Sejarah Blog dan Perkembangannya


Nah, kalau kita lihat perkembangannya dan sejarah blog, perjalanan blog menjadi platform yang populer ternyata cukup panjang. Begini timeline-nya:

1994: Cikal bakal blogging diprakarsai oleh Justin Hall yang membuat jurnal pribadi online dengan nama links.net.

 Laman tersebut masih polos hanya background putih tanpa gambar visual.

1997: Muncul istilah weblog yang diperkenalkan oleh Jorn Barger. Weblog merupakan gabungan dari web dan log yang menggambarkan aktivitas internetnya, yaitu logging to the web. 

Di fase ini, konsep blog yang dapat membaca postingan terbaru hingga terlama sudah diterapkan.

1999: Lahirlah nama Blog yang ditenarkan oleh seorang desainer website, Peter Merholz. Di blog pribadinya, ia memang menyukai permainan kata dan tak menyangka istilah blog yang dibuatnya berdampak besar.

Masih di tahun yang sama, mulai muncul platform blog yaitu LiveJournal, Blogger, dan juga Xanga.

2001: Blog mulai dikenalkan di Indonesia oleh Enda Nasution. Kiprahnya di dunia blog, membuatnya dijuluki Bapak Blogger Indonesia. 

Pada 27 Oktober 2007, ia juga memprakarsai pesta blogger dengan blogger Indonesia lainnya. Tanggal tersebut kemudian diperingati sebagai hari Blogger Nasional.

2003: Platform Blogger resmi diakuisisi oleh Google. 

Di tahun ini juga, lahirlah kompetitor Blogger, yaitu WordPress. 

Keduanya sama-sama mudah dioperasikan dan gratis digunakan. 

 2018: WordPress menjadi platform blog paling populer. Tak hanya untuk membuat blog, WordPress juga dapat digunakan untuk membuat website dan juga toko online.

1 komentar

  1. Sebagai pengguna blog baru tahu sejarah blog yang cukup panjang ini dari tahun 1994, jadi penasaran bagaimana dulu wujud blog itu. Wordpress di masa sekarang jadi andalan buat menitih karir menjadi blogger. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)