Sospeso Transparante, Teknik Art dari Italia

 
Sospeso trasparente adalah teknik kerajinan yang dipopulerkan oleh Monica Allegro dari Italia. Teknik ini hampir mirip dengan decoupage, di mana kita memotong dan menempelkan motif pada permukaan tertentu.

Apa beda antara teknik sospeso tranparente dengan decoupage?

Perbedaannya terletak pada tampilan 3 dimensi yang diberikan pada motif yang dipotong dan ditempel pada media. Sedangkan untuk bahan-bahannya, kita bisa lebih bebas berkarya, karena teknik ini mirip dengan metode gunting dan tempel.

Untuk apa sih, kerajinan dengan teknik sospeso transparante ini?

Hasil dari kerajinan sospeso ini dapat diaplikasikan pada berbagai media seperti clutch / dompet, sebagai hiasan pada pigura, wall decor, kalung etnik, atau yang paling sederhana sebagai bros.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kerajinan sospeso trasparente:

Persiapan Bahan:

  • Kain batik: Pilih motif bunga pada kain batik, brokat, atau bahan katun.

  • Jika menggunakan gambar, pilih yang bisa kita cutting dan digunting, jadi pilih kertas yang agak tebal.

  • Mika transparan (mika khusus sospeso): Mika ini lebih tebal, kuat, dan lentur daripada mika biasa.

  • Emboss pad: Digunakan sebagai alas saat mengembos atau membentuk motif menjadi 3 dimensi.

  • Lem  waterbase: Lem khusus untuk sospeso atau decoupage.

Carilah lem ultra patheon untuk decoupage - yang secara umum bisa kita bedakan menjadi dua berdasarkan pelarut yang digunakan. 

1. Lem water based atau lem berbasis air. Lem jenis ini menggunakan air dalam proses pembuatan maupun dalam pelarutannya. 

2. Lem water based atau lem berbasis minyak. Lem jenis ini menggunakan bahan solvent dalam proses pembuatan maupun dalam pelarutannya.

Tentu saja, sebaiknya teman-teman memilih yang water based karena aman digunakan dan tidak merusak penciuman.

  • Burin: Alat khusus untuk membentuk motif.

Burin, adalah alat semacam stik.
Jenisnya adalah : Etching, Burnisher, Twisted, Scriber, Scraper,
Elliptic,Tint Burin

Stik dengan ujung tumpul berbagai ukuran. Jadi ujung bulatan yang besar, itu untuk membentuk kelopak bunga yang besar, demikian seterusnya. Tinggal menyesuaikan ukuran kelopak bunga yang akan kita bentuk. Sedangkan ujung burin yang agak panjang, fungsinya untuk membentuk volume pada daun. Begini nih, penampakan burin.

  • Bahan craft umum: Manik-manik, peniti bros, kain keras/flanel sebagai alas bros, lem tembak + refill, gunting craft, lilin, dan alat pengering.

Langkah-Langkah: 

a. Potong Motif Bunga: 






- Gunting motif bunga pada kain batik atau kertas - kita sesuaikan dengan gambar yang ingin dikreasikan. 

- Rekatkan guntingan motif tersebut pada mika transparan dengan menggunakan lem. Olesi lagi dengan lem pada bagian atasnya dan tunggu hingga kering sempurna. 

b. Bentuk Motif Menjadi 3 Dimensi:

- Setelah motif melekat pada mika dan kering sempurna, gunting motif tersebut secara presisi mengikuti polanya.

- Agar bisa mudah dibentuk, bakar hasil bunga yang sudah direkat pada mika dengan menggunakan lilin atau menggunakan hair dryer. 

- Gunakan burin untuk membentuk volume pada daun dan kelopak bunga. Burin dengan ujung tumpul berbagai ukuran digunakan untuk membentuk berbagai bagian motif. 

c. Aplikasi Hasil Kerajinan:

- Hasil dari kerajinan sospeso ini dapat diaplikasikan pada berbagai media, seperti clutch/dompet, pigura, wall decor, kalung etnik, atau bahkan sebagai bros.

disclaimer : Karya-karya di bawah ini diambil dari berbagai sumber



Gimana bestie, jadi punya ide untuk berkreasi dari rumah? Tidak terlalu sulit dan hasilnya sangat cantik, ya! Selamat berkarya!

25 komentar

  1. Cocok nih buat mengisi waktu luang, jadi bukan sekedar diem tanpa aksi. Melainkan berkreasi dan hasil kreasi nya bisa buat di kenakan secara pribadi bahkan bisa jadi peluang bisnis hand made juga ya mba..
    Menarik nih teknik kerajinan sospeso trasparente, mesti segera dicoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, ini lumayan terjangkau secara biaya ya mbak Lala - malah bisa menghasilkan cuan

      Hapus
  2. Pernah belajar decoupage. kalau transperente dibiarkan timbul ya tempelannya kalau decoupage nempel rata ke medianya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nhaaa aku baru sadar perbedaannya, boleh ya aku tambahkan di postingan ini?

      Hapus
  3. Selama ini aku taunya decoupage aja, ternyata ada sospeso transparante juga ya... aku suka hasilnya saat menggunakan batik, pembuatannya ala italia tapi look nya tetap Indonesia...

    BalasHapus
  4. ku suka nih sama benda2 yang dihias dengan sospeo transparante gini, kesannya lebih hidup dan real gt, btw peralatannya lumayan banyak dan spesifik ya mak neng, gak asal2 aja ... namanya juga seni yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut aku malah lebih murah daripada decoupage ya ? Apa aku salah karena belum pernah ikutan kelas decoupage juga sih

      Hapus
  5. Huwaaa.. tidak terlalu sulit kata mak Neng. Aku bayanginnya kok njlimet, ya. Peralatannya khusus pula. Kudu beli di tempat khusus pastinya. Tapi hasilnya keren banget. Unik dan bagus!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Qiqiqiii aku lebaaay .. ternyata pas dicoba syulit jugaaaa

      Hapus
  6. Hasilnya jadi cantik banget ya mak Tanti... ternyata teknik art ini menghasilkan karya yang cantik, tapi kayaknya sih kalau aku yang bikin bisa lama banget itu ih.

    BalasHapus
  7. Cantik banget ya kalo udah jadi. Bisa nih dipraktekin di rumah biar tangan gak kaku.

    BalasHapus
  8. Makasih Mbak infonya. Cocok nih buat yang menyukai seni kreativitas. Saya sendiri sebelumnya asing dengan istilah sospeso, decoupage. Membaca tulisan ini jadi sedikit mengerti.

    BalasHapus
  9. Kalau decaupage ake sempet belajar mba,, dilihat gampang pas coba lumayan juga butuh waktu lama, tapi lumayan berhasil, baru tau kakau ini trmasuk, Sospeso trasparente teknik kerajinan yang dipopulerkan oleh Monica Allegro dari Italia.

    BalasHapus
  10. Baru tau soal kerajinan dengan teknik sospeso transparante ini. Kalau decaupage saya sudah pernah buat beberapa kerajinannya. Pengerjaannya harus sabar dan teliti

    BalasHapus
  11. Mak Neng terbaiiikkk 😍💪 Butuh ketelatenan, passion dan CINTA untuk bisa melakoni ini semua.
    Yihaaa aku jadi penikmat ajaaa mak

    BalasHapus
  12. tertarik sekali dengan art and craft seperti ini. jujurly baru dengar kak. hasilnya pun sungguh cantik aa. punya kalung di rumah bisa dimodif jd cantik kya gini, nih.

    BalasHapus
  13. Wah anakku kalau aku tunjukin ini pasti seneng deh soalnya dia suka berkreasi bebikinan kyk gtu.
    Ternyata ada ya stick khusus namanya burin buat membentuk motif. Apa bisa ya kalau gak punya digantikan dengan stick lain yang mungkin sama? hehe
    Btw kalau lem2 dan alat2nya bisa gak sih didapatkan di toko buku besar atau ada toko khusus?

    BalasHapus
  14. Ya Allaah, cantik cantik banget motifnya yang bisa di Sospeso trasparente.
    Namanya asa keren banget pas aku nyebutin. Kayak dialognya mas mafia di Vincenzo.

    BalasHapus
  15. Baru tau Mak kalau ternyata art ini berasal dari Italia. Beberapa kali aku liat di e-commerce, sesuai banget sama seleraku. Pengen deh suatu hari bisa bikin sendiri

    BalasHapus
  16. Cantiiiik yaaa hasilnya. Baru tau ada kerajinan sospeso gini. Yang belum familier adalah tempat beli mika khusus sospeso dan peralatan burinnya,mak.

    BalasHapus
  17. Wah pengembangan dari decoupage ya ini Makneng? Aku baru tahu lho soal kerajinan ini dan sepertinya menyenangkan untuk dibikin dan hasilnya bisa untuk diaplikasikan ke berbagai jenis benda ya

    BalasHapus
  18. Wah cantik sekali ini Mak
    Kudu telaten ya kalau mau bebikinan craft seperti ini ya Mak
    Anakku aku kasih tahu ah, dia suka bebikinan gini

    BalasHapus
  19. wahhh cantik-cantik banget mbak. Saya suka 😍. Pengen coba bikin deh

    BalasHapus
  20. Wuih cakep-cakep ya hasilnya. Suka deh dengan bikin-bikin kayak gini. Tapi aku bingung dengan beli peralatannya. Di tempatku masih susah nyarinya. Kudu nyari online ya kayaknya. Nannti ah mau coba nyari dan nyoba bikin. Dulu aku rajin bikin pernik-pernik. Sekarang huhu kebanyakn magernya deh ih. :(

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)