RAMADAN, MAKE OVER FISIK DAN SPIRITUAL



        "Ma neng kok tambah glowing?"

    Tak sekali loh, aku mendapat pertanyaan seperti ini jika bertemu dengan saudara-saudara saat Lebaran tiba. Dan aku pun akan berkomentar sama kepada saudara-saudara dan teman-teman - terutama yang perempuan ya, bun!

    Iya, aneh kan ya.. setelah puasa sebulan, biasanya tubuh kita akan serasa re-charge kembali. Seolah "dicuci" luar dalam. Nah, tentu saja kesempatan emas yang datangnya setahun sekali ini, berkaitan juga dengan aktifitas aku sehari-hari. Apa aja itu? Here we go!

Ramadhan adalah tentang spiritual dan fisik


    Dari sisi spiritual, bulan kesembilan dalam kalender Islam ini, merupakan waktu untuk merenungkan keutamaan seperti kesabaran, pengorbanan dan syukur. Fokus tersebut dipertajam dengan pengendalian diri secara fisik – terutama dengan berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam.

    Secara rutin, sejak satu dekade terakhir, aku menjadikan kajian Qur'an sebagai aktifitas yang tak lepas setiap hari selama Ramadan. Ya, sesekali sih pasti malas ya, namanya juga manusia. Apalagi di pertengahan puasa, sepertinya tubuh lemas, letih lesu tak bertenaga akibat detoks terus menerus. 
Detoksifikasi tubuh ini pastinya karena autofagi (autophagy) yaitu mekanisme pembersihan diri yang terjadi saat tubuh dilatih untuk berpuasa selama kurun waktu tertentu.

    Untuk fisik, dilansir dari website halodoc, setelah seminggu berpuasa, tubuh mengalami beberapa perubahan yang berperan dalam detoksifikasi alami. Berikut adalah beberapa hal yang terjadi selama puasa:
  • Selama berpuasa, tubuh menggunakan gula darah yang tersimpan di dalam hati untuk memberikan energi. Setelah sekitar delapan jam, tubuh akan mengambil glukosa yang disimpan di hati dan otot sebagai sumber energi. Setelah simpanan glukosa habis, lemak menjadi sumber energi berikutnya bagi tubuh.
  • Tahap tersulit terjadi di tiga hari pertama yaitu karena tubuh belum memasuki “keadaan puasa” sampai sekitar delapan jam setelah makan terakhir.

    Pada tahap ini, tubuh menyesuaikan diri dengan tetap merasa lapar dalam waktu yang lebih lama. Saat tubuh mulai membakar lemak, bobot tubuh akan berkurang, tingkat kolesterol menurun, dan risiko diabetes berkurang. Namun, penurunan kadar gula darah juga menyebabkan tubuh lemah dan lesu. Saat ini kita mungkin akan mulai mengalami sakit kepala, pusing, mual, dan bau mulut.

  • Setelah sekitar 3 hingga 7 hari (kondisi tiap tubuh berbeda-beda pastinya) maka tubuh terbiasa berpuasa, sehingga ia akan bekerja untuk memecah lemak untuk diubah menjadi gula darah. Penting untuk minum air dengan cukup agar tidak mengalami dehidrasi, dan pastikan makan yang cukup tinggi nutrisinya.

Apakah saat puasa aman berolahraga?

“Secara historis, telah terbukti berulang kali bahwa puasa sebenarnya sangat aman bagi kebanyakan orang", kata Dr. Babar Basir, ahli jantung intervensi di Henry Ford Health Detroit, direktur program dukungan peredaran darah mekanis akut.

Karena puasa Ramadan adalah jenis puasa intermiten, maka puasa intermiten benar-benar populer sebagai cara untuk menghilangkan lemak tanpa kehilangan otot. Selain itu, puasa dapat meningkatkan kadar insulin dan meningkatkan hormon pertumbuhan manusia, yang membantu membakar lemak.

Kapan olahraganya, Neng?



Aku lebih suka berolahraga fisik sebelum berbuka puasa, ya sekalian ngabuburit gitu. Karena yang paling mudah buatku jalan kaki, maka aku memutuskan untuk berjalan kaki sambil membeli takjil saja. Sekali menyelam, dua tiga takjil pun terbeli.

Pilihan olahraga lainnya ya yoga yang ringan untuk pemula, sekitar 15-20 menit, sekedar untuk melemaskan otot bukan yang melintir-melintir seperti para yogist. Angkat bebannya? Nanti saja kalau sudah tidak di bulan Ramadan ya.. (cemen anaknya)

Anak-anakku yang laki-laki lebih senang berolahraga setelah tarawih. Pilihan olahraga mereka adalah push up, pull up dengan pull bar, dan angkat beban.

Ada waktu juga nggak buat skincare-an?

Jujurly, aku bukan penyuka skincare (baca : males) jadi beruntung bangeeet punya anak gadis koleksi skin care dan sayang mama. Sungguh perpaduan yang sempurna! Walaupun habis facial muka mama, percakapan selanjutnya adalah;

        "Aku mau nonton ya Ma, minggu depan sama Nadine," 
atau
        "Serum yang ini sama micellar water habis loh Ma, pesenin di Syopi ya!"

Ahshiyaaap!

Tidur Cukup Adalah Koentji

Untunglah, aku orang yang termasuk mudah tidur. 

Lagi senang, tidur. Lagi ngambek atau marah, tidur. Pokoke mekanisme tubuhku itu kalo swing mood adalah : mandi, tidur. Bangun udah masuk dunia baru, ya kurang lebih kayak Alice in Wonderland atuh kitu lah.


Tidur yang cukup bagi orang dewasa adalah 7-9 jam per hari. Tidur cukup bisa berpengaruh positif untuk memulihkan kondisi dan kebugaran tubuh.

Umumnya, waktu tidur seseorang di bulan puasa akan lebih pendek. Sebab, puasa mengharuskan orang bangun lebih dini untuk sahur. Karena itu, penting untuk memaksimalkan malam hari untuk tidur, selain menyediakan tidur siang 30 menit-1 jam.


Mensiasati Ngemil dan Ngopi, Emang bisa?

Bagian terpenting dari sahur,  adalah : pastikan minum cukup air. Buatku, mengelola asupan air sangat penting. Jumlah persis yang dibutuhkan tiap orang berbeda-beda, yang penting hindari minuman manis.

Godaan jelang sebelum fajar, minum kopi sih kalo aku. Tapi timbangane pengen ya aku tetap minum setengah cangkir :))

Sedangkan saat berbuka, selain makan iftar, makan satu - tiga kurma sebelum sholat magrib itu membantu banget loh bestie. Aku yang biasanya comot cemilan ini itu, jadi lebih enakan perutnya dan ngga terlalu pengen ngemil.

Godaan kedua : aku suka sekali makanan yang digoreng dan asin, jadi berbuka harus dengan minum teh manis dan makan gorengan. Nah ini disiasatin dengan malamnya makan oufen, tau kan... yang lotus seed itu. Itu membantu supaya kolesterol tidak melonjak naik!

Akhirul kata, puasa selama 30 hari berturut-turut tidaklah mudah, tapi ini adalah pengalaman spiritual yang sangat indah. 

Semoga kita bisa menggunakan Ramadan sebagai batu loncatan untuk membuat pilihan hidup sehat yang baik terutama mengubah pola makan, serta menjadikan tadarus Al Quran kebiasaan sehari-hari yang tak kalah menyehatkan mental.

Salaam!

Sumber:

BBC Indonesia
Halodoc

20 komentar

  1. Aku jadi mau ketemu deh biar ada yg bilang glowing 😆😆😆
    Sekarang lg jerawatan parah muka aku mba.
    Hari ini mau beli takjil ah pake jalan kaki biar skalian olahraga ngikut mba Tantiiikk..
    Makan kurma saat sahur jg aku, makan nasi jadi dikit kan aslinya ku makan nasi banyak 😅 masalah tidur, pasti ku kudu boci. .bikin fresh

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah ... waaah untuk muka coba pake YOU yang ijo itu, mujarab banget Uci!
      Hah, kamu makan nasi banyak? Lawong kurus ya gapapa hihihi.. kalo aku tu masalah!

      Hapus
    2. Nanti aku coba ya mbaa..
      Iyaa aku mkn banyak tp ada gerd 😅 jadi gabisa banyak2 skrg. Nah puasa aku nggak tahan kadang banyak. Sama kayak mba Tantiii, aku pun suka horengan dan yg asin gitu mba

      Hapus
  2. aaa senengnyaa ada partner skinkeran bareng ya makk. kalo aku ga tlaten skinkeran, kenapa yaa bawaan kok mager mulu mo skinkeran wkwkkw. kujuga nih lagi jaga pola makan pas puasa ini... godaan bangett pengen makan emih :D

    BalasHapus
  3. wahh kita samaan mak tetep olahraga selama bulan puasa. iya, aku pernah denger dari coach influencer, kalo kita olga sebelum buka bakar kalorinya lebih cepet

    BalasHapus
  4. Duh aku malah salfok ke gambarnya ini mak Tanti, cakep banget ih itu. Ramadan nih memang jadi momen untuk kita membenahi diri agar terus menjadi orang yang lebih baik lagi ya mak. Aku puasa ini tetap minum kopi, tapi setelah buka puasa sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa gambarnya bagus bgt ya nyak. Aku gemes mau warnain 😄 anak2 pasti jg demen ini.

      Hapus
  5. Penting banget ini, bulan ramadhan auto sehat luar dalam ya.. Apalagi wajah, jadi makin glowing sehat karena pola hidup lebih teratur. Terpenting emang asupan cairan jangan sampai kekurangan. Kemudian konsumsi makanan bergizi seimbang..semangat sehat, tetap olahraga selama ramadhan, kalau aku biasanya abis sahur jalan-jalan tipis buat gerain badan.

    BalasHapus
  6. Salah satu hal yang aku suka dari menjalankan puasa di bulan Ramadhan adalah, berat badanku bisa turun hehe... Ramadhan tahun kemarin turun 4 kg. Ramadhan tahun ini, belum nimbang.

    Emang berpuasa tuh banyak manfaatnya ya, sudah banyak pula yang melakukan penelitian tentang hal ini, bahkan para peneliti non muslim pun melakukannya

    BalasHapus
  7. Aku setuju lho kalau puasa itu bisa sebagai detoksifikasi, yg bisa dibilang sebagai filter juga untuk menyerap makanan/minuman/zat yg masuk ke dlm tubuh. Btw aku suka interakaksi mba Tanti dan putrinya ^_^

    BalasHapus
  8. Iya banget deh, Ramadan ini bisa sekalian jadi ajang make over ya. Gak hanya spiritual aja yang upgrade, tetapi juga mental, emosional, fisik. Semoga deh bisa make over finansial juga lewat Ramadan.

    BalasHapus
  9. Bener banget mbak Tanti yang di make over itu gak hanay wajah tapi spiritual juga perlu banget.
    Setelah 11 bulan lamanya ya tubuh mengonsumi bermacam makanan saatnya di bulan Ramadan detoksifikasi.

    BalasHapus
  10. Kaa Tantiii jadi Alice in the Wonderlaaand..
    Kiyowoo sekaliii..

    Tapi iya yaa.. di bulan Ramadan tuh semua bisa tertata rapih tanpa alasan. Inginnya, selepas Ramadan pun bisa tetap memiliki semangat ibadah yang seperti ini. Dan gaya hidup sehat dengan makan sesuai kebutuhan tubuh, gak berlebihan.

    Aku baru beberapa kali ngopi, ka Tanti.
    Kangen banget. Hehhe, tapi ko nahan-nahan karena berasa uda kenyang duluan.

    BalasHapus
  11. Mak neng barokAllah..aku hepiii bgt bacanya

    apalagi part ini

    Detoksifikasi tubuh ini pastinya karena autofagi (autophagy) yaitu mekanisme pembersihan diri yang terjadi saat tubuh dilatih untuk berpuasa selama kurun waktu tertentu.

    BalasHapus
  12. Ramadhan ini saya abai banget dengan skincare. Pernah kelupaan sampai 4 hari, sama sekali ga pakai. Huhu
    Tapi memang sedang berusaha memperbaiki sisi spiritual sehingga diusahakan sering wudlu, alhasil ga ingat pakai pelembab.

    BalasHapus
  13. Make over fisik dan spiritual. Dobel combo ya Mak Neng.. Cantik luar dalam jadinya mah. Semoga lancar dan berkah sampai Ramadhan berganti Syawal. Amin.

    BalasHapus
  14. Nah ya kadang org puasa tuh mengurangi aktivitas misalnya olahraga, padahal ya sebenarnya kalau sahur dan bukanya cukup dan memenuhi kebutuhan gizi gak masalah workout tetep. Cuma ya mungkin disesuaikan saja gerakan dan durasi waktunya.
    Trus soal waktu tidur juga PR sekali kadang suka terbolak balik pas pagi ngantuk, padahal poinnya kudu manajemen waktu istirahatnya juga kudu bagus yaa.

    BalasHapus
  15. Semoga yaa ... kita bisa menggunakan Ramadan untuk membuat pilihan hidup sehat yang baik terutama mengubah pola makan, serta menjadikan tadarus Al Quran kebiasaan sehari-hari yang tak kalah menyehatkan mental.

    BalasHapus
  16. Sekali menyelam, dua tiga takjil pun terbeli.
    Aku suka kata2 itu maaaak... hahahaha... kalo gak kekep dompet kayaknya bakal lebih banyak yang kebeli deh... maklum suasana lapar dahaga kan ya...

    BalasHapus
  17. wah aku olahraga nih mbak yang masih susah banget rajinnya. belum tahu nih beratku bakal berkurang atau malah bertambah selama ramadan ini soalnya pas buka makan melulu he

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)