Thursday, August 17, 2017

PERTAMINA PASTI PRIMA DENGAN BLUE STRIPE - SEMUANYA ADA!

Pukul 17.00 bbwi.

Sesudah GRAB yang kutumpangi muter-muter karena jalan sepanjang Istana Boneka (eh maksudnya bangunan putih di sudut perempatan itu, loh) ditutup,
akhirnya sampai juga di ICE BSD.. lewat belakang!  

Huhu.. lumayan, jalan dari satu gedung ke gedung berkanopi lainnya! Kalo jalan santai, melintas satu hall itu sekitar 2 menitan deh. Burn calories, yes!

FYI,
Indonesia Convention Exhibition (ICE) yang diresmikan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada 4 Agustus 2015 lalu itu punya 10 exhibition hall seluas 50.000 m², ditambah 50.000 m² area pameran di luar ruangan, convention hall seluas 4.000 m² yang terbagi menjadi empat ruang, 33 meeting room, dan area lobi seluas 12.000 m²!

Sore ini, aku diundang oleh Pertamina untuk menyaksikan booth-nya yang berada di Hall 6E, dan booth di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2017 kali ini tentu saja yang ke-3 diikuti oleh Pertamina. Sebagai warga Tangerang, aku bersiap untuk kemacetan luar biasa yang akan dihadapi menuju ke sana. Itu sebabnya, gojek online jadi pilihan. 
Btw, jika kamu datang dari luar wilayah Tangerang, pihak GIIAS juga menyediakan shuttle bus gratis di beberapa titik keberangkatan. Jika naik commuter line bisa turun di Stasiun Rawa Buntu, disitu ada shuttle bus yang berangkat tiap jam, atau bisa juga mengandalkan ojek pangkalan atau ojek online.  Selain itu, jika membawa kendaraan sendiri dan parkir jauh dari ICE juga disediakan bus gratis dari beberapa lokasi parkir.

GAS STATION TALK
Tepat pukul 18.30, MC cantik Crystal Oceania yang akrab disapa Ital, membuka acara Gas Station Talk bersama Zico Aldiah Syahtian, Dwi Puja Ariestya, dan Muhamad Resa. 


Ketiga nara sumber adalah pegawai Pertamina yang akan memperkenalkan Pertamina Pasti Prima yaitu SPBU yang memiliki penampilan dan fitur-fitur baru.

Yes,
PT Pertamina (Persero) telah luncur
kan generasi baru SPBU COCO, yaitu SPBU Pasti Prima, dengan pengalaman baru ‘beyond fuel’ berupa pelayanan non-fuel retail, pelayanan energi terpadu dan layanan digital untuk kenyamanan konsumen. Saat ini, telah ada 38 SPBU dengan 10 di antaranya ada di Jakarta.
“Inil adalah sebagai bukti bahwa Pertamina terus melakukan inovasinya, dibanding tahun 2007 lalu dimana Pertamina sukses meluncurkan SPBU Pasti Pas di seluruh Indonesia. Saat ini dunia ritel sudah mengalami perubahan besar dimana salah satunya konsumen sudah memasuki era teknologi digital”.
Targert Pertamina adalah dengan menghadirkan 500 SPBU Pasti Pas yang akan menjadi SPBU Pasti Prima dan tersebar di seluruh Indonesia, sehingga dapat memberikan yang terbaik bagi pelanggan.


Apa sih, yang dimaksud dengan Pertamina Pasti Prima?

Sumber foto : Jitunews
SPBU Pasti Prima Pertamina menyajikan layanan non-fuel retail yang lebih dinamis dan beragam. Seperti Bright Store, ATM, KFC, pelayanan energi terpadu yakni LPG, Pelumas, Air dan Nitrogren, memberikan reward kepada pelanggan setia, serta memanfaatkan teknologi digital mutakhir sebagai media interaksi dengan pelanggan dengan aplikasi Pertamina Go!
Pertamina juga telah menyepakati kerjasama dengan MAP Group untuk pengembangan restoran dan layanan cepat saji di SPBU. MAP Group adalah perusahan retail yang memiliki lebih dari 100 merk ternama dari pakaian, alat-alat olahraga sampai makanan, beberapa diantaranya adalah merk ternama seperti Starbucks, Burger King, dan Domino Pizza.

Pertamina juga menggandeng Es Teler 77 sebagai salah satu mitra bisnis non fuel retail di SPBU tersebut. Es Teler 77 mengembangkan konsep Pulstop 77 yang menyajikan konsep desain retro-automotive unik yang sesuai dengan karakter konsumen SPBU, nyaman untuk seluruh pelanggan serta dilengkapi fasilitas ramah lingkungan.

Anak perusahaan Pertamina, PT Pertamina Retail yang mengoperasikan 374 Bright Store, juga menyepakati kerja sama dengan BUMN lainnya, yaitu Bank Mandiri, Bulog dan Pos Indonesia. Bright Store, yang kebanyakan berlokasi di SPBU Pertamina akan mulai menyediakan produk Bulog serta jasa pengiriman Pos Indonesia.

Kerja sama tersebut merupakan wujud konkret dari pengalaman baru yang diusung oleh SPBU Pasti Prima yang berorientasi pada gaya hidup, menyajikan pengalaman baru ‘beyond fuel’ kepada pelanggan, memiliki tampilan baru, dan akan meningkatkan customer journey dengan adanya pilihan lebih beragam di SPBU.

Di SPBU Pasti Prima, Pertamina menyajikan non-fuel retail lebih dinamis dengan pelayanan energi terpadu, seperti LPG, pelumas, air & nitrogren, memberikan reward kepada pelanggan setia, serta memanfaatkan teknologi digital mutakhir sebagai media interaksi dengan pelanggan.

SPBU Pasti Prima memiliki tampilan yang lebih fresh dengan logo baru yang mengo­munikasikan layanan melebihi SPBU Pasti Pas dengan tetap mempertahankan prinsip-prinsip fundamental, yaitu jaminan dalam hal pelayanan, kualitas, dan kuantitas.


WARNA DAN LOGO PERTAMINA PASTI PRIMA
Jika sebelumnya kita menuju SPBU Pasti  Pas yang berwarna merah, maka SPBU Pasti Prima bernuansa corporate color Pertamina, yaitu merah, biru, dan hijau. 

Warna merah masih dominan untuk melambangkan semangat dan kerja keras, keberanian untuk mengatasi segala tantangan, ketekunan yang menjadi ciri Indonesia. 

Warna biru pada totem dan tiang pilar pada pulau dispenser memperlihatkan kesan sebagai perusahaan yang terpercaya, punya kekuatan dan otoritas yang kokoh. 

 Sedangkan warna hijau pada dispenser mengekspresikan usaha mengelola dan mencari energi alternatif yang ramah dan bersahabat dengan lingkungan sosial maupun lingkungan alam. Selain itu, ada seragam baru bagi pekerja SPBU “Pasti Prima” yang mempersatukan semua warna di atas.

PERTAMINA GO, APLIKASI UNTUK MENCARI SPBU TERDEKAT 


Pak Zico juga menambahkan,

untuk kedekatan kepada konsumen, Pertamina menghadirkan aplikasi Pertamina Go di platform Android beberapa waktu lalu. Tujuan utama dari aplikasi ini adalah untuk memudahkan pengguna menemukan lokasi SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) terdekat.



Aplikasi Pertamina Go bisa diunduh melalui Google Play Store atau app store seperti OPPO store (seperti punyaku) sejak Februari 2015

Fungsi fitur utama aplikasi ini mengandalkan integrasi layanan GPS di smartphone untuk melacak SPBU terdekat dengan lokasi pengguna. Seperti saat aku mengaksesnya untuk pertama kali, aplikasi akan langsung mengarahkan pada lokasi SPBU terdekat.

Tersedia pula fitur Trip Planner. Melalui fitur tersebut, pengguna dapat menyimpan lokasi tujuan yang dilengkapi dengan titik-titik lokasi SPBU sepanjang perjalanan. Di laman ini pengguna juga dapat memilih kategori bahan bakar dan rute yang ingin dipilih.

Dan yang terakhir, terdapat fitur Motorist Diary. Di laman ini, pengguna dapat mengisi informasi jenis kendaraan dan tanggal jatuh tempo perpanjangan STNK, asuransi, dan jadwal cek tekanan angin serta ganti oli. Setelah melakukan input data tersebut, aplikasi akan secara otomatis memberi notifikasi kepada pengguna, mulai dari satu hari hingga satu bulan, agar jadwalnya tidak terlewatkan.

Secara keseluruhan, aplikasi ini dapat bermanfaat bagi orang yang belum mengetahui kondisi jalanan yang ditempuh. Terlebih bagi kendaraan yang memang memakan banyak bahan bakar dan harus sering mampir ke SPBU,

Fungsi lain yang ditawarkan aplikasi adalah sebagai “buku harian” bagi kendaraan. Ini akan memudahkan pengguna dalam melakukan servis berkala ataupun pengingat untuk memperpanjang pajak dari kendaraan dan berkas-berkas lainnya. Mungkin, fungsi pengingat seperti itu bukan menjadi hal krusial. Namun, notifikasi yang muncul jauh-jauh hari dapat mengingatkan pengguna agar tidak terlambat melakukan servis atau mengurus surat-surat kendaraan.

6 comments:

  1. Wahh ada aplikasinya juga nihh. Ntar nyobain pas lg kejkt ahh. Scr suka deg2an nyari pompa bensin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku malah suka deg degan pas mau pipis.. hhehehehe ...

      tapi sekarang malah kalau mau pis atau ke mushola mending emang cari SPBU loh, dijamin pasti bersih gak kayak dulu

      Delete
  2. Aku daerah tangerang tu buta bgt deh.. Jarang bgt sih kesana hahaha.. Pernah ke tangerang pas bgt bensin mau abis,cari spbu terdekat browsing deh.. Eh skrg udh ada aplikasi pertamina go, jd lbh mudah cari spbu terdekat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, itu permasalahan aku waktu ke Bekasi! Muter muter cari pom bensin!

      Sekarang dengan pake aplikasi Pertamina GO! atau google map bisa cari pom bensin yang terdekat!

      Delete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^

Jika ada pertanyaan pribadi silakan ke email amelia_tanti@yahoo.com