Monday, January 6, 2014

#1HARI1AYAT AYO BANGUN!


Sahih International
O you who wraps himself [in clothing],

Indonesian
Hai orang yang berselimut (Muhammad),

سورة المزمل  QS Al- Muzammil : 1

 
Tema besar surat Al-Muz-zammil

Tema besar ? Oh, ada tema kecilnya juga dong?

Tengok deh, di surat Al-Muzzammil kita harus bangun malam untuk mengkaji Al-Qurān secara bertahap dan berdisiplin sebagai persiapan untuk memperbaiki kehidupan. Duh.. males banget yaa.. kan jam segitu lagi enak2nya tidur, sob!
But, as always..
credit
semua rangkaian kalam Ilahi selalu mengandung makna yang berujung kebaikan pada diri kita. Cuman kitanya aja yang... ehem.. ehem...

Al-Muzzammil sebagai sebuah ungkapan
Sebagai judul surat, tema kecil pertama dalam surat ini tentu saja Al-Muzzammil itu sendiri.  Ia dimaknai sebagai adatu-tasybîh (alat perumpamaan) bagi siapa pun yang ingin menerobos kepungan –azh-zhulumãt  (“kebodohan” dengan segala bentuknya), untuk mendapatkan an-nûr, yakni petunjuk Allah (Al-Qurãn).
Perumpamaan ini  ditujukan pada al-muzzammil (orang yang berselimut), karena  ungkapan jitu untuk menyebut siapa pun yang terlena dalam kejahilan.

Mereka ibarat orang-orang yang tidur dalam bungkusan selimut hangat, yang menambah tidur mereka semakin lelap, sehingga tidak menyadari apa pun yang sedang terjadi dalam dirinya, lebih-lebih lagi dunia luar.

Buka kamus, yuk..

an-nã`im (النائم) orang yang tidur, memang sama dengan al-ghãfil (الغافل), orang yang lengah, lalai, dungu, bahkan bisa juga berarti mati (مات).
Wow! Jadi, semakin jelas bagi kita bahwa Al-Qurān diturunkan memang untuk membangkitkan si Muzzammil itu.

Dan bila ada orang yang bersikukuh mengatakan bahwa surat Al-Muzzammil ini diturunkan khusus hanya kepada Nabi Muhammad, maka seharusnya mereka juga ingat bahwa Nabi Muhammad pun – sebelum menerima Al-Qurān – adalah sesat atau bingung.
 _________________________________________________________
 Tulisan ini disertakan dalam 1 Hari 1 Ayat

No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^