MENGAPA ART THERAPY ITU PENTING?

    Hai hai bun... pernah nggak sih, kamu mikir kok banyak seniman yang berkarya meskipun karya mereka nggak laku di pasaran ?



Atau, "Kenapa ya mereka kok nggak papa gitu hidup sederhana yang penting masih bisa berkarya?"

Jawabannya adalah.. art teraphy!

    Nah, kamu pernah denger istilah ini enggak, atau ternyata kamu juga udah menerapkannya? Sebelumnya, kita bahas dulu, sebenernya art therapy tuh apa sih? Dikutip dari https://blog.paleohacks.com, maka :
Art therapy benefits are now being validated by neuroscience, and are accepted as an effective alternative to traditional talk therapy. Some even consider art therapy the new “anti-anxiety solution,” with adult coloring books available on bookstore shelves worldwide.

The reason why art therapy is effective is because it provides a safe, non-judgmental environment to explore and observe feelings—both conscious and subconscious—through art, such as coloring, painting, sculpting, drawing, and paper mache. Creating art can also put you in a calm, meditative state, which further encourages emotional release and stress relief.

Manfaat terapi seni kini divalidasi oleh ilmu saraf, dan diterima sebagai alternatif efektif terhadap terapi bicara tradisional. Beberapa bahkan menganggap terapi seni sebagai “solusi anti-kecemasan” baru, ditandai dengan buku mewarnai dewasa yang saat ini tersedia di rak-rak toko buku di seluruh dunia.

Alasan mengapa terapi seni efektif adalah karena terapi seni menyediakan lingkungan yang aman dan tidak menghakimi untuk mengeksplorasi dan mengamati perasaan—baik sadar maupun bawah sadar—melalui seni, seperti mewarnai, melukis, memahat, menggambar, dan mesin kertas. 
Menciptakan karya seni juga dapat menempatkan Anda dalam keadaan tenang dan meditatif, yang selanjutnya mendorong pelepasan emosi dan menghilangkan stres.

Jadi, art therapy ini adalah bentuk terapi yang menggunakan metode seni untuk membantu seseorang melampiaskan emosi dan mengungkapkan pikirannya nggak bisa diungkapkan secara verbal. 

Tak ubahnya dengan para penulis lepas, yang terus berkarya di blog pribadi tanpa peduli dengan ada uangnya atau tidak, atau mereka yang melakukan karya seni baik itu menyanyi menari maupun menggambar. 

Michigan State University menyatakan bahwa art therapy memiliki manfaat untuk mental dan kejiwaan secara menyeluruh.

Apa Saja Manfaat Art Therapy?



Meningkatkan present awareness 

Kesadaran akan masa kini adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki untuk bisa menghadapi situasi sosial maupun masalah psikologis, karena bisa membantu kamu dalam melakukan berbagai hal dengan optimal. 

Art therapy mampu membantu kamu untuk fokus pada present moment alias masa kini dengan menuangkan emosi yang kamu rasakan. 

Memperkuat self-image 

Technical terapi ini bisa lebih mudah mengidentifikasi dan juga memperkuat sisi positif dari diri kamu, loh!

Bagaimana caranya?

Misalnya kamu punya sisi positif - yaitu kamu adalah orang yang pemberani. Maka, self image kamu sebagai orang yang berani akan menjadi lebih kuat dan juga melekat pada diri kamu sendiri 

Meningkatkan empowerment 

Art teraphy bisa membantu kamu untuk mengekspresikan emosi dan pikiran yang selama ini sulit untuk diungkapkan. 

Caranya adalah dengan menggambarkannya di atas kertas - biasanya dalam bentuk dan pola tertentu (lain kali kita bahas pola apa saja yang bisa meningkatkan empowerment

Jadi, keadaan ini akan memberikan kamu kontrol terhadap emosi dan pikiran , sehingga kamu nggak akan larut terjebak di dalam emosi dan pikiran-pikiran tersebut, melainkan kamu akan memberanikan diri untuk mengungkapkannya sehingga terbebas dari perasaannya nggak nyaman! 

Membantu penyembuhan 

Di saat sangat sakit, art therapy ternyata bisa membantu kamu untuk berhadapan dengan rasa sakit dan penyembuhan psikis.

Art therapy terbukti mampu membantu seseorang untuk mengatasi rasa takut dari penyakit yang sudah dihadapi, bahkan di berbagai penelitian dinyatakan baik untuk mengurangi kecemasan depresi dan bahkan rasa sakit fisik para penderita kanker! Wow!

Mengontrol emosi 

Art therapy mampu membantumu merasakan emosi apa yang sedang kamu rasakan, dan dari alam bawah sadar, emosi apa yang sedang muncul atau sudah mendominasi dari diri kamu. 

Ketika kamu melakukan doodling art therapy, kamu akan menjadi lebih mudah dalam memetakan persoalan, sehingga mampu memenej diri sendiri dan bisa lebih optimal dalam beraktivitas - karena emosi tersebut sudah kamu tuangkan ke dalam kertas. 

Itulah yang dirasakan para penulis ketika berkarya, salah satunya yang kutahu ada buku tentang perempuan. Mengungkap perasaan dan sepak terjang perempuan di dunia yang penuh kekejaman!


Sekarang udah tau kan, mengapa para seniman berkarya? Ternyata bukan hanya untuk materi, tapi juga untuk kepuasan dan kesehatan mental mereka sendiri. 

Setelah ini kamu tertarik nggak, buat melakukan art therapy?


8 komentar

  1. simpelnya, memang saat kita tengah larut dalam karya tuh seneng aja gitu. soal mengontrol emosi, kita jadi bisa sabar kan. misal katakanlah kita mau mewarnai. Kita kudu sabar tuh mewarnainya. Biar nggak melewati batas. Keren sih emang art therapy ini..

    BalasHapus
  2. dari dulu pengen cobain art therapy ini sayangnya belum kesampaian, karena beberapa kali melihat teman katanya bagus sebagai sarana menyalurkan kesedihan dan emosinya, alhasil kulihat dia menikmati banget art therapy ini dan look happier sih

    BalasHapus
  3. Aku bukan seniman tetapi ketika sudah melakukan mendesain sesuatu yang berhubungan dengan gambar.. rasanya nggak bisa berhenti. Walaupun secara ekonomis nggak bernilai tinggi, tetapi suka aja melakukannya. Kita seperti masuk ke dalam suatu state rasanya untuk sesaat dunia di sekitar nggak penting. Hmm.. gimana ya cara mengatakannya? hehe. Pantas saja sekarang banyak les, kursus atau tools semacam coloring for adult untuk relaxation. Tenyata itu bagian dari art therapy untuk kesehatan mental.

    BalasHapus
  4. Sebenarnya kepengen sekali nih melakukan art therapy berkala tapi suka kalah dengan kesibukan ini-itu ya. Padahal kalau sudah diluangkan itu rasanya membahagiakan

    BalasHapus
  5. Karena pada dasarnya, sesuatu yang dituangkan dari dasar hati, akan menjadi sebuah obat. Para seniman itu mungkin tak mendapatkan apresiasi atau bahkan dilirik aja enggak. Tapi mereka tetap berkarya, bukan hanya demi uang, melainkan untuk kesehatan mental dan terapinya.

    BalasHapus
  6. Ternyata art therapy ini memang se-dasyat itu yaa.. manfaatnya untuk terapi psikologis dan proses kreatif. Karena aku baca-baca literatur mengenai art therapy ini bisa membantu seseorang untuk bisa mengungkapkan perasaan, sebagai sarana katarsis, atau pelepasan diri dari ketegangan.

    Cakepp~
    Sebenernya berarti bebas-bebas aja yaa... ga ada pakem yang kudu ditepati ketika melakukan art therapy?

    BalasHapus
  7. Mbak Tanti saya salfok ama picture art yg terpampang di artikel. Ini mbak Tanti bikin sendiri ya? Keren looo..
    Pasti mbak Tanti uda menguasai art theraphy ya... Fiuh saya tertarik ingin mencoba. Walau ngga ada tu art art mengalir didalam darah.. Kali bisa menggantikan pergi healing ketempat viral xD

    BalasHapus
  8. aku kayaknya belum pernah beneran art therapy mbak soalnya aku kalau merwarnai itu malah ngilu dengar suara pensil dan kertasnya bergesekan gitu. tapi aku suka bikin gambar-gambar atau apapun gitu di kertas kalau lagi bosan. hehe

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)