Saturday, June 6, 2015

KUNJUNGAN KE HHDC - KLINIK GIGI MODEREN PERTAMAKU


Pagi-pagi ke dokter gigi? Ciyus? Ya, itu yang kulakukan pagi ini. Menuju Thamrin city di belakang Grand Indonesia, aku turun di halte trans jakarta dan agar mempersingkat waktu, aku naik ojek. Alamaak... rupanya karena senyumku pagi ini tak secerah biasanya, aku dapat tukang ojek yang galaknya melebihi "Haji Tutung!"

KENALAN AMA HHDC

Fyi, nih HHDC adalah klinik gigi moderen yang berevolusi di bidang gigi. #Ya iya mosok hati...  HHDC tuh singkatan Hendra Hidayat Dental Center, dan .. beliau ini sudah beroperasi sekitar 50 tahun! Sepak terjang Drg. Hendra juga telah diakui oleh MURI, sebagai pemegang rekor implan gigi terbanyak.


Pagi ini kami, blogger-blogger keren mendapat pencerahan eh.. masukan dari  dokter gigi muda yang tak kalah keren -setingkat di bawah Lee Min Ho- yaitu drg. William Tanzil dan dokter gigi secantik Song Hae Gyo, drg. Irayani Queencyputri. 

Apa saja yang diterangkan oleh drg. William? Yuk kita simak... oya drg. William  adalah seorang prostodontist.

Spesialis Prostodonsia adalah ilmu kedokteran gigi yang mempelajari metode rehabilitasi dan pemeliharaan fungsi rongga mulut, kenyamanan, penampilan dan kesehatan pasien dengan pembuatan restorasi gigi asli dan atau penggantian gigi hilang beserta jaringan lunak rongga mulut dan maksilofasial dengan bahan pengganti buatan (sumber : FKG UI - http://fkg.ui.ac.id/).



Drg. William Tanzil sebagai narasumber, mula-mula membuka sesi presentasi dengan menerangkan bahwa sekarang ilmu kedokteran gigi tuh sudah melesat jauuuh... sekali. Bayangan ketakutan kita akan aneka peralatan, perawatan gigi yang kuno dan menyakitkan... hilang seketika! Contoh evolusi yang terjadi adalah : 

1. Tambal gigi 
Jaman dulu, aneka logam digunakan untuk menambal gigi. Bayangin, mulai dari timbal hingga platinum ada di mulut kita. Nah, sekarang dengan material bukan besi, sehingga tidak terlihat menghitam dan meminimalisir bahaya karena radang atau gingivitis.

2. Invisalign (baca : invisalain)
Istilah ini adalah evolusi brackets atau braces dalam bahasa Inggris atawa "behel". Sebenarnya yang pake behel adalah pasien orthodontik (ortho : lurus, donti : gigi) tapi entah kenapa sekarang kok jadi mode ya? *merasa aneh*

Sekarang, material yang digunakan adalah yang transparent, sehingga nyaris seperti tidak sedang perawatan. Eh, tapi kalo mo buat pamer sih pake aja yang berwarna-warni....

Invisalign ini teknologi paling keren menurutku, karena pasien terlihat seperti tidak mengenakan kawat gigi. Bentuknya transparan, plastik gitu dan bisa dilepas-lepas. Nah.. cucok itu boow buat my son, Dio. Dio itu giginya maju karena dia ngemut jempol. Untung abang en adek-adeknya engga... 

Invisalign tuh dibuatnya computerize, si pasien dirontgent dulu seperti gambar ini : 

kalo dah jadi, model tiga dimensi nya dikirim keee.... Amerika (!!) trus dibuat cetakan mengikuti struktur gigi pasien, dah gitu baru dikirim ke Indonesia. Sampe sini, pasti pada mikir satu hal : berapa biayanya? 

Well.. biayanya masih dalam dollar, nek. Satu kasus invisalign ditangani dengan biaya sebesar US$3750 - US$ 4250. Di Indonesia, baru ada sekitar 15 dokter gigi yang memegang sertifikasi ini. Salah satunya ya klinik drg. Hendra di HHDC ini.

Oya, ada seorang kawan blogger yang bertanya, rata-rata harga perawatan gigi berapa, sih? Di klinik gigi biasa, harga perawatan gigi bisa kamu cek di sini. Tapi di klinik HHDC beda yaa.. 

3. All ceramic crown
adalah teknik "membangun gigi", dengan menggunakan material yang cukup kuat, namun tetap harus dijaga dengan hati-hati. Pastilah ada bedanya antara yang asli dari sononya! Teknik ini mencakup inlay, onlay, crown, bridge dan esthetic filling.

Penambalan gigi (esthetic filling) ini dilakukan dengan material komposit , berwarna putih bersih, mirip gigi asli. 

Satu teknik yang sekarang terkenal digunakan oleh para arteess yaitu "vinir". Diperlihatkan oleh drg. William video bagaimana seorang pria yang menjalani revisi gigi menjadi berubah wajahnya lebih tampan!

Just kepo-kepo... 

Apakah yang dimaksud dengan Porcelain Veneers (Pelapis Gigi yang terbuat dari Porselen)?
Porcelain Veneers adalah selubung gigi yang terbuat dari porselen. Selubung ini akan disemen pada bagian depan gigi untuk keperluan estetika. Porcelain Veneers ini dapat digunakan untuk melapisi bagian email gigi, meratakan permukaan gigi, menutup celah antar gigi dan menutup retakan-retakan pada gigi. 

Porcelain Veneers dapat digunakan untuk menutup noda-noda yang sulit dihilangkan pada gigi, misalnya noda akibat mengkonsumsi tetrasiklin (tetracycline staining) pada waktu proses pertumbuhan gigi.

Adakah bad smile or good smile?
Semua senyum itu baik. Tuhan sudah menciptakan manusia dengan 16 otot efektif untuk tersenyum. Senyum yang baik adalah yang tulus dari hati, tersenyum lebar dan menampilkan gigi -kalo bisa yang giginya putih  bersih!

Senyum adalah riak wajah yang ditunjukkan manusia biasanya ketika gembira. Orang tersenyum karena misalnya mendengar atau melihat kejadian jenaka atau tersenyum ketika gambar diambil. Walaupun kadang-kadang orang tersenyum untuk menutupi perasaan sedih atau malu. Senyum juga digunakan sebagai tanda keyakinan diri, tanda persetujuan atau sebagai tanda kebahagiaan. 



Senyumku ibadahku, abaikan penampakan di belakang.
Nabi Muhammad s.a.w. pernah berkata bahwa "Senyum kepada saudaramu adalah sedekah".
Semasa seseorang itu senyum, 16 otot muka digerakkan untuk membentuk senyuman manis berbanding 43 otot digunakan apabila muka seseorang itu masam. Ia juga merangsang pengeluaran endorphins (sejenis bahan kimia yang dihasilkan oleh otak untuk mengurangkan rasa sakit).


drg. Irayani Queencyputri

Dokter gigi cantik yang beken di dunia maya dengan panggilan Rara ini, membawakan materi tentang kebersihan dan perawatan gigi sehari-hari. 

Apa saja sih, perawatan gigi sehari-hari ini?
  • sikat gigi
  • lidah dibersihkan
  • berkumur
  • kontrol ke dokter gigi 6 bulan

Menyikat gigi
sikat gigi yang baik dimulai dengan pemilihan sikat gigi yang benar, dan sesuai kebutuhan.

Oya sikat gigi yang bulunya paling jarang adalah untuk yang memakai behel. Pilihlah bulu sikat gigi yang lembut, agar tidak melukai gusi.

Bagaimana cara membersihkan gigi yang baik?

1. after meal in the morning
2. before you sleep at night
Courtesy of slideshare.net


2. Membersihkan lidah
Ternyata, selain menyikat gigi, penting merawat kebersihan lidah, bisa menggunakan sikat gigi khusus atau pembersih terbuat dari plastik atau carton.

Berkumur
usahakan hindari yang beralkohol

6 bulan sekali, 
kunjungi dr. William atau dr. Rara.. eeh maksudnya kunjungi dokter gigi terdekat di kota Anda #promosiiii.... 

Gunanya kita kontrol gigi tuh penting agar bisa melakukan tindakan preventif.

Tak lupa, rajinlah makan apel, wortel dan apel mentah yang crunchy. Gunanya untuk membantu membersihkan gigi.

Q AND A

Pertanyaan datang dari mbak Daveenar, komunitas BRID, "Kenapa puasa mulut kita berbau?"

Karena kurang asupan makanan, sehingga pH berkurang jauh. Untuk menjaga pH sayur dan buah.

Trend gigi kelinci pada artes seperti Vega, Olla Ramlan gitu benarkah memakan biaya hingga 400 juta? Kalo pertanyaan ini jawabnya relatif. Ada yang berkisar 10 juta bahkan yang satu milyar juga ada! 

OXYFRESH, RANGKAIAN PRODUK UNTUK PERAWATAN GIGI

Di klinik HHDC, semua sesi produk perawatan menggunakan produk berkualitas. Salah satunya adalah dengan menggunakan rangkaian produk Oxyfresh. Bapak Wiyanto Kodrat, sebagai pemasok produk perawatan gigi  berkenan menerangkan rangkaian produk ini kepada para blogger. 

Oxyfresh adalah salah satu brand yang bernaung di bawah perusahaan multinasional PT. Ohawe Indonesia.


PT. Ohawe Indonesia adalah distributor produk Oxyfresh di Indonesia sejak tahun 2006. Perusahaan ini bertekad untuk memberikan dukungan bagi para pelanggan, pasien gigi, dokter, klinik, dan rumah sakit di Indonesia.

Rangkaian produknya adalah : 
Ini tangan Orin




Thamrin City Office Suite fl.3unit 2.Jl.K.H.Mas Mansyur,Jakarta Pusat, Indonesia
Phone:(021) 31997482
Open:Mon-Sat (10:00-18:00)

45 comments:

  1. wah lumayan lengkap nih. Tapi sayang ga ada harga untuk perawatan gigi

    ReplyDelete
  2. Gila pasang gigi kelinci bisa sampe 1 milyar @@,
    saya mah mensyukuri aja yang udah di kasih mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhuuy... kalo arteeesss, penampilan penting banget, Chisana Sekai. Udah gitu sebanding dengan penghasilan mereka...

      Delete
    2. iya kliniknya modern banget itu kak :D

      Delete
  3. Siapa itu mak yg numpang narsis? hehe :D

    ReplyDelete
  4. Keren mbak tanti selalu on the spot ya reportasenya :) oh ya mbak aku ada pertanyaan tapi udah telat ya harusnya titip pertanyaan tadi. Untuk tambahan yang lama warna hitam gitu bisa di ganti gak sih? aku tambal jaman dulu banget katanya ini awet seumur hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya, aku lupa kasih keterangan di treatment All ceramic crown, bahwa tambalan gigi yang sudah ada, bisa di repair di sini.

      Delete
  5. 16 otot bekerja. Kereen bangeet senyum kita ya, Mbak. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin kita bereaksi terhadap dunia *oposeeeeh*

      Delete
    2. tunjukan senyuman dengan ucapkan cheese.. :P

      Delete
  6. Replies
    1. kalo ngeliat drg William betah gitu giginya diutak atik

      Delete
    2. aku juga kalau dokternya cakep betah dah ke dokter gigi.. :P

      Delete
  7. Jadi ing udah lamaaa ngg ke dentist euuuy...ayoo ayoooo

    ReplyDelete
  8. Yang mirip lee min hoo siapa neh...hehehe. Yuk pake voucher kesana buat perawatan gigi...hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ea..le min hoo.. :P
      kebnykan nonton drama korea nih..hoho

      Delete
  9. Aku sudah perawatan scalingnya dan ditangani sama dokter william. Suka deh cara dia menangani pasien hahaha

    ReplyDelete
  10. Kalau di lihat dari kantornya atau tempat buka praktiknya sih oke banget ya? :)

    ReplyDelete
  11. waaaah kliniknya keren banget :D kalau semua klinik gigi seperti itu pasti banyak yg suka dan gak takut buat priksa giginya hehe

    ReplyDelete
  12. Untuk tambahan yang lama warna hitam gitu bisa di ganti gak sih? aku tambal jaman dulu banget katanya ini awet seumur hidup

    ReplyDelete
  13. Tempatnya nyaman kak, jadi matahin mitos kalo ke dokter gigi itu serem :D
    Woaa ada vouchernya juga wkwkwk, boleh nih dicoba nanti
    thanks buat infonya ya kak :D

    ReplyDelete
  14. Jadi gak takut lagi mau periksa gigi ^ ^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kira2 harga pelindung gigi yang gtu brapaan ya mbak :D

      Delete
  15. waah... aku baru tau kalo ada pelindung gigi yang kayak gtu :D
    jadi pengen beli deh... ^^

    ReplyDelete
  16. wah,,, kliniknya itu kayaknya asik tuh ^^ tempatnya juga keliatan nyaman

    ReplyDelete
  17. Jadi ing udah lamaaa ngg ke dentist euuuy...ayoo ayoooo

    ReplyDelete
  18. Keren mbak tanti selalu on the spot ya reportasenya :) oh ya mbak aku ada pertanyaan tapi udah telat ya harusnya titip pertanyaan tadi. Untuk tambahan yang lama warna hitam gitu bisa di ganti gak sih? aku tambal jaman dulu banget katanya ini awet seumur hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diupgrade kok, caranya dibongkar dulu tambalan lama, karena itu kan mengandung ter gitu ya

      Delete
  19. lengkap banget peralatannya ya, heheh

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^