadz yang memberikan pencerahan!

TIPS MENCEGAH ANYANG-ANYANGAN
  • Basuh area Miss V secara benar
Dr. Boy berulang kali menjelaskan, cara membasuh area miss V ini adalah dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Jika dari anus, dikhawatirkan kuman dari anus masuk ke area V, dan berkembang biak di sana!
  • Selalu menjaga kebersihan dan cegah kelembaban
Hal ini bisa diatasi dengan selalu sedia handuk kecil, yaaa.. tidak hanya tissue. Karena area Miss V ini jika lembab menjadi media berkembang biak si bakteri apa pun! 
  • Usahakan kenakan pakaian dalam berbahan katun

Dan, ganti segera pakaian dalam jika basah, untuk mencegah area organ intim ini lembab

  • Boleh menggunakan cairan pembersih khusus dan pembalut
Yes, di luaran sana, ada banyak cairan pembersih khusus untuk organ intim wanita, ya gaes.. juga ada banyak panty liner alih-alih pembalut. Gunakan jika bepergian dalam tempo lama.
  • Banyak minum air putih
Minum banyak air putih, resikonya tentu saja jadi sering buang air kecil, tapi gapapa. Diperhatikan saja, minimal 3 - 4 jam sekali buang air kecil.
  • Jika masuk toilet umum, perhatikan kebersihannya!
Usahakan bawa tissue basah dan kering, serta air mineral dalam botol, menjaga jika kita curiga area sekitarnya tidak higienis. 

Bahkan, bude saya yang bekerja sebagai perawat pernah mengajarkan, kalau masuk ke toilet itu, sebaiknya kita siram lagi saja peturasannya. 
  • Untuk itu, ibu hamil disarankan agar menjalani tes urine. 
Yap. Hal yang dianggap sepele, dan dipikir hanya wajib dilakukan untuk mengetes di awal kehamilan ini, ternyata seharusnya dilakukan per-tri semester
  • Jika terasa gejala anyang-anyangan, jangan ambil resiko, minum saja URI-CRAN!
Yes, beruntung kita hidup di era kemajuan peradaban, ya gals... gak usah susah-susah cari buah cranberry lalu dijus. Secara, cari buahnya aja susyah.. Aku juga gak usah susah-susah iket jempol kaki sama cari hujan, kalau anyang-anyangannya kambuh. 

Cukup dengan stok URI-CRAN di rumah. URI_CRAN adalah satu solusi terbaik, untuk cegah Infeksi Saluran Kemih yang mengganggu! 

Prive Uri-cran :
Komposisi : 250 mg Extract Cranberry
Sediaan : Kapsul
Dosis : 1-2 kapsul per hari
Isi per Box : 30 kapsul.
Harga : ~Rp 160.900,-/box

Prive Uri-cran Plus:
Komposisi : 275 mg Extract Cranberry, 60 mg Vit. C, 0,1 mg Lactobacillus Achidophillus (probiotik), 0,1 mg Bifidobacterium Bifidum (probiotik)
Sediaan : Powder Sachet
Dosis : 1-2 Sachet per hari
Isi per Box : 15 Sachet
Harga : ~Rp 120.000,-/box

Terimakasih untuk undangannya BLOGGER PEREMPUAN, dan terimakasih juga edukasinya dr Boy Abidin, SPOG. dan URI-CRAN ^^

2 comments:

  1. Kalau gue biaaanbi Anyang-anyangan karena terlalu gembira.
    Gak nyambung ya

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^

Jika ada pertanyaan pribadi silakan email amelia_tanti@yahoo.com