Monday, April 24, 2017

SUZUKI IGNIS URBAN SUV YANG KECIL DAN LINCAH



Kepagiaaaan!


Diundang ke acara test drive Suzuki Ignis kali ini, aku berangkat dari rumah cukup pagi, jam 6 sudah sampai di jalan tol!

Bukan apa-apa, Tangerang - Jakarta sekarang ampun-ampun dah, macetnya.. biasanya sejam sudah duduk manis di Slipi, sekarang menempuh 2,5 jam, aku baru tiba di JDC, Slipi. 

Dan, sampai di Kota Kasablanka 15 menit setelahnya.. which is baru jam 9 hahahaha.. acara dimulai jam 10.30. Dhueeeng!

Penasaran kan, apa sih yang bikin aku rajin mendadak gini? Yes, tak lain karena hadirnya sebuah mobil URBAN SUV Suzuki Ignis.


Ya, Suzuki Ignis hadir dengan dimensi mobil yang cukup kecil dibanding sesama jenis SUV.  Media menyebut bahwa rival Suzuki Ignis adalah Nissan Juke, Ford Ecosport dan Honda HR-V. Namun, sependek yang aku dengar sendiri dari pak Emir Reza Isnafi, Corporate and Strategic Planning Department PT Suzuki Indomobil, yang bersaing di kelas urban SUV  ini ada Mitsubishi Mirage, dan Honda Brio.

mbak Anne dan mas Emir Reza
Courtesy : Jun Joe Winanto
Warna yang tersedia dan harga 


Di panggung utama walaupun yang jadi centerpiece tetap merah manyala (Uptown Red Pearl) tapiiii.. terlihat yang sangat menarik untukku adalah warna Tinsel Blue Pearl Metallic, karena warna ini tidak umum, yaa.. 

Untuk tipe GL tersedia warna Silky Silver, Arctic White Pearl, Midnight Black Pearl, Uptown Red Pearl, Tinsel Blue Pearl Metallic dan Glistering Grey Metallic.

Sedangkan untuk tipe GX (sedikit di atas GL) ada tujuh pilihan warna yaitu Silky Silver, Midnight Black Pearl, Arctic White Pearl, Glistering Grey Metallic, Dual Tone Uptown Red Pearl and Midnight Black Pearl, Dual Tone Tinsel Blue Pearl dan Midnight Black Pearl. 

Suzuki Ignis ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp 139,5 juta untuk tipe GL MT, Rp 159,5 juta untuk tipe GX MT dan Rp 169,5 juta untuk tipe GX ABS 

Mas Emir bilang, tersedia paket program cicilan super ringan, uang muka dengan booking fee 5 juta,  dan tenor sampai dengan 7 tahun! So, sangaaaat mudah gila... *segera telpon Bang Dho*


Hyuuuk.. TEST DRIVE!



Kami bergerak ke parkir Kota Kasablanka yang luas, dan di sana sudah tersedia tenda serta sebuah area lintas dengan beberapa halang rintang.

Satu persatu dipersilakan mencoba, dan didampingi oleh seorang sales officer. Yang mendampingi aku di hatimu adalah mbak Putri. Tuh, dia yang paling langsing  duduk di belakang itu. 


Courtesy : Waya Komala

Kesan Pertama Begitu Menggoda
Lapang! 

Dengan dimensi "hanya" sebesar 3.700 x 1.690 x 1.595 mm bisa dipastikan Suzuki Ignis adalah mobil terkecil di Indonesia saat ini, namun begitu, terasa lega. Biasanya, aku masuk ke sebuah city car merasa pengap, namun ini tidak. 

Begitu juga, saat test drive, mobil mungil ini melaju kencang, zig zag melewati orange traffic cone.  Ketika mobil melewati undakan yang sengaja dibuat, juga terasa smooth.. *hadoooh papaaah.. beliin satu dooong!


Udah gitu, yang mengejutkan adalah sistem keyless entry yang keren dan canggih.

Desain mobil ter
kesan sporty cenderung maskulin, dengan lubang di grill depan, dan aksen chrome mengelilingi bagian headlamp dan grill. Foglamp masih berbentuk bulat. 

Mesin, Bahan Bakar dan 3 Fitur Utama Suzuki Ignis
Mesin Suzuki Ignis adalah 3 silinder, dengan kapasitas silinder 1,197 cc. Nah, pusing kan.. kalau emak-emak mah, yang penting pas digas .. ngueeeng... kecepatan maksimal  83 ps/6.000 rpm 

Untuk transmisi dengan 5 percepatan, yah pokoke buat aku gampang lah, persis kayak Suzuki Ertiga, tapi lebih nyaman, empuk mentul mentul. 

Suzuki Ignis ini didesain canggih karena menggunakan sistem manual dan otomatik. Jadi, kalau lelah macet bisa pindah gitu ke sistem otomatis. Tinggal injak pedal gas.
IGNIS dilengkapi dengan 3 fitur utama, yaitu ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution), dan BA (Brake Assist). Dual SRS Airbag di dua jok bagian depan, serta sabuk pengaman dengan fitur pretensioner & force limiter.
Anti-Lock Braking System mencegah roda mengunci saat pengereman mendadak yang bisa membahayakan keselamatan berkendara. 

Electronic Brake-Force Distribution, besaran gaya pengereman dibagi rata ke semua roda. Adanya fitur tersebut, menjamin pengemudi merasa lebih aman dan nyaman berkendara. 

Kemudi dan dashboard canggih
Kemudi didesain dengan sistem rack and pinion, yang katanya bisa lebih mengatur kendali kemudi. 

(Hmm.. apa bedanya dengan power steering ya? Terus apa hubungannya dengan recirculating ball? )

BAHAHAHAH... anda tidak akan mendapatkan jawabannya di sini.. 😳😳

Di depan, Suzuki Ignis GX juga dilengkapi airbag system, dengan aneka fitur tambahan di kemudi dan dashboard. Tapi, anehnya ga terlihat ribet, masih clean lah.. 

Sistem tambahan LCD monitor 7″ juga menjadi nilai tambah, karena selain bisa mengontrol kinerja mobil,  kita bisa menggabungkan smartphone dengan koneksi bluetooth dan kabel USB.

Aku sempat bluetooth ponsel sehingga terhubung, dan membuat percakapan telepon dengan Bang Dho. Uuuuwww.. so romantic ya.. kirain kudu beli Mazda, HRV atau Fortuner baru bisa telponan ala ala.. hahahhahaa


Usai acara, kami semua makan bersama di MDL - Madame Lily Resto, sebuah resto konsep minimalis bernuansa hitam putih.

Haaah.. sejuk dan langsung melahap menu makan siang yang sedaaaap... hilang deeh rasa lapar dan haus abis test drive tadi!

Terimakasiiih undangan test drivenya Suzuki Ignis, see you at IIMC Kemayoran yaaa.. 





Courtesy : Fanpage Suzuki

Foto-foto dari berbagai sumber 
Thanks to : Suzuki fanpage,  Diah Woro, Jun Joe Winanto and Waya Komala

2 comments:

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^

Jika ada pertanyaan pribadi silakan ke email amelia_tanti@yahoo.com