Peluang Lulus SNBP Lebih Besar dengan Ruangguru


   Aku memandang putri kecilku yang telah menginjak bangku terakhir SMA. Sebentar lagi, ia tak akan mengenakan seragam putih abu-abu kebanggaannya itu lagi. 

    Aaah, memang hanya dalam hitungan bulan saja, siswa-siswi yang telah menginjak bangku terakhir Sekolah Menengah Atas akan memasuki babak baru, yaitu melanjutkan ke jenjang akademis atau kuliah. Tentu saja, ada satu seleksi  yang harus mereka ikuti, yaitu SNBP. SNBP adalah salah satu seleksi nasional masuk Perguruan Tinggi Negeri yang harus diikuti.
SNBP adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi, dengan menggunakan sistem undangan. 
    Berbeda dengan ujian akhir, maka SNBP dilakukan hanya dengan mengisian pdss, verifikasi dan melakukan pendaftaran. Sedangkan untuk seleksi, hanya menunggu pemeringkatan dari panitia. 

    Semua anak tentu saja berdebar, karena ingin sekali bisa lolos dengan jalur bergengsi yang satu ini. Lantas, adakah strategi yang bisa dilakukan agar siswa dapat memaksimalkan potensi sehingga berpeluang lulus lebih besar dari orang lain?

    Jawabannya : ada!

Walaupun SNBP adalah seleksi dengan menggunakan sistem, tapi ternyata siswa bisa loh, menerapkan tips agar bisa lolos seleksi SNBP 2024. 

Berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan siswa agar bisa lolos SNBP 2024. Yuk, kita simak mekanisme dan pemilihan jurusan, kampus, serta waktu yang tepat untuk mendaftar!

Cara Memulai Daftar SNBP 2024

Sumber gambar : SNPMB - twitter 

Sumber gambar : SNPMB - twitter 


Sebelumnya, perlu kita pahami bahwa SNBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta prestasi akademik dan non akademik siswa. 

Untuk itu, siswa siswi perlu mempersiapkan nilai rapor, mulai dari semester satu hingga semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun. Atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.

Kemudian, pihak sekolah akan mengisikan rapor siswa yang eligible di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dengan lengkap dan benar dengan 
Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). 

Step by step Mendaftar SNBP 2024

Selain hanya dapat diikuti oleh siswa kelas 12 pada tahun 2023 dan memiliki prestasi unggul, ternyata terdapat beberapa persyaratan lain yang wajib Calon Mahasiswa ketahui.

1. Siswa eligible yang telah memiliki data di PDSS melakukan pendaftaran SNBP melalui Portal SNPMB dengan menggunakan akun SNPMB Siswa.

2. Siswa pendaftar harus membaca dan memahami ketentuan SNBP tentang ketentuan memilih program studi dan memahami persyaratan yang ditetapkan oleh PTN yang dituju.

3. Siswa pendaftar pada program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada menu Unduhan

4. Siswa pendaftar wajib mencetak Kartu Peserta SNBP sebagai tanda bukti yang sah menjadi peserta SNBP 2024.

5. Daftar ulang di PTN tempat calon mahasiswa diterima mengikuti ketentuan PTN yang dituju.

Jika sudah memahami cara pendaftarannya, maka kita tinggal mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan. Juga, jangan lupa untuk melihat waktu yang tepat kapan melakukan pendaftaran. Hal ini agar mendapatkan peluang lebih besar untuk lolos Daftar SNBP 2024.

Adakah Cara Agar Lolos Seleksi SNBP 2024?



Ada, walau memang TIDAK BISA INSTAN!

Yah, yang instan cukup kopi sama mie saja, ya ... siswa yang ingin sekali mendapatkan jalur undangan ke PTN incaran, memang sebaiknya sudah mempersiapkan dari semester awal untuk mendapatkan nilai rapor yang baik!

Apa saja sih, yang harus diperhatikan sebelum SNBP?

  • Memilih Jurusan Yang Paling Sedikit Dipilih!
    Walau kecil kemungkinannya saat ini, tapi memilih jurusan yang kurang diminati oleh siswa lain, menjadi kunci, karena memperkecil ruang persaingan.
Trik Lolos SNBP 2024 ini, 
memberikan peluang lebih besar untuk lulus.

Hmmm... terdengar tricky ya? Yuk simak poin di bawah untuk jurusan yang bisa siswa pilih.

  • Memilih Jurusan yang Paling Besar Nilainya Berdasarkan Nilai Rapot

    Nilai tertinggi di rapor, menunjukkan indikasi bahwa siswa memang sangat menguasai bidang dan mata pelajaran tersebut. 
  • Jika siswa memiliki nilai tertinggi dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, maka jurusan yang bisa disarankan antara lain adalah Pendidikan Bahasa Inggris, Hubungan Internasional, Pariwisata, Sastra Inggris dan ilmu Komunikasi.
  • Jika siswa tertarik pada mata pelajaran Menggambar, dan mendapat nilai baik maka bisa masuk jurusan Desain Komunikasi Visual, Animasi, Arsitektur, Desain, Desain Grafis, Seni Rupa (Fine Arts) dan Tata Busana.

  • Untuk siswa yang suka dengan mata pelajaran Biologi mendapat nilai terbaik, maka siswa bisa memasuki jurusan Biologi, Farmasi, Kedokteran, Kedokteran hewan, Ilmu Kelautan (oceanologi), bioteknologi dan pangan, Kehutanan dan Ilmu Lingkungan, serta Teknik Limbah Industri, misalnya.

  • Bagaimana jika siswa suka dengan pelajaran Fisika?
    Tentu saja bisa dengan mudah memasuki Teknik Fisika, Astronomi, Teknik Metalurgi, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Nuklir, Geofisika, Teknik Pertambangan dan Teknik Penerbangan.

  • Suka Matematika seperti Jerome Polin?
    Wah banyak sekali yang bisa didapatkan, seperti Prodi Ilmu Matematika, Statistik, Akuntansi, hingga Teknik Sipil dan Teknik Penerbangan.

  • Siswa suka sekali dengan mata pelajaran Ekonomi?
    Prodi yang dipilih bisa Ilmu Ekonomi, Akuntansi, Manajemen & Pemasaran, Aktuaria, Bisnis dan Statistika.

  • Penyuka mata pelajaran Sejarah, apa kabarnya?
  • Lulusan Ilmu Sejarah memiliki wawasan yang luas dan daya analisis yang tajam, sehingga kamu dapat secara mudah melakukan evaluasi terhadap sumber sejarah maupun dampak dari suatu peristiwa penting yang pernah terjadi.

    Selain prodi Pendidikan Ilmu Sejarah, bisa mengambil jurusan Arkeologi, Antropologi, Genealogi, Sinematik, Film dan Filsafat.
    Karena SNBP memang hanya mengandalkan sistem nilai rapot pada PDSS. Jika kalian memiliki nilai yang terus meningkat dari semester awal hingga nilai UN, maka besar kemungkinan akan lulus meski rata-rata nilai yang di dapat jauh lebih kecil dari nilai teman kalian. 

Poin yang paling bagus adalah terus meningkat dari awal sekolah sampai lulus, itu merupakan prasyarat yang cukup penting untuk bisa lolos Seleksi SNBP 2024.

Mengapa Penting Menyiapkan Nilai Rapor dengan Belajar di Ruangguru?


Tidak seperti jalur tertulis yang bisa diikuti 3 tahun berturut-turut, proses seleksi SNBP ini hanya sekali bisa diikuti. Tidak akan ada lagi rekomendasi kedua yang dilakukan oleh sekolah. Jadi, jika ingin lolos SNBP 2024, untuk mempersiapkannya perlu dilakukan usaha panjang.

Namun, kini belajar bersama Ruangguru sudah memudahkan para siswa agar mendapatkan nilai rapor yang baik. Ruangguru bisa menjadi pilihan teman belajar dimana saja dan kapan saja. Banyak program belajar yang bisa diikuti sesuai dengan kebutuhan siswa.

sumber : ruangguru

Ruang Belajar

Satu-satunya bimbingan belajar terlengkap dengan video adaptif bisa didapatkan pada produk Ruang Belajar dari Ruangguru. Banyak fitur yang diberikan sesuai dengan kebutuhan belajar. Jadi, anak-anak bisa belajar seru dengan fitur video, cocok deh kalau mau ngejar hasil rapor bagus buat daftar SNBP 2024.

Fitur Robo Guru

Fitur Robo Guru yang disediakan Ruangguru ini bisa jadi solusi saat kesulitan mengerjakan soal. Fitur ini dapat membantu kita menjawab dengan tepat, cepat dan gratis pula. Wah, layanan yang cocok nih untuk belajar cepat tanpa bingung ingin tanya sana-sini.

Ruangguru Privat

Jika ingin mendapatkan pengajaran yang lebih eksklusif, kalian juga bisa ikut di kelas Ruangguru Privat. Dengan kualitas pengajar yang terjamin dan berpengalaman di bidangnya, kita juga bisa atur kebutuhan belajar sesuai keinginan.

Ruang Uji

Nah, yang ini cocok untuk mempersiapkan UTBK atau SNBP 2024. Kalian bisa pilih tryout reguler gratis atau premium sesuai kebutuhan. Soal-soal yang disediakan sudah sesuai standar BP3 Kemdikbud. Tersedia 7 tipe subtes (4 Tes Potensi Skolastik & 3 Tes Literasi) dengan beragam format soal. Dengan banyak berlatih, tentu akan lebih mudah menghadapi saat ujian tiba.


Berapa sih kak, harga belajar di Ruangguru?

Ruangbelajar lagi ada potongan harga khusus untuk kamu kelas 12. Paket semester genap HARGA MULAI 499 RIBU AJAAA. DISKON HINGGA 39%

Apa saja fasilitas yang tersedia? Selain Drill Soal, Adapto, juga ada ribuan video belajar.

Karena 
Periode promo 18-20 Januari 2024 aja jadi siswa bisa segera bilang ke orang tua dan langganan sekarang! Coba klik link di bawah ini ya di bayar.ruangguru.com


Jadi, Gabung Ruangguru Akan Membuka Peluang Lebih Besar Untuk Lulus SNBP 2024

Seiring waktu, belajar memang tak lagi membosankan, duduk manis di meja belajar atau di kelas saja. Siswa bisa sambil menonton video pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat menambah wawasan, serta  lebih fun karena mudah dimengerti.

Ruangguru saat ini bisa diakses dari mana saja dan kapan saja, sehingga waktu belajar siswa lebih fleksibel. 

Nah, ingin kan jadi mahasiswa PTN dengan lolos seleksi SNBP 2024? Ikuti kiat-kiat di atas yaaa! 



Tidak ada komentar

Posting Komentar

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)