Tiarapot dari POLYTRON, Menjawab Keresahan Para Ibu


"eating is a necessity, but cooking is an art"

    Memasak adalah seni, namun juga hal yang sangat penting, karena memasak makanan menjadi salah satu kebutuhan utama untuk hidup.

Namun bagaimana perkembangan jaman memenuhi kebutuhan akan memasak itu sendiri?


    Seorang rekan buzz foodie, mengutarakan keresahannya ketika tiba-tiba kita semua dihadapkan pada sebuah hal yang tadinya terlihat jauh, namun seketika dekat, yaitu ketersediaan gas dan bahan bakar minyak yang mendadak melambung. Jauh dan tinggi.

    Sebagai IRT Indonesia asli yang nyaman masak memasak dengan metode konvensional : menumis dengan api besar menggelora, menggoreng dengan minyak segentong, aku pun ikut cemas (bukan, itu bukan singkatan celana masuk si... *tiiit sensor) - aku khawatir. 
Bagaimana jika suatu saat mereka berdua dadah bhubay dari kehidupan ibu rumah tangga yang ekonominya masuk kaum mendang mending sepertiku? Aku harus masak pake apa?

Tiarapot dari POLYTRON, Menjawab Keresahan IRT 



    Seolah menjawab keresahan tersebut, sore itu aku diundang oleh Komunitas Emak Blogger ke sebuah acara peluncuran sekaligus Cooking Class dari Polytron di Farmer Market Summarecon Mal Serpong, 25 September 2022.

    Kali ini, kami akan mendapat pelajaran memasak gratis dari Chef Steby Rafael, seorang koki muda dan tentu saja good looking (uhuuk..) yang akan memasak dua jenis resep yang telah ia uji coba sendiri, yaitu :
  • Semur Lidah Sapi
  • Pancake Rice Cooker Donabe
    Sudah terbayang kelezatannya bukan?
Selain yang masak adalah chef jebolan kelas Master Chef, kali ini teknik memasak yang digunakan Chef Steby sangat mudah untuk diaplikasikan oleh para emak. 

    Chef Steby akan memasak dengan menggunakan dua buah piranti masak inovatif dan canggih bernama :

Polytron Tiarapot Pro – PRC 501 dan Polytron RICE COOKER Donabe PRC 1201 2 liter

Tapi sebelumnya kita kenalan dulu yuk sama Chef Steby.

Chef Steby Rafael, Dunia Kuliner Adalah Dunia Tanpa Batas


    Nama Chef Steby Rafael mulai dikenal di dunia kuliner sejak tahun 2013 lalu, yaitu sejak menjadi pengisi berbagai acara kuliner di televisi. 

    Chef yang satu ini, terkenal sangat ramah dan rendah hati, ia berangkat dari tekad yang kuat untuk menaklukkan dunia kuliner yang ia cintai. Walau sempat mendapat berbagai 'tantangan' karena ketika ingin berangkat ke negeri Paman Sam, teman-temannya memberi tahu bahwa ia harus mengenyam pendidikan tinggi.

    Koki asal Lampung ini, memulai kariernya sejak lulus sekolah menengah atas (SMA). Lantaran keterbatasan ekonomi keluarga untuk melanjutkan pendidikan tinggi, Steby memilih langsung bekerja. 

    Di awal karier, Chef Steby menjadi seorang cook helper di sebuah restoran di Jakarta, sambil bersekolah di Jurusan Tata Boga Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. 

    Saat ini, Chef Steby sudah memiliki sebuah buku masak bertajuk 'Buku resep Menu Rumah Saya Ala Chef Steby Rafael'.

    Resep-resep di buku ini antigagal, sangat mudah dipraktikkan oleh pemula sekalipun. Bahan-bahannya mudah didapat dan harganya terjangkau. Kelezatan masakan-masakan di buku ini sudah dibuktikan, dan berisi lebih dari 50 resep menu rumah, mulai dari hidangan pembuka hingga penutup. 

    Dilengkapi resep aneka bumbu dasar untuk memudahkan para ibu menyajikan makanan istimewa yang lezat dan sehat bagi keluarga karena sejatinya masakan ibu adalah cerminan wujud cinta untuk keluarga.

    Saat ini, Chef Steby masih memiliki impian besar untuk memiliki lini bisnis kuliner yang holistik, yang kini sedang dibangunnya dari awal. Chef Steby juga  menjalankan bisnis kopi dengan merek Tamu Kopi.

Pancake Rice Cooker Donabe, Praktis dan Bergizi



    Di sesi awal, Chef Steby memberi resep Pancake ala Steby dengan menggunakan Rice Cooker Donabe. Rice cooker ini, digadang sebagai penghasil nasi dengan teknologi terbaik. Menghasilkan nasi sepulen nasi Jepang!

    Rice cooker Donabe memiliki pengaturan suhu yang modern yang dibutuhkan saat ini, dengan fitur Defrost System, yaitu thermostat yang mampu mendeteksi mode memasak, menanak dan memanaskan. Pada saat memasak, nasi yang dihasilkan oleh rice cooker Donabe dapat matang lebih merata, lembut, dan pulen.

    Sedangkan ketika memanaskan, rice cooker Donabe mampu menghasilkan suhu hangat yang stabil pada nasi hingga 48 jam sehingga nasi lebih tahan lama dan tidak mudah menguning dan tidak menjadi bau. Sistem pemanasannya pun merata dengan fitur Tiara 3D yaitu panas merata pada bagian samping, atas, dan bawah.

    Saat memasak, ada tips penting dari Chef Steby. Karena pancake ini akan dimasak di dalam rice cooker, maka perhatikan sebagai berikut;
  • telur dikocok tak sampai mengembang - hanya hingga teremulsi 
  • gunakan tepung terigu protein rendah, tak perlu disaring, hanya saat diaduk menjadi adonan, usahakan tidak menggumpal
  • gunakan baking powder biasa, bukan yang double active
  • saat mengocok gula ke dalam tepung, usahakan hanya hingga sampai larut saja, kurang lebih 2 menit

Semur Lidah Sapi ala Chef Steby - Menggunakan Tiara Pot Pro 

    Mari kita lanjoot!

    Chef Steby lalu mendemokan cara memasak dengan menggunakan Tiarapot. Karena produk dari Polytron ini bisa memasak berbagai macam jenis masakan dengan mudah, cepat, dan praktis.

    Dilengkapi dengan 12 (yes, dua belas!) cara memasak, piranti ini bisa menggoreng, menumis, membuat kue, mengukus, memasak nasi, memasak aneka bubur, memasak sup, membuat puding dan lainnya!

    Tiarapot dilapisi dengan lapisan ceramic coating dengan lima lapisan coating yang aman bagi kesehatan (hard anodized, thermal spray iron, iron carbon steel, aluminium, dan ceramic coating).

    Memasak menggunakan produk ini jadi lebih mudah karena dilengkapi dengan diagram cooking yang menggunakan bahasa Indonesia. Terdapat juga layar tampilan LED yang memungkinkan kita memantau masakan!




    Kali ini Chef Steby memasak hidangan lauk favorit keluarga. Nama resepnya adalah Semur Lidah Sapi.

    Namun, tahu tidak bahwa semur sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu "Smoor" yang berarti masakan itu telah direbus dengan tomat dan bawang secara perlahan-lahan. "Smoor" dalam bahasa Belanda juga berarti braising atau teknik masak dengan cara merebus lama dengan api kecil hingga daging empuk.



    Menggunakan Tiara Pot Pro untuk memasak ini, bikin masakan matang sempurna. Tiara Pot Pro adalah panci yang memiliki fitur Smart Steam Release yang membuat katup uap mudah ditutup saat memasak dengan tekanan tinggi dan dapat melepas uap dengan cepat sesudah masakan matang. 

    Senangnya lagi, proses memasak jadi lebih cepat, hemat waktu dan praktis, selain itu hanya dengan listrik 900 watt. Design Tiara Pro juga kokoh ya, jadi siapapun bisa memasak seperti halnya chef Steby.

Hasil Jadi Masakan Chef Steby

    Tak terasa, waktu berlalu dua jam. Ngobrol, demo masak yang fun bersama Chef Steby juga diseling dengan quiz. Tentu saja aku senang karena berhasil menjawab salah satu quiznya. Itu kan berarti menyimak yaaa!

    Dan ini dia Pancake Rice Cooker Donabe, yang telah diberi garnish strawberry, daun mint dan maple syrup oleh Chef Steby.




Pancake Strawberry 



Dan ini adalah Semur Lidah Sapi yang tebal tapi empuk, lembut, melting dan aromanya menggoda!






Menang Quiz itu gimaanaaaa gitu rasanya!


    Usai menyerbu hasil masakan Chef Steby maka kami semua dari Komunitas Emak Blogger berfoto bersama.

    Terimakasih Komunitas Emak Blogger dan  Polytron untuk Cooking Class bersama Chef Steby!

    Untuk Ibu-ibu yang ingin mencoba memasak dengan Tiara Pot Pro PRC 501 dan Rice Cooker Donabe PRC 1201 2 liter, sedang ada promo menarik! Beneran nih, apalagi kalau kalian download akun di Blibli, ditambah dengan potongan harga lagi! Check this out! 


Tiarapot Pro di-bundling special di Farmers Market SMS Gading Serpong, dengan promo menarik berupa potongan harga hingga IDR 600K - dari IDR 1.599K menjadi IDR  949K dan jika belinya menggunakan Blibli, masih dapat potongan harga lagi senilai IDR 100K, sehingga total menjadi IDR 849K.

Sedangkan Rice Cooker Donabe menjadi IDR 479K dan jika membelinya dengan Blibli masih mendapat potonga harga IDR 100K - jadi hanya IDR 379K!

Nah gimana, terjawab bukan keresahan emak-emak yang susyaaah cari gas untuk tabung birunya?

17 komentar

  1. Sesuai harga lah ya 1 alat ini bisa untuk macem2 seperti menggoreng, bikin tumisan, kukus, masak nasi, masak bubur sampai bikin kue sama puding! A must buy!

    BalasHapus
  2. suka banget sama fitur si Tiara Pot ini, bener2 bisa membantu emak2 rempong kayak saya di dapur, praktis, hemat uang, hemat tenaga dan hasilnya juga gak kaleng2 masakannya ya, udah diuji coba sama chef terkenal

    BalasHapus
  3. Selalu suka bangeeet sama tulisannya Mak Tanti. Mana yang dibahas tuh alat masak yang lagi aku harapkan banget bisa ada di dapurku, segera. Tiara Pot Pro, my darling, come to mama. Mohon aminkan, ya, Mak. Hihi.

    BalasHapus
  4. Pengeeen tiara pot dong mak. Aduh memudahkan sekali ya dalam memasak. Harganya juga affordablelah worth it untuk kualitas dan fungsinya.

    BalasHapus
  5. Asyik ya kalau punya Tiarapot Pro – PRC 501 ini, apalagi sedang ada promo. Jadi bisa mengurangi keribetan acara masak memasak di pagi hari. Ada 12 fitur memasak, masaknya juga jadi nggak perlu ditungguin, nggak bakal keringatan pula kayak kalau masak di depan kompor.

    BalasHapus
  6. I would love to get one as well mbaaa... asli praktis dan bisa buat msak aneka macam makanan ya termasuk kueee

    BalasHapus
  7. Kaya yang gak percaya yaa.. gimana bisa masak Pancake pakai Rice Cooker?
    Ternyata produk terbaru dari Polytron ini canggih banget.
    Dengan 2 alat rumah tangga keluaran Polytron yang diunggulkan kali ini, Ibu bisa meramu bahan menjadi menu makanan sehat nan yummii untuk keluarga.

    Naksir banget sama Tiara Pot Pro dan Rice Cooker Donabe.

    BalasHapus
  8. Asyik menang kuis juga akhirnya Mak Neng ...
    Btw kegunaan alat masak keluaran Polytron ini banyak banget ya gak cuma masak nasi aja. Mupeng pengen punya nih. Biar hidup di kampung tapi gak mau ketinggalan jaman dong

    BalasHapus
  9. Emang kadang bikin resah, sih Mak kalau sewaktu2 udah nggak ada gas elpiji gitu cem mana masaknya. Iya kalau punya tungku gitu, kalau nggak ada ya opsinya pakai rice cooker yang multifungsi nih. Apalagi macama Polytron Tiara Pot Pro itu. Mupeng pakai banget deh untuk dipakai di rumah. Mumpung juga ada promo kalau beli di Blibli ya,

    BalasHapus
  10. Hm ... sepertinya saya perlu memeertimbangkan Polytron Tiarapot Pro ini sebagai alat masak pengganti. Praktis sih soalnya.

    BalasHapus
  11. Makan tambah nikmat dengan tiarapot apalagi nasinya tidak menguning plus penolong saat sahur nih masak lebih cepat.

    BalasHapus
  12. Jadi pengen punya kan, mana harganya gak sampai 500ribu ya. Aku pengen Masak nasi hainan deh..racun banget ih perabot kece

    BalasHapus
  13. wah praktis banget ya buat pancake di ricecooker, jadi gak perlu khawatir gak punya oven karena bisa masak cake di dalam ricecooker. eh aku kok jadi mupeng berat nih sama ricecooker mak neng. macam enak banget itu cakenya.

    BalasHapus
  14. Jadi kepingin punya mba.. Tiara Pot Pronya Polytron beneran bikin praktis dan hemat waktu ya bisa nyambi dh kerjaan laih karena waktunya masaknya bisa di setting

    BalasHapus
  15. Kayanya perlu nabung buat beli Tiara Pot Pro dari Polytron ini deh Mak. Output masakan yang dihasilkan bisa macem-macem dan nggak perlu waktu yang terlalu lama untuk mengolahnya :))

    BalasHapus
  16. harga promonya menarik banget ini mbak
    rice cooker sekarang makin canggih ya, malah bisa bikin kue dari rice cooker
    dulu waktu aku SD udah terbiasa dengan magic jar atau rice cooker yang cuman buat manasin sayur, masak nasi
    keren banget ini Tiara Pot

    BalasHapus
  17. Lengkaaapnya, ulasannya bikin nggak kedip nih :D 400 watt buat alat multifungsi itu nggak gede2 banget ya mba, malah termasuk low watt nggak sih ini. Aku mau punya deh yg 12 in 1 Tiarapot Polytron iniiiih. Sungguh ingin, bayangin aja klo punya bisa ditinggal2 dan nggak nyupir banyak lagi yaa

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)