Saturday, December 28, 2013

HADIR DI SCBWI EVENT


04.00 bbwi.

Cuplik gambar dari 123rf.com
         Suara musik klasik Beethoven  Für Elise  mengalun membelah kesunyian.  Aku membuka mataku sedikit.  Enggan melepas mimpi indahku barusan. Nada lembut Für Elise berubah. Meninggi. Bergegas menjauh. Menyentakku untuk  segera bangun. Aku menggeliat namun seketika alarm di otakku berseru : SCBWI! Oow.. ya, aku memang akan menghadiri sebuah acara penting hari ini.

Bermula dari ajakan kopdar seorang sahabat yang telah lama tinggal di negeri singa, Yudith Fabiola - sekaligus pembukaan sebuah komunitas berskala internasional yang digagas oleh guruku yang luar biasa, Ary Nilandari. Kami sepakat untuk mengadakan acara di Bandung.

Tema acara bertajuk crafting dynamic characters and effective viewpoints benar-benar mengundang keingintahuan para penulis untuk hadir!  

Singkat cerita, tepat pukul 05.00 pagi aku sudah berada di kendaraan travel Cipaganti, bersamaku adalah si penulis buku Baby Gokil ^^ :  Yovita Siswati! *eh, tapi kenapa orangnya pendiem yah.. *garuk-garuk p**** (puser .. >_<)

                                    SCBWI – History & Purpose

LOGO SCBWI

          The Society of Children's Book Writers and Illustrators (SCBWI)  adalah salah satu organisasi penulis dan ilustrator terbesar yang pernah ada.  SCBWI merupakan satu-satunya organisasi profesional yang khusus mewadahi orang-orang yang menulis dan mengilustrasi untuk anak dan remaja di bidang sastra, majalah, film, televisi, dan multimedia untuk anak. 

         Misi SCBWI adalah mendukung terciptanya dan tersedianya buku anak berkualitas di seluruh dunia. Kami melakukannya dengan cara menggiatkan komunitas yang terdiri atas orang-orang yang mengedepankan buku dan pembaca muda. Orang-orang ini termasuk penulis, ilustrator, editor, penerbit, agensi, pustakawan, pendidik, penjual buku, blogger, penggemar, dan lain-lainnya.

      Jam 08.05 travel Cipaganti memasuki pintu tol Bandung. Hmm.. aku mengembuskan napas lega. Alhamdulillah, kami tidak dihadang macet, yaa Allah.. 
Pengemudi sangat sopan dan komunikatif (baca : cerewet >_<) sehingga perjalanan jauh tidak terasa. Lhaa.. seperti biasa, acara berkenalan dengan para penulis, basa-basi dan ..riweeeuh!
Ketua Panitia : Dydie Prameswari


Biasalaah... kalo ga narsis gatel-gatel :p
Jiaah, candid!
            Senang banget ketemu dengan para mas (cuman 2 Tusino dan Noor H Dee) 
dan mbak2 penulis ini. Subhanallah.. mereka ramah-ramah, rajin, pintar dan tidak sombong *nyanyi. Bahkan teacher Ary Nilandari yang -kata orang- editor adalah orang-orang 'tak tersentuh' ... hehehe...  sangat baik, halus budi pekertinya tapi .. lucu! Psst... jangan bilang-bilang yaa... beliau juga cantik dan pintar!
Bunda peri sedang menjelaskan tentang karakter & POV
ngerti, ga Neng? Nggg...

Terpesona liat bunda peri, pelajarannya 'mudah' -menurut beliau-
Linda Satibi - pembukaan gaya anak TK!

         Acara dibagi dalam 2 session - 
1. Menciptakan Karakter Dinamis & Memilih Sudut Pandang Efektif
2. Crafting Dynamic Character & Effective Viewpoints

Acara dibuka oleh mbak Linda Satibi  dengan ... yel-yel Se- Ma- Ngat a la anak TK! Hadeeeh... kalo ga inget kita sedang di acara penulis buku anak hahahaha...

Masing-masing acara dimulai dengan presentasi Bunda Ary Nilandari, session tanya jawab dan... bagi-bagi hadiah! Horraay! Aku, seperti biasa selalu heboh nanya-nanya, tapi ga bisa njawab (ketahuan ilmunya masih cetek hihohihooo..)

Ada juga sharing dari mas Noor H. Dee -penerbit Noura Books sehubungan dengan market demand yang rasanya 'itu-itu saja' tentang buku-buku anak yang beredar di Indonesia. Well, untuk sementara.. penulis anak memang masih harus takluk pada market untuk create buku-buku yang 'standard' itu. Tugas SCBWI-lah untuk mendobrak pola pikir para orangtua, untuk memberikan pelatihan pada orangtua, pentingnya memberi buku-buku berkualitas, jangan ketinggalan terus begini!
Masih seger, belom keguyur ilmu
Usai acara - dazzling moment with u all!
             Tak terasa, waktu bergulir ke angka 2. Oh my.... waktu terasa cepat sekali, membawaku berlari dan .. hujan turun dengan deras sekali, seolah mengerti bahwa aku tak rela segera menuntaskan jam belajarku kali ini hiks.. hiks..

Oh! Sesuai dengan pembawaan dan tulisan-tulisannya yang bernas, si bunda juga membawa kita semua berkelana ke buku-buku berwarna yang ia bawa. Membuatku semakin ingin berkomitmen untuk menjadi seorang penulis buku anak sehandal dirinya... Yang jelas, seluruh acara menjadi sangat berkesan indah untukku & teman-teman..

So? Nantikan event SCBWI selanjutnya yaa, 
semoga di event berikut aku bisa membuat laporan pandangan mata yang jauh lebih komplit kayak gini. Oh, yaa.. materi SCBWI nya apaan dong Neng? Hmmm.. tunggu tulisan selanjutnya yaa...

No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^