Wednesday, September 25, 2013

Cara Membuat Karakter Di Dalam Buku Anak



Satu: Memahami Karakter Yang DisukaiAnak-Anak 
Pelajari karakter apa yang membuat buku bergambar tertentu  menarik bagi anak-anak. Misalnya : sapi menari hingga truk sampah bergambar mata yang lucu.

Ada berbagai karakter yang menangkap hati pembaca. Pahami lebih jelas apa yang membuat karakter tertentu dicintai dan berhubungan dengan dunia anak.
Dua: Dimana Kita Mencari Karakter Yang Unik?
Temukan teknik untuk menemukan karakter unik sekaligus nama mereka, karena karakterlah yang mengarahkan sebuah cerita ^_^

Coba lihat : Snoopy – Garfield – Doraemon -  dan masih banyak lagi.
Kebanyakan penulis mengambil karakter yang dekat dengan kehidupan mereka. Jadi, pergilah ke rumah saudara, sahabat atau bahkan guru matematika anda. ^_^

Tiga: Bagaimana Cara Menulis Karakter Besar Anda?
Eksplorasi atau galilah seluk-beluk karakter anda. Karena membuat karakter yang kuat itu penting. Misalnya:

Garfield adalah kucing pemalas yang cerdik. Ia berbadan tambun, dengan kulit berwarna oranye eksotis. Garfield adalah kucing egois, sok tampan dan merasa dibutuhkan. Ia senang makan lasagna.

Jadi, ada alasan yang dipahami pembaca anak-anak, kenapa Garfield begini atau begitu. Disini kita membangun struktur cerita, penggunaan teman atau lawan yang pengecut, misalnya. Jadi kita tahu kapan harus bertindak! 

Sesi Empat: Karakter Besar Juga Perlu “Suara Besar” ?
Bedakan antara suara atau sifat karakter Anda dan suara Anda sebagai si penulis. Caranya? Saat melihat gambar A atau B, berikan sifat – kepribadian – keunikan dari karakternya masing-masing. 

Anda bisa melihat, kapan si A membutuhkan elemen besi – kesabaran – marah dan sebagainya. Begitu juga si B.  Berikan karakter Anda ‘suaranya’ sendiri sehingga karakter itu terlihat hidup.

Sumber : www.picturebookacademy.com 
Gambar : www.mezzacotta.net

No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^