Friday, April 28, 2017

KAMU BUKAN ILUSTRATOR! IYA DEH, #SMILEin AJA

Setiap ditanya, kamu suka apa? Apa hobi kamu?
Pasti saya akan bilang dengan pedenya, "Saya suka menggambar!" 

Ya, saya suka menggambar, tapi saya bukan ilustrator. Bukan painter. Bukan sketchers, juga bukan doodler.

Jika tiba saatnya...
Saya termasuk sulit mendapatkan buah hati. Saya dan suami menanti 5 tahun hingga pasrah, kalau udah saatnya diberi, ya pasti diberi. Kalau engga, ya bukan rejeki. 

Untuk itu, setelah berkonsultasi dengan dokter kandungan, akhirnya saya memutuskan untuk berhenti total dari kerja. Pekerjaan saya sebelumnya adalah marketing di sebuah perusahaan finansial dan penyelia sebuah perusahaan pengelola jasa internet provider. Tentu saja, nyaris ngga ada waktu untuk istirahat. 

Benar saja, sesudah istirahat, anak-anak lahir selang 2 tahun, dan dokter memutuskan untuk steril, karena khawatir dengan usia saya, plus kehamilan terakhir mendebarkan.. si bontot nyaris sudah tidak berdetak jantungnya!

Sesudah anak-anak mulai besar, 
terasa keinginan untuk bekerja lagi. Tapi apa? Pertimbangan usia, membuat saya malas melamar pekerjaan dari awal lagi! Mosok tadinya manajer kudu jadi klerk (pegawai baru)? *sombong* 

Karena saya hobi menggambar, akhirnya saya mulai menggambar lagi. Gambar-gambar itu iseng saya unggah di sosial media. 

Pada awalnya sih, ada banyak komentar miring tentang hobi saya. Tantangan terbesar datang bukan dari luar saja, "dalam negeri" juga!

Pertanyaan dan pernyataan paling sering terdengar waktu itu antara lain;
  • Ngapain sih, nggambar-nggambar gitu, mending urus anak sampe besar
  • Emang ngegambar bisa mendatangkan duit, apa? Jangan mimpi.. 
  • Dih, bukannya cari kerjaan yang bener malah ngegambar!
  • Buset, bukannya bantuin suami kerja, malah enak-enakan di rumah sambil mainan sosial media (jadi blogger juga dikomplain, book!)
  • Bukannya kamu lulusan tukang insinyur yaaak, kok malah gambar anak-anak gitu, Childish!
    ----> khusus untuk tulisan ini, aku juga mencurahkan isi hati lewat tulisan di sini : 

    IF YOU CAN DREAM IT, YOU CAN DO IT!

  • Egois amat sih, mainan pensil warna - saingan ama anaknya
  • Lah, gambarnya kok jelek, ga kayak ilustrator A - B - C
  • bla bla blaaah
#SMILein Ajaaaaa!

Seperti juga hidup yang mengalir ke mana arah air menderas,  saya mengikuti saja ke mana bakat unik ini membawa. Pasrah. 

Ketika ada booming aliran doodle (baca : dudel), kebetulan aja saya memang bisa menggambar ala doodle. Sebelum doodle jadi hits, saya memang juga suka menyebut karya saya Neng Tanti Doodle. Semata bukan karena saya doodler sejati, tapi lebih karena doodle adalah aliran bebas. 

Ga usah susah-susah menyebut itu aliran abstrak, naturalis, apalah apalah. Just dooodle. Sah aja, semua oret-oret adalah doodle. Titik.

Teman-teman yang melihat saya bisa doodle, 
mulai mempercayakan saya buat mengilustrasi karya mereka. Saya mengerjakan dengan hati-hati, deg-degan dan banyak ga pedenya. Takuuut banget!

Tapi, begitulah. 

When you're doing what you love, this world support you! Kamu tidak akan pernah tahu, kemana passion itu membawamu. Saya juga udah pernah mengalami lolos dari lubang jarum karena itu, loh, ada di tulisan yang ini, yang berbuah manis, jadi antologi buku dan mendapat satu buah smartphone!

WALL PAINTING SANG PENYELAMAT SEKOLAH!


Saya juga pernah terpilih menjadi blogger yang berangkat ke Kuala Lumpur untuk men-doodle, dan alhamdulillah menang juga di sana. Ada di tulisan yang ini ..

EAT TRAVEL DOODLE, YUK KITA NGE-DOODLE SAMBIL MAKAN EN JALAN-JALAN!




HADAPI TANTANGAN DENGAN TERSENYUM 

Yes, hidup memang tak selalu mudah. Ada kalanya kita jungkir balik dan semua tak sesuai dengan apa yang sudah kita prediksi. Sepintar-pintar manusia membuat rencana, faktor-faktor lain yang di luar dugaan ternyata menghadang juga. 

Saya sering tuh, begitu. Pede banget, merasa sudah membuat kalkulasi untuk pengeluaran rumah jangka pendek (bulanan) hingga jangka panjang (setahun), lalu prakiraan untuk bayar uang sekolah anak-anak setahun, trus merasa sudah cukup.

Ah, pasti uang sisa bisa ditabung buat jalan-jalan nih.. 

Eh, kenyataan berkata lain.  Adaaa saja tantangan (jangan sebut musibah ya) mulai dari anak sakit, ortu sakit, perpanjangan makam almarhum Bapak, sampai laptop rusak! 

Sejak itu, saya jadi berpikir betapa pentingnya memiliki sebuah pundi yang kira-kira aman, di luar jangkauan tangan - minimal sulit dicairkan setiap saat - yang mengharuskan saya menabung tanpa repot.

Pilihan itu jatuh pada SMILe dari Sinar Mas Life. SMiLe menyediakan layanan finansial yang terpadu dan menyeluruh. SMiLe akan memberikan layanan terbaik untuk kebutuhan finansial nasabahnya, termasuk masalah kesehatan, dan multi invest lainnya. 

Itu sesuai banget dengan moto hidup saya deh *tsaaah* kalau ada apa-apa, senyum aja dulu!



Nah, ini kiat-kiat saya antara lain saat menghadapi tantangan hidup.

1. Melaksanakan shalat. Sebab shalat itu adalah kesuksesan, dan adzan adalah panggilan kesuksesan dan keberhasilan.

Allah SWT berfirman: 

“Laksanakanlah shalat sejak matahari terhelincir sampai gelapnya malam dan laksanakanlah pula shalat subuh. Sungguh shalat subuh itu disaksikan oleh malaikat.” (QS. Al-Isra`: ayat 78).
2. Berdoa meminta kesuksesan, salah satunya bisa dengan berdoa:

رَبِّ أَدْخِلْنِي مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِي مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لِي مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيرًا
(Ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan pula aku ke tempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolongku).
Allah SWT berfirman: 
“Katakanlah: Ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan pula aku ke tempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolongku.”(QS. Al-Isra`: ayat 80).

3. Yakin akan datangnya kesuksesan. Orang yang ingin sukses harus yakin dengan cita-citanya, dan dengan Allah Yang Mahabenar, Penguasa alam ini.

Allah SWT berfirman: 
“Katakanlah, ‘Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.’ Sungguh yang bathil itu pasti lenyap.”(QS. Al-Isra`: ayat 81). 

Jangan mudah berhenti berusaha

Jika kegigihan tidak tertanam dalam DNA Anda secara alami, Anda akan merasa kesulitan untuk bersiap menghadapi tantangan kehidupan, sekalipun itu tantangan sederhana. 
Selalu diingat, bahwa seorang pemenang terus mencoba lagi dan lagi untuk mengatasi tantangan sampai mencapai keberhasilan, sedangkan seorang pecundang selalu mencari cara curang atau melarikan diri dari tantangan. Jika Anda ingin menang di semua arena tantangan hidup, maka Anda harus melepaskan kebiasaan Anda berhenti berusaha.

Terakhir, 
#Smilein Aja yang jadi moto Sinar Mas Life itu, membuat saya juga pede aja. Tantangan selalu ada. Kiat sukses menghadapinya? Tegakkan kepala dan bahu, berdoa pada Yang Kuasa, dan.... #SMILein Aja!

Untuk yang ingin tahu program SMILe ini, bisa melihat media online milik Sinarmas MSIG Life :

Website     : www.sinarmasmsiglife.co.id
Facebook   : sinarmasmsig
Twitter       : sinarmasmsig
Instagram  : sinarmasmsiglife
Youtube     : user/SMiLe140485

19 comments:

  1. Aku justru suka sama orang yg jago gambar kayak mak Tanti. Nggak seharusnya sih orang2 mencibir, kan menggambar itu perlu skill dan susah. Haduuuw
    Emang ya mak kadang semua perlu si smileinaja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halooooo .. perasaan semua yang di sini udah aku balas komentarnya kok ...hiiks .. hilang.....

      iya, SMILe aja lah, sabaaarrrrr

      kalo menurutku mah liat hasil akhirnya aja

      Delete
  2. Aku malah pengen banget bisa jadi ilustrator. Tapi kapan yaaa. Hihii
    Setuju, Mak Tanti. Semua tantangan harus dihadapi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayoooo dimulai aja, nanti juga ketahuan kok bakatnyaaa

      Delete
  3. Ga ngerti ama orang yg suka ngomong, 'ngapain gambar2 gitu, mending urus anak sampe ged'. Buseet daah, itu dia ga prnh punya me time kali ya mbaa :p Hebat bgt bisa ga stress mngerjakan 1 pekerjaan sama trs2 an.. Pantesan dia suka nyinyir kurang me time ternyta :p. Aku jg ga bakal peduliin kok orang2 yg suka ngeremehin hobi kita begitu. Anggab aja dia iri krn ga punya bakat seperti kita :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku suka banget, makanya kalo dibilang hebat, sebenernya engga hahahahaha...

      aku bersenang-senang dengan gambar

      setuju, kita jalan aja terus yaaa ^^

      Delete
  4. Mbak, kalau dengerin komen orang tuh gila ya kejem2 huhu.. tapi aku salut mbak tetep semangat mewujudkan mimpi. Sukses terus ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin, aku berjuang supaya mimpi itu menjadi sesuatu, dirimu juga semangat yaaaaa

      Delete
  5. Saya hobi nulis dan sudah setaun ini aktif ngeblog. Ya, ada juga komentar2 miring tentang hobi say itu. "Ngapain sih, laptop melulu. Ada uang juga nggak" ini salah komentar yang justru datang dari kubu dalam negeri. Hanya bisa ngelus dada, mbak. Emang ya hidup ini penuh tantangan. Harus banyak2 sabar ngejalaninnya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huh, dikira kita "MAINAN" fesbuk doang ya mbak Roma -_____-

      oh, Ibu sedang main apa buuuuk *usap jidat*

      Delete
  6. Mak Tanti... Makasih​ tulisannya​. Smile in ajaa ^^ do the best ya. Aku bkn photographer tapi suka foto ��
    Noted berhenti berusaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. photomu keren cetar membahana badaiiii.. aku suka iri deh, kok ni orang keren amat sih foto fotonya

      Delete
  7. Jd kenal sisi lain cici tanti. Selamat ya ci

    ReplyDelete
  8. Inspiratif mak neng. Aku suka aku sukaaa 😍😍

    ReplyDelete
  9. Gambarnya Mak Tanti kereen, aku pengen juga bisa gambar tapi yaa wis telat lah, harus puas dgn pengkonsep cerita saja. Mudah2an kelak anakku bisa gambar kaya dirimu 😘😘

    ReplyDelete
  10. selamat ya mak tanti 😘 iyya klo ada masalah datang #smilein aja, banyak2 ikhtiar dan bersabar

    ReplyDelete
  11. biarlah org berkata apa, tapi aku ttp sukaaa sama ilustrasimu kakak Tanti.. hehe.. beda org beda selera, anggap saja sbg pecutan bhw kita ttp lbh baik dari mereka yg gak bisa gambar, bisanya cuma jadi komentator, setujuu deh #smilein ajahh

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^

Jika ada pertanyaan pribadi silakan ke email amelia_tanti@yahoo.com