Sunday, January 4, 2015

DOODLING, ORET-ORET BERMANFAAT BUAT NGILANGIN STRESS

Semua orang bisa membuat doodle!
Pernah dengar tentang doodle? Apa sih doodle itu? Kalau mengutip dari Wikipedia, doodle adalah semacam kegiatan mencorat-coret sesuatu di kala pikiran kita sedang terfokus pada hal lainnya. Bisa juga disebut vinyet dulunya. Berikut kutipannya:


doodle is an unfocused or unconscious drawing made while a person's attention is otherwise occupied. Doodles are simple drawings that can have concrete representational meaning or may just be abstract shapes. 
Stereotypical examples of doodling are found in school notebooks, often in the margins, drawn by students daydreaming or losing interest during class. Other common examples of doodling are produced during long telephone conversations if a pen and paper are available.
Dari definisi doodle tadi, kelihatan yaa..  doodle adalah kegiatan menggambar yang bersifat iseng-iseng saja. Tapiiii... kegiatan doodle ini buatku kadang tidak bersifat iseng-iseng. Apa saja manfaat doodling?
  • membantu kita fokus saat sedang melakukan kegiatan yang membutuhkan otak bekerja keras - secara tak sadar, tangan membantu mengurai keruwetan pikiran
  • meningkatkan kognitif dan kreatifitas
  • membuat alternatif tema, misalnya aneka bentuk burung, pohon, dll
  • melahirkan ide baru
  • luapan emosi jiwa ^_^ ... yang terakhir ini jauh lebih penting daripada empat di atas, actually!
Gimana Cara Membuat Doodle?
  • Gunakan media kertas -apa saja- dan pensil atau ballpoint. Biasanya satu warna sudah oke. 
  • Tentukan tema, tulis di tengah / pinggir kertas
  • Gambar sesuai tema, cari kaitan tema (kucing -- ikan -- tulang ikan -- bola benang rajut), dan isi bidang kosong dengan menambahkan ornamen apa saja (boleh daun, kucing - ikan - cangkir... pokoke apa saja!)


Masih belom puas dengan hanya satu warna? Haa... tengok yang satu ini..

Found on helloangelcreative.com
visualblessings.blogspot.com

Met mencobaaa.. jangan lupa mention aku yaaa kalo dah jadiii.. 

PS . Di negeri jiran, doddling ini sudah dibuat kompetisinya loh...
.

33 comments:

  1. Ternyataa....!!! Tante, saya sudah beberapa kali mencoba.. hehehe.. tapi saya tipe yang obyek gambarnya harus benar2 ada di depan mata.. Kegiatan doodle ini biasanya saya lakukan waktu sedang ngawas ujian. Sambil mata sesekali mengawasi, tangan pun kerja oret2 apa saja.. Saya juga mau bikin postingan tentang doodle yang sudah saya buat ah.. boleh ya Te??

    ReplyDelete
  2. doodlenya keren2 gitu ya, seninya begitu tinggi mau banget punya pohon doodle itu mau tak taru di kamar mbak...

    ReplyDelete
  3. akhirnya ngerti juga yang namanya doodle gara-gara postingan ini hihihi...kemarin follow kaun ttg doodle di Twitter, tapi masih ngga mudeng..asiknya yaa..pada nyeni2 gituu..iriii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, mulai bikin mbak, lumayan... pada saat stuck idea, ekspresi bisa ditumpahkan melalui doodling

      di negara jiran sudah dilombakan loh !

      Delete
  4. Ini kerjaan saya dari SD Bu, daripada merhatiin materi kayaknya banyakan bikin ini. hehe... Wah ternyata namanya keren yaa..doodle. Karena saya tahunya itu bukan doodle tapi bandel. :)

    ReplyDelete
  5. ooh namanya doodle ya?
    kalo saya yaa urat oret begitu saja hehe ... Gambarmu bagus, dek

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah... tersanjung daku. maacih mbaaak!

      Delete
  6. Membuat doodle btuh waltu lama pastiìi. Ngaliatnya bikin semangat. Cerah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kale, say...
      kalo lagi banyak pikiran, bisa jadi!

      Delete
  7. cakepnyaaa....suka yang rainbow dan warna warniii....gue bangeeet hehehehe...punya mak tanti juga keyeeen....aku kalau ngurek2 gitu jadinya apaa yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iih suka gitu deeeh.. aku mau bikin tutorialnya ah *ke Pe-De an* *ke Ge-eR an"

      Delete
  8. Cakeeep, suka deh sama coretan-coretan dirimu <3
    Btw, yang sketsa diriku mau dong dikirimin, mau kucetak banyak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa Allaaah.... mbak Indaaaah... beklaaah *kirim alamat yoooo

      Delete
  9. Kereeen. Lah kalau saya yang bikin jadinya benang kusut..hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haiiis .. suka gitu aaah, meremehkan diri sendiri itu namanyaaa

      Delete
  10. saya paling bikin benang kusut aja, Mak hehe

    ReplyDelete
  11. Aku klo doodling bisanya cuma gambar daun, Mak Neng :( Pengin bikin yg pu'un ama kucing itu ga bisaaaaa... ngga bisa gambar blas aq hiks hikkss... gambar2mu sini bagi ke aku aja Mak buat dibikin postcard boleh? thks

    ReplyDelete
    Replies
    1. wadaaaw.. dapat tawaran menarik sekaligus memacu adrenalin iniiiii! Meluncur ke inbos right away!

      Delete
  12. Dan gw ga bisa sama sekali bikin wkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kikiiiikiiikk.... sabaaarrrr pasti bisaaa

      Delete
  13. Canteeekkk... Kaya aku, huahahaha *disambit

    ReplyDelete
  14. Baguus gambarnya..pengen bikin tapi tangan kaku. Bisa nggak ya, bikin kayak gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti bisa mak Waya, ini kan cuman karena sering latihan saja ^_^

      Delete
  15. Mak, mak, aku kudu piye? Secara tangan ini hanya matching untuk umbah2 :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. bentar bentarr... tak bikin yang step by step

      Delete
  16. Aku dulh juga bikin beginian jaman SMA. Sekarang wes lupa :D

    ReplyDelete
  17. Klo mewarnai aja gimana Mak? Efeknya apa lebih bagus klo buat sendiri? Tks

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^