Friday, May 19, 2017

SEHAT LAHIR BATHIN - TALKSHOW RAMADAN SEHAT DAN PRAKTIS BERSAMA PHILIPS

Pelataran musholla mungil itu terlihat kosong, ketika aku masuk. Masih pukul 10.30 tapi lidah matahari terasa menjilat wajahku. Panas. Pagi itu, Ibu meminta tolong aku untuk mengantar buku-buku Yassin dan sekantong buah jeruk dan mangga untuk pengajian sore.

Jelang Ramadhan, ibu-ibu pengajian di mushola komplek sudah bersiap untuk penutupan. Tapi tidak seperti tahun lalu, kali ini ibu-ibu -termasuk ibuku, tentu saja- tidak menyediakan kudapan yang mengandung santan dan goreng-gorengan. Mereka sepakat hanya menyediakan buah-buahan dan menu makan sehat seperti pais pisang dan lemper. Minuman segarnya hanya es buah atau timun suri.

Ibuku yang sehat dan gemar berolahraga
"Tumben, Ibu nggak bikin kolak?" tanyaku.

"Nggak, ibu-ibu tahun ini mau sehat dan langsing, katanya. Pada takut kolesterol naik lah, gula darah naik, lah," Ibu menjawab ringan. Eh, tapi benar juga yaaa.. setelah puasa dan lebaran, kedua sakit itu yang sering dialami! Setelah lebaran, berat badan bertambah dan sakit kepala menyerang.

Padahal, sejatinya puasa itu kan detoksifikasi tubuh. Mengapa ya, yang terjadi malah suka sebaliknya?




Ketika siang ini diundang untuk hadir di acara Philips, semua tanda tanyaku terjawab.  Talkshow "Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips" di Hotel Ayana Midplaza, Sudirman, Senin (15/5/2017) ini mengundang awak media dan blogger juga untuk kupas tuntas masalah kesehatan. 

Sebelum acara dibuka, semua tamu undangan boleh berfoto di booth yang disediakan.
courtesy : Roelly87.com
Masuk ke ballroom, ada meja tempat seorang petugas mengukur tekanan, kadar lemak dan lain-lain. Wah, Philips sangat peduli dengan kesehatan tamu yang datang!

Setelah itu, dipersilakan minum segelas jus buah dengan campuran yang kita pilih sendiri. Aku memilih jeruk sunkist, wortel dan tomat, yang dibuat di depan kita. Ketika diminum, badan langsung terasa segar. 

Kutahu, biotin yang terkandung di dalam tomat, sunkist yang kaya vitamin C dan wortel yang kaya serat, antioksidan dan mineral, membuat tubuh merespons seketika semua nutrisi. Woow.. Philips benar-benar memberikan hidangan pembuka yang sehat!


Philips Juicer HR1832/00 Juicer 1,5L black
Aku memperhatikan petugas yang membuat juice.  Ia menerangkan bahwa juicer ini didesain sangat ringkas, sangat praktis. Ia mencontohkan, dengan memasukkan sebuah wortel besar, ke dalam mulut juicer yang berukuran lubang 75 mm. Sangat praktis, tidak perlu dipotong-potong kecil!

Bentuknya juga mungil (dimensi 26 x 26 x 46), dengan desain ergonomis dan elegan. Warnanya hitam, dan hanya dengan daya 700 watt, mampu membuat hingga 2 liter ekstrak buah dan sayur-sayuran dalam sekali kerja!

Peng-ekstrak jus ini, mampu menguraikan sari buah atau sayur dengan ampas, memisahkan keduanya dalam penampung yang berbeda. Jika kita lihat dari kaca samping, maka ampas yang ada hanya tinggal sedikit sekali.



Quick Clean Technology
Hmm.. sebuah terobosan optimal dari juicer Philips ini adalah adanya quick clean technology, dimana saringan dari juicer ini di desain dengan permukaan yang licin, sehingga sangat mudah dibersihkan. 

Dari pengalaman, memang saringan juicer sangat susah untuk dibersihkan, karena permukaan yang kasar sehingga banyak buah-buahan yang menyelip di saringan. Biasanya aku merendamnya dengan air hangat dan sedikit sabun pencuci piring cair.

Wadah ampas dari juicer ini juga di desain tembus pandang, sehingga kita bisa mudah melihat apakah wadah sudah penuh atau belum.


Saat acara dimulai, DR.(c). Rita Ramayulis, DCN, M.Kes - seorang pakar nutrisi yang udah menulis banyak buku tentang kesehatan ini (yang udah terbit 24 judul, loh), mengajak hadirin memilih makanan sehat saat puasa agar tubuh kembali bugar.
"..konsumsi makanan perlu diatur. Makanan harus tetap seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, sayur, buah, air serta serat sesuai dengan kebutuhan kalori. Tidak kalah pentingnya, hindari makanan dengan kalori tinggi dan yang menyebabkan dehidrasi karena akan mengganggu metabolisme tubuh untuk detoksifikasi".
Plak!
Apa kabarnya aku ya, yang buka puasa dengan secangkir besar teh manis, kolak, kurma, asinan, gorengan, risoles dan es buah?

YANG TERJADI DALAM ORGAN TUBUH SAAT KITA PUASA

Rita Ramayulis menjelaskan; puasa terbukti secara klinis berkhasiat dalam menjaga kesehatan karena puasa memberikan kesempatan bagi organ pencernaan beristirahat selama lebih kurang 14 jam, saat itulah terjadi proses regenerasi pada organ pankreas, usus, hati, kandung empedu, lambung dan terjadi penurunan free radical.

Saat berpuasa, paparnya, kebutuhan energi menjadi lebih sedikit meskipun kegiatan tetap sama seperti hari-hari biasanya. Hal itu terjadi lantaran efek puasa yang secara otomatis membuat tubuh melakukan penghematan energi. Tubuh akan beradaptasi dimana penggunaan energi untuk tubuh bekerja akan menurun dibanding jika seseorang sedang tidak berpuasa.

Survei yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan menggarisbawahi bahwa menu makanan saat puasa sebaiknya tetap mengikuti prinsip seimbang dan beranekaragam terdiri dari :

  • 50% karbohidrat, 25% lemak dan 15% protein dari total kebutuhan energi, vitamin dan mineral sesuai kebutuhan setiap orang. Sedangkan porsi makan sahur yang dianjurkan adalah 1/3 dari kebutuhan kalori sehari dan tidak terlalu kenyang.
"Berpuasa adalah kesempatan bagi kita untuk hidup sehat karena memungkinkan tubuh mengalami pembuangan zat-zat beracun dari dalam tubuh secara alami (detoksifikasi). Namun sayangnya ada banyak orang yang berpuasa tidak maksimal lantaran mengabaikan asupan makanan saat bersahur, berbuka dan saat makan malam," DR.(c). Rita Ramayulis, DCN, M.Kes / pakar nutrisi 
Bolehkah kita buka puasa dengan sate padang?
Hmm.. saat puasa, sebenernya yang diuji tidak hanya perut tapi juga indera pencecap dan.. pikiran!

Kalau biasanya tiap sore kita boleh jajan nasi uduk, sate Padang, sampe bebek goreng yang menggugah selera, maka jika puasa, kita kurangi. Boleh menyantapnya, tapi tidak sering dan kita kasih kesempatan perut beristirahat sejenak setelah berbuka. 

Bagaimana menentukan menu berbuka yang baik?
Pakar gizi dan nutrisi yang cantik plus bugar ini, memberikan beberapa pilihan. Intinya sih, sediakan makanan dan minuman rendah lemak dan minim minyak goreng, serta kurangi minuman yang terlalu manis. Jika memungkinkan, sediakan saja jus buah alih alih kolak pisang.

Sayangnya, buatku berbuka yang baik dan benar itu gak terjadi jika tidak adaaa... risoles! Dan, gak ada kan yah, risoles yang nggak digoreng? 

Nah, menyiasati gorengan minim minyak ini, Philips Indonesia -yang adalah bagian dari Royal Philips- hadirkan teknologi canggih yang membantuku dan ibu-ibu Indonesia lainnya bisa tetap makan gorengan!


3 Menu Berbuka Puasa Sehat Ala Philips


Resep pertama, 

Bola-bola Ayam Sayur
Di meja telah tersedia beberapa peralatan canggih seperti Philips Air Fryer HD 9220/20 dengan teknologi rapid air yang unik, serta blender dan aneka bumbu serta bahan makanan. 
Beruntung, salah satu ibu dalam teamku sangat cekatan. Ia dengan gesit membuat bola-bola ayam tepung yang akan digoreng, dibantu dengan beberapa teman semeja. 

Nah, kelebihan menggunakan Philips air fryer apa aja, sih?
  • Dengan daya sembur udara panas bertenaga listrik, maka makanan matang sempurna, tanpa terpapar minyak goreng berlebihan!
  • Teknologi menggoreng tanpa menggunakan minyak berlebihan, membuat makanan tetap enak dan crispy, namun kita terhindar dari bahaya kolesterol.
  • Kemudahan mengatur suhu dan waktu menggoreng
  • Tidak terjadi asap, karena Philips Air Fryer sudah dilengkapi dengan built in air filter yang akan menyaring udara. Otomatis, yang masak ngga bau dan dapur juga bersih!
  • Auto shut-off memungkinkan makanan tidak gosong, karena bisa diatur suhu dan waktunya.
Sistem memasak dengan teknologi Philips air fryer itu seperti apa?
  • Sistem minyak panas, digantikan oleh perputaran udara panas, yang membuat makanan matang dan renyah. Udara panas akan berputar dengan cepat, dan menarik minyak yang ada di dalam makanan. Minyak itu akan menetes ke keranjang yang terletak di bawah air fryer.
    Hawa ekstra panas yang ada di dalam unit, berputar 360 derajat dengan cepat, menghasilkan panas merata dan menembus partikel makanan dari semua sisi.
Resep kedua : Energizer Juice 
Untuk mengganti cairan dan elektrolit serta menaikkan kadar glukosa darah
Menurutku, acara kali ini, Ramadan Sehat Bersama Philips ini bener-bener beda. Tamu jadi ikut berinteraksi secara aktif, dan saling membantu. Aah,, indahnyaa..

Yang satu sibuk membuat Bola-bola Ayam Sayur, yang lain sibuk membuat juice dengan blender Philips HR2115/40.  Ingat! J
us buah ini disediakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, gula dan serat. Selain itu, melon dan jeruk digunakan sebagai pengganti cairan dan elektrolit serta menaikkan kadar glukosa darah. Jadi, ngga pake yang instan itu yaa..

Nah, kelebihan menggunakan blender Philips apa aja, sih?
  • Philips menghadirkan blender dengan lima kecepatan dan tombol pulse untuk menghancurkan es batu yang dapat digunakan untuk membuat smoothies, sup maupun jus buah.

Sementara untuk membuat nasi, sudah ada Philips fuzzy logic rice cookerFuzzy logic, biasa kita sebut penanak nasi pintar, dengan 6 program masak yang membuat nutrisi tetap terjaga. 

Dengan sekejap, bola ayam tepung dengan minyak minimalis terhidang di meja, dengan segelas jus segar. 

Hadir juga dalam acara "Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips" kali ini adalah Yongky Sentosa selaku Head of Personal Health Philips Indonesia.
"Agar dapat menjaga keseimbangan asupan makanan yang sehat, tentu bukan hal yang mudah di zaman sekarang ini. Philips mengerti kebutuhan masyarakat saat ini yang cenderung memiliki mobilitas tinggi dan keterbatasan waktu, namun tetap ingin menjaga kesehatan, baik pribadi maupun keluarga. 
Peralatan dapur inovatif Philips memungkinkan bagi ibu dan seluruh anggota keluarga untuk dapat menyiapkan makanan sehat dengan cara mudah dan praktis, khususnya saat berpuasa dimana setiap orang harus menjaga stamina agara tetap sehat," - Yongki Sentosa

Setelah semua selesai, ada tantangan berhadiah lagi, 
yaitu blogger diminta membuat layer seperti yang sudah dicontohkan. Seruuu!


Setelah itu, acara yang dinanti nanti... door prize!
Picture courtesy : Roelly87.com
Usai sudah acara "Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips" 
Picture courtesy : Roelly87.com
Terimakasih untuk ilmunya, ya Philips.. 
untuk acara "Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips"
Dengan inovasi, semoga keluarga Indonesia terbantu untuk sajikan makanan sehat dan praktis selama Ramadhan!

7 comments:

  1. seru eventnya ya... phlips oke deh...

    bener puasa bikin kita sehat..apalagi minum jus buatan blender philips hheheheh lebih sehat

    ReplyDelete
  2. betul mbak, konsumsi makanan perlu diatur. secara, kita puasa sekitar 13 jam.
    semoga puasa ini bikin saya kurus, maklum, biasanya kalo abis ramadan malah badan tambah lebar :)
    *efek kebanyakan makan pas buka hi hi hi

    ReplyDelete
  3. Produk Philips ini memang membantu banget buat Ramadhan. Serba praktis :)

    ReplyDelete
  4. Semakin suka dengan produk Philips, apalagi aku tuh sekarang massak jarang pake minyak. Nah anak tetep pengen yang goreng, ini bisa jadi solusi neh

    ReplyDelete
  5. sangat cocok untuk menemani puasa nih mak

    ReplyDelete
  6. Klo puasa memang makanan aku cenderung jaga, u pedas aku kurangi, santan masih sih.. Tp klo bisa yg ga terlalu kental.

    ReplyDelete
  7. Philips selalu jadi andalanku kalau membuat juice ataupun membuat kue. Juice hasil blender Philips lebih cepat halus dan terjaga kesegarannya. Apalagi sekarang Philips punya tipe blender terbaru ya Mbak. Aaaak pengen punya juga wkwkwk. Hmm bola bola sayurnya uenak bgt tuh. Bikinin dong Mba Tanti

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^

Jika ada pertanyaan pribadi silakan ke email amelia_tanti@yahoo.com