BERAPA SIH, BIAYA KULIAH DI GUNADARMA


Cari Tahu Biaya Kuliah di Gunadarma, Disini Jawabannya!


Tak semua anak muda yang baru lulus SMA berkesempatan untuk berkuliah di perguruan tinggi. Tentu ada banyak pertimbangan dan kondisi yang berbeda-beda dari setiap siswa yang pada akhirnya menentukan pertimbangan putusan yang berbeda-beda selepasnya lulus SMA.

Salah satu yang menjadi pembeda yakni adalah, besaran biaya kuliah yang menjadi relatif bila disandarkan pada kondisi perekonomian masing-masing. Meskipun, pada kenyataannya, sekarang ini terdapat banyak sekali program beasiswa yang bisa diikuti agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan.

Namun, pada dasarnya, setiap kampus memiliki sistem pembiayaaan yang berbeda-beda berdasarkan kebijakannya masing-masing. Tentu besaran biaya kuliah juga didasarkan pada beberapa faktor dan kebijakan lainya, termasuk juga banyaknya benefit fasilitas pembelajaran yang didapatkan mahasiswa yang bersangkutan.

Artikel kali ini akan coba mengenalkan biaya kuliah di Universitas Gunadarma, sebagai suatu informasi yang bermanfaat bagi khalayak umum yang berkeinginan untuk berkuliah di Universitas Gunadarma. Bukan untuk menilai besar-kecilnya biaya yang harus dibayarkan para mahasiswa yang akan berkuliah.

As always biaya kuliah di Universitas Gunadarma terbagi atas 3 macam, yakni uang gedung, biaya SKS beserta Biaya Pengembangan Pendidikan. 

Sedangkan, besaran uang gedung terbagi menjadi beberapa kategori yang didasarkan pada nilai rapor.

Mengenai rincian lebih lengkapnya tentang kategori uang gedung penjabarannya sebagai berikut;
  • Grade AA : kategori ini memiliki uang gedung yang lebih murah, karena terdapat potongan biaya yang besar.
  • Grade A : uang gedung yang harus dibayarkan pada kategori ini cenderung lebih tinggi dibandingkan kategori AA dikarenakan potongan biaya yang relatif kecil.
  • Grade B : uang gedung yang dibayarkan cenderung lebih besar dibanding dua kategori sebelumnya, dikarenakan potongan biaya yang juga semakin kecil.

Berikut ini akan dijabarkan mengenai contoh beberapa pembayaran uang gedung, BPP serta SKS yang dibayarkan pada beberapa jurusan di Universitas Gunadarma dari beberapa jurusan yang ada di berbagai fakultas di Universitas Gunadarma.

Kisaran biaya kuliah program studi S1 Sistem Informasi :

  • USP Grade AA = RP. 22.000.000, Grade A = Rp.26.000.000, Grade B = Rp.30.000.000.

  • BPP : Rp.3.500.000.

  • Biaya per SKS = Rp.250.000.

Kisaran biaya kuliah program studi S1 Sistem Komputer

  • USP Grade AA = Rp.8.000.000, Grade A = 10.500.000, Grade B = Rp.13.000.000

  • BPP : Rp.2.000.000.

  • Biaya per SKS = Rp.250.000.


Kisaran biaya kuliah program studi S1 Teknologi Informatika

  • USP Grade AA = Rp.15.000.000, Grade A = 20.000.000, Grade B = Rp.25.000.000
  • BPP : Rp.2.000.000.
  • Biaya per SKS = Rp.250.000.

Kisaran biaya kuliah program studi S1 Teknik Elektro, Teknik Mesin dan Teknik Industri

  • USP Grade AA = Rp.8.000.000, Grade A = 10.500.000, Grade B = Rp.13.000.000
  • BPP : Rp.2.000.000.
  • Biaya per SKS = Rp.250.000.

Kisaran biaya kuliah program studi S1 Ekonomi dan S1 Manajemen

  • USP Grade AA = Rp.8.000.000, Grade A = 10.500.000, Grade B = Rp.13.000.000
  • BPP Kelas Pagi : Rp.1.750.000. BPP Kelas Malam : Rp.2.000.000
  • Biaya per SKS Kelas Pagi dan Kelas Malam = Rp.250.000.

Kisaran biaya kuliah program studi S1 Psikologi

  • USP Grade AA = Rp.6.500.000, Grade A = 10.500.000, Grade B = Rp.13.000.000
  • BPP : Rp.1.750.000.
  • Biaya per SKS = Rp.250.000.

Kisaran biaya kuliah program studi S1 Sastra Inggris

  • USP Grade AA = Rp.8.000.000, Grade A = 9.500.000, Grade B = Rp.12.500.000
  • BPP : Rp.1.750.000.
  • Biaya per SKS = Rp.250.000.

Kisaran biaya kuliah program studi S1 Teknik Arsitektur dan S1 Teknik Sipil

  • USP Grade AA = Rp.8.000.000, Grade A = 10.500.000, Grade B = Rp.13.000.000
  • BPP : Rp.2.000.000.
  • Biaya per SKS = Rp.250.000.

Jadi, begitulah rincian lengkap mengenai biaya kuliah dari beberapa jurusan dari berbagai fakultas di Universitas Gunadarma untuk jenjang S1 yang dikutip dari Biayakuliah.web.id. 

Untuk jalur pendaftaran kuliah di Universitas Gunadarma sendiri, bisa ditempuh melalui jalur seleksi reguler serta jalur seleksi PMDK.

Universitas Gunadarma adalah kampus swasta yang beberapa kali menyabet penghargaan bergengsi seperti Perguruan Tinggi Swasta Terbaik versi Webometrics pada awal tahun 2014 lalu. Selain itu, kampus Gunadarma juga pernah menyabet sederet penghargaan seperti PTS Unggulan pada tahun 2012, serta PTS Terbaik di Indonesia versi 4ICU pada Januari 2013.

Pencapaian tersebut menjadi penegas bahwa kampus Universitas Gunadarma adalah sebuah kampus visioner, dengan perencanaan yang matang dalam mencetak para sarjana yang tak hanya berkompeten secara bidang keilmuannya, tapi juga mampu berdaya saing dan mengikuti perkembangan dan tantangan zaman di era teknologi dan informasi saat ini.


Yuk, kuliah di Universitas Gunadarma!

26 comments

  1. Wow, lengkap banget rincian biayanya sesuai denganjdengan yang akan dituju ya Makneng.
    Berbeda hanya dari Uang Gedungny saja, yang lainnya sama, Hmm baru ngeh sekarang biaya per sks 250k.
    Percaya banget kalo Univ Gunadarma memang salah satu sekolah yang tren pisan nih. Noted biayanya,berarti punya gambaran kalo masuk jurusan yang dituju.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiiin semoga menjadi salah satu bekal untuk anak anak kelak

      Delete
  2. Harganya fantastis, tetapi menurutku ini sudah lumayan. Semangat untuk yang pengin kuliah.

    ReplyDelete
  3. Aku udah mulai ada bayangan biaya kuliah nih mbak Tanti dari sini, anakku. baru masuk SMA jadi harus udah menyiapkan dana juga kan. Universitas Gunadarma aa grade-gradenhya ya untuk pembayaran uang masuk

    ReplyDelete
  4. Wow, kampus Gunadarma memang kampus visioner ya :) Banyak lulusan Gundar (disingkatnya gitu heheh) yang diterima bekerja di perusahaan IT dll tuh. Iya sih, biaya kuliah memang yaaa lumayan lah segitu. Anakku 2 tahun lagi lulus SMA hehe lagi nyiapin dari sekarang, maunya arsitek atau desain interior :D Doain ya, tante Tanti.

    ReplyDelete
  5. Harganya masih terhitung standar ya. Kapan hari itu sempat liat2 biaya pendidikan kampus swasta di jogja ada yang lebih tinggi. Makasih mak infonya.

    ReplyDelete
  6. Lengkap nih infonya... Jadi orang tua yang ingin memasukkan anaknya kuliah di universitas gunadarma bisa siap-siap dulu...

    ReplyDelete
  7. Mbak, tulisanmu ini mengingatkanku pada suamiku. Zaman dia lulus SMA lalu ikut UMPTN ga lulus, akhirnya dia masuk Gunadarma. Kuliah setahun di sana. Tahun depanya dia ikut UMPTN lagi, eh lulus masuk PTN, dan karena beda kota beda pulau, akhirnya dia lepas yang Gunadarma itu. Tadinya kalau 1 kota mau kuliah di dua tempat sekaligus :D

    Rincian biaya yang ditulis di sini, dipastikan bakal membantu para calon mahasiswa yang akan masuk Gunadarma. Jadi punya gambaran soal biaya ya. Semoga mereka yang sedang berjuang untuk kuliah, baik di Gunadarma maupun lainnya, senantiasa dimudahkan dalam berbagai hal. Aamiin

    ReplyDelete
  8. Lengkap banget info biayanya mam, bisa jadi acuan orang tua yang berencana menyekolahkan putranya di sana ya. Kira-kira per tahun kenaikannya berapa persen ya mam? Kayaknya memang harus menyiapkan n=biaya kuliah anak dari sekarang.

    ReplyDelete
  9. Jadi dapat gambaran biaya kuliah di Gunadarma.
    Ada tambahan biaya lain-lain ya.
    Mungkin karena PT swasta.

    Kalau putriku Yasmin yang kuliah di HI Unpad istilahnya lain lagi, UKT, Uang Kuliah Tunggal yang merupakan sebagian biaya kuliah tunggal yang ditanggung mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua.

    ReplyDelete
  10. Gunadarma ini terkenal melahirkan lulusan yg sangat kompeten di sektor IT ya MakNeng.
    Dulu aku sempat kerja di salah satu korporasi multinasional.
    Nah temen2 yg di divisi IT support tuh buanyaaakk yg alumnus Gunadarma.
    Brilian banget dah!

    ReplyDelete
  11. Kelar baca ini yang langsung ada dipikiranku adalah, nanti jaman anakku kuliah berapa ini kira-kira biaya kuliahnya ya. Tapi ngobrolin Universitas Gunadarma ini sih udah gak usah diragukan lagi ya, dulu teman-temanku juga banyak alumni sana.

    ReplyDelete
  12. sama seperti Mbak Chichie, berapa yaa biaya kuliah anakku nanti. Sekarang masih TK, berarti masuk kuliah sekitar 11-12 tahun lagi. *ngitung dana pendidikan biar ga kaget.

    ReplyDelete
  13. Universitas Gunadarma nih terkenal bagus kualitasnya ya dan biaya kuliahnya masih terjangkau jadi tidak terlalu memberatkan mahasiswa dan orang tuanya..

    ReplyDelete
  14. Universitas Gunadarma dekat ama rumahku. Tapi aku malah belum tahu angka biaya kuliahnya. Makasih mba sudah informasiin

    ReplyDelete
  15. Nah jadi acuan nih kalo mau menguliahkan anak. Karena memang pas mau kuliah itu yg perlu dipertimbangkan selain kualitas kampus juga biayanya. Termasuk masih bisa dijangkau nih. Gunadarma salah satu pt yang terkenal karena bagus

    ReplyDelete
  16. Jadi ternyata kalau mau kuliah di Universitas Gunadarma bisa lewat jalur seleksi PMDK atau regular. Terima kasih atas informasinya. Bisa jadi pertimbangan dan persiapin biayanya kalau mau kuliah di Gunadarma.

    ReplyDelete
  17. Saya tuh masih bingung dengan komponen biaya kuliah zaman sekarang. Kalau zaman saya kuliah dulu cuma ada UPP yang dibayar sekali di muka dan UPP (uang penyelenggaraan pendidikan) yang dibayar tiap semester atau diangsur tiap bulan. Jadi mau ambil SKS berapapun UPPnya tetap sama. Nah kalau biaya kuliah di Gunadarma ini BPP dan biaya per SKS ini dibayar tiap semester atau per bulan, Mbak?

    ReplyDelete
  18. Untuk kampus swasta unggulan gini biaya segini tmsk teejangkau banget ya mba. Dulu tuh gaktau sm info2 gini tmsk soal pmdk n reguler bs disini

    ReplyDelete
  19. wah axat fotonya bunga 😍
    wah aku baru tahu segitu biaya kuliah di Gunardarma ini sangt terjangkau ya mbak
    Universitas Gunardarma ini termasuk universitas swasta dengan fasilitas yang lengkap

    ReplyDelete
  20. Ternyata biaya kuliah di Gunadarma enggak mahal ya Mbak. Uang SKS nya aja cuma terpaut 50 ribu dengan kampus anakku, padahal di Semarang loh. Selisih dengan biaya di Jakarta enggak banyak

    ReplyDelete
  21. Setuju.
    GUnadarma menjadi salah satu kampus pilihan remaja setelah lulus SMA.
    Karena memang sangat bagus lulusannya dalam bersaing di dunia kerja.
    Kebayang lulusan Undar, kerjanya di Ibukota.
    Woow...

    ReplyDelete
  22. Kampus nya bagus dan berkualitas yah, jd pengen kuliah lagi rasanya dan smga ad rejeki bisa melanjutkan pendidikan

    ReplyDelete
  23. Wow kampus Gunadarma, dekat rumah lama ku nih. Rame banget mahasiswa nya dengan kata lain memang jadi rekomendasi tempat kuliah. Pada rajin2 juga mahasiswa nya. Kalau aq ke Mc. D deket situ ada mahasiswanya lagi ngumpul bareng ngerjain tugas bareng atau belajar bareng

    ReplyDelete

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)