Tuesday, June 30, 2015

PENTINGKAH SUPPLEMENT SELAMA BULAN RAMADHAN?


Puasa Sehat, Puasa Penuh Hikmah adalah tema yang kali ini diadakan oleh SOHO Global Health dalam edukasi kesehatan SOHO #BetterU.

Tema umum di bulan ramadhan ini adalah edukasi kesehatan dimana SOHO ingin memberikan tips mengenai cara berpuasa agar tetap sehat, berstamina, sekaligus memiliki daya tahan tubuh tinggi. Demikian dikemukakan oleh Ludovic Toulemonde, Senior Executive Vice President Health care, SOHO Global Health.


Bukber by SOHO ini diadakan di Hotel Sahid dan alhamdulillah, aku ga telat! Menaiki tangga ke lantai dua, di Ballroom telinga  tamu dimanjakan oleh musik yang terdiri dari rampak gendang. 

Tak lama, Panji mempersilakan pak Widi Nugroho Sahib, Head of PR and General Service untuk membuka acara.

Dalam bahasa Indonesia yang lumayan lancar, Mr Ludovic menyambut para tamu media dan blogger. Dilanjutkan dengan sepatah kata dari Ibu Yulina Rivai Perwakilan dari Kementerian Kesehatan.

Oya, Ibu Yulina mengingatkan target Kemenkes yang selalu digaungkan dalam rangka meminimalisir sakit, terutama kanker yaitu CERDIK,

C - Cek kesehatan secara berkala
E - Enyahkan asap rokok
R - Rajin beraktivitas fisik
D - Diet sehat dan gizi seimbang
I -  Istirahat cukup
K -  Kelola stres

Acara selanjutnya adalah Bapak Widi memberi plakat dan kenang kenangan kepada para narasumber, Yulina Rivai dan dr Adhisti Pritalina, serta Founder Emak Blogger Mira Sahid.










Dr. Adhisti Pritalina dari RSPP Jakarta mengatakan, selama berpuasa 12 jam, cadangan glukosa berupa glikogen yang tersimpan di hati dan otot sebagai energi. Tubuh juga menggunakan protein untuk tambahan energi selama 12 jam. Pantesan lemes ya...

Durasi puasa yang dilakukan ummat islam selama 14 jam dan dilakukan terus menerus selama 29 - 30 hari, banyak manfaatnya, namun bisa diringkas menjadi 4.

Kalo dari gugling sih, untuk menjaga tubuh yang fit selama berpuasa, ada tip berikut:

1. Kalo sahur, banyakin meminum air putih. Sebenarnya sih ga ada bedanya sama ga puasa, cuma dibedain aja waktunya.

2. Karena kalo buka puasa aku sekeluarga sering minum teh, so buat menjaga BAB lancar, kuusahakan anak-anak maem pepaya dan jeruk peras sebelum makan.  Bahkan yang  fanatik menjalankan food combining, makan buah-buahan saja cukup loh, pas sahur.

Buah itu banyak mengandung elektrolit yang memberi kesegaran pada tubuh dalam beraktivitas.

3. Tau kan, kalo puasa, zat besi dalam tubuh menurun?  Akibatnya tubuh akan lebih lemas, mengantuk karena pasokan oksigen yang dibawa sel darah merah tidak maksimal.

Cara menghindarinya, makan dan minum yang mengandung zat besi saat sahur, sehingga mengontrol kadar hemoglobin dalam tubuh.  Salah satunya minum jus tanpa gula.

4. Agar gula darah stabil, jangan berpikir makan dan minum yang banyak mengandung gula. Justruuu... hindari makan dan minum yang terlalu manis.

Kenapa? Karena makanan terlalu manis membuat tubuh melepaskan insulin dengan cepat. Itu sebabnya kita nanti cepat lapar lagi. 

5. Kalo buat aku sih, lauk protein apa saja boleh, asal tidak dikonsumsi bersama nasi, kentang atau karbo apapun juga.

6. Ini dia.. jangan makan gorengan waktu sahur! Bikin ngantuk!

7. Aku biasa makan buah pisang atau pepaya setiap sahur, 15 menit sebelum makan, bikin badan segar dan kenyang. Magenesium dan potasium nya jadi cadangan energi sepanjang hari.

8. Karena aku sering begadang, aku merasa perlu menambahkan suplemen saat sahur. Biasanya yang kuminum adalah suplemen yang mengandung zat besi, multivitamin  dan vitamin C. 

Suplemen tuh bisa relatif perlu diminum or dimakan saat tubuh kita ngasih sinyal. Misalnya, badan terasa pegal linu berlebihan. Selain istirahat cukup, tak ada salahnya minum suplemen.

Ibu hamil dan menyusui juga dirasa perlu menambahkan suplemen asam folat ke dalam menu, apalagi jika ia adalah seorang picky eater


Talkshow yang digelar SOHO surprisingly menampilkan Founder Emak Blogger, Mira Sahid. Beliau membuat sesi talkshow yang tadinya bikin aku ngantuk karena kekenyangan jadi melotot lagi.

Seperti biasa, Mak Pon, demikian sapaan akrab di Komunitas Emak Blogger selalu bicara dengan ringan dan hangat.

Sesi akhir adalah tanya jawab dan kuis berhadiah lumayan besar. Sayang, pihak penyelenggara tidak terkordinasi dan tidak organize, sehingga rasanya seluruh even yang tadinya manis dan imut-imut itu membawa kenangan pahit. Rasanya seperti selilit di gigi... 

9 comments:

  1. iya terimakasih mak tipsnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. suplemen juga bisa membantu agar tubuh tidak lemas ketika menjalankan puasa

    ReplyDelete
  3. berpengaruh banget loh suplemen it, aku minum suplemen soale biar kuat saat puasa...soale lagi hamil..harus kuat...hehehe

    ReplyDelete
  4. tipsnya banyak bangeeeet ...aku buka selalu dengan buah dulu..setelah selang beberapa waktu baru mulai dengan sayur dan protein. Kalau sahur, alhamdulillah fruit only smoothies et salad sayur segar mak, kadang plus protein kalau sempet hehehe...yang penting sehaat semua yaaa...

    ReplyDelete
  5. aq jadi sembelit pas puasa gini. keknya air putih sama buahnya kuraaanggg dehh. Mak btw aq udah follow blognya yaa.. :)

    ReplyDelete
  6. foto imut2 kita bareng2 manaaa :P

    ReplyDelete
  7. Jelas penting lah mba :D bagus banged ulasan artiklenya.. thx :)

    ReplyDelete
  8. banyak ya tipsnya, biasanya supaya tidak sembelit dan tidak dehidrasi memang sebaiknya makan buah dan sayur waktu sahur :D

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^