Thursday, November 2, 2017

MENARIK PEMBACA DI AWAL KALIMAT

Sumber foto : 
blog.livedoor.jp

Kalau dilihat dari judulnya, so pasti sudah kebayang apa yang bakalan saya posting hari ini, bukan? Bukaaan. 


Baiklah, tetep saya posting *nekad.

Apa yang kita harapkan kalau melihat sebuah buku?
Kalau saya, pasti yang pertama saya lihat JUDUL-nya.

Lalu? 


ILUSTRASI SAMPUL tentunya. Kalau sampul depannya horror, 100% dengan percaya diri saya taruh kembali, dan gak akan balik lagi ke koridor tempat buku tersebut diletakkan.

Udah dua, ya. Ketiga, tentu saja KALIMAT PEMBUKA. The First Sentences istilah kerennya. Lah iya, buat saya yang notabene berkantong pas-pasan (pas mau beli pasti ada duit, pas mau jalan jajan pasti lagi ada duit) saya gak rela kalau saya beli buku yang tidak terlalu menarik.

Mau bukti? Dulu, waktu kuliah saya ga bakalan menyentuh diktat Statistik atau Ekonomi atau Fisika (lah..semua itu mah ^_^) yang sampulnya bored gitu. Mending saya fotokopi catetan temen deh.

Eh, balik lagi.. lihat gambar di atas, kan? Saya juga maunya begitu. Buat saya, buku tuh gerbang menuju satu dunia baru yang menyenangkan. Jadi kalau di pintunya saja sudah tidak menyenangkan, yaa.. saya balik lagi dong.

Sumber : catchingthetradewinds
If the real world were a book, it would never find a publisher. Overlong, detailed to the point of distraction—and ultimately, without a major resolution. 
Nah, ini beberapa kalimat pembuka yang ada di dalam beberapa buku di perpustakaan saya :
  • Pagi itu, waktu aku masih kecil, aku duduk di bangku panjang di depan sebuah kelas. Sebatang pohon filicium tua yang rindang meneduhiku. Ayahku duduk di sampingku, memeluk pundakku dengan kedua lengannya dan tersenyum mengangguk-angguk pada setiap orangtua dan anak-anaknya yang duduk di bangku panjang lain di depan kami. Hari itu adalah hari yang agak penting : hari pertama masuk SD.

    (Laskar Pelangi – Andrea Hirata)
  • Cerita berawal dari sebuah tongkrongan lima orang yang mengaku “manusia-manusia agak pinter dan sedikit tolol yang sangat sok tahu” yang sudah kehabisan pokok bahasan di saat-saat nongkrong sehingga akhirnya cuma bisa ketawa-ketawa.

    (5 cm. – Donny Dhirgantoro)
  • Pagi memang selalu indah, saat matahari tersenyum malu sambil memandangi kecantikan mawar putih yang masih tertidur. Wajah mawar putih bahkan sampai memerah karena terlalu lama terpanggang matahari yang tak mau beranjak karena kekagumannya.

    (Love Asset – 16 WSC’s Writers)
  • Tengah hari ini, kota Cairo seakan membara. Matahari berpijar di tengah petala langit. Seumpama lidah api yang menjulur dan menjilat-jilat bumi. Tanah dan pasir seakan menguapkan bau neraka.

    (Ayat-ayat Cinta – Habiburrahman El Shirazy)
  • Daratan ini mencuat dari perut bumi laksana tanah yang dilantakkan tenaga dahsyat kataklismik. Menggelegak sebab lahar meluap-luap di bawahnya. Lalu membubung di atasnya, langit terbelah dua……

    Dan di sini, di sudut dermaga ini, dalam sebuah ruangan yang asing, aku terkurung, terperangkap, mati kutu.

    (Sang Pemimpi – Andrea Hirata)
  • Sukorejo terguncang. Dini hari yang beku dan dingin tersibak gemuruh tambur dan gendang yang meningkahi suara shalawatan sepanjang jalan setapak. Puluhan obor bambu membakar langit, menyibak pekatnya jalanan tak berpenerangan.

    (Bahwa Cinta Itu Ada – Dermawan Wibisono)
  • Would I say that I love my job? Kalau harus menjawab sekarang, mungkin aku harus menjawab, with all due respect, not really.Tidak di saat aku sedang mengenakan stiletto hitam tujuh senti, pencil skirt hitam. Dan blus hijau terang berleher V, duduk di jok belakang empuk sebuah Camry hitam yang meluncur halus.

    (a very yuppy wedding – Ika Natassa)
  • Primus berjalan dengan langkah-langkah gagah di trotoar sepanjang Jalan Sudirman. Banyak orang berkeliaran pada jam-jam makan siang seperti ini. Hari ini adalah hari yang benar-benar menyebalkan. A hell day. Hari sialan.

    (The (un)reality Show – Clara Ng)
  • Juli menyeret langkahnya yang berat. Sudah pukul sembilan malam, terdengar suara dentang lonceng penunjuk waktu dari ruang tengah. Belum terlalu malam, tapi seluruh tubuhnya seperti gepeng ditekan setrika panas.

    (tiga venus – Clara Ng)

See? 

Kalimat-kalimat pembuka itu menarik, bukan? Memancing rasa ingin tahu. 
Ada apa ya selanjutnya? 

Dalam sebuah sesi pelatihan bersama Ary Nilandari, seorang penulis cerita anak terkenal sekaligus editor yang teliti, beliau menyebutkan bahwa :
Kalimat pembuka yang penting adalah memberikan poin yang menarik. Hook agar pembaca ingin tahu lebih jauh.
Siapa nih yang berbicara, kok hidupnya pendek? Misalnya : Kenapa neneknya gila, pamannya koma, dan ayahnya lari?

Contoh kalimat awal lain yang membuat pembaca bertanya-tanya dan membaca terus.

1. Malam ini perburuan Snart dimulai. (Snart itu apa/siapa ya? Kenapa diburu? Oleh siapa? )
2. Kukira aku pingsan cukup lama karena ketika tersadar, aku mendapati jamur-jamur ungu tumbuh di sela-sela jemariku. (kira2 apa yang akan ditanyakan pembaca?)
So, enjoy your night finding what's interesting from your story.
thanks (^_^)

17 comments:

  1. Maryam mampir mba...^^ <3
    makasih tulisannya cukup menginspirasi.

    ReplyDelete
  2. Dhiya Maryam, makasih udah mampir ^_^ salam kenal yaa

    boleh tinggalkan alamat blog-nya buatku berkunjung?

    ReplyDelete
  3. Hi, yup this piece of writing is actually nice and I have learned lot of things from it concerning blogging.
    thanks.

    Also visit my site ... lanyards personalizatti

    ReplyDelete
  4. Com a dieta low carb isso nao acontece.

    ReplyDelete
  5. Quais as suas dicas Ԁe cartoes de visitas?

    ReplyDelete
  6. Ideal e' fazer lanches nutritivos entre uma e outra.

    ReplyDelete
  7. We are a group of volunteers and opening a brand new scheme
    in our community. Your site offered us with valuable info to work on. You've performed a formidable task
    and our whole community can be grateful to you.

    ReplyDelete
  8. Excellent blog post. I absolutely love this website.
    Stick with it!

    ReplyDelete
  9. Its like you learn my thoughts! You seem to know a lot
    about this, such as you wrote the e-book in it or something.
    I think that you just could do with some % to force the message house a little bit, however other than that,
    that is fantastic blog. A great read. I will certainly be back.

    ReplyDelete
  10. I quite like reading a post that will make men and women think.
    Also, many thanks for permitting me to comment!

    ReplyDelete
  11. Wees(brom)fietsen en -scooters maximaal 6 weken.

    ReplyDelete
  12. Thank you for the good writeup. It in fact was a amusement account
    it. Look advanced to far added agreeable from you!
    However, how can we communicate?

    ReplyDelete
  13. Hi, I desire to subscribe for this web site to
    take most recent updates, thus where can i
    do it please help out.

    ReplyDelete
  14. I have to thank you for the efforts you've put
    in writing this site. I'm hoping to see the same high-grade blog posts from you in the future as well.
    In truth, your creative writing abilities has motivated me to get
    my very own website now ;)

    ReplyDelete
  15. I really love your blog.. Excellent colors & theme.

    Did you build this site yourself? Please reply back as I'm hoping to create my very own site and would like to learn where you got this from or exactly what
    the theme is named. Kudos!

    ReplyDelete
  16. Superb, what a weblog it is! This website provides useful information to
    us, keep it up.

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^

Jika ada pertanyaan pribadi silakan email amelia_tanti@yahoo.com