Monday, November 20, 2017

MEMBERANTAS NYAMUK DENGAN HIT EXPERT : CEPAT, MUDAH DAN EFEKTIF

"Jika kamu mamalia, kamu pasti termasuk dalam menu makanan nyamuk," ~ Joseph Conlon - entomologis dari American Mosquito Control Association.
Plak!

Aku memukul kakiku sendiri. Rasa gatal yang tiba-tiba menyerang, membuat ketikan di komputer terhenti seketika. Huh! Pasti ini ulah nyamuk. 

Benar saja, tak lama, kulihat seekor nyamuk yang terbang kepayahan, gendut karena perutnya memuat darahku! Rasakan... plak! Sekali lagi kutepak, dan nyamuk itu pun mati dengan darah berceceran, puas banget rasanya.

Adakah yang senasib denganku? Saat konsentrasi tinggi, tahu-tahu diganggu insekta satu ini, dengan proboscis panjang yang menusuk dan menghisap darah. Tidak hanya darah berkurang, namun juga tersisa rasa gatal luar biasa. Kesal bukan?
part of mosquito illustration - google.com.co

Gatal itu, terjadi akibat "gigitan nyamuk", yang sebenarnya terjadi saat nyamuk betina yang menghisap darah kita, menusukkan proboscis-nya hingga sukses menembus pembuluh darah. 

Kemudian, nyamuk akan melepaskan air liurnya yang mengandung anti-koagulan biar darah kita tidak menggumpal, dan si nyamuk akan menghisap darah sepuasnya!

Penasaran karena terus menerus diganggu nyamuk si penyuka darah, apalagi sekarang sudah mendekati musim penghujan, bikin aku bersyukur mendapat undangan hadir di acara HIT Expert bersama Komunitas Blogger Perempuan

Lokasi venue acara kali ini adalah di evhive D 'Lab - Jalan Riau Menteng dan cukup mudah dicari. Jika berjalan dari halte Sarinah Thamrin ke arah Bakmi GM atau artotel, maka di belokan pertama itulah letak Jalan Riau. Evhive terletak di sudut jalan dengan fasad depan bangunan berarsitektur moderen, dengan atap datar dan minim ornamen. 


Tiba di venue yang nyaman, 
interior dan banner didominasi warna biru navy atau biru tua dan, hmm.. wangi sekali! Belakangan kutahu, ruangan juga telah disemprot dengan HIT, biar tidak diganggu nyamuk. Padahal, HIT kan pembasmi serangga ya.. tapi kok, nyaris tak tercium bau memuakkan layaknya pembasmi serangga?





HIT, dari Godrej Indonesia hari ini mengundang teman-teman blogger dari Komunitas Blogger Perempuan, untuk hadiri bincang santai bersama dr. Lula Kamal bicara tentang HIT Expert.
HIT expert adalah insektisida dengan formula baru, yang dirancang untuk memberikan perlindungan bagi keluarga dari gangguan nyamuk. HIT Expert memadukan teknologi serta formula baru yang efektif dan lebih cepat membasmi nyamuk yang semakin bandel.

Courtesy : Tuty Queen

MITOS ATAU FAKTA?
BINCANG-BINCANG BERSAMA dr. LULA KAMAL
Dibuka dengan games unik, MC Lia Atma membacakan pernyataan, dan kami para peserta dibagi menjadi 4 grup. Yang 2 grup diberi board bertulisan MITOS dan 2 grup lain membawa board bertulisan FAKTA.

Pertanyaannya antara lain;
  • Apa benar kalau nyamuk itu makhluk paling mematikan? Benar, dan itu fakta. Nyamuk adalah salah satu sumber penyakit mematikan seperti DBD, zika, dan lain-lain.
  • Benarkah saat suhu udara mendingin, ukuran nyamuk mengecil? Ya, itu fakta, ukuran nyamuk mengecil namun daya hisap saat mengigit kita besar, karena ia terpacu menjadi kembali ke ukuran semula.
  • Benarkah nyamuk bisa bertahan hanya dengan satu tetes air? Ya, faktanya nyamuk bisa bertahan hanya dengan satu tetes air, jadi pastikan tidak ada air tergenang.


Nyamuk merupakan masalah yang setiap hari dihadapi oleh keluarga Indonesia. Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki iklim hangat yang digemari oleh nyamuk untuk hidup dan berkembang biak. 

dr. Lula, dokter seleb cantik ini membuka sesi talkshow dengan sebuah gambar, yang memperlihatkan tempat-tempat yang disukai nyamuk. 

Coba perhatikan foto di bawah. Terlihat rapi, bukan? Tapi, apakah tempat ini bebas nyamuk? Belum tentu. Yuk, cekidot!
Courtesy : Hooked on House
Nyamuk senang bersarang di sini...
  • bantal-bantal kursi
  • vas-vas bunga
  • sofa dan kolong sofa
  • ceiling dan hiasan lampu
  • tumpukan buku-buku
  • pinggiran kusen jendela
  • pinggiran pigura lukisan
  • lipatan tirai jendela
  • pinggiran laci
  • hiasan dinding
Hiiy.. banyak yaa! Belum lagi, di gambar rumah di atas, juga ada tanaman di dalam ruangan! 

Fakta selanjutnya, perubahan pada iklim yang semakin panas tidak hanya berdampak pada siklus kehidupan nyamuk, tetapi juga wabah yang ditimbulkannya. 

Yuk, perhatikan gambar selanjutnya, di luar ruangan, mana saja sih tempat bersembunyi dan potensial buat sarang nyamuk?


Courtesy : Capunk.blogspot.id
Pekarangan rumah tropis cantik ini, juga tak luput dari tempat sembunyi nyamuk. Coba kita lihat, apa saja yang potensial buat si nyamuk dan keluarganya berkumpul..
  • bak sampah terbuka di sudut kiri
  • tanaman-tanaman perdu bergerumbul
  • talang air
  • area rendah dan kolong rumah kayu
  • pohon yang rindang
  • selang air yang mungkin bocor (ingat! Nyamuk dapat hidup hanya dengan 1 cc air)
  • gentong air penadah hujan (jika memungkinkan, selalu ditutup saja)
Waaah.. rumah kita yang terlihat rapi, belum tentu BUKAN sarang nyamuk, bukan?

NYAMUK, SI SERANGGA MEMATIKAN!
Nyamuk kini berevolusi semakin bandel, mengganggu aktivitas serta kenyamanan manusia akibat gigitannya yang membuat gatal serta menularkan berbagai macam penyakit seperti Demam Berdarah dan Malaria.

Data dari World Health Organization 2016 menyebutkan bahwa nyamuk adalah binatang paling mematikan di dunia!

Penyakit yang ditularkan melalui nyamuk mencakup lebih dari 17% dari semua penyakit menular dan menyebabkan sekitar 725.000 orang meninggal dunia setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan bahwa nyamuk masih terus menjadi masalah kesehatan besar di tengah masyarakat.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Indonesia, Incidence Rate (IR)penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sebagai salah satu penyakit yang disebabkan oleh nyamuk hingga saat ini terus berkontribusi besar dalam meningkatkan jumlah kasus di Indonesia. 

Pada tahun 2016, tercatat sebanyak 201.885 orang di 34 provinsi terjangkit DBD dan1.585 orang meninggal akibat penyakit yang dibawa oleh nyamuk tersebut.

SOLUSI UNTUK MENGATASI NYAMUK YANG SEMAKIN BANDEL
Nyamuk memang beneran berevolusi. 
Sebuah penelitian yang diadakan di Sub Sahara Afrika pada tahun 2010 lalu membuktikan, dua galur nyamuk penyebar penyakit malaria di Afrika berevolusi secara genetik hingga menjadi spesies baru yang berbeda dengan sebelumnya. 

Hal itu diketahui dari penelitian internasional yang dipimpin ilmuwan dari Imperial College London (ICL) tentang galur M dan galur S pada nyamuk Anopheles gambiae yang ada di Sub-Sahara Afrika. 
(sumber: http://tekno.kompas.com)

Nyamuk mampu beradaptasi terhadap perubahan lingkungan, mereka senang bersembunyi di tempat-tempat gelap dan tidak mudah dijangkau, sehingga tanpa disadari mereka menggigit dan menularkan penyakitnya pada kita. 
Fakta yang lumayan mengejutkan, bukan?
Itu sebabnya, dibutuhkan pembasmi serangga yang betul-betul efektif, karena perbedaan genetik nyamuk, menyebabkan perbedaan perlakuan pula.


HIT sebagai merek insektisida yang sudah berpengalaman selama lebih dari 18 tahun, terus menerus berusaha meneliti dan memberikan inovasi, sehingga dapat memberikan produk yang terbaik dan berkualitas bagi konsumen. 

Saat ini, telah ada HIT Expert sebagai solusi nyamuk bandel. Dengan formula baru dan teknologi double-nozzle, HIT dapat membasmi nyamuk lebih cepat. 


Godrej Indonesia sebagai pembuat pembasmi serangga dapat memberikan solusi tersebut, karena fasilitas Research & Development di Indonesia dan India. Kedua negara tersebut diketahui beriklim tropis dan lembab, hingga tepat jika penelitian dilakukan di negara ini.

HIT Expert merupakan revolusi terbaru HIT dengan 4 kelebihan sekaligus dalam 1 (satu) produk yakni :
  • formula baru, 
  • teknologi Double Nozzle, 
  • wangi premium (Sweet Flower dan Fresh Citrus,)
  • desain Baru yang lebih modern dan ergonomis
Formula baru yang digunakan terbukti lebih efektif, terutama untuk mengatasi Nyamuk Bandel. Dengan teknologi Double Nozzle, HIT Expert juga menghasilkan semprotan formula yang lebih jauh dan merata ke seluruh ruangan. 

Partikel yang dihasilkan juga lebih kecil dan berukuran mikro yangdisebut micro-particle, sehingga bertahan lebih lama di udara dan membasmi nyamuk bandel dengan lebih baik.

SESI Q&A TENTANG CARA MEMBASMI NYAMUK 

Setelah membeberkan fakta dan mitos tentang nyamuk, kekurangan dan kelebihan beberapa insektisida, serta cara efektif membasmi nyamuk, maka dibuka sesi Q&A.

dr. Lula Kamal, Brand Ambassador HIT yang juga ibu dari empat orang anak dan aktif bersuara tentang pemberantasan demam berdarah ini, dengan sabar menjawab satu demi satu pertanyaan.

Aku mencatat beberapa pertanyaan, antara lain;
  • Seberapa aman pembasmi serangga untuk anak pengidap asma?
  • Mana yang lebih baik digunakan, pembasmi serangga jenis oles, tempel, semprot, bakar atau elektrik?
  • Berapa lama jarak aman antara saat pembasmi serangga disemprotkan hingga kita bisa menyalakan AC atau berada di ruangan kembali?
  • Jika nyamuk berevolusi, apakah tidak semakin membuat nyamuk resisten terhadap pembasmi serangga?
Jawaban dr. Lula sebagai berikut;
    1. Umumnya, semua obat nyamuk memiliki bahaya dan dampak bagi kesehatan. Pada penderita asma, sebaiknya obat nyamuk tidak terpapar langsung. Obat nyamuk digunakan pada lokasi atau ruangan dengan sirkulasi udara yang baik, agar racun tidak berkumpul terus di satu ruangan saja
    2. Semua obat anti serangga, tentu saja memiliki bahaya masing-masing. Bahaya obat nyamuk bakar lebih berat karena mengeluarkan asap yang beresiko langsung terhirup masuk ke saluran nafas, begitu juga dengan obat nyamuk semprot.

    Sebaiknya, obat nyamuk tidak terpapar langsung, baik pada kulit maupun pernapasan. Racun masuk ke dalam tubuh melalui hirupan, saluran pernafasan atau kulit kemudian ke pembuluh darah dan masuk ke organ tubuh.

    3. Sebelum menyemprot, pastikan AC dimatikan terlebih dahulu. Setelah menyemprotkan obat nyamuk ke seluruh ruang, beri jarak 1 hingga 2 jam agar bau kembali menjadi netral. Jika memungkinkan, pel kembali lantai ruangan, mencegah nyamuk yang mati dan terjatuh terinjak. 

    4. Pada intinya, fogging atau penyemprotan obat nyamuk itu hanya membantu mengatasi nyamuk dewasa. Namun, tidak efektif untuk telur nyamuk. Itu sebabnya, penanganan 3 M (menguras, menutup dan mengubur) jauh lebih berperan dalam pengembang biakan nyamuk.
Lumayan memuaskan ya, sesi tanya jawab bersama dr. Lula Kamal kali ini?



MENGENAL OBAT PEMBASMI SERANGGA HIT EXPERT, AMANKAH?


Nyamuk itu hidupnya dengan mengisap darah. Yakali, makanannya gado-gado.. Nah, untuk mendapatkan "rasa darah" yang yummy buat mereka adalah dengan cara "mencium" mana darah yang "enak" dan "tidak enak".



Team research and development HIT pasti tahu, sehingga berbekal pengetahuan bahwa nyamuk memiliki rasa penciuman yang tajam hingga 10 meter lebih -untuk mengatasi masalah penglihatan mereka yang buruk-, maka dibuatlah sebuah penangkal nyamuk yang jika dihirup nyamuk, maka nyamuk pun menyingkir atau mati. 



Khususnya kali ini, 

HIT expert yang dijadikan andalan untuk melindungi si buah hati. Kenapa HIT expert? Karena produk ini terbukti ampuh untuk melindungi anda dari serangan nyamuk jahat!


HIT expert dengan double nozzles
HIT yang didesain dengan micro pasrticles dan double nozzles ini, membuat HIT lebih efektif menyergap nyamuk bandel. HIT expert juga memiliki 2 buah varian di dalam rumah. Wangi citrus yang disukai anak-anakku, dan sweet flower

Apakah produk ini aman? 
Mengacu pada peraturan Pemerintah untuk tidak menggunakan Propoxur dan Diklorvos pada insektisida yang digunakan pada manusia dan hewan mamalia, maka HIT terbukti aman.

HIT mengerti sepenuhnya tentang UU No.8 tahun 1999 mengenai perlindungan konsumen, sehingga konsumen nyaman menggunakan insektisida.


Kandungan yang terdapat di dalam HIT Expert adalah
transflutrin - sipermetrin dan d-aletrin
Lalu bagaimana cara aman menggunakan produk HIT obat nyamuk? 

Dan pentingkah mengetahuinya? Tentu saja! 

Penggunaan yang salah tidak hanya membasmi nyamuknya, tapi juga dapat membunuh orang yang menggunakan produk ini... jeng jeeeng...




1. Gunakan pada ruangan yang terdapat sirkulasi udara yang bagus


2. Setelah penyemprotan ke dalam ruangan, sebaiknya jangan langsung di tempati terlebih dahulu, biarlah nyamuk mati dan bau dari obat nyamuk semprot hilang secara tuntas

3. Jika sirkulasi udara dalam ruangan tersebut bagus, 15 - 30 menit setelah penyemprotan barulah boleh di gunakan untuk tidur atau untuk bermain, semakin lama semakin baik. 

4. Jauhkan produk HIT obat nyamuk dari jangkauan anak anak. Jika hanya untuk mainan saja mungkin tidak masalah, tetapi jika sampai tertelan itu sangat berbahaya.

5. Gunakan produk HIT expert seperlunya saja. Karena ini bukan pengharum ruangan, melainkan obat pembasmi nyamuk!

the last...
saya dan keluarga sudah pakai HIT sejak lama, dan saya merekomendasikan Hit expert obat nyamuk untuk melindungi diri dan keluarga dari gigitan nyamuk. 

Masih pusing soal Nyamuk? Pakai HIT expert! 
Apa ada yang lebih bagus dari HIT? Yang lebih mahal, banyaaak..!

Letak evhive D'Lab




Sumber tulisan
1. http://parasitipedia.net/index.php?option=com_content&view=article&id=2672&Itemid=3042

2. http://www.republikseo.id/2016/02/hit-obat-nyamuk-terpercaya-di-indonesia.html

3. http://www.alodokter.com/komunitas/topic/tentang-bahaya-obat-semprot

13 comments:

  1. Belum nge-hits kalau belum pakai HIT :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alasannya pasti karena HIT aman dan efektif juga loh jeng Tuty

      Delete
  2. Solusi ampuh, cepat dan aman buat kita semua terutama para ibu 😊 ga nyangka ya kalau nyamuk ternyata hewan paling mematikan di dunoa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener Nurul, apalagi malaria dan DBD

      Delete
  3. Aduh tempat buat sarangnya banyak banget ya Mba..langsung cek cek rumah abis baca ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Uci,
      apalagi kalo rumah kamu dekat TPS ..... lebih paraaaah

      Delete
  4. untungnya HIT sudah sesuai std WHO ya ada di level U

    ReplyDelete
  5. Aku juga pakai HIT udah lama. HIT aerosol yang biasa. Harganya terjangkau. Tokcer juga basmi nyamuk. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pake HIT karena pas ada kecoa dulu pake pembasmi lempar sandal nggak mempan .. ihhihi

      Delete
  6. Hit ada yang terbaru ya dan ini lebih expert lagi basmi nyamuk

    ReplyDelete
  7. Ternyata nyamuk lbh mematikan dari hewan kyk ular atau serangga lainnya ya mbak duh

    ReplyDelete
  8. Hit expert aku coba pakai di rumah, alhamdulillah nyamuk bisa dibasmi.

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^

Jika ada pertanyaan pribadi silakan email amelia_tanti@yahoo.com