Saturday, April 15, 2017

KEHAMILAN YANG MENYENANGKAN BERSAMA PRENAGEN

PRENAGEN PREGNANCY EDUCATIONAL JOURNEY 2017
I will be his first kiss, his first love, his first friend.
I am his mother, and he is my little boy

Kutipan yang kuubah menjadi kata ganti orang pertama itu, adalah kalimat yang spontan terlintas, ketika bayi mungil itu berada dalam pelukanku.

Sudah belasan tahun lamanya berlalu, 
namun hingga kini, mata bening bayi yang pertama kali menatapku sambil tersenyum itu masih terpatri jelas dalam ingatan.

Aku memang ibu yang melow, but who doesn't? Menatap takjub pada sosok mungil yang muncul - yang sudah 9 bulan bersemayam di rahimku - adalah menatap sebuah keajaiban. Tak bosan-bosannya, kucium pipi, kening, hidung, melihat jari-jari mungilnya, dan menanti kapan ia tersenyum.. aah.. 

Menjadi Ibu adalah istimewa. Menjadi Ibu adalah anugerah tak terhingga. Tak semua bisa beruntung mendapat titipan-Nya ini. Ya, ada sih yang tak terlalu peduli dengan bayi baru lahir, dan muncul di koran dengan headlines mengenaskan. Tapi seribu satu kasus seperti itu. 

Maka, ketika mendapat kehormatan diundang oleh Prenagen, rasanya semua kenangan manis itu bermunculan kembali. 

Aku adalah ibu dari 4 orang anak. Tak bosannya kuberitahu semua orang jika mereka sekedar menyapa, "Hai... Tanti, apa kabar?"


Pagi di hari Sabtu itu, grand ballroom Hotel Pullman Central Park, dipenuhi ratusan ibu-ibu berbusana ungu dengan wajah berseri bahagia. Sebagian terlihat sudah kepayahan, karena kandungannya sudah membulat, dan sebagian masih tampil cantik dengan perut flat, namun ngotot mengabarkan ke semua konsultan bahwa usia kandungannya memasuki 8 minggu! 

Para crew Prenagen, berkeliling membawa nampan berisi susu dan juice, dan di salah satu booth ada cemilan sehat Fitbar menanti. Aku sih selama berjam-jam bolak balik ngambil susu atau juice dan fitbar. Kenyang ^^

Nah, pasti timbul pertanyaan di benak ibu-ibu hamil atau ibu menyusui yang hadir, apa dan kenapa mereka diundang ke event Prenagen Pregnancy Educational Journey 2017 ini.

Agenda Acara Prenagen Pregnancy Educational Journey 2017
PPEJ adalah sebuah acara yang dirancang khusus oleh Prenagen melalui Prenagen Peduli. Acara ini bertujuan memberikan edukasi dan informasi terkait masalah kehamilan, melahirkan hingga menyusui kepada calon ibu dan ayah.

Tema yang diusung setiap tahunnya berbeda. Tahun ini, adalah "Yang Terbaik Untuk Yang Teristimewa". 

Agenda besar acara yang moderatornya Mona Ratuliu -seorang praktisi parenting dan artis- ini, dibuka dengan kehadiran bapak Andi Wahyu, dari KALBE dan Dr. dr. Budi Iman Santoso dari POGI. 

Pak Andi menyambut kehadiran calon ibu dan ayah dengan menyampaikan bahwa tema tahun ini memang mempersiapkan orangtua untuk memberikan yang terbaik kepada buah hati mereka. 




Kemudian berturut-turut adalah;

• Interaktif Talkshow bersama dr. Boy Abidin , SpOG (K) mengenai Dampak Penting Kesehatan Plasenta Untuk Perjalanan Kehidupan Si Kecil


• dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA ( K ) mengenai Pengaruh Nutrisi Terhadap Pembentukan Sistem Saraf & Redflag Si Kecil 

Tak ketinggalan, ada sharing session pengalaman menjadi orang tua baru bersama brand ambassador PRENAGEN : Andien , seorang diva penyanyi Indonesia. Andien hadir didampingi suaminya, Ippe -yang akun instagramnya cukup unik, cyclonesia- seorang fotografer. 

• Di sesi menjelang rehat makan siang, juga ada chef Eddrian Tjhia yang sebelumnya juga memberikan demo di booth luar area talkshow kepada ibu-ibu.


• Senam PRENAFit , senam khusus untuk Ibu hamil & Ibu pasca melahirkan yang memberikan manfaat yang baik untuk pernafasan, menguatkan otot panggul, otot perut dan paha yang dibutuhkan oleh Ibu saat & pasca melahirkan. Senam ini praktis dan bisa dilakukan di rumah sesuai dengan petunjuk dokter.

Yang tak kalah penting adalah,
• Launching aplikasi pendamping kehamilan pertama di Indonesia “Hallo Bumil “ yang interaktif memberikan informasi kepada para calon Ibu yang sedang hamil dengan tepat waktu 

PLASENTA, KOMPARTEMEN KEHAMILAN SI PEMBAWA NUTRISI

Sebelum mendengar dokter ganteng dr Boy Abidin, SpOG (K) bicara, tak terpikir olehku bahwa plasenta itu berperan sangat.. sangat penting!

Iya sih, plasenta penting, tapi ternyata menurut dr. Boy Abidin, SpOG ( K ) plasenta adalah organ spesifik kehamilan yang berfungsi dalam transportasi nutrisi dan oksigen dari ibu kepada janin yang dikandungnya. 

Plasenta adalah organ yang dibentuk dari jaringan pembuluh darah dan menghubungkan janin yang sedang berkembang dengan dinding rahim sehingga janin dapat menerima nutrisi, pertukaran gas melalui asupan darah ibu, pertahanan melawan infeksi, dan memproduksi hormon yang dapat menyokong kehamilan.

Apa saja peran plasenta?



1. Plasenta berperan sebagai organ yang mempertahankan kelangsungan dan kesehatan kehamilan. 

2. Plasenta adalah salah satu kompartemen kehamilan sehingga kesehatan organ ini harus diperhatikan karena akan memberikan dampak kesehatan jangka panjang terhadap si kecil. Kehamilan tanpa kesehatan plasenta adalah SEMU. 

3. Plasenta adalah organ nutrisi sehingga nutrisi dalam kehamilan adalah KEHARUSAN.


” You are WHAT your mother eat ”

Cara kerja plasenta
Plasenta bekerja dengan cara mengalirkan nutrisi yang di konsumsi ibu kepada janin. Di Indonesia, kita mengenalnya dengan ari-ari atau tembuni. Fungsi plasenta juga untuk pertukaran metabolisme, gas melalui darah Ibu, dan memproduksi hormon. 

Kata dr Boy, rata-rata berat plasenta adalah sebesar 500 gram. Plasenta ini berbentuk piringan yang menempel di rahim Ibu. Ada pertanyaan menarik dari dr. Boy, yaitu mengapa Ibu sebaiknya dibatasi hanya memiliki maksimal 5 anak?

Karena plasenta menempel di dinding rahim, yang aliran darahnya paling baik, which is yang nutrisinya paling banyak. Ia bergeser ke arah tempat terbanyak asupan nutrisi. Itu sebabnya kita sering mendengar istilah plasenta previa, dimana jalan lahir tertutup oleh plasenta ini! 

Ada banyak kasus yang terkait dengan plasenta, dan sebagian besar dapat diatasi sejak dini dengan mengonsumsi asam folat, pola tidur teratur, serta kontrol kehamilan secara rutin.

Wah.. aku baru sekali ini ikutan acara Prenagen Pregnancy Educational Journey. Betapa banyaknya info yang kudapat, sejak masuk dari pintu ballroom hingga acara berlangsung! 

Baru kusadari, PRENAGEN sangat peduli mengedukasi dan menyadarkan calon orang tua. Bahwa pentingnya nutrisi, tentu sangat berdampak kepada kesehatan Ibu dan kehidupan si Kecil. Dampak terbesarnya adalah dapat membantu menurunkan angka kematian Ibu melahirkan di Indonesia!

PESATNYA PERKEMBANGAN ANAK DITENTUKAN OLEH LINGKAR KEPALA
Setelah dr Boy Abidin, Mona mengundang dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA ( K ). 

Dokter yang satu ini beken di kalangan mahmud. Selain terkenal karena ayahnya juga adalah dokter Spesialis Anak, Prof. dr. Taslim, beliau juga ayah dari dua anak yang keren, Eowyn dan Eoghan. Istri pak dokter bukan bu dokter, ya.. namanya Ibu Astrein Stenny. 


dr. Hernowo tertarik menjadi dokter spesialis anak, soalnya masalah anak itu kompleks sekali. Perubahannya cepat. Bisa cepat membaik, bisa juga cepat memburuk. Belum lagi masalah tumbuh kembang yang tentu saja nggak ada pada pasien dewasa. Karena makin sulit jadi rasanya lebih menarik untuk dipelajari 

Mendengar pak dokter yang satu ini bicara, langsung terbayang adeeem gitu, yah.. mamah-mamah yang anaknya sakit dan ketemu beliau di ruang praktek!


Kalau yang kudengar dan hasil kepo di akun twiiternya  (@drherbowo) selain melayani pasien di ruang praktik, dr. Herbowo ini gampang sekali kita kontak. Bisa tanya dan konsultasi ringan di akun twitter atau email, atau kalau beruntung punya BBM or WA beliau, juga bisa kok WA atau BBM-an. 

Very good point banget, deh. Terus kata para mahmud, pak dokter ini seringnya konsultasi mendalam dan detail sebelum memberi obat ke anak. Seperti tanya jawab dengan para undangan hari ini, beliau kadang tak hanya memberi saran dari kacamata seorang spesialis anak namun juga dari kacamata seorang ayah.

dr Hernowo berpendapat, keadaan tumbuh kembang bayi baru lahir sangat ditentukan oleh pemberian nutrisi dimasa kehamilan dan menyusui. Yup, sebulan pertama usia bayi adalah usia emas, berlian malah.. 

Baca juga : BAGAIMANA CARA MENCERDASKAN ANAK?

Di saat emas ini, pemberian nutrisi seperti asam lemak, DHA, Omega 3, Omega 6 serta kolin selama masa kehamilan dan menyusui akan membantu pembentukan sistem saraf pusat .

Nutrisi terbaik untuk bayi adalah ASI. Pada ASI terkandung berbagai zat yang dapat membantu proses pembentuk sistem saraf pusat. Sebagai contoh laktosa yang berperan dalam pembentukan memori jangka panjang. 

Kolostrum pada ASI mengandung tinggi kolesterol penunjang pembentukan mielin ( selubung penghantar impuls saraf ). Zat besi juga sangat penting untuk perkembangan otak . Anak yang kekurangan besi pada umur 6 bulan memperlihatkan mielin kurang sempurna sehingga perkembangan anak dapat mengalami keterlambatan.

Lingkar kepala anak adalah poin penting!


Ibu-ibu ingat tidak, lingkar kepala anaknya ukuran berapa?

Pasti engga ingat! Yang diingat hanya tinggi dan berat badan bayi, ya kan? 

Padahal kata dr. Hernowo, lingkar kepala anak penting. Pengukuran lingkar kepala saat lahir justru berperan penting dalam pemantauan perkembangan saraf. 

Memonitor perkembangan lingkar kepala selama 2 tahun itu penting, karena itu juga indikator perkembangan otak. Kepala yang kecil juga bisa menjadi tanda bahwa tulang tengkorak telah tertutup terlalu dini, sehingga meninggalkan sedikit ruang untuk otak tumbuh. 

Lingkar kepala lebih besar dari rata-rata, bisa saja disebabkan oleh hydrocephalus, atau adanya cairan pada otak. Btw, ini tidak ada hubungannya dengan peyang ya.. 

Red Flag pada bayi

Bendera merah? 

Apalagi itu?

Tumbuh kembang bayi saat kontrol dan imunisasi, juga berperan untuk orangtua mengenali gejala red flag ( bendera merah ) perkembangan yang harus sudah dilewati pada usia tertentu. Ini menyangkut kondisi sosial dan emosi batita yang harus dikhawatirkan.

Secara umum, ini dia gejala red flag pada bayi. 

  • Bayi tidak tertarik pada orang lain kecuali orangtua, bahkan jika kita mencoba untuk menarik dia keluar. Bayi tidak mau berinteraksi bukan hanya dengan orangtua bahkan dengan orangtua sendiri
  • Pada usia 9 bulan: tidak merespon atau menanggapi suara, tidak tersenyum atau menanggapi dengan cara yang diharapkan, menghindari kontak dekat atau memeluk, tidak dapat dihibur terutama di malam hari, tidak bisa menenangkan diri sendiri atau menenangkan dirinya
  • tidak memiliki kepentingan dan keterlibatan dalam permainan seperti ciluk ba
  • Pada Usia 12 bulan tidak menunjukkan minat pada anak-anak lain seusianya, tidak merespon dan memiliki kesulitan ekstrim menunggu sesuatu yang dia inginkan, sangat kaku dengan rutinitasnya, makanan, pakaian, dll
  • Pada usia 1 – 3 tahun, terlalu agresif dan tidak mampu menghabiskan waktu dengan anak-anak lain bahkan suka menggigit, memukul, atau mendorong anak-anak lain

PERAN SUSU BUAT IBU HAMIL DAN MENYUSUI APA SAJA SIH, KAK?

Setelah mendengar ilmu yang dahsyat dari dokter kandungan, dokter spesialis anak, jadi semakin paham, kan, pentingnya nutrisi buat ibu hamil dan menyusui? 


Prenagen rupanya menyusun acara dengan baik dan seksama, sehingga setelah kedua dokter tadi, Andien Aisyah dan suaminya Ippe yang berkunjung ke "rumah" Mona Ratuliu. 

Kulihat, ibu-ibu berbusana ungu masih asyik mendengarkan. Setengah kepo juga sih sama Andien.. hahhahaha.. iya soalnya sesudah Kawa lahir, body-nya kok bisa sama persis kayak sebelumnya! *gagal fokus*

Nah, Andien dan Ippe berbagi kisah kasih sejak Kawa - putra pertama- mereka lahir dan berbagi pola asuh. Andien dan Ippe lebih suka mengasuh anak mereka sendiri, ngga mengandalkan "embak-embak duduk" (babysitter -__-) Sukaaak.. dengan keberanian pasangan ini ya booow... 

Yap, aku setuju. Aku sendiri memutuskan vacuum sejak punya bayi, dan alhamdulillah .. rejeki engga kemana, loh.. biar anak banyak, gak bisa keluar rumah tapi kan.. buat makan sushi, buat jalan jajan ke Aeon Mall ama beli buku di Big Bad Wolf tetep ada.

*lha ini kok malah curcol*

SKIP.


Andien sejak mengandung baby Kawa udah minum susu
Prenagen Mommy


Oya, jaman sekarang Prenagen juga berinovasi loh. Gak cuman susu buat mual (Prenagen Emesis) - susu buat ibu hamil dan menyusui saja, tapi sekarang udah ada Prenagen Juice dengan 2 rasa. Aku suka keduanya! 

Rasanya manis asem segar, jadi cocok buat para ibu yang kadang merasa mual. 








2 comments:

  1. Jadi udah persiapan lagi belum mbak? :)

    ReplyDelete
  2. Minuman favoritku pas hamil dulu :).. Paling suka yg coklat ama kacang ijo :D. Pas hamil anak pertama aku belinya lbh seneng yg udh jadi mba, walo jatihnya jd lbh mahal yaa drpd yg bubuk.. Cm kan rasa udh pas.. Tp hamil anak kedua, malah lbh seneng yg kotakan bubuk :p.. Krn mba ART di rumah bisa bikin susunya nth kenapa jd lbh enak :D dimodif ama dia, kdg dibikin milkshake.. Makanya aku jd lbh seneng yg kotak hamil kedua

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^