Monday, January 5, 2015

MAKANAN TERLEZAT DUNIA ITU BERNAMA RENDANG!

KEAJAIBAN ITU BERNAMA RANDANG
Siapa yang gak kenal rendang?  Di daerah asalnya, makanan yang disebut randang ini terbuat dari daging yang diolah bersama kelapa  parut, bercita rasa pedas. Kalo kalian pernah masak rendang, pasti tahu bahwa minimal limabelas jenis rempah yang harus ada dan digunakan untuk memasak olahan daging ini.

Sebut saja : daging (boleh sapi atau kerbau) kelapa, kunyit, cabai merah, cabe merah keriting, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, jahe, kemiri, jintan, garam, pala, daun serai, daun kunyit, daun jeruk purut, asam kandis. Tuh, udah berapa?

Jangan tanya, berapa lama waktu membuatnya! Aku pernah mengaduk daging ini selama sejam, plus bolak balik selama tiga hingga empat jam berikutnya. Daging dibolak balik dengan penuh cinta  hati-hati karena takut hancur bersama rebusan santan kental itu. Istilah kerennya hingga daging terkaramelisasi. Mi apah? Mi perut, yolooo....

Rasanya bahagia deh, ketika di jam ke.. lima si daging itu berubah warna menjadi merah kehitaman dengan minyak yang menguarkan aroma yang sedaaap! Kalo udah 'jadi', rendang ini bisa bertahan hingga dua tiga minggu loh. Asal kadang sesekali dihangatkan ya.

Rendang ternyata memiliki filosofi tersendiri pada masyarakat Minang (Sumatera Barat), yaitu musyawarah dan mufakat, yang berangkat dari empat bahan pokok yang melambangkan keutuhan masyarakat Minang, yaitu:
  1. Dagiang (daging sapi), ---- lambang dari "Niniak Mamak" (para pemimpin Suku adat)
  2. Karambia (kelapa), ---- lambang "Cadiak Pandai" (kaum Intelektual)
  3. Lado (cabai), --- lambang "Alim Ulama" yang pedas, tegas untuk mengajarkan syariat agama
  4. Pemasak (bumbu), --- lambang dari keseluruhan masyarakat Minangkabau.
KALO MASAKNYA SULIT, MALES LA YAW....
Yoi!  Nah, untuk itu aku sudah membuat survei. Bahwa dari sekitar sejuta orang Indonesia, 30% nya berjumlah 30.000 orang. Sementara jika ditanya berapa persen yang menyukai masakan rendang, bisa dipastikan yang masuk ke resto Padang -baik itu asli atau abal-abal karena yang punya namanya Suroto atau Jarwo- pasti dalam rangka membeli makanan. Hya eyalah, mosok beli aki motor -_-'
(Duh paragraf ini ga penting banget yak, udah ga usah dibaca, nti makan ati, terus marah sama aku trus ntar aku dimusuhin..)


Back to data. Nhaa.. ketika tahun 2011 rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World's 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang digelar oleh CNN International, aku makin suka sama lauk jenis ini. Ngolahnya? Entar dulu... etapi tiap hari ke resto Padang juga males, beib. Masalahnya, gak cuman rendang yang bakal aku beli. Ada cumi pedas, kalio, tetelan, ayam pop.. hadeh...

MISS RENDANG YANG AJAIB
Solusi itu datang serasa keajaiban, seajaib masakan itu sendiri. Satu ketika, seorang sahabat blogger yang cantik dan bersuara merdu -Waya Komala- menyapaku di instagram. Ia memasang foto Miss Rendang yang telah dikemas cantik dalam bungkusan @ 250 gram. Girang? Tentu saja! Apalagi ketika lauk ini ternyata bisa delivery order. Mudah, murah dan enak!

Gak nunggu lama, aku memesan dua bungkus. Dan, Miss Rendang pun datang hari itu juga! (kebetulan sedang nginep di rumah nyokap di Ciputat soalnyaaah) Segera kami membuka bungkusan. Dan, taraaa.. enam potong daging berbumbu itu hadir di meja makan rumah. Anak-anak langsung antri... bawa piring berisi nasi putih berkepul-kepul. Ternyata, rasa Miss Rendang ini ciamik!

Konon kabarnya, Miss Rendang diolah persiiis seperti aslinya dulu. Dimasak menggunakan tungku kayu bakar, bukan dengan BBG plus menggunakan resep turun temurun keluarga.  Pantas saja, rasanya khas. Wangi santan karamelisasi bercampur daging, dan tercium selintas aroma daun jeruk. Kalo ga inget berat badan neek.... ga salah kalo tagline Miss Rendang adalah :
Miss Rendang
           Rasanya bikin lidah bergoyang

(Tsk, pantes orang Padang pede abes, lha wong makanannya uenak giniii...)

Seketika, aku mendoakan agar usaha Miss Rendang ini diridhoi Allah, sehingga usahanya tambah sukses. Ambil masukan positif, yaaa.. agar Miss Rendang bisa mendunia. Amiien yra.

DIMANA YA, PESEN MISS RENDANG?
UKM Miss Rendang

Jl.H.Subuh No 25 Cilandak Timur Jakarta Selatan

Via Telp, SMS, WA 085217354514
via email : missrendang@gmail.com

22 comments:

  1. wow.. makasih mbak Tanti, I'm so happy :)
    Terimakasih untuk doa indahnya. Aamiin, Aamiin Ya Rabbal Alamiin. Senang rasanya Miss Rendang bisa diterima. *peluuuuk ;D

    ReplyDelete
  2. Terimakasih juga untuk inovasinya .. sukses dengan kapital yaaa miss Wayaaaa.. peluk erat

    ReplyDelete
  3. Tambo ciek ni, miss rendangnyo. Alun dimuko lah tajijie salero den 😘😘

    ReplyDelete
  4. aku juga suka rendaaang, huaa jadi pengen coba juga, randang aslii iko, pasti mantaap rasanyo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli dong Raniiii dijamin ga nyeseeeeel!

      Delete
  5. aaak, ngelihatnya aja udah nyesss di hati apalagi pas memakannya ya nyesss di lidah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pesan sampe Surabaya sepertinya masih oke kok

      Delete
  6. aku juga mauuuuuu....mantaap niiih kayaknyaaa hehehe..pesen sampai ke NY bisa ngg yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget mbak Insav, asal naik Air Asia mah *nyengir*

      Delete
  7. Replies
    1. kalo belom nyoba Miss Rendang pasti terbawa ke alam mimpiiiii

      Delete
  8. Asyikkkk mau pesen ah...aku doyan banget rendang hihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pesen ya makcir, kalo kalo kita mau piknik, tinggal bawa bungkusan nasi putih deeeeh

      Delete
  9. rendang memang gak ada matinya mak.... :)

    ReplyDelete
  10. Yummy, saya biasanya beli di warung padang terdekat mak:)

    ReplyDelete
  11. Kalo ga salah, owner Miss Rendang ini emak blogger juga ya Mak?
    Hmmm... yummy dan mengundang selera bangeeeettt :))

    ReplyDelete
  12. Misi Admin, saya ada info bagus nih bagi pemilik usaha rumah makan. Kini ada Greenpack take away box food grade ramah lingkungan yang bisa dibranding gratis dengan nama rumah makan ataupun restoran milik Anda.
    http://www.greenpack.co.id/dus-makanan-murah/

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^