DARI ACTA DIURNA HINGGA IDN APP, MENDAPAT LAPORAN DENGAN MEMBACA KORAN


Foto prasasti batu dengan tulisan Romawi
sumber : https://www.anfrix.com

    Acta Diurna,  adalah surat kabar pertama dalam sejarah. Koran ini milik Yang Mulia Julius Caesar, seorang Kaisar dari Republik Romawi. Konon, sang Kaisar ini terkenal sangat cepat dalam mengambil keputusan, dan keputusan itu ia dapatkan dari memantau aneka berita.

Mengenal Masa Pra Jurnalis Hingga Jurnalis

    Acta Diurna, sebenarnya telah dikenal masyarakat Romawi sejak 60 tahun sebelum masehi (SM). Awalnya bernama Acta Senatus, atau Acta Diurna Populi Romawi.  Peran Caesar sebenarnya hanya mengembangkan tradisi Kerajaan Romawi. Segala kejadian penting dicatat pada Annals, yakni papan tulis yang digantungkan di serambi rumah. 

    Caesar memerintahkan hasil sidang dan kegiatan para anggota senat setiap hari diumumkan pada Acta Diurna. Berita kejadian sehari-hari dan peraturan penting juga ditampilkan di Forum Romanum agar diketahui umum. Berita di Acta Diurna juga disebarluaskan oleh para Diurnarii, yakni orang-orang yang bekerja membuat catatan.

    Hebatnya, Acta Diurna ini ternyata bertahan selama empat abad sampai runtuhnya kekaisaran Roma pada tahun 476 Masehi. Di zaman kekaisaran Augustus, cara penyampaian berita diperbaiki, yaitu melalui cara beranting. Para pakar menyebut masa sebelum Acta Diurna sebagai Masa Prajurnalis dan masa setelah Acta Diurna sebagai masa Jurnalis. Dengan prestasinya ini, maka Julius Caesar juga disebut sebagai Bapak Pers Dunia.

    Kata jurnalistik yang kita kenal saat ini pun, berasal dari kata Diurnal  -yang dalam Bahasa Latin berarti harian atau setiap hari. Diadopsi ke dalam bahasa Prancis menjadi Du Jour dan bahasa Inggris Journal yang berarti hari, catatan harian atau laporan.

Koran Dulu dan Kini, Media Penting Untuk Pengetahuan

    Bagaimana dengan kondisi saat ini? Perubahan terbesar yang revolusioner, tentu saja telah terjadi. 

    Jika di awal tadi kita tahu bahwa koran berbentuk sebuah batu besar yang tergantung di tengah lapangan, lalu bergeser menjadi aneka berita yang dicetak di selembar kertas berdiameter seukuran kertas folio, lalu membesar seukuran kertas A0, maka saat ini kita berada di era media digital.



    Semua dilakukan hanya di atas sebuah media berukuran mungil, dan hanya  dengan menggeser jari, cukup swipe kanan dan kiri, kita bisa temukan artikel dan informasi berita yang menarik. 

    Salah satu aplikasi baca berita dan hiburan terbesar yang ada di Indonesia adalah IDN App. Aplikasi IDN App adalah salah satu produk dari IDN Media yang menjadi andalan untuk menyajikan berbagai macam informasi dan hiburan. IDN App juga selalu meluncurkan fitur dan program baru. Jelas, hal ini sangat menguntungkan bagi penggunanya. 

IDN Media, Visi Menjadi  “The Voice of Millennials and Gen Z”


    Winston Utomo
Founder dan Chief Executive Officer (CEO) IDN Media pasti tak pernah menyangka,  ide untuk mendirikan perusahaan medianya menjadi sebesar saat ini.

    Ya, ide ini muncul ketika beliau berada di kamar apartemennya di Singapura yang hanya berukuran 2×3 meter. Winston masih bekerja sebagai Account Strategist di Google. Ia iseng menulis sebuah artikel sendiri, dengan nama situsnya adalah Indonesiantimes, dan diluncurkan pada keesokan harinya. 

Tak disangka, artikel buatannya tersebut menjadi viral dan tersebar kemana-mana hanya dalam waktu satu hari saja di media sosial!

    Potensi media informasi di Indonesia, memang memiliki masa depan yang cerah. Apalagi di Indonesia, dengan 100 juta pengguna internet yang haus akan informasi, pada akhirnya berdampak pada startup baru yang bermunculan pada bidang teknologi media. 

     Terbukti pada IDNTIMES yang saat ini telah menjelma sebagai salah satu perusahaan media besar di Indonesia. Bahkan perusahaan ini telah mendirikan perusahaan induk bernama IDN MEDIA yang membawahi anak usahanya seperti IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, IDN Creative, IDN Event, IDN Creator Network, duniaku.net, dan ggwp.id.

    Winston menggandeng saudaranya, William Utomo mendirikan media idntimes.com pada tahun 2014. Winston merancang idntimes.com sebagai media online yang menyajikan konten worth-sharing yang trending dan relevan untuk generasi muda Indonesia.

    Pesatnya perkembangan IDNTIMES membuat banyak investor tertarik menyuntikkan dana, sehingga di bulan September 2015, mereka berhasil mendapat pendanaan tahap awal (seed funding) dari East Ventures. 

    Pada tanggal 5 September 2016, IDN Media mengumumkan kalau mereka telah meraih pendanaan Seri A dengan nominal yang tidak disebutkan. Investasi ini dipimpin oleh North Base Media, perusahaan investasi yang juga merupakan investor dari situs media asal Filipina, Rappler.

    Pada tanggal 21 November 2017, startup media digital IDN Media mengumumkan bahwa mereka kembali berhasil mendapat pendanaan Seri B dengan nominal yang tidak disebutkan. Investasi tersebut dipimpin oleh East Ventures, serta diikuti oleh perusahaan investasi asal Hong Kong, Central Exchange.
Pendanaan ini akan digunakan untuk mempercepat pertumbuhan produk IDN Media beserta teknologinya dalam mencapai visinya untuk menjadi “The Voice of Millennials and Gen Z”.
    Perjuangan Winston Utomo tak sia-sia. Pada tahun 2017, ia masuk ke Daftar 30 Under 30 Asia Forbes 2017, bersama 12 anak muda Indonesia lainnya yang sukses menciptakan inovasi di bawah usia 30 tahun.

    Situs idntimes.com sukses menjaring minat 40 juta pengunjung perbulan, belum termasuk pengunjung dari media lain seperti Popbela.com (8 juta pengunjung bulanan), ggwp.id (2 juta pengunjung bulanan), dan popmama.com (9 juta pengunjung bulanan).

    Situs idntimes.com juga masuk dalam jajaran 50 Top Site in Indonesia versi Alexa. Menurut data dari Alexa Rank 2020, Idntimes.com menduduki posisi ke 17 sebagai situs paling populer di Indonesia.

Bagaimana Cara IDN App Menyajikan Berita Terlengkap dan Terpercaya?


    Berita adalah sebuah laporan atau narasi mengenai peristiwa-peristiwa terkini atau fakta-fakta yang dianggap penting oleh suatu media atau sumber informasi. Seiring dengan perkembangan peradaban manusia, diimbangi dengan  perkembangan teknologi dan internet di abad ke-20, tentu mengubah cara berita disebarkan dan dikonsumsi. 

    Saat ini, informasi dapat diperoleh secara instan melalui situs berita online, media sosial, dan platform lainnya, dan membuka peluang dan memberikan kemampuan kepada individu untuk menjadi produsen berita, dengan membagikan informasi mereka sendiri.

    Sayangnya, muncul tantangan baru seperti adanya penyebaran berita palsu (hoaks) dan kurangnya kepercayaan terhadap sumber berita. Oleh karena itu, penting untuk menjadi konsumen berita yang cerdas. Caranya dengan memverifikasi informasi sebelum mempercayainya dan mengandalkan sumber berita yang terpercaya.

    Bagaimana cara IDN menyaring berita hoax? 

Sebagai aplikasi news aggregator, liputan sumber berita IDN berasal dari IDN Media network yaitu IDN Times, Popbela, Popmama, Duniaku melalui akurasi dan kualitas berita yang sangat baik. Pentingnya kurator yang berkualitas, disadari oleh IDN App.

    Saat ini, IDN Media telah mengoperasikan 2 aplikasi yaitu IDN App dan Yummy App, dan beberapa media digital serta agensi.

    6 media digital di bawah IDN Media, yaitu IDN Times, Fortune, GGWP.ID, Duniaku.com, Popmama.com, dan Popbela.com. Selain itu ada agensi digital yaitu IDN Creative, agen pemasaran pengalaman yaitu IDN Event, dan platform pemasaran kreator: IDN Creator Network.

    IDN Media juga dibantu oleh media out-of-home terprogram yaitu IDN Programmatic OOH, perusahaan film berbasis teknologi seperti IDN Pictures. Untuk sumber atau fact-tank independen ada IDN Research Institute, dan organisasi sosial nirlaba yang menaungi di bawah payung IDN Foundation.

    Sebagai platform yang juga memperhatikan selera milenial, di tahun 2019 IDN Media resmi mengakuisisi dua media lain yaitu ggwp.id (multi-platform esports) dan duniaku.com (Anime and Game Culture Media).

Kenapa IDN App berbeda dari media lain? 

    Bernaung di bawah IDNtimes, ternyata para kurator di IDN App juga  memasukkan unsur kreatif ke dalam berita. 

    Misalnya, jika di media lain membahas motif pembunuhan Mirna, IDNtimes membandingkan kasus Mirna ini dengan kasus pembunuhan dengan sianida yang ada di komik Detektif Conan volume 26. 

“Nilai tambah kami bukan dari kecepatan, tetapi dari sisi kreatif. Konten-konten yang kami buat sifatnya lebih ke sisi kreatif. Seperti kasus Mirna. Yang kami bahas bukan motif dan kronologi, tapi kesamaan yang ada di komik Detektif Conan yang sama-sama menggunakan kopi bersianida sebagai alat pembunuhan. 
Lalu kami tulis surat terbuka ke Menteri Yohana karena menyalahkan orang tua Yuyun ketika kasus pemerkosaan Yuyun terjadi. Surat terbuka seperti ini membuat para generasi z dan z ikut menyuarakan pendapatnya,” jelasnya.

IDN App, Surga Kreator  Konten dan Streamer Milenial

Berbagai virtual gift yang bisa kita berikan untuk para streamer favorit (Foto: Dok. IDN Live)


    Sejak mula, IDN App ternyata menyiapkan platform ini tak hanya untuk para viewers atau penonton, tapi malah mengajak milenial untuk ambil bagian menjadi konten kreator atau live streamer untuk mendapatkan uang tunai.

    Untuk menjadi streamer, caranya gampang banget. Cukup pilih menu Live Streaming di website live streaming dan mulai sesi "Live" di Live Room. Menariknya, IDN Live ini juga dilengkapi fitur keren seperti mengirimkan virtual gift untuk para streamer favorit.

    Tentu saja bentuk apresiasi kita kepada para streamer ini, membutuhkan banyak gold untuk ditukarkan menjadi virtual gift.  Nah, kita dapat melakukan top up atau membeli sejumlah gold sesuai kebutuhan, dengan pembayaran
melalui Indomart, Shopee pay, GoPay, OVO, DANA, kartu debit, atau kartu kredit.

    Nilai top up gold mulai 13 ribu rupiah untuk 6 gold, 30 ribu rupiah untuk 14 gold, hingga satu juta rupiah untuk 600 gold. Kemudahan pembayaran top up gold ini dilakukan melalui merchant yang sudah bekerjasama dengan IDN. 

    Untuk kamu yang tak bisa streaming, jangan kuatir. Kamu bisa menulis dan  menerbitkan tulisanmu di IDN App. Jika ada yang membaca tulisanmu, maka akan mendapatkan poin yang bisa di-redeem menjadi uang tunai.

    Caranya sangat mudah, setelah mengunduh IDN App, daftar di aplikasi IDN App melalui Gmail, Facebook, atau Email, dan tadaaaa.... kita tinggal menulis saja. Klik ikon pensil yang ada di bagian tengah aplikasi. Kamu akan masuk ke laman penulisan community writer. Tentu saja, tulisan yang masuk harus memenuhi syarat ketentuan IDN App dan lolos kurasi dari tim IDN.

    

Fitur IDN App, Situs Baca Berita Kekinian dan Terpercaya


Tampilan newsfeed yang simpel dan jelas

    Dengan tampilan yang sangat user friendly, dan... tanpa iklan pop-up yang buatku mengganggu, IDN App memudahkan mengakses berita, IDN Live, atau mengikuti quiz yang tersedia. Nah, kita list apa saja kelebihan IDN App ini ya!

    Saat pertama kali membuka aplikasi, pengguna akan disuguhi newsfeed dengan navigasi scroll. Ini adalah keunggulan pertama yang dimiliki oleh IDN App. Kita jadi tak perlu repot-repot klik untuk memproses deretan berita berikutnya. semua berita populer, terbaru, dan pilihan redaksi tersajikan dalam satu newsfeed.

    IDN App menyajikan news update terlengkap, berita Indonesia regional, berita bola, bisnis ekonomi, parenting, anime, manga, otomotif, sport, travel, tech/teknologi, life, health, food, science, grooming men, quiz, dan lainnya!

    Tampilan depan, mengemukakan semua kejadian di sekitar kita, seperti  kategori bisnis ter-update, ekonomi pemerintah, dan keuangan dunia. Selain itu, ada berita olahraga terkini, beserta highlight pertandingannya seperti Liga Indonesia, EPL Liga Inggris, Serie A Liga Italia, LaLiga Spanyol dan Liga Champions. 

    Untuk bagian hiburan, ada berita teknologi terkini berisikan review gadget, review game, dan tak lupa untuk para penikmat drakor dan boyband!

    Karena detail, maka aku akan jelaskan apa saja 5 Menu Utama yang bisa kamu nikmati pada saat membuka aplikasi IDN App. Yuk!

5 Menu Utama IDN App

Ada 5 menu yang ada di dalam IDN App, yaitu : 
  • Home, Explore, +, Notification, dan Profile. 

Menu Home

    Tiga submenu di dalam Menu Home, memudahkan kita menikmati berita aktual yaitu Berita, IDN Live, dan Quiz. 
  • Submenu Berita menampilkan berbagai macam informasi trending dan terkini, seperti info tentang mudik lebaran yang sedang trending dan berbagai info terbaru seputar politik, kriminal, kesehatan, sosial, dan sebagainya.
  • Submenu IDN Live merupakan fitur terbaru dari IDN App yang memungkinkan pengguna untuk menonton video live dan melakukan live streaming. 

  • Submenu Quiz menampilkan hiburan yang dikemas dengan pertanyaan, pengguna cukup menjawab pertanyaan tersebut dan kemudian dapat melihat hasilnya. Ada berbagai macam kuis pada submenu ini, antara lain kuis psikologi, kesehatan, mental, dan sebagainya.

Menu Explore

    Pengguna bisa melihat event dan promo yang sedang diadakan oleh IDN App di Menu Eksplore, dan bisa mendapatkan hadiah menarik yang ada pada event tersebut. Selain itu, kalian juga bisa menonton film gratis. 

    Platform terhubung di Menu Eksplore, disesuaikan dengan minat pengguna, yaitu IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, IDN Times Jabar, IDN Times Jatim, IDN Times Sumut, IDN Times Sulsel, IDN Times Jateng, IDN Times Jogja, IDN Times Kaltim, IDN Times Sumsel, IDN Times Lampung, IDN Times Banten, IDN Times Bali, dan Duniaku.com. 

    Ada juga berbagai topik lengkap yang bisa dipilih oleh pengguna, yaitu News, Viral, Bisnis, Parenting, Beauty, Food, Life, Sports, Korea, Relationship, Kesehatan, Travel, Fashion, Otomotif, Geek, Tech, Fiksi, Science, Hiburan, Movie, Opini, E-Sports, dan Zodiak. Pokoknya, pengguna bisa mencari berbagai informasi melalui menu ini.

Menu +

    Konten kreator dan pengguna bisa memanfaatkan Menu + untuk membuat berita atau informasi hiburan yang dapat dibaca oleh pengguna lain. Ada berbagai komponen untuk membuat berita di IDN App, antara lain topik, judul, cuplikan, gambar, dan paragraf. Semua komponen tersebut dikemas dalam sebuah Section, dan pengguna dapat menambah Section baru pada sebuah berita. 

    Berita yang sudah ditulis akan diperiksa terlebih dahulu oleh sistem artificial intelligence dan tim editor redaksi sebelum diterbitkan, hal ini sangat baik untuk menghindari berita bohong atau hoax. Maka dari itu, sebelum menulis berita di IDN App, silakan baca terlebih dahulu Panduan untuk Penulis.

Menu Notification

    Untuk para pejuang cuan, Menu Notification ini pasti menu yang ditunggu dan paling sering dilihat. 

    Ya, karena Menu Notification menampilkan semua informasi tentang tulisan yang pernah dibuat oleh pengguna, seperti informasi tentang tulisan berita, tanya jawab, dan jawaban yang pernah ditulis pada pertanyaan pengguna lain! Point yang didapatkan dari menulis berita, dapat ditukar dengan uang, gaes.. yuk ah, rajin-rajin menulis di IDN App!

Menu Profile

    Ibarat sebuah rumah, maka beranda rumah adalah Menu Profile yang menampilkan berbagai informasi seputar akun pengguna, seperti nama, info followers, jumlah IDN Point, jumlah Gold dan sub Menu Kreator. 

    Menu Kreator akan menampilkan informasi seputar tulisan yang pernah dibuat dengan lengkap. Pada sub Menu Kreator, pengguna bisa melihat Draft tulisan, tulisan yang sedang dimoderasi, tulisan yang harus direvisi, tulisan yang sudah terbit, dan tulisan yang ditolak. 

    Pengguna juga bisa melihat Panduan Menulis di sub Menu Kreator, sebelum memulai menulis agar tulisan sesuai dengan kaidah yang sudah ditentukan. Fitur untuk menulis Tanya Jawab juga terdapat pada submenu ini, sehingga pengguna bisa menulis pertanyaan untuk selanjutnya dijawab oleh pengguna lain.

Apa Fitur Kesukaanku?

    Selain beberapa keunggulan lain di atas, aku juga suka fitur baca artikel yang lebih beragam di IDN App. Karena aku bisa menyimpan atau bookmark artikel untuk dibaca lagi. Caranya mudah. Klik ikon di pojok kanan bawah, sehingga kita hanya perlu membukanya di bagian profil.

    Buatku, si tukang baca berita, night mode adalah fitur yang tersedia di IDN App dan memudahkan saat berada di dalam ruangan. Menggunakan fitur night mode memberikan tampilan latar belakang gelap dengan tulisan berwarna putih, jadi tidak silau di mata. 

    Baca berita terus, ngga takut kehabisan kuota? Haha ... nggak lah. Aplikasi IDN App yang digunakan selama kurang lebih satu jam menghabiskan kuota yang terpakai hanya 10,5MB saja.

    Nah karena aku juga pejuang cuan, penting untuk mencari fitur  yang memudahkan untuk redeem dan klaim poin. Cukup masuk ke profil, kemudian klik tombol Redeem. Setelah itu, admin akan memprosesnya agar uang segera masuk ke rekeningku!


    Nah itu tadi pengalaman singkatku bersama IDN App yang menyenangkan dalam mengaksesnya. Overall, seluruh fitur mudah dioperasikan, dan navigasinya lancar jaya. Tampilannya juga ngga bikin pusing. 

    Ngga ragu lagi kan, untuk mengunduh IDN App secara gratis di Play Store dan App Store? Untuk 
Gen Z yang inspiratif, IDN App mengajak generasi muda agar selalu update dengan hal-hal terkini dan menambah pengetahuan melalui cara menyenangkan. 

    Jangan sampai ketinggalan informasi penting, join dan cari cuan dengan bergabung bersama IDN Media serta menjadi bagian dari generasi muda positif dan kreatif di Indonesia!

Cek informasi terkini IDN App di Media Sosial :

Instagram : https://www.instagram.com/idn_app/
Tiktok : https://www.tiktok.com/@idn.app

48 komentar

  1. Penasaran sama tulisannya yang viral, isinya apa, ya? Hehe

    Btw, IDN salah satu media berita yang saya follow akun medsosnya. Termasuk media yang bisa dipercaya dan berbobot di tengah-tengah banyak media yang punya prinsip "asal ada berita"

    Sukses selalu IDN. Salut sama foundernya masih muda belia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahun 2014 itu ada beberapa konten viral ya, hehehe aku juga jadi penasaran apa ya yang beliau tulis

      Hapus
  2. Membaca informasi berita mulai dari koran sampe saat ini terus berkembang sesuai dengan teknologi, apalagi keberadaan IDN App dengan CEOnya yang unyu2 cucok buat para milenials, makin mempermudah akses informasi dimanapun dan kapanpun.
    Aku suka baca juga di Appnya, soalnya terpercaya dan berbobot banget, plus kreatif cara penyajiannya ya Makneng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wwkkwkwk kok aku ngakak baca CEOnya yang unyu2 cucok buat para milenial...teh Nchie nih!

      Hapus
  3. Baca berita sekarang sudah tak perlu ribet lagi dengan membeli surat kabar ya mbak. Menurut saya IDN App ini sangat praktis dan user friendly untuk dibaca semua kalangan, bahkan lansia sekalipun

    BalasHapus
  4. "The voice of Millennials and Gen Z". Positioning banget jargon nya. Karena memang platform media serta berita kekinian memang lahir dari kedua generasi ini. Semua serba on-line, paperless dengan tangkapan berita yang selalu up-to-date dengan rentang spesifikasi yang sangat beragam. Keren lah IDN.

    BTW, setiap melewati area Gatot Subroto, aku selalu lihat kantor mereka yang megah dan mentereng. Bukti kesuksesan yang tidak main-main. Apalagi investornya sudah bejibun. Kebayang, mungkin tak lama lagi mereka akan go publik dengan saham yang melantai di bursa saham BEJ.

    BalasHapus
    Balasan
    1. widiiih tidak menutup kemungkinan!
      terus aku jadi bayangin salah satu anakku kerja situ uwuuuw...

      Hapus
  5. Ooooww ternyata ada 6 media digital yang terpercaya sebagai sumber berita dan informasi terkini ya. Jauh-jauh deh kita dari berita hoaks. Senangnya dengan aplikasi ini kita jadi lebih mudah dan cepat tahu berragam informasi secara online, ga seperti dulu bacanya dari koran. Begitu ternyata ya caranya bookmark artikel yang nanti kepengen dibaca lagi...sip mak Tanti makasih sharing-nyaaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca koran dan majalah itu buatku menyenangkan sih, teteuup tapi karena sekarang kok kayaknya waktu bisa menyempit gitu, mau tak mau pindah paperless

      Hapus
  6. dulu bapak rajin banget langganan koran, sekarang jadi makin ringkas dan cepat baca berita dan nggak kemakan hoaks kalau mengandalkan berita dari grup WA, nah idn app makin lengkap nih, bisa juga jadi kreator ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kangeeeen sama tukang koran bawa koran yang baunya wangi itu

      Hapus
  7. Aplikasinya menarik. Perlu banget kita punya media informasi online yg terpecaya di era banyak hoax hehe. Salut dengan cara IDN App Menyajikan Berita Terlengkap dan Terpercaya.

    BalasHapus
  8. Kalau nyari yang mengutamakan kecepatan berita, ada di web sebelah. Untuk berita mendalam atau ulasan dari sudut pandang berbeda, ke web lain. Jadinya saling melengkapi. Tapi memang paling kesel dengan berita hoax.

    BalasHapus
    Balasan
    1. web sebelah sana itu beda poin eh beda sudut pandang pula yaaa

      Hapus
  9. Nggak kebayang dulu media koran pertama kali itu berupa batu, lalu berkembang dengan menggunakan media kertas. Sekarang baca koran udah bisa pakai platform dari smartphone. Pun kalau tiap Minggu beli koran mesti ditanya 'nggak baca aja dari HP, Mba?' :-D
    Apalagi sekarang ada IDN yang juga menyediakan app dengan akses yang super mudah dan simpel ya Mba, no ribet-ribet tapi tetap update..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahhaa kebayang ga sih kita kembali ke jaman batu itu? mo denger berita baru ya harus rela jalan ke alun alun!

      Hapus
  10. Sangat bangga pada pencapaian Winston Utomo dan saudaranya, William Utomo
    Setiap waktu selalu memunculkan inovasi baru
    IDN App memberi solusi pada masyarakat yang butuh informasi
    Namun sitkon menyulitkan untuk duduk manis baca surat kabar kertas sambil nyruput kopi

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahahahaa ambuuuu... tosss
      drakor drakor drakor

      Hapus
  11. Dengan adanya IDN dapat membantu para penulis untuk lebih maju dalam menuangkan tulisannya mulai dari generasi milenial dan Z untuk memberikan pengalaman mereka di dalam tulisan yang keren

    BalasHapus
  12. Saya suka dengan fitur IDN Live, ada banyak pilihan live yang bisa diikuti. Terus kita juga bisa interaksi di stream chat yang disediakan

    BalasHapus
  13. Aku baru tahu kalau ternyata Yummy app itu aplikasi yang dijalankan sama IDN,
    Soalnya juga gunain aplikasi ini buat cari inspirasi masak memasak

    BalasHapus
  14. Sekarang enak ya bisa dapat info berita dan hiburan sekaligus dalam satu aplikasi, salah satunya aps IDN ini. Enak kalau tampilannya tanpa iklan ya mak jadi enggak ganggu pas lagi baca atau nonton :D

    BalasHapus
  15. Iya ya, jadi ingat dulu orang pakai batu sebagai wadah untuk jadi koran, terus beralih ke kertas dan sekarang dari aplikasi kayak IDN. Zaman terus berkembang ya.

    BalasHapus
  16. benar banget, IDN ini media yang lain dari pada yang lainnya. Selain berita yg disajikan trusted, memberikan banyak pelaung bagi para kreator konten untuk nambah portofolio, bisa banget

    BalasHapus
  17. IDN App selalu bisa menjawab pertanyaan anak muda sekarang.
    Sejujurnya, aku gak instal aplikasinya pun tetap membaca berita di IDN melalui websitenya. Dan sangat senang ketika IDN selalu tau apa yang aku butuhkan. Sesimple menyediakan quiz iseng-iseng tentang band Kpop kesenanganku. Ini keren siiih.. mereka punya tim kreatif yang mengolah data dan berita menjadi sebuah fakta yang layak disajikan kepada masyarakat cerdas Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi kyk aku mbak, soalnya kalau baca2 gitu emang lebih suka di layar lebar. Tapi adanya aplikasi sangat membantu lho pas di jalan kyk naik KRL gtu misalnya sambil apdet berita dan baca2 info hiburan lainnya.

      Hapus
  18. Yaampun aku antusias banget baca ini lho oma, menarik banget ngeliat perkembangan media gini. Dari yang awalnya ditulis pada batu setiap hari (effort banget banget sih ini ya mahatin batu gitu) sampai sekarang gampang banget didapat dan banyak yang bisa disampaikan juga beritanya dalam satu genggaman.

    Walau begitu, emang rawan hoax sih ya berita jaman sekarang. Dengan adanya fitur anti hoax ini jadi membuat pengunjung IDN lebih tenang sih karena jadi bisa terlindung dari berita berita yang gak bener dan merugikan.

    BalasHapus
  19. Dari batu, daun lontar, kertas dan sekarang digital, berita selalu jadi kebutuhan kita ya Mbak. Memenuhi kekepoan kita terhadap kejadian, peristiwa dan kisah orang-orang, medianya akan selau berubah mengikuti logika zaman. gak kebayang gimana dulu orang-orang melukis batu utk menuliskan berita. Tapi apapun lah media,ua, aplikasi macam IDN ini sangat membantu mensuplai beragam berita yang kita butuhkan. Praktis banget dalam satu aplikasi banyak saluran...

    BalasHapus
  20. Wah, panjang perjalanan berita ya, TFS Mak Tanti!
    Btw, salut pada founder IDN..idenya keren!
    Memang ya baca artikel di IDN tuh beda, karena ada unsur kreatif di sana. Mudah diakses fitur-fiturnya beraneka pula ragamnya.

    BalasHapus
  21. Biasanya baca berita dari link di sosmed, tapi kalau sudah punya IDN apps gini tuh lebih enak lagi ya mak. Apalagi juga ada live streamingnya juga, tidak hanya membaca berita saja, tetapi bisa sekalian menonton juga ya.

    BalasHapus
  22. Pas baca ini aku baru ngeh Mbak kalau ternyata prasasti yang ada tulisan-tulisan gitu adalah awal mulanya surat kabar ya?

    BalasHapus
  23. IDN tau banget minat literasi generasi masa kini seperti apa.
    Sehingga berita yang ditulis pun menjadi mudah dipahami dengan tetap berpegang teguh pada fakta.
    Termasuk aku ketika cari bacaan mengenai kpop dan drama, IDN juga lengkap menyajikannya.

    BalasHapus
  24. Dulu berita diakses via Koran, radio ama televisi. Sekarang zaman udah semakin berkembang, udah zamannya serba digital. Dengan Adanya IDN App lebih praktis lagi buat cari berita yang terpercaya

    BalasHapus
  25. Bangga banget sejak kenal IDN Media sampai IDN App terus berkembang dan berinovasi ya, keren sekali App ini membantu ibu rumah tangga banyak berita dan cari cuan ya

    BalasHapus
  26. Wah kece banget nih IDN Times, ternyata bermula dari 1 situs kecil yaaa.. yang kemudian jadi besar dnegan kekuatan media sosial jugaaa.. Nggak nyangka bisa sampe sebesar sekarang ini yaaa

    BalasHapus
  27. Sekarang udah zamannya berita digital dan aku pun pakai itu. Baru tahu juga kalau ada banyak media digital di bawah IDN Media. Biasanya suka baca Popbela. Kaya anak muda banget gitu sih

    BalasHapus
  28. bener deh mba, era teknologi secanggih sekarang ini sungguh memudahkan kehidupan dan banyak informasi yang bisa didapatkan dengan cukup scroll ke atas aja

    BalasHapus
  29. Zaman sekarang udah agak susah nemuin surat kabar. Kantor aku aja udah gak langganan lagi. Udah beralih ke aplikasi kayak IDN ini kalo mau update info atau berita. Efektif juga dan gak bikin pohon gundul

    BalasHapus
  30. IDN app portal berita yang mengikuti perkembangan jaman tapi bukan hoax insya Allah terpercaya. Jadi inget jaman dulu membaca berita melalui berlangganan surat kabar atau koran...Jaman sudah berubah yaa dan surat kabar cetak mulai bergeser menjadi online.

    BalasHapus
  31. Keren sekali ya Mak aplikasi IDN Media ini. Jadi enggak ada lagi tuh kalimat "Aku ga tahu apa yang update sekarang." karena semuanya bisa diperoleh di aplikasi ini

    BalasHapus
  32. Sungguh kuterpukau dengan tulisan emakku yang satu ini. Mulai dari Acta Diurna sampai jurnalistik era digital. Lengkap!! Suka banget sih IDN ini isinya anak-anak muda yang visioner dan memiliki keinginan besar terhadap pemberitaan yang bebas hoax.

    BalasHapus
  33. Dahlah keren banget nih IDN semoga bisa memberikan berita benar terus tiap hari agar kita tidak terus menerus disuguhkan dengan berita tidak benar atau hoax

    BalasHapus
  34. ini adalah satu-satunya aplikasi berita yang masih bertahan di handponeku, suka saja sama fitur-fitur beritanya. bahkan kadang kalau lagi tak ada kerjaan saya ikutan main kuis, padahal sudah tahu saja jawabannya apa. Sereceh itulah diriku hahahaha.

    BalasHapus
  35. IDN times ini go bigger setiap waktu. Salut sih aq karena mereka diferesiansi nya makin lama makin banyak. Dan merangkul ke berbagai sasaran pembaca

    BalasHapus
  36. Keren sih ini, banyak fitur, sampe dibikin AI untuk filter berita hoax..tp saya belum coba,hehee

    BalasHapus
  37. wow cerita yang panjang Mak Tanti hingga akhirnya ketemu sama IDN App yah :) memang fiturnya andalan banget bantu buat baca berita makin mudah

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)