Sunday, January 12, 2014

#1Hari1Ayat MANUSIA ADALAH MAKHLUK MUTAKHIR

Hari ke 12  : QS Al-Mu'minūn (The Believers) - 12 سورة المؤمنون

23:12
 
Sahih International
 
And certainly did We create man from an extract of clay.
 
Indonesian
 
Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah.

Cara membuat tembikar
Ayatullah ini tak dapat kita penggal dari kalimat selanjutnya, sehingga QS Al Mu'minun 12 sampai dengan 14, mencakup rumusan dahsyat dari Allah. 

Allah telah mengajarkan Teori Penciptaan Manusia yaitu At-Thien, yang pada akhirnya akan menjadi khalqan akhir atau makhluk mutakhir. Allah jadikan kita dalam guidance sunnah Al Quran menjadi seindah-indahnya makhluk --> uswatun khasanah atau ahsaanu khaliqiin. Disebut sebagai makhluk mutakhir artinya selalu update.

Hal ini diperkuat dengan sebuah hadits. 

Imam Ahmad meriwayatkan sebuah hadits dari Abdulloh bin Mas’ud, bahwa Rasululloh bersabda :

ان احدكم ليجمع خلقه في بطن امه اربعين يوما ثم يكون علقة مثل ذلك ثم يكون مضغة مثل ذلك ثم يرسل  اليه الملك فينفخ فيه الروح ويؤمر باربعة كلمات رزقه واجله وعمله وهل هو شقي ام سعيد؟ فوالذي لااله غيره ان احدكم ليعمل بعمل اهل الجنة حتي ما يكون بينه وبينها الا ذراع, فيسبق عليه الكتاب فيختم له بعمل اهل النار فيدخلها, وان احدكم ليعمل بعمل اهل النار حتي ما يكون بينه وبينها الا ذراع فيسبق عليه الكتاب, فيختم له بعمل اهل الجنة فيدخلها (روه احمد)

*artinya akan dibahas dalam tulisan selanjutnya :)

Wondering...

Jadi kayak mobil dong, mak? Atawa gadget keren gitu? Ho oh! Ga percaya? 

Noh..  coba liat deh, dari jaman ki benen, eh.. Ki Hj Ahmad Dahlan hingga kini. Pasti banyak sekali 'kemajuan' atau pencapaian yang kita peroleh. Install pentium dari sononya itu loh.. ya kan? 

Sulit dipercaya,
makhluk sekecil manusia bisa mendirikan bangunan megah, kapal layar besar, dan bahkan roket untuk mendarat di bulan. 

Maka dari itu, Allah memberikan pemahaman yang indah kepada kita melalui kitabNYA sebagai pedoman, a guidance agar kita bisa melalui setiap jalan terjal dan menemukan solusi dalam kehidupan...

So, Neng...
bersyukurlah selalu setiap saat, ya... caranya mudah. Shalat tepat waktu agar diberiNYA ketenangan, dan sempatkan diri aja buka Al Quran untuk melihat kejernihan masalah.

Wallahualam bissawwab.

Tulisan ini disertakan dalam 1 Hari 1 Ayat

No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^