Sunday, December 17, 2017

SANGOBION MENSTRUPAIN, ATASI KEKURANGAN ZAT BESI SAAT MENSTRUASI


Sore itu, 
aku menatap lekat si gadis kecil yang sedang tersenyum. Dengan kerudung pink membingkai wajah mungilnya, rasanya tak percaya bahwa ia sudah akan beranjak dewasa. Tahun ini, 11 tahun sudah usianya.

Dibilang sudah besar, masih kicik. Dibilang masih kicik, eh.. teman-temannya sudah pada dapat haid aka menstruation (baca dengan lenje : mens-tru-e-syen). Dia aja yang belom. 

Gapapa, sore ini (16 Desember 2017) kebetulan dapat undangan dalam rangka jelang Hari Ibu dari Sangobion Menstrupain bersama Female Daily di cafe Aroma Sedap di bilangan Menteng, Jakarta Pusat. Ruangan meet-up kami pun sudah didekor dengan balon dan aneka things warna warni baby pink dan putih.


Nah, cocok! Ini saatnya si cantik dengar tentang problema bulanan perempuan, menstruasi. Haid. Datang bulan. Halangan.

Halah, menstruasi doang jadi topik. Apaaah?

Doang? 
Pernah dengar kejutekan perempuan kalo lagi datang bulan? Udah judes, bawaannya pengen nyambit kalo dicolek, sekali cingcing lengan baju, kelar idup lo.


Beberapa orang bahkan cemas berlebihan, takut kalau darah tembus ke celana atau rok yang digunakan. Aku sih, termasuk orang yang prepare kalo sedang haid (biarpun gara-gara SC udah ga pernah menstruasi berlebihan lagi). 

Untuk itu, perlu dengar nih, obrolan tentang fakta dan tips seputar menstruasi, mood si anak gadis yang up and down, kecenderungan remaja yang lebih suka ngobrol ama temen daripada ama ortu, dan banyak lagi!

Dipandu MC Novita Angie yang kali ini hadir bersama Jemima, putri kesayangannya,  Affi Assegaf founder Female Daily,  psikolog Elizabeth Santosa M. Psi, ACC, dr Yoska Yasahardja dan Anie Rachmayani, Associate Marketing Director Consumer Health, keduanya mewakili PT. Merck Tbk.


Menurut psikolog Elizabeth Santosa M.Psi, Psi, ACC., masa haid menyebabkan perempuan kehilangan motivasi untuk bekerja. "Haid dapat memicu ketidakseimbangan hormon, di mana hormon estrogen, serotonin, dan endorfin pada perempuan menurun drastis, sehingga menyebabkan mood swing, rasa sedih, dan menurunnya motivasi," jelas Miss Lizzie.
Untuk keamanan dan kenyamanan bersama, 
dobel-dobel deh pakaian dalamnya, dan selalu sedia pembalut minimal sepak di tas. Eh, beneran ini, karena pernah satu saat sedang jalan ke sebuah acara, dan ternyata over time, dengan kondisi di tengah perkampungan minim toko! Udah gitu dihadang hujan deras pula. Kebayang kan, sebel kalo ngga segera ganti pembalut?

Satu.. eh beberapa hal lain yang juga bikin gak nyaman, sakit perut, mules, pusing keliyengan kalo kata orang. Itu karena tubuh kehilangan banyak darah sehingga kita kehilangan banyak zat besi.

APA YANG TERJADI JIKA KEHILANGAN ZAT BESI SAAT MENS?

Zat Besi adalah mineral yang jumlahnya KECIL tapi memiliki fungsi SANGAT PENTING di dalam tubuh ini disebut mikronutrien dan berperan dalam proses pembentukan sel darah merah. Kebutuhan zat besi untuk perempuan dewasa 18 mg per hari, perempuan hamil 27 mg per hari, dan laki-laki dewasa 8 mg. 

Sel darah merah mengandung hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Jadi, kebayang kan kalau jumlah zat besi dalam tubuh tidak mencukupi? Proses pembentukan hemoglobin terganggu. Itu sebabnya, jika kita kekurangan zat besi, jadi kliyengan, kurang konsentrasi, lemas, dan pucat saat menstruasi. 

Masalahnyaaa... sekitar 91% perempuan berusia 16–64 tahun tidak mendapatkan cukup asupan zat besi dari makanan harian. Zat besi dari makanan hanya bisa diserap sebesar 20%. Vitamin dan mineral juga tidak bisa terserap optimal jika cara memasaknya salah. 

PERLUKAH MENG-KONSUMSI ZAT BESI?
Aku sih yes, mas Anang kurasa enggak.
Jawabnya; perlu sekali kita mengonsumsi suplemen zat besi. 

Buat orang sepertiku yang malas makan "good sources for plant based iron" seperti gambar di atas, dapat info tentang Sangobion Menstrupain itu menyenangkan sekali.

SANGOBION FEMINE adalah suplemen penambah darah yang mengandung Ferrous Gluconate, Manganese Sulfate, Copper Sulfate, Metafolin, Vitamin B12, Vitamin C. 
SANGOBION FEMINE digunakan untuk membantu pembentukan sel darah merah pada anemia (anemia adalah berkurangnya jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin di dalam darah) selama masa haid dan memelihara kesehatan tubuh

MENGENAL SIKLUS HAID dan Peranan #menstrubracelet
Ada yang unik kali ini. 
Semua ibu dan anak diberi sebuah kotak pink yang isinya peralatan untuk membuat #menstrubracelet. Hadeh apaan lagi tuh?

#menstrubracelet adalah gelang berwarna warni yang mewakili simbol siklus menstruasi. 
"Kami berharap, dengan adanya #menstrubracelet maka para Ibu dan anak perempuan bisa terus ngobrol tentang #menstrutalk," sambung dr. Yoska.
Gelang #menstrubracelet memang berwarna sesuai dengan warna darah haid, yaitu darah haid mula-mula keluar berwarna hitam, kemudian berubah kepada merah, kemudian antara merah dan kuning, kemudian kuning dan akhirnya keruh (yakni antara putih dan hitam), hingga akhirnya putih bersih tanda selesainya haid. 

Namun tiap wanita biasanya memiliki siklus warna darah yang berbeda satu sama lain.

Siklus menstruasi dibagi atas empat fase.
Fase menstruasi

Yaitu, luruh dan dikeluarkannya dinding rahim dari tubuh. Hal ini disebabkan berkurangnya kadar hormon seks. Hal ini secara bertahap terjadi pada hari ke-1 sampai 7.

Fase pra-ovulasi
Yaitu, masa pembentukan dan pematangan ovum dalam ovarium yang dipicu oleh peningkatan kadar estrogen dalam tubuh. Hal ini terjadi secara bertahap pada hari ke-7 sampai 13.

Fase ovulasi
Masa subur atau Ovulasi adalah suatu masa dalam siklus menstruasi wanita dimana sel telur yang matang siap untuk dibuahi. menurut beberapa literatur, masa subur adalah 14 hari sebelum haid selanjutnya. 

Apabila wanita tersebut melakukan hubungan seksual pada masa subur atau ovulasi maka kemungkinan terjadi kehamilan.

Fase pascaovulasi
Yaitu, masa kemunduran ovum bila tidak terjadi fertilisasi. Pada tahap ini, terjadi kenaikan produksi progesteron sehingga endometrium menjadi lebih tebal dan siap menerima embrio untuk berkembang. Jika tidak terjadi fertilisasi, maka hormon seks dalam tubuh akan berulang dan terjadi fase menstruasi kembali.

Nah, udah nggak takut lagi deh, ngobrol tentang menstruasi bersama si anak gadis!

Kebersamaan sambil ngobrol 
dan bikin #menstrubracelet


16 comments:

  1. Aaaakkkk mkasih mak tanti. Infonya cucok bgdlah bwt aku yg suka pusing bgd klok pas mens.
    Tp disini udh ada blm ya. Cuslah nnyak di apotek.
    Matur nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti udah ada, sangobion plus jamu kunyit asam aja juga boleeeeh

      Delete
  2. Wah jadi tahu, makasih mak infonyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama samaaaa.. Iya nih bekal pengetahuan buat si anak gadis

      Delete
  3. Braceletnya bagus ya, jd bisa tau periode menstruasi. Selama ini aku ngajarin anak2 utk rutin mencatat, biar bisa diliat siklusnya normal gak, sehat gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh iya ya, nti kalau Ica udah menstruasi aku suruh catat! Thankyou

      Delete
  4. Walaah keren nih edukasinya pake menstrubracelet. Kreatif banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, anakku yang tadinya lari kalo diajak ngobrol "serius" mau gak mau jadi ngedengerin mbak Ley hahahaha

      Delete
  5. Makkk kalau diminum sebelum dan sesudah haid ya mak. Perempuan kalau lagi datang bulan bisa senggol bacok ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha makanya jangan disepelekan kata dokter Yosa dan Miss Lizzie

      Delete
  6. Aku juga udah mulai pelan2 kenalin apa itu menstruasi ke anak perempuanku. Biar gak kaget kayak aku dulu ampe nangis. Xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmh.. ciyus sampe nangis?

      Aku kok enggak ya? Apa aku gak punya perasaan -___-

      Delete
  7. makneng itu si ovary itu lucu juga yaaa....

    ReplyDelete
  8. Saya dasarnya emang ada anemia, kalau lagi haid kyk sekarang udah deh keliyengan, pernah pas itu naik motor kyk dah mau pingsan. Blm cek HB lagi sih. Tapi kyknya mau deh coba konsumsi Sangobion TFS

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^

Jika ada pertanyaan pribadi silakan email amelia_tanti@yahoo.com