Sunday, May 13, 2018

NIGHT MARKET ALA XPLORASA 2018

"Setelah tumisan bumbu halus tercium wangi, masukkan irisan kol, daun bawang dan bakso sapi diiris tipis. Kemudian masukkan mie yang tadi sudah direbus, lalu aduk perlahan hingga rata, seperti mengaduk hidupku yang monoton,"

Tulisan itu, kuambil dari buku campur aduk bertahun lalu. Isinya, ada resep, ada curhat, ada resep campur curhat. Pokoknya berwarna warni, seolah enggan mengakui bahwa hidupku datar seperti instagram yang isinya kalo gak foto-foto selfie, OOTD ya flatlay semua.

Kuliner, memang tak bisa dipisahkan dari kehidupan dan sejarah manusia. Apa pun alasannya, entah sedang rayakan hari bahagia, berduka hingga melepas lelah, semua butuh makanan. Makanan bahkan berfungsi sebagai pemersatu dan jembatan saat para tokoh dunia berkomunikasi.

Seorang novelis terkenal Laksmi Pamuntjak pernah berujar, "Saat kita bertemu orang dan ngomongin makanan, tiba tiba saja obrolan jadi cair," katanya. Belum lagi, jika kita merasa klik dengan salah satu makanan daerah, tiba-tiba saja kita mungkin merasa bersahabat atau bahkan bersaudara!
"Oh, iya, ingat gak di gang Senggol ada Pepes Babe Malih Tongtong?" 
"Pingin makan Rujak Pak Gendut depan RS Pelni lagi, ih.. sayang udah diterusin anaknya, udah gak seenak dulu lagi bumbunya," 
Yes, kira-kira gitu deh, obrolan yang bisa mencairkan suasana jika kita tak tahu lagi harus ngobrolin apaan.  

Itu sebabnya, Summarecon Mal Serpong (SMS) selalu sukses setiap kali menggelar event bertajuk Festival Kuliner yang hadirkan kuliner tradisional nusantara.

Tahun ini, Summarecon Mal Serpong (SMS) menggebrak dengan memanjakan lidah para pengunjung, tapi bukan dengan kuliner tradisional. Tahun ini, yang disajikan adalah kuliner kekinian bertajuk XploRasa 2018.

Seperti biasa, konsepnya adalah Night Market dan diadakan di taman atau outdoor area. Kali ini, ada sekitar 300 pilihan street food, dessert, dan snack yang sedang digemari oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya. 
XploRasa akan diselenggarakan selama sebulan penuh mulai tanggal 12 April hingga 13 Mei 2018 di area parkir selatan. 
SMS memang berniat mendukung kreativitas bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terutama dalam inovasi kuliner.

Danamon, official banking partner XploRasa 2018 

Dengan berbekal undangan yang diemail oleh KPK - Kompasiana Penggila Kuliner yang diketuai oleh Kang Rahab Ganendra dan didampingi dayang-dayang setia, mbak Marla dan mbak Yayat, sore itu aku tiba di SMS.

Berkumpul di depan Pizza Marzano, 
kami langsung mendapat briefing dan pengarahan untuk membuka rekening di Bank Danamon. Soalnya, jika biasanya sistem pembayaran dilakukan dengan cara menukar uang dengan uang-uangan XploRasa,  maka kali ini untuk dapat membeli dan menikmati beragam kuliner Jaman Now, Xplorasa bekerja sama dengan Bank Danamon.

Tadinya ngga kepikiran kalau saya bisa membuka rekening dalam tempo singkat loh.. namun, sesudah melihat di area semua blogger dan jurnalis langsung diarahkan dan senyum-senyum sumringah 5 menit kemudian, saya pun langsung menulis data, dipandu oleh mbaknya.

Cara Membuka Rekening di Bank Danamon secara online
  1. Siapkan data diri berupa e-KTP atau KTP dan jika ada, NPWP
  2. Isi data seperti Nama - Alamat - Tempat Tanggal Lahir - dan alamat email serta nomor ponsel

  • 3. Ke kasir untuk mendata di komputer - serahkan KTP asli


  • Selfie sejenak ketika data dimasukkan ke komputer 

  • 4. Masukkan nomor PIN


Tadaaaa.. jadi, deh! 
Semua proses ini hanya memakan waktu 5 - 10 menit!



Untuk memudahkan nasabah, Bank Danamon menyediakan aplikasi juga, sehingga kita melihat sisa saldo atau mengganti nomor PIN tanpa repot repot ke ATM, senangnyaaaa.. inovasi ini tentu saja membuat hidup jadi lebih mudah.

Promo Khusus!
Untuk para nasabah Bank Danamon baik yang lama atau newbie kayak saya, ada promo menarik, yaitu promo tersebut berupa gratis voucher XploRasa
Rp 10ribu (hari itu Rp. 20 ribu) dengan minimal transaksi makan atau minum senilai Rp 100.000 menggunakan Kartu Debit Danamon di tenant XploRasa 2018. 
“Kami sangat menyambut baik kerja sama dengan Summarecon Mal Serpong ini. Melalui kegiatan XploRasa 2018, kami berharap para pelaku bisnis khususnya di bidang kuliner dapat terpacu untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas sekaligus mendapat akses untuk semakin dikenal oleh masyarakat luas”.
Ungkapan tersebut disampaikan oleh Yen Yen Setiawan selaku Enterprise Banking, Financial Institutions dan Transaction Banking Head Bank Danamon. 

Bank Danamon pun mendukung penyelenggaraan XploRasa dengan berbagai promosi produk dan layanan termasuk layanan online dan digital banking dari D-Mobile selama festival ini berlangsung.

 “Kami harapkan dengan adanya festival kuliner ini, kolaborasi antara institusi perbankan dan para pelaku UKM kuliner tanah air akan semakin kuat,” lanjut Yen Yen. 

Jelajah Rasa di Xplorasa 2018
Memasuki area Xplorasa 2018, mata langsung terperangkap pada nuansa warna warni ceria dan menyenangkan. Desain kekinian dengan mengambil konsep container yang sudah dicat warna dinamis, merah- biru - kuning.


Kuliner ‘Jaman Now’ yang tersedia antara lain; Seblak Wae Atuh, Buckmee, Hoghock, Nasi Jejeruk, Sang Pisang, Avocado Lovers, Kastera by Luna Maya, Martabucks by Luna Uya, Nasi Goreng Gila Gondrong Obama, Ropang Plus Plus, Roti Bakar Nougat, Teh Tarik Uncle G, Shlurpdrik, Legato Gelato, Kedai Kopi Kulo, dan Es Pisang Ungu.
Event ini dibuka setiap harinya pada Senin hingga Kamis pukul 16.00 - 22.00 WIB. Hari Jumat pukul 14.00 - 23.00 WIB. 

Hari Sabtu pukul 11.00 - 23.00 WIB, sementara pada Hari Minggu dan hari libur adalah pukul 11.00 - 22.00 WIB. 

XploRasa juga akan dimeriahkan oleh penampilan dari para musisi ternama Indonesia, di panggung utama XploRasa setiap hari minggu mulai pukul 19.30 WIB. 

Hiburan diawali dengan penampilan musisi muda asal Brunei Darussalam; JAZ yang akan hadir pada tanggal 15 April 2018. 

Selanjutnya Saykoji; rapper Indonesia yang sukses di kalangan generasi muda akan tampil pada 22 April 2018 mendatang. Rendy Pandugo juga akan menghibur pengunjung pada 29 April 2018. kemudian Midnight Quickie yang merupakan grup duo musik bergenre electronic dance music ini akan hadir pada tanggal 6 Mei 2018. 

Selain itu, akan ada pula penampilan live music setiap harinya mulai pukul 19.30 WIB. XploRasa akan ditutup oleh kolaborasi SMS dengan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dalam pagelaran event Hansan Festival pada 13 Mei 2018 yang merupakan sebuah festival untuk mengenalkan budaya Korea. 

Kuliner apa saja yang sempat kucicipi?
Karena harga yang dipatok untuk street food cukup terjangkau, yaitu berkisar dari harga minuman IDR 5 ribu - IDR 50K (gelato atau es krim dengan tatakan unik) dan makanan dimulai dari harga IDR 15K - IDR 65K, maka aku sempat mencicipi beberapa makanan kekinian tersebut.








Cara Pembayaran Menggunakan Danamon dan uang kertas Xplorasa

Mudah banget! 

Sama halnya menggunakan Debit Card, maka aku tinggal memberikan kartu kepada penjual, lalu memasukkan PIN. Jika struk keluar, jangan dibuang! Tukarkan kembali di counter Danamon yang bertebaran di area Xplorasa.


Aku dan anak-anak bahagia!
Iya, anak-anak juga ikutan, setelah nonton Avengers di lantai 3 Summarecon Mall Serpong, mereka berlarian menuju Xplorasa. 

Mereka tahu, akan ada banyaaak jajanan sedap dan kekinian yang bisa mereka icipi juga.Nah, karena mereka datang bertiga, dan kartu debet Danamon hanya satu, maka si sulung Dio menukarkan uang dengan uang-uangan Xplorasa biar gak rebutan...

Ini dia beberapa menu yang mereka icipin...


Semoga dengan adanya XploRasa, membuat masyarakat Indonesia khususnya selalu termotivasi untuk berinovasi. Selain itu, semoga semakin banyak UKM bermunculan dan menyerap tenaga kerja yaa.... 



Terimakasih banyaaak undangannya KPK - kang Rahab Ganendra dan team yang kece baday, Bank Danamon dan Xplorasa 2018 Summarecon Mall Serpong. Inget yaaa.... #TetapHepiiiii

Salam^^


11 comments:

  1. Ya Lord itu cumi menggoda banget. Dosaak ini pagi pagi dah bikin lavaaar. Rame bgt ya sptnya acara Xplorasa SMS. Ajak aku dong Mak Neng wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Biariiin .. selama ini aku yang suka ngiler sekarang gantian ah..

    ReplyDelete
  3. Sedaapnya. Tapi untuk es yang lagi viral itu aw aw aw... Explorasa jelang puasa ya ini.

    ReplyDelete
  4. Pingin cumiiik oemji hihihi
    Padahal di bsd, tp aku blom sempet dolan dolan huhu

    ReplyDelete
  5. Itu semua makanan nya kelihatannya enak2

    ReplyDelete
  6. Duh, makanannya menggoda semua. Bahagia banget pasti, bisa Xplore rasa sama anak-anak ya.. :D

    ReplyDelete
  7. Dekat rumah, mestinya aku datang k sini ya 🤣🤣

    ReplyDelete
  8. aihhh aku tak tahaaan mau berburu kuliner di sini mak

    ReplyDelete
  9. Di Kalimantan banyak cumi... Enak kali ya dibikin kek gini :)

    ReplyDelete
  10. astagfirullahalazimmm... pertama kali buka udah disodori mi. huhuhuhu.. bikin lemesssss

    ReplyDelete
  11. yaaa udah lewat eventnya. Berharap ada lagi. Kan, enak ya kalau lagi Ramadan gini kulineran malam hari :D

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^

Jika ada pertanyaan pribadi silakan email amelia_tanti@yahoo.com