Friday, March 2, 2018

MENGAPA ORANG HAMIL LEBIH SERING BUANG AIR KECIL?


Ibu-ibu yang pernah atau sedang hamil, 

pasti pernah merasakan buang air kecil sedikit-sedikit tapi sering.

Meningkatnya frekuensi pipis ini, biasanya terjadi di kehamilan semester kedua. Yaitu ketika rahim membesar, sehingga akhirnya menekan saluran kemih. Akibatnya, terus menerus buang air kecil, dan.. yang keluar hanya sedikiiit , padahal buat ke kamar mandi dan duduk di toilet aja udah perjuangan tuh. Buang air kecil yang sedikit dan agak nyeri ini, disebut anyang-anyangan, kalau orang Jawa bilang.

Coba lihat video youtube berikut;


Tapi, tidak semua anyang-anyangan terjadi karena hamil, loh. Ada juga yang disebabkan oleh;
  1. DehidrasiDehidrasi terjadi jika seseorang kurang minum. Biasanya kaum wanita -terutama- yang jarang minum air putih dalam jumlah banyak, apalagi kalau mereka bekerja di lingkungan kantor atau pabrik. 
  2. Penyakit pada organ dalam
    Sakit diabetes - batu ginjal - asam urat tinggi dan tekanan darah bisa jadi pemicu terjadinya anyang-anyangan juga
  3. Kuman 
    Biasanya, jika kita buang air kecil di kamar mandi umum, kan terbayang ya, yang duduk  di situ banyak orang. Mencegah kotornya dudukan toilet itu aku selalu biasakan membawa tisu basah, jadi dilap pake tisu basah. Minimal, sedikit higienis.
  4. Sering menahan keinginan buang air kecil
    Nah, bahaya ini, apalagi saat menahan, sedang memakai celana panjang ketat atau legging, duh.. tambah deh, beban pada area kandung kemih.


Terlihat sepele, ya?
Padahal, hal ini termasuk masalah serius! 

Dalam sehari, manusia seharusnya minimal minum air bening 8 gelas, atau setara dengan 2 liter air. Fungsi air bening ini, bagi tubuh kita adalah untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Penelitian yang dilakukan Ray Casciari, MD, medical director dari La Amistad Family Health Center di Orange, California, kurangnya air menyebabkan berkurangnya sirkulasi darah sehingga otot terasa kaku. 

Tubuh akan melindungi organ vital, sehingga cairan akan dibawa ke organ vital dan otot akan terus kekurangan cairan. Pada akhirnya kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya kram otot.

Picture taken from Naturalgreenworld.com

Apa yang terjadi saat tubuh terkena dehidrasi?
Saat manusia terserang dehidrasi, 
tekanan darah menurun, denyut jantung meningkat, dan aliran darah ke otak semakin lambat, sehingga membuat kita merasa lelah,” ujar Luga Podesta, MD, sport medicine specialist Kerlan-Jobe Orthopaedic Clinic di Los Angeles. 

Kurangnya air untuk otot juga membuat tugas-tugas fisik terasa lebih sulit dan melelahkan. Tidak hanya itu saja. Dehidrasi juga bisa membuat tubuh menggigil. “Hal ini terjadi karena tubuh kita membatasi aliran darah ke kulit,” ujar Dr. Podesta. 

Selain itu, saat dehidrasi, tubuh akan lebih sulit mengatur suhu tubuh yang membuat kita mudah merasa kedingingan, bahkan saat tidak berada di tempat yang dingin sekalipun.

Nah, serem ya, akibat dehidrasi ini. Jika kita sering buang air kecil namun asupan air di dalam tubuh kurang, maka yang diserang pertama kali tentu saja sakit pada kandung kemih. Atau kita kenal dengan infeksi saluran kemih (ISK)

Pertolongan pertama pada anyang-anyangan
Tentu saja pertama banyak minum air bening atau air mineral, ya.. bukan air putih, soalnya yang warnanya putih bisa aja susu ^^.

Lalu kedua, aku diberi tahu oleh teman, bahwa sekarang ada yang namanya Uricran. 



Yes,
ternyata minum air putih saja tidak cukup. 

Kenapa Uricran?
Uricran itu adalah ekstrak buah cranberry yang mengandung proantocyanidin, yang gunanya menangkap bakteri E.Coli, dan mencegahnya menempel di dinding rahim. 

Ekstrak buah Cranberry bekerja efektif mengatasi anyang-anyangan, yang merupakan gejala awal dari infeksi saluran kemih dan mencegah Anyang-anyangan berulang. 

Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar. Tanaman cranberry memiliki banyak kesamaan dengan blueberry, hanya saja cranberry mempunyai warna merah tua. Buah cranberry yang tergolong ke dalam tumbuhan semak-semakan pendek ini banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. 

Konon, buah ini sudah diketahui khasiatnya sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno, yakni sebagai obat luka akibat terkena panah. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan.

Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan. Ekstrak buah cranberry ini mulai digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan dan kesehatan saluran kemih. 

Pada bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.



Bagaimana Cara Mudah Dan Efektif Untuk Cegah Anyang-anyangan?

Caranya mudah, cukup dengan mengkonsumsi 2 gelas jus Cranberry setiap hari. Wah, cari di mana yaaa buah cranberry ini?

Jangan takut! PT Combiphar telah membuat ekstrak dari jus buah Cranberry. Produk ini bernama PRIVE URI-CRAN PLUS yang mengemas ekstrak Cranberry jadi lebih praktis. Ada dua macam pilihan yakni kapsul dan powder (bubuk). 

Uricran kapsul
sumber : uricran.com

Uricran powder (bubuk)
Sumber : uricran.com
Saya lebih suka konsumsi yang bubuk. 
Rasanya enak banget dan segar. Cara membuatnya juga gampang. Campurkan 1 sachet Prive Uri-Cran Plus dalam 100 -150 ml air putih. Ada 15 sachet dalam 1 kotak yang bisa dikonsumsi 1-2 sachet sehari. 

Tiap sachet mengandung 375 mg ekstrak cranberry, 60 mg vitamin C sebagai antioksidan, 0,1 mg Bifidobacteriumbifidum (prebiotik), Lactobacillus acidophilus, probiotik yang secara alami terdapat di dalam saluran genitourinaria wanita.

Prive Uri-cran Plus ini gampang dicari, dan tersedia di Guardian, Century dan Kimia Farma.

Yuk jaga kesehatan organ tubuh, dan jika anyang-anyangan, segera minum Uricran!

5 comments:

  1. Apalagi kalau udah dekat hari lahiran malah sering buang air kecil ya ....

    ReplyDelete
  2. Saya pernah mak waktu hamil gede pergi datang ke wisuda keponakan. Rasanya mau pipis mulu, rempong dah ibu hamil mah mending di rumah aja kali yak hahahahaa.

    ReplyDelete
  3. Saya waktu hamil termasuk yang beser banget. Jadi, suka capek bolak-balik. Trus ditahan-tahan deh. Padahal kebiasaan yang gak bagus :)

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^

Jika ada pertanyaan pribadi silakan email amelia_tanti@yahoo.com