NGOBROLIN TOILET UMUM DENGAN SUSAN BACHTIAR

"Terus terang aja, saya ini orangnya jijikan kalau ke toilet umum," suara merdu Susan Bachtiar terdengar. Grrr... seis...



"Terus terang aja, saya ini orangnya jijikan kalau ke toilet umum," suara merdu Susan Bachtiar terdengar. Grrr... seisi Ballroom Hotel Grand Kemang tertawa mendengarnya. 
Padahal yang ngomong raut wajahnya serius, loh!

Susan Bachtiar, yang kupanggil mbak Susan ini, duduk persis di sebelahku. Aah.. sombong kamu, Neng. Eh! Bukan bermaksud sombong! Cuman bangga aja karena ternyata beliau ini mau berbagi pengalamannya saat ini. 

Susan yang sering traveling ke beberapa negara, malah tidak merekomendasikan kita untuk jalan-jalan ke beberapa negara tanpa "persiapan mental" untuk ke toilet! 

Susan Bachtiar, S.Pd
Susan yang memiliki seorang putra bernama Tristan ini, sekarang sibuk dengan pembuatan sekuel buku anaknya. Masih disibukkan dengan pembuatan film layar lebar bertajuk BEBAS produksi Miles, Susan akan berperan sebagai Kris, yang mencari sahabat-sahabat lamanya. Wah, kalau mau kepo-in trailer Bebas, kayaknya bakalan penasaran deh, filmnya bakal seseru apa.

Yang jarang diketahui, Susan yang terlihat energik ini, ternyataaaa.. juga aktif berlari marathon di berbagai belahan negara! Saat ini, ia sedang mempersiapkan diri untuk ikut di New York Run 2019. Sukses yaaaa!

Karena sedang ngomongin tentang kesibukan tiada tara antara daku dan mbak Susan, akhirnya keserempet juga deh, pertanyaan tentang... toilet!

TOILET, DO's AND DON'Ts
Kenapa jadi ke arah toilet sih?

Karena hari ini tuh aku dan Women's Community - Mom's Blogger Community - Beauty Ranger serta E Ping Community di Kemang ngomongin tentang ISK. 

Oh em ji. ISK lagi?
Baca juga : Dengan cranberry, bebas anyang-anyangan 

Yup yup. Segitu pentingnya pemahaman ISK ini loh, temans. Sebagai penutupan acara dari rangkaian Uri-cran Roadshow, mbak Susan tampil karena beliau adalah Brand Ambassador dari Uri-cran. Ga salah deh, udah orangnya pintar, cantik, udah gitu energik pula!

Naaah, kembali ke laptop.
Seperti halnya aku yang hampir selalu berada di jalan dalam tempo lama, atau malah berjam-jam di depan komputer atau menggambar, begitu juga Susan. Sebagai marathon runner, Susan harus dalam tempo lama berada di jalan raya, karena traveling atau lari.

Susan juga cerita - tapi sambil bisik-bisik sih hehe- pernah tau gak sih, kalau pelari maraton itu mengenakan celana dalam khusus atau bahkan tidak mengenakan cd sama sekali? Lalu, di balik kaos yang dia kenakan, puting susunya harus diplester biar ngga lecet? Jadi memang gak sekedar kaos yang menyerap keringat saja.  

Belum lagi perilaku buang air kecil mereka. Untuk pelari yang tidak terlalu mementingkan kebersihan, buang air kecil itu dilakukan ... sambil berlari!  Lah kok bisa? Bau dong.... 

Ya mau gimana lagi, kebutuhan minum pelari itu kan tinggi biar ga dehidrasi. Bisa sekitar 3-4 liter untuk lari sejauh 42 KM. Keringat yang dikeluarkan saja 0,8 - 1.4 liter per jam, so bisa jadi yang diminum lebih banyak lagi. 

Sementara, kandung kemih hanya sanggup menampung sekitar 750 cc, dan toilet tentu saja terbatas. Buat Susan, buang air kecil menjadi satu kebutuhan yang sulit dilakukan. Ya itu tadi, selain repot, juga kondisi toilet umum itu suka susah dipertanggung-jawabkan!

Tapi sejak terkena gejala ISK (atau sudah ISK ya, karena urine sudah berubah warna kemerahan) maka Susan tak lagi mau menahan buang air kecil. Di Jepang, ia bercerita kehilangan waktu lari sekitar 20 menit karena antri di toilet dulu. Lebih baik begitu daripada sakit, bukan?



Oya untuk perilaku atau kebiasaan menahan buang air kecil ini bisa fatal loh. Apa saja akibatnya? Mula-mula akan terjadi anyang-anyangan. Jika berulang kali dilakukan maka akan terkena infeksi saluran kemih. 

Menurut dr. Cepi, "Bakteri akan terkumpul sehingga terjadi gejala pertama infeksi saluran kemih." 

Nah, untuk itu perlu diingat do and dont-nya kalau ke toilet umum.
  • Cek pertama, tentu saja pada pintu toilet dan gantungan yang tersedia. Bisa dikunci gak? 
  • Cek kedua, apakah tersedia air bersih untuk menyiram kotoran? Apakah tersedia air bersih untuk membilas? Jika tidak, sediakan tisu basah, tisu kering dan kalau perlu hand sanitizer.
Itu kalau di toilet umum yang biasa-biasa aja ya. Tapi jika ada di toilet belahan dunia lain, siap-siap ... banyaaaaak sekali peristiwa aneh - lucu - menggelikan yang akan ditemui. Kalau ga salah, ada beberapa toilet yang unik, aneh hingga .... ekstrim dan tak layak diomong! 

Kalau udah begitu, ya pilihannya ada di tangan kita deh. Mau buang hajat, apa mau ditahan lalu sakit? Seandainya aku, nih.. aku loh ya, kalau boleh milih untuk ga pipis di tempat yang kotor, percuma juga. Mending cari resto terdekat atau malah rumah penduduk. 

Ini juga yang dirasakan Susan, pada saat lari. Kebayang kan, saat lari di ..(kalau ga salah di sebuah negara di Eropa) dengan kondisi udara dingin. Lah kalau kita nahan pipis aja ga enak, apalagi dalam udara dingin dan sambil lari! Akhirnya Susan terkena ISK.  

Saat itu, Susan direkomendasikan meminum jus cranberry oleh dokter, plus suplemen yang mengandung cranberry juga. Berarti, sebenernya khasiat cranberry ini udah terkenal sejak dulu ya. Sejak itu, mbak cantik ini pun rajin mengkonsumsi cranberry yang sudah diawetkan. Seperti kiamboy itu loh, dijadikan manisan. 
Sekarang ada dijual di toko online, harganya sekitar IDR 25K - 40K
Tapi kalau udah terkena anyang-anyangan beneran yang rasanya aduhai ngilu-ngilu sedap, plus rempong kudu bola-balik ke kamar kecil, ya ga bisa. Harus minum ekstrak cranberry yang harganya masih lumayan mahal itu. Mosok kudu ke luar negeri dulu biar dapat murah?

Jastip aja apa ya, ama mbak Susan? Hahahhaha.... 

Etapiii.. jangan takut, sekarang ada solusinya!



Ekstrak cranberry, pertolongan pertama pada anyang-anyangan

Selain mitos diikat karet yang so silly, yang paling menguntungkan adalah mitos sebanyak mungkin minum air bening atau air mineral. 

Lalu kedua, aku diberi tahu oleh teman, bahwa sekarang ada yang namanya Uri-cran. 


Yes,
ternyata minum air putih saja tidak cukup. 

Kenapa Uricran?
Uricran itu adalah ekstrak buah cranberry yang mengandung proantocyanidin, yang gunanya menangkap bakteri E.Coli, dan mencegahnya menempel di dinding rahim. 

Ekstrak buah Cranberry bekerja efektif mengatasi anyang-anyangan, yang merupakan gejala awal dari infeksi saluran kemih dan mencegah Anyang-anyangan berulang. 

Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar. Tanaman cranberry memiliki banyak kesamaan dengan blueberry, hanya saja cranberry mempunyai warna merah tua. Buah cranberry yang tergolong ke dalam tumbuhan semak-semakan pendek ini banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. 

Konon, buah ini sudah diketahui khasiatnya sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno, yakni sebagai obat luka akibat terkena panah. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sariawan, dan sebagai antioksidan. Ekstrak buah cranberry ini digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan dan kesehatan saluran kemih. 

Pada bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.



Jadi, Cara Mudah Dan Efektif Untuk Cegah Anyang-anyangan itu, minum Uri-cran ya kakak?




Yaaaa, adik-adik!


Caranya mudah, cukup dengan mengkonsumsi 2 gelas jus Cranberry setiap hari.  PT Combiphar telah membuat ekstrak dari jus buah Cranberry. Produk ini bernama Prive Uri-cran Plus yang mengemas ekstrak Cranberry jadi lebih praktis. Ada dua macam pilihan yakni kapsul dan powder (bubuk). 

Uricran kapsul
sumber : uricran.com

Uricran powder (bubuk)
Sumber : uricran.com
Saya lebih suka konsumsi yang bubuk. 
Rasanya enak banget dan segar. Cara membuatnya juga gampang. Campurkan 1 sachet Prive Uri-Cran Plus dalam 100 -150 ml air putih. Ada 15 sachet dalam 1 kotak yang bisa dikonsumsi 1-2 sachet sehari. 

Tiap sachet mengandung 375 mg ekstrak cranberry, 60 mg vitamin C sebagai antioksidan, 0,1 mg Bifidobacteriumbifidum (prebiotik), Lactobacillus acidophilus, probiotik yang secara alami terdapat di dalam saluran genitourinaria wanita.

Prive Uri-cran Plus ini gampang dicari, dan tersedia di Guardian, Century dan Kimia Farma. Harganya relatif terjangkau. Untuk Uri-cran plus powder, 15 sachet dibandrol seharga IDR 120K dan yang kapsul IDR 127K.

Jadiii, kalo pipis jangan suka ditahan lagi yaa... jangan suka bohong, ga bagus tauuu! B
aca, nih aku nulis tentang itu.

Udah jujur aja, sekarang kamu pengen pipis kan?

Jaga kesehatan organ tubuh, sayangi area kewanitaan, dan jika anyang-anyangan, segera minum Uricran!




Read Other Articles

31 komentar

  1. Aku pas ada acara juga gitu Mak, misal ke toilet kok kek gimanna gitu, jadi kutahan sampe nemu toilet yg cukup bersih, padahal tuh pengen segera TL, heheee
    enak tuh uricran diminum dingin, ku nyobanya nggakpakai es, Mak hehee
    TFS yah Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa padahal nahan pipis itu sama sekali ga enak! Besok besok jangan lagi ya, aau kalau mulai berasa ga nyaman minum uri-cran deh

      Delete
  2. Susan Bachtiar ternyata marathon runner?? Wahhh, keren buangettt! Padahal usia doi udah ngga muda lagi kan ya.
    Aku dari dulu juga penasaran, para marathon runner itu kalo kebelet pipis piye ya... apa emang ada toilet di tengah2 areal lari, atau di-empet sampe finish :P
    Yang jelas, prive uricran emang JUARAAAKKK banget mba
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ini diterangin ama dia. strategi saat marathon, emang penuh perjuangan!

      Delete
  3. Aku tu sukak banget dengan rasanya Uricran.. anak2 juga suka.. Apalagi khasiatnya itu bagus untuk kaum hawa ya... Jadi gak ragu buat selalu sedia. Pengen cobain yg buah keringnya deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ada kok, sekarang udah bisa dibeli online loh

      Delete
  4. Mantul ma neng, salam sukses selalu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasiiih pa tuting (**)v cobain uricrnnya ya

      Delete
  5. Kenapa sih toilet umum itu jarang ada yang manusiawi. Beneran deh, aku juga suka jijik tuh kalau ke toilet umum yang...ya gitu deh. Akhirnya terpaksa nahan. dan malah kena ISK. Haduhhh. Makanya sekarang kalau kemana-selalu sedia tissue basah, tisue kering dan kadang air mineral juga buat basuh.

    ReplyDelete
  6. AKu banget tuh, nyari rumah pendduk dan memberanikan diri numpang pipis daripada pipis di toilet yang kotor. Atau ke pom bensin deh tapi pilih-pilih juga sih, hahah

    ReplyDelete
  7. Aku pernah nih mba konsumsi Urican dingin-dingin tuh enak banget. Dan memang banyak yang rekomendasikan untuk dikonsumsi

    ReplyDelete
  8. di mol sih gampang cari toilet umum yang bersih tapi kalau lagi dadakan misal di perjalanan gitu kadang terima aja deh toiletnya kek mana. Huhu ... sempet khawatir juga dengan ISK.

    ReplyDelete
  9. Itulah salah satu hal yang bikin ngeri2 sedep kalau ke luar negeri. Toilet!

    ReplyDelete
  10. Keren ya, susan bakhtiar rajin olah raga dan ikut marathon run. Baru tahu malahan kalau pelari marathon ada yang punya kebiasaan pipis sambil lari.. Hihi. Tapi mgkn dari pada ditahan ya, malah jadi ISK.. Saya juga mulai biasakan rutin minum uricran plus nih,, biar bakteri penyebab isk ga nempel...

    ReplyDelete
  11. Ahhaha...iyah,
    AKu suka kepengin pipis. Apalagi sekarang sedang membiasakan minum minimal 1 L sehari.
    Jadi bolak-balik ke toilet apalagi malem, iyyaa banget.

    Dan parahnya aku juga jijikan orangnya.
    Huhuu...padahal ngajarin anak-anak teh buat jangan suka nahan pipis. Tapi emaknya suka nahan pipis.

    Kalau lagi gak sakit, boleh minum Prive Uri Cran juga gak...?

    ReplyDelete
  12. Waktu hamil dulu tuh keingetan deh suka mampir dibeberapa mall setiap mau menuju kerumah karena cuma numpang pipis doangan. Sekarang ini kalau anyang-anyang tuh udah ada solusinya ya, tinggal sedia Uricran dirumah.

    ReplyDelete
  13. Aku kalau ke toilet umum sangat setres maaakkk. Makanya dulu suka nahan pipis :(
    Btw aku prefer toilet yang jongkok kalau ada toilet umum yg gtu.
    Kalau gak ya aku siapin air, tissue basah dll.
    Aku pernah minum uricran jg rasanya emang enak ya gk kyk obat.

    ReplyDelete
  14. aku juga pernah minum ini mba, pake batu es juga, hihihi. btw toilet umum yang asik itu sepanjang aku pernah pake di mall taman anggrek mak, asik banget, hihihi

    ReplyDelete
  15. Andalanku saat anyang-anyangan sih Prive Uricran ini. Aku paling suka yang powder aja.

    ReplyDelete
  16. Kalau kena ISK berarti kudu rajin-rajin masuk toilet karena bentar-bentar pipis. Duh rempong banget ya Mak. Semoga kita semua dapat menjaga kesehatan dengan baik.

    ReplyDelete
  17. Idem, aku juga jijikan kalp ke toilet umum yang kurang bersih

    ReplyDelete
  18. Sedih, kenapa ga foto bareng huhu. Btw mb susan itu kenapa cantikkkkkk sehhhhh. Duhhhh.

    Tapi terjaga juga kesehatan saluran kemih ini karena mb susan minum uricran y. Aku nyoba ini dah lama dan lumayan banget ngefeknya ke aku mbak

    Dah ga pernah perih lagi kalau pipis skrg.

    ReplyDelete
  19. Aku tuh sering mba nahan minum kalo bepergian soalnya malas pipisnya. Apalagi kalo traveling ke tempat yg susah nemu toilet yg bersih

    ReplyDelete
  20. Toss susaaan, saya pun jijik namget sejujurnya ketoilet umum. Sampai kadang nahan kalau toiletnya kotor,sekarang enak ada uricran. Aku dulu ga tahu dan dipijitlah, diiket karet jempolnya klo anyang anyamgan

    ReplyDelete
  21. Wuih..baru tahu kebiasaan para pelari dalam memenuhi kebutuhan buang air kecil. Tapi mending telat larinya daripada harus nahan pipis ya, takut kena anyang-anyangan.

    ReplyDelete
  22. Duh Mak
    Ebak banget itu Cranberry daei Uricran dijadikan minuman plus es batu gitu
    Jadi ga bakalan khawatir sama ISK

    ReplyDelete
  23. Uri cran ini sangat manjur. Sudah merasakan khasitnya. Alhamdulillah. Waktunya atok uricran.

    ReplyDelete
  24. Aku juga jijikan, makanya tiap kali pakai toilet duduk selalu aku alasin tisu dulu. Trus klo kelaiatan aja ngga bersih, bakal jinjit-jinjit dan mual. Makanya klo ngga nemu toilet bersih ya aku kadang suka ditahan aja. Trus klo udah sakit baru deh berasa

    ReplyDelete
  25. Semoga kita semua terhindar dari penyakit ISK ini ya. Kalau ada gejala nggak enak saat kencing, langaung minum uricran, insyaallah normal lagi

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah bisa kenal uricran ya mbak, saya juga pernah terkena anyang-anyangan saat hamil dan itu sangat menyiksa karena enggak bisa beraktifitas dengan normal. Untung waktu itu udah kenal uricran hehe

    ReplyDelete
  27. iya bener banget urusan toilet apalagi saat traveling ke Negara yang mayoritas non muslim bikin horror... aku jaga-jaga selalu bawa uricran sih mba karena juga dilema nahan pipis apalagi waktu traveling

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat (^_^)

Btw, jika ada link hidup dengan berat hati saya hapus \(*_*)/

Back to Top
Cute Polka Dotted Beige Bow Tie Ribbon