REVIEW FABER-CASTELL POLYCHROMOS

Menuruni tangga berjalan Plaza Senayan siang itu, aku merasakan sensasi menggelitik sekaligus menyenangkan.


Menuruni tangga berjalan Plaza Senayan siang itu, aku merasakan sensasi menggelitik sekaligus menyenangkan.



Betul saja, memasuki ruang pamer sekaligus butik Faber Castell, banyak anak muda telah hadir, walaupun ada juga yang usia di atas itu, namun menilik dari busana casual yang mereka kenakan, kutebak, sebagian besar adalah seniman! 

Senyum mas Andri Kurniawan, Public Relation Manager Faber Castell Indonesia yang kebetulan berada di samping kanan meja registrasi, mengembang ketika melihatku. Kami memang bersahabat sejak lama. Selain sebagai blogger, profesiku yang juga ilustrator, memang membuatku akrab dengan brand terkenal satu ini.



Tak jarang, saat aku mengadakan workshop, terutama untuk RPTRA - aku dibantu dan disupport oleh Faber Castell Indonesia. 






Ah... suasana terasa ceria, namun sekaligus elegan memang meliputi butik Faber-Castell yang kali ini menggelar pameran seni bertema Dreams di Store Faber-Castell di Plaza Senayan, Jakarta, pada 29 Juni-13 Juli 2019.

Acara kali ini merupakan rangkaian peringatan 111 tahun pensil warna Polychromos.


ART, DEFINITELY FOR ALL


Tak menunggu lama, acara pun dibuka oleh Bapak Yandramin Halim, Managing Director PT Faber Castell Indonesia. Bapak yang satu ini, memang sangat peduli dengan perkembangan karya. Semua bisa menjadi seniman, didukung dengan peralatan dan ketekunan, tidak mustahil anak-anak Indonesia semua bisa hasilkan karya yang hebat, demikian tuturnya satu ketika dulu.

Pernah kuulas di tulisan ini
"Pameran kali ini, kami hadirkan tiga seniman muda berbakat, yang menggunakan berbagai media dan tools berupa pensil warna Polychromos Faber Castell. Dan tema kali ini bertepatan dengan perayaan 111 tahun pensil warna Polychromos Faber-Castell, yang selalu menjadi sahabat setia para seniman dalam menuangkan ide, imajinasi, dan ekspresi emosi dalam bentuk goresan warna ke berbagai media," 

BERKENALAN DENGAN TIGA 
SENIMAN MUDA FABER CASTELL INDONESIA



Acara tersebut menghadirkan tiga seniman muda berbakat, yaitu Adrie Basuki, Anto Nugroho, dan Angga Yuniar Santosa. 

Tak kenal maka tak sayang, yuk.. aku kenalin satu persatu para seniman muda yang karyanya mengagumkan ini!


Adrie Basuki yang adalah ilustrator dan fashion designer sekaligus penulis buku Kembali Pada Hati (2004) dan NEO (2005)
 bangga bisa dilibatkan dalam pameran tersebut. Pensil warna Polychromos salah satu yang tidak bisa dilepaskan dari perjalanan melukisnya.
"Menemukan Polychromos seperti menemukan pasangan hidup. Saya mencari pensil warna dengan kelembutan sekaligus kekuatan warna yang luar biasa. Sulit mendapatkan gabungan hal tersebut, dan akhirnya saya temukan di Polychromos," kata Adrie.
Karena aku mengenalkan diri juga sebagai ilustrator, Adrie yang humble ini semakin bersemangat bercerita. Awalnya ia memang ditentang kedua orangtua. Namun, kecintaan Adrie pada seni, bukannya menyurutkan semangat, malah melecutnya untuk giat belajar, lalu usai mempersembahkan gelarnya, ia kembali pada dunianya. Menggambar! Untuk menggambar, Adrie belajar secara autodidak melalui kanal youtube.

Setiap hari ia habiskan waktu usai pulang kerja untuk mendesain atau menggambar, dan karyanya berupa busana tenun serta lukisan sekarang menuai decak kagum pengunjung.

Adrie yang hobi gambar sejak usia 2,5 tahun saat ini juga memiliki lini busana sendiri, serta sering mengadakan pameran busana di dalam dan luar negeri.

Anto Nugroho adalah seorang seniman dunia sinematografi. Ya, ia adalah salah satu tim sukses film bertajuk 5 CM. Tahu kan, film yang menginspirasi buanyaaak anak muda yang lalu keranjingan naik gunung?


“Di dunia, tidak ada sesuatu yang tidak bisa kita lakukan. Kuncinya adalah kita mau. Karenanya bermimpilah apa saja, lalu kerjakan mimpi kita dengan sungguh-sungguh,” jelasnya.
Anto Nugroho mengeksplor pensil warna Polychromos-nya dengan cara unik. Direndam, diserut dan ditumbuk!

Not bad, hasilnya di luar dugaan, karena warna warni yang keluar menjadi jauh lebih cemerlang!


Angga Yuniar Santosa,

adalah satu-satunya seniman yang berkarir sesuai jurusan, sepertinya.. ha ha.. 
Sebagai jebolan dari Jurusan Seni Murni FSR ISI -  yang merupakan penggiat seni rupa.



Angga sudah sering mengikuti pameran, baik di dalam maupun di luar negeri. 

Karya karyanya terinspirasi dari impian! 

Oya untuk karyanya yang unik kali ini, ia ciptakan tidak di atas kertas biasa namun menggunakan cat khusus yang ditaruh di atas canvas. Woow!

Nah gimana, keberadaan mereka dapat menginspirasi anak muda lainnya untuk menghasilkan karya, kan!

 "Kegiatan ini diharapkan menjadi gerbang pembuka bagi para seniman muda berbakat Indonesia ke ajang internasional. Hal tersebut sejalan dengan semangat dari Polychromos," kata Yandramin Halim.
Brand Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Fransiska Remila menjelaskan pameran kali ini memang tidak hanya menampilkan karya seni di atas kertas. Ditampilkan juga lukisan menggunakan medium kayu yang dibuat oleh Angga Yuniar.

REVIEW WARNA FABER-CASTELL POLYCHROMOS


Polychromos ini memiliki 120 varian warna, yang dikemas dalam set 12, 24, 36, dan 120. 

HARGANYA BERAPA?
Untuk isi 12, dibanderol dari IDR 350k, isi 24 IDR 675K, isi 36 IDR 1.050K, dan yang isi 120 warna ada yang dari IDR 2.384K hingga IDR 3.050K. 

Pensil warna Polychromos bertekstur keras dan sangat cocok untuk mewarnai gambar yang detail. Warnanya terlihat cerah namun realistik. 

Batang pensil Polychromos terbuat dari kayu pilihan yang berkualitas, dibuat oleh Faber-Castell di pabriknya di Jerman. 

Polychromos adalah pensil warna berbasis minyak dengan warna yang tak tertandingi (tidak rentan terhadap perubahan warna akibat paparan cahaya). Produk ini dianggap sebagai kualitas terbaik di pasar.
Pertama kali memakai Polychromos, saya jatuh cinta dengan betapa lembutnya goresan warna, padahal tekstur pensilnya keras.

Saya juga mudah membaurkan warna dan mengoreksi dengan pensil warna putih. Ini cuman punya yang 12 warna aja udah segini puasnya, apalagi yang 120 warna .. huuummmmm... cannot imagine, mahalnya itu loh boooo! 



Untuk para pengguna pensil warna, pasti akan mudah jatuh cinta karena Polychromos beda. Menyenangkan karena tidak mudah patah juga, sehingga untuk anak anak usia di atas 7 tahun pun bisa mudah diaplikasikan.

Konon, kualitas warnanya bertahan hingga ratusan tahun! Itu sebabnya seniman seniman terkenal dunia juga menggunakan Polychromos.

Oya aku juga punya beberapa varian pensil warna Faber Castell, yang sebagian besar udah tinggal sepotong sepotong.


Faber Castell Gold Faber
Faber Castell water colour dan Classic

Jadi, kamu masih takut berkarya? Salah.

Sudahlah... dalam dunia seni, tidak ada karya yang jelek, kok. Hanya soal selera saja. Dengan media dan alat yang tepat, ditambah keinginan terus belajar, kamu  juga bisa kok, mewujudkan impian.  

Semoga, kegiatan art exhibition bertajuk Dreams ini akan semakin mendorong banyak anak muda untuk berkarya, dan dobrak itu segala keterbatasan! Mari wujudkan impian!

Salam Inspirasi!








Read Other Articles

43 komentar

  1. Wah keren banget nih ya Mbak, masih muda. Namun, sudah sukses dan juga berhasil

    ReplyDelete
  2. Wah iya Mbak, saya sendiri juga suka banget nih menggambar dan melukis hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mau dong lihat karya2mu
      aku dah follow Instagram diirmu belum Meiga ?

      Delete
  3. Siapa saja memang bisa menjadi seorang seniman ya Mbak

    ReplyDelete
  4. Wah memang pensil warna yang satu ini rekomendasi banget deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah pernah cobain kan yaaa..awas kalau bilang belom

      Delete
  5. Hasil lukisannya semuanya keren banget nih ya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya buat kita yang awam tuuuuh... Menginspirasi banget

      Delete
  6. AKu mupeng banget datang ke acara seperti ini, soalnya anakku lagi demen banget ngegambar manga, Mak.
    Semoga dibikin di Surabaya juga yak
    --https://bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaaa ... Manga itu bagus banget buat mengasah kreativitas loh Nurul, soalnya manga jauh lebih mengandalkan keindahan dan estetika

      Delete
  7. Harganya bikin nelen ludah, hihihi...
    Keren2 banget ya hasil karya lara seniman itu, punya ciri khas masing2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Glek... kebayang kan wajahku melet melet mupeeeng

      Delete
  8. salfok sama harganya Fabe castel varian polychromos ini wajar sih ya mba kualitas bahannya aja dari kayu pilihan dan dari pabrik faber di Jerman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiks ... Soalnya uji cobanya juga Luar biasaaa... Kan pensil ini keras tapi saat digoreskan warnanya lembut dan ga mudah patah, jadi awet jauuuuh dari pensil warna biasa

      Delete
  9. Kaget sama harganya tapi sepadan ya dengan hasilnya keren bagitu. Semoga makin terasah bakat seni para seniman dengan Polyvhromos ini. Faber Castell memang juwaraa kualitasnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya .. aku pengen banget yaaa Allah... Semoga Allah SWT mengijabah doaku hihi

      Delete
  10. Keren banget Adrei Basuki, udah hobi menggambar dari usia 2,5 tahun. Aku hobi juga sih, hobi gambar di dinding rumah, trus akhirnya dimarahin, jadi ga tersalurkan, wkwk.
    Wah faber castell jenis ini premium banget ya kayaknya, sebanding dengan harga nya. Kalau aku punya ini kayaknya bakal aku awet2 aja nih, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan dia ini 2.5 tahun konsisten kayaknya ya jadi semakin indah gambarnya

      Delete
    2. Premiuuuum lah, tossss bakalan diawet awet xixizii

      Delete
  11. Jiwa seninya memang luar biasa Adrie Basuki ini, pernah ditentang oleh orang tuanya tapi tetap semangat.

    Pensil warna dari Faber Castell itu memang cakep banget. Warnanya pekat, tapi juga bisa cerah. Lembut gitu.. Suka pakai produk faber castell.

    ReplyDelete
    Replies
    1. He eh mengagumkan waktu dia bilang mempersembahkan ijazah dan udah itu kerja buat ortunya

      Lalu usai kerja ya udah dong, boleh gue yang menentukan hidup

      Delete
  12. Setujuu hasil dan polesannya faber castell polychromos ini cakep dan enak bangeet! Aku nyoba pake punya sodaraku yg arsitek, duh pengen kucomot ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cindy! Ga boleh comot comot gitu!

      Kalo pengen punya, (en gratis) belajar gambar, upload di Ig ntar banyak deh brand yang nawarin!

      Delete
  13. Keren banget nie mba tanti dateng ke acara fabercastel kayak gini.. Gemes bgt jadinya pengen ikut mewarnai juga... Ini pensil warna yang ga di ragukan lagi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rara pasti ngga baca pengumuman undangan atau emang ga kepilih hahahaha.. fabar Castell ini luar biasa, menginspirasi dan selalu update hasil prodak mereka

      Delete
  14. Kalau hadir acara sesuai passion kita tuh rasanya sesuatu banget ya, Mba. Yang menarik tuh quotenya Anto Nugroho bahwa di dunia ini ga ada yang ga bisa kalau ada kemauan. Yes.. setuju banget. Itu saya tanemin ke anak2. Biar mereka bisa menggapai prestasi sesuai minatnya. Macam narsum yg datang di Faber Castle ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya pengen nari nari girang tauuuuu
      .
      Iya mas Anto ini salah satu penulis skrip nya 5 cm itu makanya dia pinter ngomong yaaa

      Delete
  15. Aku dirumah punya beberapa serinya Faber Castell karena memang si anakku suka sekali dengan mewarnai. Tapi aku baru tau yang Polychromos ini, lihat hasil warna mbak Tanty ini bagus sekali ya. Harganya pun lumayan ya si Polychromos ini, karena memang khusus ya.

    ReplyDelete
  16. Pas di bagian harga, aku melambatkan irama membaca.
    Eh kurang puas aku ulang lagi.
    Tetap saja angka tidak berubah, hahaha

    Kwalitas memang ada 'harga' ya, mba

    ReplyDelete
  17. Warna-warna memang membuat ceria. Meskipun saya ga pinter gambar, saya suka bermain warna dengan aktubitas mewarnai gambar dan bisa buat healing stress.. Faber castle memang enak dipakai..

    ReplyDelete
  18. Mak Neng, aku tuh kagum dan takjub ama orang yang bisa melukis dan punya cita seni yang tinggi. Apalah aku yang garis aja bengkok nggak karuan :D. Fabel Castel emang terbaik deh

    ReplyDelete
  19. wah...seniman dan desainer aja pake Faber Castell ya...Ankku suka juga pake produk ini..mungkin lebih nyaman di tangan dan di kertas..hasilnya juga oke banget..Awet pula...

    ReplyDelete
  20. Yang Muda Penuh Karya ini. Faber Castle emang juara deh untuk urusan seni memggambar. Ku jadi inget temenku yang hobinya bikin sketch, setiap saat selalu mintak titip aku, buat ngebeliin dan kirim ke Medan.

    Ternyata macem2 ya Makneng, pensil faber castle yg ampe 10B, Hb dll puyeng, blom pinsil warna huaahaha
    Tapi hasilnya emang kece..

    ReplyDelete
  21. Ya ampuun Mak gambarnya keren-kerwn banget. Kami juga punya beberapa series Faber-Castell di rumah namun tidak memanfaatkan sebaik tiga kreator atau seniman ini.

    ReplyDelete
  22. Aku tuh kalau ke toko stationery dan lihat ragam alat pewarna dari Faber Castell, aku selalu ingat dirimu Mak Tanti
    Identik sama keceriaan warna warninya

    ReplyDelete
  23. This is one cool event. Anakku yang kecil Obi juga hobi gambaaar lho mba Tanti..musti berguru dengan dirimu niiih

    ReplyDelete
  24. Wow 120 warna. Lengkap ya! Ini bisa bikin setiap orang bebas berkreasi dan menjadi seniman versi masing-masing. Aku juga suka mewarnai dengan faber castel.

    ReplyDelete
  25. Memakai Faber Castell ini luar biasa yaa...
    Aku suka banget kalau ada panduan membuat seni yang cantik begini...

    ReplyDelete
  26. Aku kok belum pernah jodoh kalau Mak Tanti bikin WA yaaaa :(
    Btw aku di rumah juga pakai fabercastell mak, selain buatku sendiri juga buat anak :D
    Btw terus terang aku baru tau ttg ketiga seniman itu ikut mendoakan semoga sukses deh

    ReplyDelete
  27. Mba Tanti bahagia banget nih bertemu orang-orang keren di dunia kreatif.
    Aku suka lihat hasil kreasi yang dipamerkan, apalagi ada yang udah punya lini desain sendiri ya

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat (^_^)

Btw, jika ada link hidup dengan berat hati saya hapus \(*_*)/

Back to Top
Cute Polka Dotted Beige Bow Tie Ribbon