Thursday, November 23, 2017

#KEBIntimate, Sinergi Blogger Wanita


Dunia blogging melesat secepat kilat. 
Sejak pertama kali bergabung ke dalam komunitas blogger akhir tahun 2012 lalu, saya mendapat banyaaaaak.. sekali pengalaman, job hingga kesempatan. 

Saya pertama kali join di komunitas itu yang beranggota perempuan dan laki-laki. Tak lama, sekitar 2 - 3 bulan kemudian, saya kenal dengan KOMUNITAS EMAK BLOGGER yang anggotanya perempuan semua. Semua anggotanya dipanggil Emak. Hi hi.. lucu, yaa!

Wah, rasanya senang sekali!
Berbeda dengan rumah sebelumnya yang pengurusnya (baca : admin) galak, sedikit-sedikit menegur, rumah KEB ini rumah yang hangat. Anggota dan pengurusnya ramah dan merangkul anggotanya. Belakangan, saya baru tahu bahwa admin yang mengkoordinir event di grup sebelah ini memang ... rrr... *tiit, sensor*

Saya mendaftar ikut ke acara dan kemudian di-approval, pertama kali oleh mak Indah Julianti Sibarani. Sejak itu, saya ikut ke dalam berbagai event yang diselenggarakan oleh KEB.  


Masuk ke dalam Komunitas, mau tak mau saya jadi belajar banyaaaak sekali! Hebatnya, emak-emak ini sangat luar biasa. Sangat jauh berbeda dengan emak-emak yang selama ini saya kenal di lingkungan mana pun. Bayangkan, perempuan as a blogger itu, lebih mendekati para penulis - jurnalis - IRT -ahli IT dijadikan satu!

Salut dengan founder Emak Blogger; Mira Sahid dan Indah Juli beserta jajaran admin lainnya! Masih muda-muda, tapi ilmunya... ck ck ck...





Seiring waktu, saya juga berkenalan dengan perempuan blogger hebat lainnya. Semua sekarang disebut dengan seleb blog atau selebriti blogger. Ada Haya Aliya Zaki, Shinta Ries, Sumarti Saelan (sekarang ketua KEB), Echa Imutenan, Elisa Koraag, Ani Berta, dan lain-lain. 

Ada yang lebih hebat lagi, beliau bernama Bunda Yati Rachmat. Kenapa saya sebut hebat? Karena beliau satu-satunya blogger dengan usia di atas 70 tahun yang masih aktif! Baik aktif ngeblog, juga datang ke event. Saya pernah merasa bersalah, waktu itu ... hiks.. salah menyebutkan dengan detail nama tempat, dan beliau nyasar naik metromini! Alamak! 

Kemudian, saya "berkenalan" dengan blogger-blogger hebat lainnya yang dunianya beyond of your imagination. Ada mbak Wiwik Wae, Simbok Venus, Alodita, Nunik Tirta, Zata Ligouw... ah, banyaklah!
Itu sebabnya, ketika pertama kali ditanya; SIAPA BLOGGER FAVORITMU?
Saya jawab, tidak ada. Semua hebat. Saya suka semuanya. 
As a blogger, as a person.
Mungkin, diantara ketidak sempurnaan sebagai manusia, Tuhan titipkan 10 persen kelebihan saat ia memutuskan untuk menjadi blogger ya.. 
Kelebihan blogger yang tidak ada di tempat lain adalah rasa kebersamaan - empati - simpati mereka yang tinggi. The beauty of blogging namanya.

Blogger itu berbeda dengan jurnalis!

Yes, pekerjaannya sama- sama nulis, memang. Yang membedakan? Kontennya! Content is the king! Kata para seleb blog. 

Dengan konten yang baik, maka pundi-pundi rejeki pun masuk dan mengucur deras.. ahahaha.. asal diikuti dengan DA-PA tinggi, alexa rank (eh sekarang udah ngga terlalu sih..), google analytic, tulisan terindex SEO bla bla blah.. 

Walopun jurnalis lebih pintar, runtut dan terarah, tapi blogger memiliki sesuatu yang tidak dimiliki jurnalis, yaitu menulis berdasarkan experience dan kehidupan sehari-hari. 

Blogger memang tidak memiliki aturan baku. Ada yang nulisnya pake warna-warni dan dengan bahasa elo - gue, ada juga yang lebih baku. Ini tuh, biasanya basic-nya dulu ya emang penulis... ketahuan kok!

Hebatnya lagi, blogger dituntut memiliki nieche pada blog, walo pun ada juga yang isi blognya campur-campur, istilah kerennya lifestyle blogger seperti saya *tsah...

Oya, saya juga terjun total sebagai admin Komunitas Emak Blogger periode tahun 2014 - 2016. Saya memutuskan kemudian tidak terlalu terjun ke dunia blogging karena basic saya memang doodler dan illustrator. Dan jadi ilustrator itu membutuhkan waktu dan tenaga yang juga tidak sedikit. 

Saya takut, kegiatan saya akhirnya memberatkan komunitas, karena sebagai team inti, seharusnya saya kan terjun total yaaa.. lah, kalo setiap ada tugas, saya lelet gimana? Kasian anggotanya dong! Nah, ini sekalian menjelaskan kenapa saya akhirnya walk out dari jajaran admin KEB #curcol #yabiarin #bloggueini #pow!


Saat ini, selain KEB ada banyak sekali komunitas blogger lain. Ada BlogCamp,  Warung Blogger, Blogger Perempuan, Kelas Blogger, Indoblognet, Blogger Crony, Blogger Cihuy, Indonesian Blogger, dan lain-lain. 

Para blogger di komunitas-komunitas ini akhirnya menjadi keluarga saya. Terbukti, saat salah satu tertimpa musibah, semuaaa ikut datang, memberikan dukungan moril amupun materiil yang tidak sedikit.

Saat kakak Naufal Arfriandi diambil Yang Kuasa 2 bulan yang lalu, yang terlintas di benak saya saat itu adalah kontak ibu saya, dan ... ketua KEB, Mak Icoel. Ya, soalnya saya ada acara bersama KEB hari itu.

Betapa terharunya saya,
malam itu juga, beberapa blogger sudah datang ke rumah duka, ada ayah Dian Kelana dan Sally Fauzi.

Pagi-pagi buta, founder KEB yang akrab disapa Makpon Mira Sahid sudah datang dan memeluk erat. Diikuti oleh mbak Haya Aliya Zaki dan Donna Imelda!

Saya tahu, rumah mereka jauuuh... tapi, subhanallah! That's what friends are for! And it's called the beauty of blogging. Jika ingat saat itu terjadi.. o my God, saat saya mengetik ini, air mata saya kembali menderas.

Tak lama, para founder pun berdatangan, belum lagi tak terhitung ratusan yang memberikan ucapan bela sungkawa melalui whatsapp, messenger, akun facebook, instagram, twitter.. Subhanallah! Merinding kalo ingat... 

Terimakasih tak terhingga untuk semuaaaa.. sahabat blogger di manapun kalian berada. Barakallahu teman-teman semua... I love you all..

KEB Intimate
Mendjangan - Kemang, 17 November 2017





Undangan spesial hari itu, 
KEB Intimate, semakin menguatkan arti persaudaraan sesama blogger. KEB mengundang blogger-blogger yang juga membentuk komunitas. 
  • Blogger senior diwakili oleh Mbok Venus serta Nuniek Tirta
  • Shinta Ries & Almazia Pratita mewakili Blogger Perempuan, 
  • Wawa Raji dari Blogger Crony,
  • Nchie Hani dari Blogger Bandung, 
  • Roswitha Jassin mewakili IHB,
  • tak lupa para seleb blogger undangan seperti Erry Bibi Titi Teliti, 
  • Neng Lita dan Adisty dari Mommies Daily,
  • Retno De yang bertolak ke Qatar entah sampai kapan,
  • Katerina S si traveller yang selalu keren fotonya,
  • Dwina Yusuf, dari Asinan Blogger,
  • ada saya (^^)v
#KEBIntimate bernuansa Pelangi

Dengan dresscode 'Pelangi' aka warna-warni, 
kami semua saling chit chat, bercerita, mendengar curcol, bahkan saling mentertawakan! Ha ha ha... iya, beneran. Tidak ada kesan satu senior dan junior, dan tidak juga ada batasan si anu adalah founder itu, dan si anu adalah founder ini. Semua berbaur... tertawa bersama. 





Seru kaaan...

Apa yang ditulis seorang blogger itu memang biasanya murni dari dirinya sendiri. Semua blogger itu unik. Masing-masing punya "suara" yang berbeda.

Di dunia blogger juga banyak istilah unik, yang memang dicetuskan oleh para blogger saat ada di satu acara. Ada live tweet, live ig, hingga live blog. Ada juga quote "Jempolmu Harimaumu"

Blogger is a buzzer, yet influencer

Konten mereka diharapkan bisa menembus banyak kalangan, mempengaruhi banyak isi kepala. Itu sebabnya, jangan kaget kalau ketemu blogger yang bahasanya gahoel abis, tapi ternyata dia emak-emak berhijab panjang! Gendong anak pula, di belakang!

Menulis blog itu kadang sebuah terapi jiwa. Ngeblog bisa untuk menumpahkan curhat saat kesal atau sedih. Hebatnya, para blogger yang rajin mengikuti event dan rajin juga di komunitas, membuat curhat mereka itu dibayar. 

Mahaaal, pulak! 

Kebayang kan, curhat, sisipin backlink lalu.. triiing.. transferan masuk!

Hayo, siapa di sini para blogger yang menggantungkan hidup sepenuhnya dari ngeblog? Acung!

Psst.. Simbok Venus dan mbak Nunik Tirta itu.. penghasilannya bisa tembus sepuluh jari loh, which is bulanannya ehem.. 10 juta aja mah, keciiil...! Dengan nada becanda, Simbok Venus bilang, itu sebabnya, saat kejenuhan melanda saat ini, ia tidak lagi ngeblog, tapi jualan blogger aja! Wakakkakak....


Di akhir acara, 
kami semua ikutan dalam sesi menyenangkan : foto bersama dan foto narsis. Selain itu, juga ikutan dalam pengambilan video untuk KEB.

Selamat Ulang Tahun ke - 6 
Komunitas Emak Blogger

semoga semakin sukses, dan selalu bersinergi dengan komunitas blogger lain di manapun juga di seluruh dunia secara #KEBIntimate 
amiin...


15 comments:

  1. Serunya mbaa, ikut merasakan keakrabannya, benar-benar keindahan blogging. Bersatunya perempuan blogger Indonesia! Big big huugs...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah masih bisa merasakan dunia blogging yang keren pisaaan.. Big hug for you too Dedew

      Delete
  2. Bener-bener fun dan kaya manfaat banget acara begini ya, Mba Tanti. Ikut senang :). Semoga para blogger perempuan makin solid penuh keakraban dan jadi role model untuk perempuan Indonesia lainnya. Tetaplah menginspirasi. Peluk hangat dari Medan :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga satu saat bisa dibuat di Medan yaaa

      Delete
  3. Selamat Ulang Tahun KEB, senang bisa mengenal Mak Neng dan Mak Min lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga senaaaang sekali mengenal teman teman blogger yang hebaaat

      Delete
  4. Perempuan hebat semuaa..ikut bangga juga terharu... obrolannya pasti seru banget ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhahah iyaaa ..
      tapi saya terlambat datang, hujan dan macet total

      Delete
  5. Senang banget bisa meet up sama Oma. Love you ❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillaaah, ketemu idolaku, Maira Jingga

      love you makteee ❤

      Delete
  6. Senangnya bisa meet up yaa. Aku merinding lho mbak baca ini. Emang betul ngeblog itu benar-benar membuka wawasan dan menambah pertemanan. Aku pun dari ngeblog jadi kenal banyak orang dan beberapa diantaranya jadi sahabat dekat.

    www.talkativetya.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillaaah.. nanti ya kapan kapan kita colab yuk, bikin tulisan "SAYA NGEBLOG SEHINGGA...."

      Delete
  7. Aku berasa lagi ada di acara #KEBIntimate ini mbaaa
    Neng Tanti emang juaraaakk kalo bikin tulisan ginian, ngalirrr bangettt! *GroupHugs*
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  8. sukses selalu untuk mak Tanti dan KEB

    ReplyDelete
  9. Jd semangat ngeblog lagi saya Mak. Kalau boleh membuat kata tentangmu, Mak Tanti adalah blogger dengan sosok keibuan yang memiliki sense of humor yang hangat. Suka berada di sampingmu, anget gitu.

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^

Jika ada pertanyaan pribadi silakan email amelia_tanti@yahoo.com