Ide Ilustrasi Untuk Journal Tahun Baru



Hai geeengs... sudah jelang akhir tahun 2023, nih!

Untuk beberapa orang, mungkin akhir tahun dan awal tahun baru, tak berdampak apa-apa. Tapi untukku sangat luar biasa. 

Aku terbiasa menandai hari dengan kalender Masehi, bukan karena tak menghargai kalender Islam, tapi lebih karena familier saja. Apalagi, pergantian tahun di kalender Masehi seolah dirayakan bersama-sama oleh setiap orang di dunia. 

Nah, karena pergantian tahun adalah saat aku me-review setahun terakhir, dan membuat resolusi baru - di jurnal, jadi kepikiran dong, ada ide 
ilustrasi apa yang cocok untuk membuat resolusi akhir tahun?

Apakah kalian ingin tahun depan cari kerjaan baru? 

Apakah kalian ingin tahun depan punya bisnis baru - sepertiku yang mulai tekun dan serius cari cuan dari doodle? 

Jika jawabannya YA, buat resolusi dengan SMART (spesific, measurable, achievable, relevant, time-bound) dan untuk memastikan hal itu berhasil, bisa dengan metode journaling untuk mengecek dan memastikan kalian tidak keluar jalur!

Misalnya ingin cari kerjaan baru, buat bullet jurnal dengan :

- tips membuat CV yang menarik 
- melakukan sesi interview dengan melihat contoh di youtube misalnya

Dilansir dari berbagai sumber, 
ilustrasi yang cocok untuk membuat resolusi akhir tahun dapat mencerminkan semangat positif, refleksi, dan motivasi untuk mencapai tujuan baru.  Yang jelas kalian jangan bikin ilustrasi ala shinbi house karena... serem hahaha...

Berikut adalah beberapa ide ilustrasi yang bisa menjadi inspirasi:


  • Puncak Gunung atau Tangga
Ilustrasi gunung atau tangga dapat melambangkan perjalanan pencapaian tujuan. Setiap tingkat atau puncak mencerminkan pencapaian tertentu, dan ini dapat memberikan dorongan semangat untuk terus maju.
  • Gambar puzzle yang tersusun dengan baik dapat mencerminkan pencapaian dan penyelesaian target. Setiap bagian puzzle mewakili langkah atau tugas yang berhasil diselesaikan.
  • Jalur Menuju Tujuan
Ilustrasi jalur atau jalan yang mengarah ke tujuan akhir dapat memberikan gambaran tentang perjalanan mencapai impian. Mungkin juga ada rintangan atau tantangan di sepanjang jalan, tetapi jalur itu tetap menuju tujuan.

Capaian Pribadi

Ilustrasi yang mencakup elemen pribadi, seperti buku catatan dengan daftar pencapaian atau simbol yang mewakili hobi atau minat pribadi, dapat memberikan sentuhan personal dan merayakan pencapaian individu.

Berkebun dan Pertumbuhan

Ilustrasi tanaman atau kebun yang berkembang bisa menjadi metafora visual untuk pertumbuhan pribadi. Setiap tanaman dapat mewakili perkembangan dan peningkatan diri.

Bola Kristal atau Kaca Pembesar

Gambar bola kristal atau kaca pembesar dapat melambangkan refleksi dan fokus pada tujuan di masa depan. Ini juga dapat mencerminkan visi yang jelas untuk tahun mendatang.

Balon Warna-warni

Ilustrasi balon-balon yang terbang ke langit dapat memberikan perasaan ringan dan ceria, mencerminkan harapan dan semangat baru untuk masa depan.

Siluet Seseorang di Puncak Gunung

Ilustrasi siluet seseorang yang berdiri di puncak gunung dapat menciptakan gambaran yang kuat tentang pencapaian puncak dan kemenangan pribadi.

Sedangkan untuk ide ilustrasi cover journal bulanan, aku sudah mengumpulkan dari berbagai sumber nih, menarik untuk dicoba!


Ide Ilustrasi Cover Journal Monthly








Selamat Membuat Journal 2024 Dan Gapai Resolusimu!

11 komentar

  1. Cantik banget ilustrasinya. Terima kasih ide-idenya, ya. Sangat inspiratif dan bikin semangat menjalani 2024

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillaah makasih mbak semangat ya menjalani hari hari ke depan,aaamiiin

      Hapus
  2. Ini cakep-cakep banget inspirasinya, aku tuh suka ngumpulin ide-ide bikin ilustrasi di jurnal tapi ya gitu balik lagi mandek bikinnya. Semoga tahun 2024 bisa membuat sedikit demi sedikit jurnal yang kece.

    BalasHapus
  3. Gambar ilustrasi cover jurnal bulanannya lucu-lucu.
    Tahun 2024 ini cuma pengen lebih baik dan lebih berkah saja kalau saya, dalam segala hal

    BalasHapus
  4. liat ini langusng pengen gambar-gambar di jurnal jugaaa. Walaupun gambarku ngga bagus bagus amat, tapi kayanya lucu nih buat dicobain. Hihi. Makasi idenya ya maaak

    BalasHapus
  5. Mak Neng hasil ilusrasinya bagus bagus sekali. Perpaduan warnanya juga cantik. Aku lemah sekali dengan kreasi seperti ini. Semoga lancar dan penuh semangat cari cuan di dunia ilustrasi ini yaa

    BalasHapus
  6. Cakep banget mak Neng, punya jurnal dr tahun lalu isinya melompong pengen diilustrasiin cantik2 tp mandeg idenya kalau gambar2

    BalasHapus
  7. Ilustrasinya cakep-cakep maak. Bikin mood naik nih mandanginnya. Ngegambar ilustrasi begini juga ngilangin stres yak.

    BalasHapus
  8. Mba Tanti emang gak ada duanya deh kalau bikin ilustrasi. Paling suka dg konsep pada September dan Desember.

    BalasHapus
  9. Buku jurnal tahun 2024-ku masih dalam perjalanan nih mak hehe. InsyaAllah aku tahun ini temanya juga lebih ijo2 kyk gardening walau gardening di jurnal haha. tahun ini aku mau manfaatin gambar2ku dan masih dengan tambahan2 sticker. Semoga bisa semangat nih ngisinya haha.

    BalasHapus
  10. Nulis komennya sambil nangiiss.. BAGUS BANGEETT ka Tantii.. ilustrasinya.
    Apalah aku yang cuma bisa nempel-nempel stiker di buku diary tahunanku. Seneng banget.. kayanya aku kalo ketemu ka Tanti mau minta tanda tangan, hihihi.. nge-fans bangeett..

    Resolusi journaling dari mingguan, bulanan hingga tahunanku selalu bikin di diary Kipop keshayanganku, ka Tanti. Tiap tahun modusnya jajan SG (Season Greeting) buat nemenin aktivitas dan jadwal setahun ke depan.

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)