UDAH JUJUR AJA, SEKARANG KAMU PENGEN PIPIS KAN?

"Life is just much easier when you are honest," Entah kenapa, kalimat tersebut terngiang ketika kereta me...


"Life is just much easier when you are honest,"

Entah kenapa, kalimat tersebut terngiang ketika kereta memasuki stasiun Cirebon siang itu.

Wanita memang suka gak jujur. Bohong putih, istilahnya. White lie.

Wanita tuh, cenderung melakukan hal ini kepada mereka yang disayangi. Demi apa? Demi tidak menyakiti perasaan orang tersebut, demi orang yang disayang tak terluka hatinya. 



Wanita itu lebih lihai kalo berbohong? 



Based on sebuah polling yang pernah dilakukan oleh University of San Diego Emotion Lab di tahun 2017, wanita memang lebih lihai berbohong


Demi apa? Demi kebaikan! 

Yang paling sering, adalah bohong tentang... jumlah belanjaan mereka. Padahal, kadang belanjanya pake uang sendiri!


Contoh bohong lain yang sering dilakukan wanita, adalah ketika anak membutuhkan sesuatu. Sesuatunya itu mahal. Uang belanja padahal pas-pasan cuman sisa buat bayar listrik. Yang terjadi, biasanya uang sekolah dipangkas habis, dan makan sehari-hari menjadi berlauk kerupuk ama kecap. *Ini curhat apa gimana...*

But, it's true, wanita akan cenderung membela hak anak. Even though dia harus bohong ke suami, misalnya. Ini misalnya loh. Kalo kalian gak gitu, syukurlah.


Dorongan alami secara biologis ini, dimiliki perempuan sebagai kemampuan dasar mengasuh anak. Perempuan emang lebih peka dan lebih kuat rasa empatinya. Seringnya, memikirkan perasaan orang lain. Akibatnya, bohong berkualitas, eh maksudnya dia bohong dengan tujuan "mulia", jadi rasanya lebih "lihai".


Pria malah dua kali lebih sering berbohong!

Kalau ini, kuambil datanya dari sebuah survei yang dilakukan pada tahun 2011 di Inggris. Survei yang melibatkan 2.000 responden pria tersebut, mengatakan bahwa 85% pria bohong sebanyak 6 kali sehari. Wow! 6 times, beib! 

Kebohongan pada pria berbeda. Mau contoh?
Wanita (W): "Pah, kok diem aja, mikirin apa?"Pria (P): "Nggak, kok, aku baik-baik saja," 
Kenyataannya, bos si pria pagi ini memberi tugas ke luar kota, tanpa tambahan uang transport! 
W: "Duh, kok aneh, ya pake baju ini!"P: "Kamu cantik kok, yang..."
Kenyataannya, si wanita pake baju ukuran dua nomor di bawah, sehingga lemak dan tonjolan di pantat meluap tak terkendali.

Itu tuh, ya kalau Tim Roth -bintang TV Lie to Me- ada di depan mereka, pasti bikin wajah keduanya merah padam!

Ah, apa pun alasannya, minumlah .. eh, salah, sebaiknya JANGAN BOHONG, titik. Ga pake koma. YXGQ? 

Lantas, kenapa kita membahas tentang kebohongan?

Du du du du... 

First of all. Wanita itu identik dengan kebersihan. Ya kebersihan mana lagi yang mau kita bahas. Area kewanitaan, lah! Area-nya Miss V!

Area genital kalau istilah kedokterannya. Hidup di daerah tropis di Indonesia, menyebabkan kelembapan di daerah kewanitaan rentan terkena bakteri. Jadi, selain jamur, bakteri jahat yang suka hinggap di private area ini adalah jenis Eschericia Coli. Doi dituding sebagai biangnya penyakit menakutkan; I eS Ka. 


Ya, ISK atau singkatan dari Infeksi Saluran Kemih, terkenal sebagai momok menakutkan. 

Ah, ISK itu kan cuman anyang-anyangan, toh? Iyes. Yang kamu sebut dengan (((cuman))) itu ternyata bisa membawa dampak yang jauh lebih mengerikan, loh!  

Aku udah pernah bahas tentang anyang-anyangan itu di sini, dulu. See? Serem gak? Nggak ya? Oke, nanti kita bahas lagi.

Second question is...iya juga ya, kenapa wanita rentan terkena infeksi saluran kemih? 

Seperti kubilang tadi, kedatanganku ke Cirebon memang untuk pengen tahu banget, kenapa sih, sebegitu pentingnya pengetahuan tentang ISK ini? Apa iya, kita bener-bener harus menjaga Miss V agar tidak kena anyang-anyangan? Lalu, apa hubungannya dengan berkata jujur aka jangan bohong?



O, Jadi kalau ga bohong, ga bakalan kena anyang-anyangan?


Sebelum dijawab, untuuung saya bisa hadir di acara Prive Uricran Women's Community Gathering. Soalnya, kali ini mau membahas blak-blakan e kebohongan.. eh, engga. Tentang anyang-anyangan bersama para wanita di Cirebon!

Dengan dominasi warna merah maroon, cerah segar ceria laksana buah cranberry, narasumber dr. Triono Adi Suroso, Sp.OG hadir di tengah para wanita. 

Eh, ada satu lagi, di Cirebon malah ketemu blogger lawas yang sekarang sedang sibuuuuk traveling around the world! Iya beneran keliling dunia, kadang sakit ati, deh... abis ngobrol sore, eh malamnya dia udah berangkat ke Jepang!

Abis berbalas chat, eeeh, besok pagi dia udah foto foto manjyah di Wae Rebo! Sirik!


Ni, manusianya...




Herry Firmanto, Event Manager Combiphar

dr. Triono SPOG di tengah
Michaela Talitha, Brand Manager Uri-cran 
Bertempat di Hotel Santika,  selain hadir Woman's Community kota Cirebon juga ada Komunitas E-Ping (Exclusive Pumping) Anggotanya adalah ibu yang memerah ASI secara eksklusif, dengan kata lain tidak menyusui langsung sama sekali, namun memberikan ASI. Bukan susu formula.

dr. Triono yang bertugas sehari-hari di RS Permata Cirebon ini to the point menjelaskan apa saja penyebab ISK:

Karena berhubungan dengan Miss V, yaa.. tentu saja semua berkaitan dengan pola bersih-bersih organ intim di MCK. Secara global, bisa kita singkat sebagai berikut; 
Untuk menjaga kesehatan area kewanitaan, sebaiknya selalu memperhatikan kebersihan toilet dan air yang digunakan, mengelap dengan hati-hati dan kering, tidak menahan keinginan buang air kecil dalam tempo lama,. 
Semua ini dilakukan agar tidak terjadi Infeksi Saluran Kemih (ISK). Karena, ISK bisa disebabkan oleh bakteri,  jamur, dan pada kasus tertentu disebabkan oleh virus. Infeksi ini terjadi karena Bakteri E-Coli menempel di dinding saluran kemih. 

Karena 5 dari 10 wanita pernah mengalami ISK, atau disebut “anyang-anyangan”, maka kita perlu tahu gejalanya.  

Gejala-gejala ISK dapat dikenali dengan; 
Demam tinggi, sehingga muntah mual dan nyeri pinggang. Saat buang air kecil, terasa panas, nyeri dan urin keluar sedikit demi sedikit
Sedangkan, apa yang terjadi jika ISK dan berulang?
Bisa menyebabkan kelahiran premature, bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR), preeklampsia, hipertensi, gagal ginjal, dan kematian janin.
Lalu, bagaimana cara cegah ISK? Bukan, bukan dengan mengikat jempol dengan karet yaaa... bukan!
Caranya, rajin minum air putih kurang lebih 1.5 – 3 liter perhari, jangan pernah menahan keinginan buang air kecil, dan jika membersihkan area kewanitaan, caranya dari depan ke belakang, lalu dielap agar tidak lembab. Minum teratur ekstrak buah cranberry.  
Gunakan pakaian dalam yang bahannya katun atau menyerap keringat, agar tidak lembab sehingga cegah pertumbuhan bakteri dan jamur.
Nah, tuh.. baca kan, kata dokter jangan pernah menunda keinginan buang air kecil, itu berbahaya! Apalagi kalau dalam jangka waktu lama.. ih bisa-bisa keinginan buang air kecil hilang. Lantas, jadinya kotoran naik sehingga menyebabkan infeksi saluran kemih!  So, kubilang kan jangan lagi tidak jujur. Kalau mau pipis, ya pipis aja dulu. Kebayang kalo bohong, nahan pipis terus kena ISK! Amit-amit!

Lagi pula, berbohong itu ga ada bagus-bagusnya. Kata siapa, white lie boleh? Satu kebohongan akan menutupi kebohongan yang lain, bukan?



Udah jujur aja, sekarang kamu pengen pipis, kan? Jangan ditahan-tahan, gih cari toilet dan jangan lupa bawa tissue yaa!


Tadi disebut-sebut buah cranberry. Ada apa dengan buah cranberry? 
Cranberry juice is very effective at preventing UTIs. Cranberries contain antibacterial compounds known as tannins. 
Tannins prevent bacteria from sticking to the walls of the bladder and the kidneys. For an infection to grow and thrive, infectious microbes must be able to latch on to the walls of the organs. This sets the stage for infection. Through its antibacterial properties, the beneficial compounds in cranberry juice flush bacteria out with the urine.



Konon, cranberry adalah buah yang efektif memelihara dinding saluran kemih.  Cranberry mengandung probiotik atau anti bakteri bernama tannin. Cranberry bekerja dengan sistem profilaksis yaitu dengan adana Proantocyanidin (PAC) sehingga dapat mencegah terjadinya ISK secara berulang.

Ada dua jenis uri-cran, yaitu berbentuk serbuk, dan berbentuk kapsul.

Uri-cran yang berbentuk powder atau serbuk ini mengandung 375 mg Cranberry ekstrk, 60 mg vitamin C, 0,1 mg Bifidobacterium bifidum dan 0,1 mg Lactobacillus acidophilus. 

Uri-cran serbuk dikonsumsi dengan dosis 1-2 sachet per hari, sedangkan yang kapsul 1-2 butir sehari.

Prive Uricran Plus ini bisa dikepoin, kok di situsnya di www.uricran.co.id. 


Atau kalian bisa lihat di Instagramnya @uricran.id (yang ini bertabur hadiah setiap minggunya selama masa promosi!) Caranya mudah, cukup unggah foto kalian, yang berhubungan dengan keaktifan kalian sebagai wanita. Beri hashtag #uricran #combiphar
#Jakarta2 #uricranwomenscommunity

Dan, untuk kalian yang hobi ngeblog, bisa punya kesempatan mengikuti LOMBA BLOG URI-CRAN berhadiah kamera mirrorless. Uhuuy!




Terimakasiiiih Cirebon!

Read Other Articles

39 komentar

  1. Ya ampun lucu banget sih gambar grootynya pake pegang kaleng kue pula hehehe, duh jadi gagal fokus.
    Wow jadi laki-laki lebih banyak bohong ya hihihi. Tapi mau perempuan atau laki-laki baiknay sih jujur aja ya apalagi kalau sampai menyebabkan penyakit ya serem deh. Aku komennya segeini aja dulu ya mbak mau pipis nih takut boong :-D
    eh nambah lagi deh itu ada mak fadlun udah lama aku gak ketemu

    ReplyDelete
  2. Uricran ini rasanya seger banget ya...anakku juga suka...Apalagi khasiatnya juga wow banget untuk kaum hawa...

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Wah kayaknya segar banget ya diminum di siang hari, mana berkhasiat banget pula untuk para perempuan yang hobi white lie ehhh hahaha..

    ReplyDelete
  5. Akuuu dulu pernah kena anyang-anyangan lumayan parah, Oma. Pas baru nikah. Entah pengaruh hormon atau apa yang jelas tersiksa banget. Dikit-dikit pengen pipis, dan sakit, dan jadi salah tingkah. Huhuu.
    Dulu belum ada produk Prive Uricran,jadi cuss aja aku berobat ke dokter. Sekarang praktis ya, bisa langsung meneguk Prive Uricran yang segar dan berkhasiat ini :).

    ReplyDelete
  6. Kok bisa ngepas sih baca ini tuh aku sedang minum uricran, hahahaa
    Akutuh belum pernah anyang-ayangnan mbak, tapi takut kalo kena. Jadi kemana-mana kalo mampir ke toilet ya bawa tisu.

    ReplyDelete
  7. sekarang mah aku kalo mau pipis ya pipis aja gak ditahan-tahan lagi biar lega trus gak berimbas pada anyang-anyangan

    ReplyDelete
  8. Iya sih mbak, kadang ditahan-tahan aja kalau mau ke toilet alasannya ntar ah tunggu temen, dll. Padahal anyang-anyangan itu kalau dibiarkan ngeri banget ya Mbak. Untung sekarang udah ada uricran 😁

    ReplyDelete
  9. enak banget baca tulisan mba tanti, hehe.. jadi malu saya juga suka pinter bohong. tapi sekarang sebisa mungkin tidak membohongi diri sendiri apalagi pas mau pipis, biar nggak kena ISK. asli tulisannya keren.

    ReplyDelete
  10. Aduhh.... Ternyata anyang-anyangan otu sebabnya aneka ragam ya, ak dering anyang-anyangan jangan-janga hsmmmm wkwkw

    ReplyDelete
  11. iya aku pengen pipis tapi ya gitu akdang ditahan krn riweh mak..aku suka rasa uricran ini enak

    ReplyDelete
  12. Kelihatannya sepele, tapi ternyata efeknya banyak banget ya mb.. jadi memang anyang2en alias ISK itu ga bisa lagi dianggep sepele. Dulu klo aku anyang2en, malah pake karet jempolnya mba...bukannya minum banyak/nyari uricran... Untung sekarang ada uricran ya

    ReplyDelete
  13. Klo udah kena ISK tuh ga enak banget ya, pipis rasanya ga tuntas.

    ReplyDelete
  14. Infeksi sauran kencing tuh ngga bangeet ya mba, ganggu dan sakit yaaa. Dan pasti terbantu kalau ada obatnya

    ReplyDelete
  15. Bun aku sering bolak pipis ke kamar mandi apa itu anyang-anyangan namanyanya?

    ReplyDelete
  16. Aku pernah mba anyang-anyangan karena nahan pipis yg lumayan lama karena macet di jalan. Belum tahu minum nya apa..sekarang jd tahu deh minum nya Uricarn kalo kena anyang-anyangan. Beli nya juga ngga usah pake bohong ya ke suami ahaha..

    ReplyDelete
  17. Enakan yang serbuk, pake air dingin. Segerrrr...

    ReplyDelete
  18. Aku baca tulisanmu jadi keinget balada nahan pipis ujung2nya jadi anyang2an.. Hehe.
    Dulu obatnya cuma minum air putih anget sama kaki dinaikin atas. Metode old school sekaliiihhh,tapi aku jadi tau ternyata cranberry ini bisa membantu mengurangi anyang2an ya, mbaa. Ngeliatnya ko segerr..

    ReplyDelete
  19. Aduhhhhh bonekanya bikin lospokusss.
    Mirip banget!

    ����

    ReplyDelete
  20. Aku pas hamil anak kedua kemarenan sempat kena anyang-anyangan dan juga dapat resep dokter untuk minum Unicran ini yang aman buat bumil,dan rasanya itu seger dan enak

    ReplyDelete
  21. "Demi tidak menyakiti perasaan orang tersebut, demi orang yang disayang tak terluka hatinya."
    aku suka banget kata-kata ini, ternyata perempuan pada umumnya sering melakukan ini ya mba

    ReplyDelete
  22. Aku ikut acara Uri-Cran juga yang di Jogja. Dan emang bermanfaat banget mbak. Kujadi tau ciri ciri awal ISK adalah anyang anyang-anyangan. Jadi lebih waspada kalau usaha kerasa nggak nyaman tubuhnya ya mbak

    ReplyDelete
  23. Anyang-anyangan emang ga enak banget ya, ga nyaman kalau tiduran atau duduk. Btw enak ya sekarang ada Uricran jadi tinggal minum ini aja klo berasa anyang-anyangan.

    ReplyDelete
  24. Bener banget mb, wanita memang sering bohong, kadang untuk nutupi rasa ga enak. Termasuk kalau lagi kebelet pipis tapi baru di luar rumah Suka males bilang karena ga enak Atau males ke toilet umum karena jijik. Untungnya aku sudah bisa nenaklukan rasa itu, demi kesehatan saluran kemih aku selalu pipis kalau kebelet. Cuma demi menjaga diri, selalu bawa tissue basah ke mana-mana. Hihi..

    ReplyDelete
  25. Toss, Mbak
    Aku nih tadi sore sudah minum Uri-cran lagi
    Menjaga kondisi saya yang hamil tetapi masih aktif kemana-mana

    ReplyDelete
  26. Nah, itulah masalahnya. Sebenarnya sih aku nggak pengen bohong. Mau pipis yang bilang mau pipis. Tapi kadang toilet umumnya nggak bersih. Kalau ngga gitu malah pas nggak ada toilet sama sekali. Kan terpaksa ditahaaan. huaaaa

    ReplyDelete
  27. Baca judulnya wkwk sesuatu, bicara tentang anyang-anysngan memang hal yang paling gak enak banget. Untung ada uricran, yang seperti sirup itu uenak banget diminum pake es atau air dingin

    ReplyDelete
  28. iyaa ngaku, aku kebelet pipis tapi barusan dari kamar mandi udah kebelet lagi jadi kan gimana gitu kalau mau izin.
    Padahal nahan pipis itu rentan kena ISK yaa

    ReplyDelete
  29. kebelet pipis trus ditahan dulu aku anggap sepele. tapi sering ikut seminar jadi takut bahayanya. untung ada Uricran ya mba

    ReplyDelete
  30. Aku ini malah suka beser, pengen cepat pipis aja. Repot kalau perjalanan jauh. Baca ini jadi pengen lebih hati-hati menjaga kebersihan alat kelamin deh.

    ReplyDelete
  31. Ternyata risiko anyang2an atau ISK kalau dibiarkan bisa bikin penyakit berbahaya bahkan lahiran premature yaaa sereeemm. Duh kapok deh nahan2 pipis lg hiks. Btw aku pernah mak minum uricran rasanya enak gak kyk obat.

    ReplyDelete
  32. Aku catat Mak baik-baik untuk mencegah ISK harus rajin minum air putih plus minus 1.5 – 3 liter perhari sama jangan pernah menahan keinginan buang air kecil. Selama ini sudah 1,5 liter sih pengen nambah minumnya.

    ReplyDelete
  33. Biasanya suami nih yang suka ngomelin buat gak menahan-nahan buat pipis yang nantinya malah bikin kena ISK

    ReplyDelete
  34. Iya iyaaa maakk... aku ngaku deh kebelet pipis. Ga mau nahan-nahan lagi aah.. ntar bisa kena anyang-anyangen. Rempong kan yaaa...

    Kayaknya aku tau tuh yang tiba-tiba udah di Jepang dan Wae Rebo tadi :))

    ReplyDelete
  35. Hihii...judulnya beneran deh...semacam ngingetin aku buat "Yuk, pipis giih..."
    Aku suka banget nahan pips, apalagi kalau tau toiletnya gak banget.
    Huhuu...

    Cobak aku ikutan minum Prive Uri-cran yaa..
    Segeerr banget lihat minumnya pakai es gitu..

    ReplyDelete
  36. Aku suka nahan pipis kalo lagi travelling karena kadang2 toiletnya jauh ternyta kalo nahan pipis ga baik yah mba

    ReplyDelete
  37. Pernah ngalamin anyang2en dan itu ga enak banget. Pas pulak waktu itu lg traweh di masjid. Haduuh..

    ReplyDelete
  38. Aku tiap hamil selalu ISK maaakk, selalu. Dan itu rasanya menyakitkan banget. Sampai ngga bisa jalan dan gerak. Ampuuunnn deh, semoga kalau nanti hamil lagi nggak ISK lagi.

    ReplyDelete
  39. Aku pernah nahan pipis pas di atas bus Saptco dr Madinah ke Makkah. Akhirnya nyerah bangunin suami terus suami ngomong ke supir bisnya eh ternyata di dalam bus ada toiletnya hahahah

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat (^_^)

Btw, jika ada link hidup dengan berat hati saya hapus \(*_*)/

Back to Top
Cute Polka Dotted Beige Bow Tie Ribbon